Banyak orang mencari apa saja tips menghilangkan jerawat. Permasalahan mengenai jerawat yang muncul pada wajah manusia memang tidak ada habisnya. Biasanya, hal ini banyak dialami oleh para remaja dengan berbagai faktor penyebabnya seperti halnya horman, jenis makanan yang dikonsumsi, pola hidup yang kurang bersih, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga: Inilah Rekomendasi 6 Merek Susu untuk Diabetes

Namun, orang dewasa pun juga masih ada saja yang mempunyai jerawat.  Hal ini tentu sangat mengganggu penampilan sehingga kurang percaya diri ketika berada di tengah-tengah khalayak ramai. Oleh sebab itu, mengetahui tips menghilangkan jerawat sangatlah penting sehingga harus dicoba agar kulit kembali normal dan sehat.

Rekomendasi Tips Menghilangkan Jerawat

Seringkali berbagai macam cara telah dicoba hingga menghabiskan banyak biaya, tetapi jerawat tidak kunjung sembuh dan hilang. Jika sudah begini, biasanya si penderita akan merasa stress dan itu malah akan memperburuk kondisi jerawat yang ada di wajah mereka. Alangkah baiknya, lakukan saja beberapa tips perawatan terhadap jerawat berikut ini yang pastinya mudah, murah, aman, dan akan membuat kondisi kulit wajah semakin membaik.

1. Menggunakan Jeruk Lemon

Jeruk Lemon - Menghilangkan Jerawat

Jeruk lemon kaya akan antioksidan yang dapat mematikan bakteri. Hal ini juga sangat berguna untuk menghilangkan jerawat yang masih baru maupun jerawat yang sudah lama membandel. Caranya pun sangat mudah dan bahan-bahannya bisa ditemukan dengan harga murah dan cepat. Hal ini juga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya seperti halnya ketika menggunakan obat kimia untuk jerawat. Oleh sebab itu, siapa saja termasuk ibu hamil akan aman menggunakan lemon tersebut.

Cara menggunakan jeruk lemon untuk menghilangkan jerawat adalah dengan membelah lemon tersebut menjadi dua dan memeras airnya secukupnya. Jika air lemon sudah keluar, silahkan mengoleskannya pada seluruh wajah atau bagian yang berjerawat saja. Setelah itu, diamkan selama 15 menit dan basuhlah dengan air dingin. Cara ini bisa dilakukan secara rutin sebanyak 3 hingga 4 kali dalam satu pekan.

2. Mengompres Wajah dengan Es Batu

Es batu - Menghilangkan Jerawat

Tips menghilangkan jerawat berikutnya adalah menggunakan es batu. Es batu ini sangat bermanfaat untuk mengempeskan jerawat yang membengkak dan berwarna merah. Jerawat seperti itu tentu akan terasa sakit ketika disentuh dan tidak akan bisa hilang sebelum jerawat memasuki fase akan mengeluarkan nanah di dalamnya. Solusi terbaik agar jerawat kempes tanpa harus pecah yakni dengan mengompresnya menggunakan es batu.

Hal ini bisa dilakukan sebanyak 2 kali dalam satu hari selama jerawat masih meradang. Kompres saja pada bagian yang ada jerawatnya dan diamkan es batu selama kurang lebih  menit. Setelah itu, jangan langsung membasuh muka dengan air hangat atau air biasa, tetapi tunggulah hingga 10 menit agar jerawat tenang dan perlahan-perlahan kempes karena terapi dari es batu tersebut.

3. Menggunakan Madu

Madu - Menghilangkan Jerawat

Sejak zaman dahulu, madu memang dipercaya kaya akan manfaat dan salah satunya adalah dalam bidang kecantikan. Madu tersebut selain bisa menghaluskan kulit juga sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat yang meradang atau jerawat bruntusan. Dengan catatan bahwa madu yang digunakan dalam hal ini adalah madu asli yang belum mendapat campuran bahan-bahan lainnya seperti yang banyak dijual di pasaran saat ini.

Cukup oleskan madu tersebut pada area wajah yang berjerawat secara rutin setiap hari selama jerawat belum hempas. Hal ini sebaiknya dilakukan sebelum tidur dan dijamin nanti ketika bangun tidur wajah akan terasa halus dan jerawat pun akan hilang sedikit demi sedikit. Cara ini lumayan ampuh untuk mengempeskan jerawat, tetapi dibutuhkan waktu yang lumayan lama. Jadi, kuncinya jika jerawat ingin sembuh adalah sabar dan juga telaten.

4. Hindari Makanan Berminyak dan Berlemak

Makanan Berminyak - Menghilangkan Jerawat

Selain usaha menghilangkan jerawat dengan memberikan perawatan langsung pada kulit, menjaga pola makan juga sangat penting ketika menghilangkan jerawat. Hal ini juga bisa mencegah datangnya jerawat pada kulit wajah. Hindarilah makanan-makanan yang mengandung kadar lemak dan kadar minyak tinggi agar jerawat semakin cepat membaik. Makanan-makanan tersebut merupakan salah satu faktor utama timbulnya jerawat pada wajah.

Setelah mengonsumsi makanan yang berminyak, maka produksi minyak pada wajah juga akan ikut meningkat dan selanjutnya hal itu akan berkembang menjadi sebuah jerawat baru. Jika dibiarkan terus-menerus, ini akan menambah jumlah jerawat yang ada pada wajah baik itu jenis jerawat batu, jerawat bruntusan, maupun jerawat yang mengalami peradangan.

5. Memperbanyak Minum Air Putih

Minum Air Putih - Menghilangkan Jerwat

Salah satu menjaga kecantikan yang paling mudah dan terjangkau yakni minum air putih minimal sebanyak 8 gelas dalam sehari. Air putih dapat menghilangkan jerawat dan membuat wajah lebih segar dan kencang sehingga yang meminumnya akan terlihat awet muda. Di samping itu, ini juga sangat berguna dalam proses pencegahan dan penghilangan jerawat. Air putih mampu memberikan kesegaran pada kulit wajah sehingga jerawat akan luruh dan cepat mengempes.

Sebisa mungkin, usahakan minum air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari semalam atau sekitar 1,5 liter. Waktu-waktu yang disarankan untuk minum 8 gelas air putih untuk kesehatan dan menghilangkan jerawat adalah sebagai berikut:

  • 1 gelas setelah setelah bangun pagi
  • 1 gelas setelah sarapan pagi
  • 1 gelas menjelang siang
  • 1 gelas setelah makan siang
  • 1 gelas ketika menjelang sore hari
  • 1 gelas saat petang
  • 1 gelas setelah makan malam
  • 1 gelas sebelum tidur

6. Membersihkan Wajah Setelah Make Up

Membersihkan Wajah Setelah Memakai make ip

Tumpukan make up yang tidak dibersihkan akan memperparah keadaan wajah yang berjerawat. Sisa-sisa make up tersebut akan menyumbat pori-pori sehingga minyak yang ada di dalam kulit tidak bisa keluar dan pada akhirnya tumbuh menjadi jerawat yang meradang.

Sebisa mungkin setelah make up langsung bersihkanlah. Gunakan micellar water aiar cuci muka dengan sabun wajah khusus. Setelah itu, gunakan toner pada wajah untuk memberikan kesegaran dan ketenangan pada kulit wajah sehingga tidak akan muncul kembali jerawat yang baru.

7. Tidak Menggunakan Produk Pemutih Wajah

Cream Wajah - Menghilangkan Jerawat

Musuh utama dari jerawat adalah produk perawatan wajah yang mengandung zat-zat pemutih. Zat tersebut akan menambah parah keadaan wajah yang sedang berjerawat sehingga bisa bertambah banyak jumlahnya atau juga jerawat akan semakin meradang. 

Oleh sebab itu, ketika membeli produk kecantikan ketika wajah sedang berjerawat sebaiknya kenali dan pahami terlebih dahulu kandungannya. Jika di dalamnya terdapat zat-zat pemutih wajah, maka sebaiknya jangan dibeli terlebih dahulu.

8. Mengonsumsi Buah dan Sayur

Konsumsi buah dan sayuran - Menghilangkan Jerawat

Karena buah dan sayur kaya akan vitamin, orang yang sedang berjerawat juga sangat disarankan untuk memperbanyak mengkonsumsinya. Hal ini juga sebagai pendamping air putih yang harus diminum secara cukup dan rutin. Jika hal tersebut dikonsumsi seimbang, maka jerawat akan hilang dalam beberapa hari saja. Sebelum mengonsumsi buah dan sayur, pastikan bahwa hal tersebut telah steril dan bakteri-bakteri yang ada di dalamnya telah mati.

9. Menghindarkan Wajah dari Debu yang Menempel 

Menggunakan Masker - Menghilangkan Jerawat

Debu yang menempel pada wajah tanpa disadari juga akan menimbulkan banyak jerawat. Kebanyakan orang mengalami hal ini, tetapi mereka tidak menyadarinya. Debu-debu tersebut akan menyumbat pori-pori dan selanjutnya jerawat akan tumbuh di sana.

Solusi terbaiknya adalah ketika sedang berada di luar ruangan atau sedang berkendara, lindungilah wajah menggunakan masker dan sebagainya supaya aman dari serangan debu penyebab jerawat. Akan tetapi, jangan terlalu lama juga menggunakan masker karena itu akan membuat kulit wajah lembab dan menghasilkan banyak minyak.

10. Tidak Menggunakan Bedak Padat

Memakai Bedak - Menghilangkan Jerawat

Tips menghilangkan jerawat yang terakhir adalah tidak menggunakan bedak padat. Bedak padat sangatlah berbahaya bagi wajah yang berjerawat dan mempunyai pori-pori besar. Bedak jenis ini memang mudah dan praktis, tetapi akan memperparah kondisi wajah yang berjerawat dengan cara menyumbat pori-pori dengan partikel-partikelnya yang besar.

Ketika sedang berjerawat lebih baik menggunakan bedak tabur karena partikelnya lebih kecil dan tidak akan menyumbat pori-pori wajah. Hal ini tentunya lebih aman dan membuat wajah semakin sehat.

Baca Juga: Berikut Batas Kadar Kolesterol Normal yang Perlu Anda Ketahui

Demikianlah pembahasan yang dapat disampaikan tentang tips menghilangkan jerawat tanpa rasa sakit dengan mudah dan cepat. Semoga hal tersebut bisa dijadikan sebagai referensi untuk pembaca agar mereka bisa mengatasi jerawat dengan aman tanpa perlu menguras kantong. Jagalah selalu kesehatan kulit wajah dengan menerapkan kebersihan secara rutin agar jerawat hempas dan enggan balik lagi ke wajah tersebut.