Rambut adalah salah satu bagian tubuh yang penting dan perlu diperhatikan kesehatannya. Jika ada masalah pada rambut tentu akan sangat mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri bukan? Oleh karena itu butuh sekali mengetahui vitamin rambut kering agar bisa menjaga penampilan rambut tetap terlihat sehat dan cantik.

Baca Juga: Kenali Penyebab Sakit Kepala Belakang dan Cara Mengatasinya

Ada beragam vitamin rambut kering yang bisa didapatkan dengan mudah dan terbuat dari bahan alami. Jadi siapa saja bisa membuatnya sendiri di rumah kapan saja. Membuat masker vitamin rambut dengan bahan alami selain efek sampingnya sangat sedikit, bahannya pun lebih murah daripada membeli vitamin olahan atau yang sudah tercampur dengan bahan kimia.

Masker Alami Untuk Vitamin Rambut Kering

Vitamin rambut kering bisa dijaga kelembabannya dengan menggunakan masker dari bahan alami yang mudah dibuat sendiri. Rambut yang kering jika dibiarkan akan membuat rambut terlihat kusam dan juga mudah patah. Jika dibiarkan berlarut-larut nanti kulit kepala juga akan merasakan gatal-gatal karena rambut yang rusak tadi. Untuk itu dibutuhkan vitamin rambut kering dengan cara membuat masker dari bahan alami yang mudah didapat dan aman.

1. Masker Putih Telur dan Minyak Kelapa

Minyak Kelapa - Vitamin Rambut Kering

Bahan alami pertama yang bisa digunakan adalah telur ayam dan minyak kelapa. Kedua bahan ini tentu mudah sekali didapatkan karena merupakan bahan kebutuhan dapur yang harus selalu ada. Dari telur ayam dan minyak kelapa, vitamin rambut kering bisa didapatkan dengan cara sederhana. Tidak hanya sebagai vitamin untuk melembabkan rambut namun juga bisa mengatasi masalah rambut rontok dan mudah patah. 

Cara membuat masker dari kedua bahan tersebut sangatlah mudah, pertama siapkan dulu 2 butir telur dan 2 sendok makan minyak kelapa. Pisahkan kuning dengan putih telurnya. Jika sudah masukkan minyak kelapa pada putih telur dan kocok sampai tercampur dengan rata. Oleskan campuran putih telur dan minyak tadi dari akar rambut hingga bagian ujungnya. Diamkan sampai 30 menit lalu bilas dengan air bersih, sebaiknya lakukan sebelum keramas agar bisa langsung dicuci saat keramas.

2. Minyak Kelapa dan Madu

Madu - Vitamin Rambut Kering

Selanjutnya ada vitamin rambut kering dari campuran minyak kelapa dan madu. Kedua bahan ini sangat ampuh untuk mengatasi rambut kering dan bercabang. Madu memiliki kandungan yang bisa membantu untuk menjaga rambut selalu lembab. Sementara minyak kelapa yang mudah diserap rambut juga bagus dalam melembutkan dan melembabkan rambut itu sendiri. Asupan protein dari minyak kelapa pun jadi lebih mudah diserap rambut sehingga kesehatan rambut selalu terjaga. 

Lalu bagaimana cara membuat masker dari kedua bahan tersebut? Caranya mudah sekali, campurkan 1 sendok teh madu dengan 1 sendok teh minyak kelapa di dalam panci kecil. Jika sudah panaskan sebentar kedua bahan tersebut di atas api kecil sambil diaduk sampai rata lalu matikan api. Diamkan sampai masker dingin baru oles secara merata pada rambut. Tunggu sampai 40 menit lalu cuci dengan keramas seperti biasa.

3. Telur, Madu, dan Cuka Apel

Telur - Vitamin Rambut Kering

Vitamin rambut kering dari 3 bahan alami ini sangat bagus sekali untuk melembabkan dan menghaluskan rambut. Dari 3 bahan alami yakni telur, madu, dan cuka apel sangat bagus sekali untuk menghidrasi rambut jadi rambut lembab dan lembut. Tidak hanya itu saja dari putih telur rambut bisa jadi lebih kuat atau tidak mudah rontok. Pertumbuhan rambut baru pun bisa lebih lebat karena kandungan nutrisi pada putih telur.

Cara membuat masker rambut dari tiga bahan alami tersebut adalah dengan menyiapkan 1 butir telur, 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh cuka apel. Masukkan semua bahan dalam mangkok lalu aduk sampai tercampur rata. Jika sudah rata langsung saja oleskan pada seluruh bagian rambut dan diamkan selama 40 menit. Cuci rambut dengan keramas seperti biasa sampai tidak ada masker yang tertinggal.

4. Masker Lemon dan Minyak Zaitun

Minyak Zaitun - Vitamin Rambut Kering

Bagi yang rambutnya kering minyak zaitun dan lemon bisa dikombinasikan menjadi masker yang bisa memberikan vitamin rambut kering. Minyak zaitun sangat bagus untuk melembabkan kulit kepala dan juga rambut. Lemon sendiri memberikan nutrisi yang lebih untuk rambut sehingga bisa membuat rambut kuat dan berkilau. 

Cara membuatnya pun sangat mudah, cukup campurkan 2 sendok makan perasan lemon dengan 2 sendok makan minyak zaitun dan 2 sendok makan air dingin biasa. Aduk sampai rata lalu oleskan pada seluruh bagian kepala dan rambut. Pijat secara perlahan dan lembut saat mengaplikasikan masker agar bisa meresap ke bagian kepala dengan maksimal. Diamkan selama 30 menit lalu cuci dengan cara keramas seperti biasanya.

5. Masker Alpukat, Minyak Kelapa, dan Lidah Buaya

Masker Alpukat - Vitamin Rambut Kering

Selanjutnya ada vitamin rambut kering dari campuran alpukat, minyak kelapa, dan lidah buaya. Rambut yang kering bisa langsung lembab dan halus jika menggabungkan ketiga bahan alami tersebut sebagai masker rambut. 

Buah alpukat memiliki kandungan asam folat, magnesium, serta zat besi yang bisa menutup kutikula rambut. Kondisi tersebut membuat rambut bisa terhindar dari kerusakan. Minyak kelapa dan lidah buaya memberikan nutrisi yang lebih dan membantu untuk menjaga rambut lembab secara alami.

Cara membuat masker rambut dari alpukat, minyak kelapa, dan lidah buaya adalah menyiapkan 1 buah alpukat, 2 sendok makan gel lidah buaya, 1 sendok teh minyak kelapa dan masukkan dalam satu wadah. Aduk semua bahan yang sudah dituang pada satu wadah sampai tercampur rata. Jika sudah rata langsung saja aplikasikan pada seluruh bagian rambut hingga kulit kepala. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan cara keramas seperti biasa hingga betul-betul bersih.

Masker rambut yang satu ini selain bisa melembabkan rambut, juga membantu mengatasi ketombe serta rasa gatal pada kulit kepala. Selain mudah dibuat masker ini banyak manfaatnya.

6. Minyak Kelapa, Gula, Minyak Esensial, dan Yoghurt

Minyak Esensial - Vitamin Rambut Kering

Lalu ada juga masker dari bahan alami yakni gula, minyak essensial, dan yoghurt yang bisa jadi vitamin rambut kering ampuh. Rambut yang kering biasanya memicu ketombe dan juga kulit kepala yang gatal. Rambut pun mudah patah dan juga rontok. Dengan memanfaatkan minyak kelapa, gula, dan minyak essensial bisa membantu mengatasi semua masalah rambut tersebut. Masker yang satu ini selain memenuhi kebutuhan vitamin rambut kering, fungsinya sebagai scrub.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan secara merata 4 sendok teh gula, 5 tetes minyak peppermint, serta 2 tetes tea tree oil dan satu sendok teh yoghurt. Aduk semua bahan sampai rata lalu oleskan masker pada rambut sampai merata sambil memijatnya secara perlahan selama 3 menit. Diamkan selama 30 menit lalu bilas sampai bersih dengan cara keramas.

Untuk yoghurt sendiri bisa digunakan tanpa campuran bahan alami yang lain, karena dalam yoghurt sendiri sudah ada vitamin B dan D serta protein yang tinggi untuk memenuhi nutrisi rambut. Yoghurt yang mudah diserap juga membuat rambut lebih mudah mendapatkan nutrisi yang ada pada yoghurt tersebut.

Cara Merawat Rambut Kering

Selain menggunakan masker dari bahan-bahan alami yang aman dan mudah didapatkan, ada beberapa cara untuk merawat rambut kering bisa lebih lembab dan sehat. Agar lebih jelas mari simak ulasan singkatnya ya.

1. Melindungi Rambut Dari Panas

Rambut biasanya selain disisir agar bisa terlihat rapi juga terkadang harus ditata menggunakan pengering atau pengeriting rambut. Catokan atau pengering rambut bisa membuat rambut cepat kering, bercabang, dan mudah patah karena suhu panas yang dihasilkan alat-alat tadi. Lebih baik kurangi atau hindari penggunaan alat seperti pengering dan catokan rambut.

Selain itu saat mandi juga sebaiknya gunakan air dingin daripada air hangat karena air hangat yang digunakan saat keramas terlalu kering juga bisa membuat rambut jadi mudah kering. Keringkan rambut menggunakan handuk secara perlahan saja maka kelembaban rambut akan selalu terjaga.

2. Hindari Paparan Sinar Matahari

Saat beraktivitas di luar ruangan apalagi saat cuaca sedang panas maka sebaiknya gunakan pelindung kepala seperti payung atau topi agar paparan sinar matahari yang terik tidak langsung mengenai rambut. Paparan sinar matahari yang terik bisa membuat rambut kering dan mudah patah. Belum lagi warna rambut bisa jadi memerah dan lama kelamaan akan bercabang.

3. Hindari Bahan Kimia

Ada sebagian orang yang suka sekali merubah warna rambut dengan pewarna rambut yang mengandung bahan kimia. Cara tersebut jika sering dilakukan maka akan membuat rambut terlihat kering dan mudah sekali patah. Sebaiknya hindari aktivitas mewarnai rambut jika tidak dalam kondisi yang mendesak.

Baca Juga: Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Wajib Diketahui

Nah, itu dia beberapa pilihan masker yang cocok untuk vitamin rambut kering menggunakan bahan alami yang aman dan mudah sekali didapatkan. Jaga selalu kesehatan rambut agar bisa terhindar dari berbagai masalah rambut yang mengganggu.