Menjaga kondisi tubuh Anda agar tetap sehat dan fit adalah hal yang sangat penting untuk Anda lakukan. Terlebih lagi, pada kondisi cuaca yang sangat tidak menentu dan kondisi pandemi ini. 

Daya tahan tubuh adalah hal yang sangat penting bagi Anda, dan bahkan Anda harus memprioritaskan untuk menjaganya. Selain menjaga pola hidup sehat melalui makan makanan yang bergizi, menghindari stress, dan tidur yang cukup, berolahraga adalah hal yang sangat penting untuk Anda lakukan dalam menunjang kondisi daya tahan tubuh Anda agar senantiasa fit. Manfaat olahraga yang satu ini memang tidak bisa diragukan lagi.

Baca Juga: Cara Mudah Hindari Kanker Kulit : Pakai Sunscreen!

Namun demikian, apakah kondisi pandemi sekarang ini membuat Anda bingung dengan bagaimana cara yang tepat untuk berolahraga saat Anda diharuskan untuk berada di rumah saja? Jika iya, Anda tidak perlu bingung lagi untuk berolahraga karena kami memiliki beberapa tips dan pilihan yang tepat untuk Anda lakukan.

Poin utama yang paling penting apabila Anda ingin tetap berolahraga di saat kondisi pandemi seperti sekarang ini adalah tetap jaga keamanan diri Anda sendiri. Mengapa demikian? Anda tidak mau ‘kan ketika melakukan olahraga yang bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda justru malah terpapar virus Covid-19 saat berolahraga karena diri Anda tidak memperhatikan keamanan diri Anda? 

Oleh sebab itu, perhatikan keamanan diri Anda terlebih dahulu sebelum memulai olahraga. Hal yang bisa Anda lakukan adalah sebisa mungkin untuk menghindari olahraga yang sifatnya dimainkan dalam tim atau olahraga yang menyebabkan banyak orang berkumpul seperti basket, voli, sepakbola, dan berenang di fasilitas umum. 

Lalu, olahraga apa saja sih yang cocok untuk Anda lakukan saat kondisi pandemi seperti ini? Simak rekomendasi yang kami berikan untuk Anda berikut ini!

1. Jogging

Jogging - kondisi pandemi

Jogging adalah olahraga yang paling populer dan paling mudah untuk bisa Anda lakukan setiap hari. Olahraga yang murah dan mudah, maka tidak heran jika banyak orang mengambil opsi jogging sebagai pilihan olahraga. Jogging-pun bisa Anda lakukan kapan saja, baik pagi hari maupun sore hari. 

Hal yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan jogging adalah sebisa mungkin hindari rute yang ramai akan lalu lalang kendaraan dan kerumunan. Selain membahayakan untuk Anda, titik keramaian orang-orang juga memiliki resiko terhadap penularan virus Covid-19. 

Selain menyehatkan, berolahraga jogging sendiri memiliki manfaat untuk membakar lemak tubuh, terutama lemak di perut Anda. Untuk menaikan mood saat Anda melakukan jogging, Anda bisa ber jogging sambil mendengarkan playlist musik kesukaan Anda. Selain itu, Anda juga bisa merekam aktivitas jogging Anda melalui aplikasi seperti strava atau nike run yang tersedia di Playstore maupun Appstore untuk mengetahui progress dan konsistensi Anda dalam melakukan jogging.  

Jadi, bagaimana kondisi pandemi? Sudah siap untuk jogging hari ini? Ambil sepatu Anda dan mulailah jogging hari ini!

2. Jalan Kaki

Jalan Kaki - kondisi pandemi

Jika jogging adalah olahraga yang paling mudah untuk dilakukan, maka jalan kaki adalah olahraga yang bisa dilakukan tanpa Anda menyadari bahwa Anda sedang berolahraga. Menyenangkan sekali bukan di kondisi pandemi ini? Olahraga jalan kaki sebenarnya bisa Anda lakukan kapanpun dan dimanapun saat Anda beraktivitas sehari-hari seperti biasanya. 

Untuk menambah intensitas jalan kaki yang Anda lakukan, Anda bisa mengganti opsi untuk memilih bepergian ke tempat yang dekat dengan rumah Anda dengan berjalan kaki, alih-alih menggunakan kendaraan bermotor.

Kegiatan ini misalnya saja apabila Anda ingin berbelanja atau membeli kebutuhan di sekitar kompleks rumah Anda, Anda bisa bepergian ke tempat tersebut dengan berjalan kaki saja. Selain menghemat bahan bakar dan mengurangi polusi akibat asap kendaraan, hal tersebut akan membuat tubuh Anda menjadi sehat. Menarik, bukan?

3. Yoga di kondisi pandemi

Yoga di kondisi pandemi

Apakah Anda pernah melakukan yoga sebelumnya? Jika belum, ini momentum yang tepat untuk Anda mencoba yoga sebagai opsi olahraga Anda selama berkegiatan di rumah saja di saat Kondisi pandemi seperti ini. 

Anda dapat melakukan yoga secara sendiri atau mengajak anggota keluarga Anda untuk ikut serta. Jika Anda belum pernah melakukan yoga sama sekali sebelumnya, Anda bisa mencari tutorial untuk melakukan yoga bagi pemula yang banyak tersedia pada laman Youtube.

Yoga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda, diantaranya untuk melatih pernafasan dan fokus Anda. Selain itu, saat Anda melakukan yoga, Anda juga bisa sekaligus melakukan meditasi.

Meditasi sendiri juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya untuk meredakan stress, meredakan kecemasan dan dapat mengatasi masalah kesulitan tidur. Beryoga untuk kesehatan tubuh sekaligus bermeditasi untuk meredakan stress, menarik bukan?

4. Home Workout

Home Workout - kondisi pandemi

Apakah Anda pernah mendengar mengenai sosok influencer seperti Chloe Ting dan Emi Wong? Jika belum, mereka adalah influencer yang sering wira-wiri di laman Youtube yang menyajikan konten mengenai home workout. 

Home workout adalah jenis olahraga berupa aktivitas latihan fisik yang tujuannya untuk memelihara kebugaran tubuh. Olahraga ini biasanya memadukan beberapa gerakan tertentu per sesinya yang berlangsung antara 20-40 menit.

Banyak manfaat yang akan dirasakan tubuh Anda apabila Anda melakukan home workout, diantaranya membantu menurunkan berat badan, melatih kekuatan tulang dan otot, serta mengurangi rasa sakit seperti nyeri punggung dan bahu.

Adapun perpaduan gerakan yang bisa Anda kombinasikan misalnya seperti squat, push up, jumping rope, jumping jacks, dan plank. Variasi gerakan-gerakan tersebut tentunya bisa disesuaikan tingkat kesulitannya mulai dari yang paling mudah hingga paling sulit sesuai dengan kondisi pandemi tubuh Anda. Tingkat intensitasnya pun juga bisa disesuaikan mulai dari yang paling ringan hingga intensitas tinggi. 

Pilih disesuaikan kombinasi gerakan dengan kondisi pandemi yang paling cocok dengan tubuh Anda. Jika Anda masih belum banyak mengerti mengenai perpaduan dan kombinasinya, Anda bisa mengikuti rangkaian tutorial home workout yang dapat diakses gratis seperti yang disajikan influencer Chloe Ting, Emi Wong, atau tutorial lain yang serupa pada laman Youtube.

5. Badminton

Badminton - kondisi pandemi

Bosan dengan model olahraga yang itu-itu saja tiap harinya? Anda bisa mencoba olahraga badminton di rumah Anda. Bermodalkan dua raket dan shuttlecock saja, Anda bisa melakukan badminton. Tidak perlu repot-repot keluar mencari ataupun menyewa lapangan badminton, Anda-pun bisa memanfaatkan halaman atau pekarangan rumah Anda untuk tempat bermain badminton. 

Oleh karena badminton adalah olahraga yang tidak bisa dimainkan sendiri, Anda bisa mengajak anggota keluarga Anda ataupun tetangga sebelah rumah Anda untuk bermain badminton. Anda bisa melakukan olahraga sambil bercengkrama dengan orang lain untuk refreshing tanpa harus membahayakan diri Anda dalam kerumunan. Menyenangkan bukan?

Baca Juga: Budaya Hidup Sehat Di Tengah Pandemik Covid-19

Itulah beberapa rekomendasi olahraga yang bisa dilakukan secara aman saat masa kondisi pandemi untuk Anda. Sangat menarik sekali, bukan? Olahraga apakah yang paling Anda inginkan untuk mencoba? Tetap jaga pola hidup sehat dengan atur pola makan, makan makanan bergizi, tidur cukup, kelola stress, dan jangan lupa berolahraga.