Tidur nyenyak merupakan kebutuhan kita sebagai manusia. Dengan tidur kita dapat menghilangkan beragam kepenatan. Namun, bagi beberapa orang sulit untuk merasakan tidur nyenyak. Untuk itu, Anda tak perlu cemas kami akan memberikan tips tidur cepat dan bahkan lebih nyenyak yang patut Anda coba!

Baca Juga: Karbohidrat Kompleks Lebih Menyehatkan, Benarkah?

Pada pukul berapa Anda biasanya rutin untuk tidur malam? Pukul 21.00? Pukul 22.00? Atau Anda seringkali masih terjaga pada pukul 2.00 dini hari karena kesulitan untuk tidur?

Jika Anda seringkali terjaga hingga larut malam dan bahkan dini hari padahal Anda tidak sedang melakukan hal apapun dan hanya berbaring di tempat tidur Anda, bisa jadi Anda memiliki gangguan tidur. Anda perlu waspada jika mengalami gangguan tidur karena dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan dan produktivitas Anda. Hal ini dikarenakan akibat gangguan tidur yang Anda alami dapat membuat Anda memiliki kekurangan waktu tidur sehingga membuat kondisi tubuh Anda menjadi tidak fit.

Anda membutuhkan waktu tidur yang cukup, setidaknya selama tujuh hingga delapan jam per harinya. Gangguan kesehatan akan mulai mengancam kondisi tubuh Anda jika Anda memiliki kebiasaan buruk kekurangan jam waktu tidur. Gangguan kesehatan yang mungkin terjadi diantaranya seperti penurunan imunitas tubuh dan akan sering merasa lemas ketika Anda melakukan aktivitas. Selain gangguan kesehatan yang menyerang fisik, Anda juga dihantui oleh gangguan kesehatan yang menyerang mental seperti stress, depresi, dan anxiety yang sangat mungkin menghampiri individu dengan jam tidur yang kurang.

Sangat ngeri kan efek buruk yang dapat timbul dari kekurangan tidur?

Lalu, apa saja cara yang Anda dapat lakukan agar bisa mengatasi kesulitan tidur yang Anda alami? Yuk, simak tips tidur cepat berikut ini!

Tips Tidur Cepat dan Lebih Nyenyak

1. Kondisikan kamar tidur Anda dalam keadaan nyaman

Kondisikan kamar tidur Anda dalam keadaan nyaman - Tips Tidur Cepat

Tips tidur cepat yang pertama adalah menjaga kondisi kamar tidur dengan nyaman. Kondisi kamar yang tidak nyaman tersebut bisa membuat mood Anda hancur seketika. Saat kondisi tersebut membuat Anda stress, maka hal tersebut akan membuat gangguan tidur Anda semakin lebih parah.

Anda pasti tidak akan bisa tidur di tempat yang tidak nyaman bagi, bukan? Apalagi jika tempat tersebut berisik, kotor, atau berantakan.

Oleh sebab itu, hal utama yang perlu Anda ubah adalah kondisi kamar tidur Anda. Buat kamar tidur menjadi tempat yang paling nyaman bagi Anda untuk beristirahat. Sebisa mungkin jauhkan benda benda yang dapat mendeteksi waktu istirahat Anda seperti menaruh televisi pada kamar atau menempatkan meja kerja dalam satu ruangan yang sama di kamar Anda. Selain itu, Anda juga perlu membiasakan diri untuk tidak melakukan segala macam aktivitas di kamar Anda. Ciptakan kondisi seakan-akan kamar adalah tempat yang Anda gunakan untuk istirahat saja.

Untuk menunjang kenyamanan Anda, Anda juga bisa mengatur suhu di kamar Anda agar tidak terlalu dingin maupun terlalu panas. Anda juga bisa menambahkan wewangian yang Anda sukai di kamar Anda. Aroma lavender, rosemary, dan pinus bisa Anda jadikan opsi untuk membantu Anda lebih rileks. Apabila kondisi kamar Anda nyaman, maka hal tersebut akan membuat tubuh Anda rileks dan akan lebih mudah untuk tertidur.

2. Buat jadwal tidur Anda dan patuhi jadwal tersebut

Buat jadwal tidur Anda dan patuhi jadwal tersebut - Tips Tidur Cepat

Tips tidur cepat selanjutnya adalah membuat perhitungan jam tidur, sehingga Anda bisa mendapatkan cukup tidur. Misalnya jika Anda biasanya bangun pukul 6 pagi, maka untuk mendapatkan jam tidur yang cukup selama 8 jam, Anda harus tidur mulai pukul 10 malam. Jika Anda harus bangun lebih pagi, maka Anda harus tidur lebih awal. Sesuaikan jadwal tidur Anda dengan kebiasaan dan kebutuhan Anda dalam menjalankan aktivitas setiap harinya.

Setelah menyesuaikan jam tidur dan jam bangun Anda, yang perlu Anda lakukan adalah mematuhinya. Sebisa mungkin patuhi rutinitas tersebut setiap harinya. Dalam jangka panjang, hal ini akan membantu Anda untuk lebih cepat tidur karena tubuh Anda akan terbiasa mengenali kapan ia harus tidur dan kapan harus bangun.

3. Hindari pemakaian gadget sebelum tidur

Hindari pemakaian gadget sebelum tidur - Tips Tidur Cepat

Apakah Anda memiliki kebiasaan memainkan gadget Anda di tempat tidur pada sebelum tidur? Jika iya, hal tersebut bisa jadi merupakan akar masalah dari gangguan tidur yang Anda alami. Hal ini disebabkan karena pancaran sinar dari layar gadget Anda dapat mempengaruhi tubuh Anda untuk selalu ‘aware’. Jika Anda memiliki kebiasaan memainkan gadget Anda sebelum tidur, maka tidak heran jika Anda dapat terjaga hingga dini hari.

Untuk membantu tubuh Anda supaya bisa Tips Tidur Cepat, maka Anda perlu membatasi penggunaan gadget, berlebih pada jam-jam menjelang tidur. Anda bisa menghindari pemakaian gadget yang terlalu intens pada satu hingga dua jam sebelum tidur. Selain itu, jangan lupa untuk mematikan atau mengatur gadget Anda dalam mode silent atau do not disturb apabila tidak ada kepentingan mendesak untuk menjaga kualitas tidur Anda dari gangguan yang ditimbulkan dari notifikasi gadget Anda.

4. Hindari konsumsi kafein saat menjelang tidur

Hindari konsumsi kafein saat menjelang tidur - Tips Tidur Cepat

Apakah Anda penyuka minuman berkafein seperti kopi? Jika iya, Anda perlu memperhatikan jam saat mengkonsumsinya. Sebisa mungkin, hindari konsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya saat sore hari atau menjelang malam. Sebab, kafein bisa meredakan rasa kantuk sehingga Anda akan lebih sulit untuk tertidur pada jam tidur Anda. 

Anda bisa memilih opsi decaf atau kopi tanpa kafein jika Anda ingin menikmati kopi pada sore hari sehingga hal tersebut tidak mengganggu jam tidur Anda. Atau jika Anda ingin menikmati minuman di sore atau malam hari menjelang tidur, Tips Tidur Cepat Anda bisa memilih teh bunga kamomil karena bunga kamomil terbukti membantu Anda untuk lebih rileks dan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

5. Melatih pernafasan Anda dengan metode 4-78

Melatih pernafasan Anda dengan metode 4-78 - Tips Tidur Cepat

Sulit untuk merasa rileks? Anda mungkin perlu mencoba teknik latihan untuk pernafasan Anda. Anda dapat melatih pernafasan dengan metode 4-7-8. Tips tidur cepat dengan metode ini dapat Anda lakukan langkah sebagai berikut:

  • Menarik nafas melalui hidung dalam hitungan 1 sampai 4;
  • Menahan nafas dalam hitungan 1 sampai 7;
  • Menghembuskan nafas secara perlahan melalui mulut pada hitungan kedelapan setelah menahan nafas.

Anda dapat melakukan latihan nafas ini dengan mengulang beberapa kali repetisi. Setelah Anda melakukan Tips Tidur Cepat dengan latihan pernafasan ini, tubuh Anda akan menjadi lebih rileks dan Anda akan lebih mudah untuk tertidur.

Baca Juga: Beragam Fungsi Mineral Bagi Tubuh Setiap Hari

Itulah beberapa tips tidur cepat yang bisa Anda coba di rumah untuk membantu Anda untuk mengatasi gangguan tidur. Jika Anda masih mengalami gangguan yang tidak kunjung teratasi, berkonsultasi ke dokter menjadi opsi terbaik bagi Anda untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut.

Pola hidup yang sehat dan kadar stress juga bisa mempengaruhi kualitas tidur Anda. Oleh sebab itu, jaga pola hidup sehat Anda dengan makan makanan bergizi dan rutin berolahraga. Jangan lupa juga untuk mengelola stress Anda! Selamat mencoba, semoga tips tidur cepat ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.