Sepertinya tidak ada seorangpun yang tak mengenal buah bercita rasa manis ini. Teksturnya yang lembut dan lunak, membuat pisang banyak dipilih untuk dijadikan makanan tambahan pendamping ASI bagi bayi. Selain itu, dari segi kandungan nutrisi, manfaat pisang memang sungguh luar biasa. Jadi, apa saja kandungan dan manfaat buah ini bagi kesehatan tubuh?

Baca Juga: Alat Terapi Stroke dan Keefektifannya Untuk Menyembuhkan Penyakit

Kandungan Dalam Buah Pisang

Sebelum mengenal manfaat pisang, tak ada salahnya mengetahui nutrisi yang terkandung dalam jenis buah tropis ini. Di bawah ini adalah daftar beberapa zat yang ada di dalam pisang.

  • Kalori
  • Protein
  • Air
  • Serat
  • Pati
  • Zat gula
  • Kalium
  • Fosfor
  • Selenium
  • Folat
  • Beta karoten

Selain nutrisi yang disebutkan di atas, masih ada kandungan lain yang ada di dalam pisang, contohnya kalsium, zat besi, Vitamin A, B1, B2, B3, B6, juga omega 3 dan 6. Tidak hanya itu saja, pisang juga mengandung antioksidan berupa dopamin, dan katekin yang berada dalam kelompok flavonoid.

Melihat komposisi nutrisinya yang cukup lengkap, tak heran jika pisang dipilih menjadi buah ideal pendukung pola makan sehat. Keuntungannya adalah buah ini memiliki kadar lemak dan indeks glikemik rendah. Jadi, sangat cocok untuk diet. Apalagi pisang juga enak dijadikan aneka hidangan, seperti smoothies, cake pisang, atau pelengkap sarapan sereal. 

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

Setelah mengetahui berbagai kandungan nutrisi didalamnya, kali ini akan dibahas mengenai manfaat yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi pisang. Agar lebih jelas, di bawah ini akan diuraikan manfaatnya satu per satu.

1. Sumber Karbohidrat

Sumber Karbohidrat - Manfaat Pisang

Banyak orang melakukan diet rendah karbohidrat agar dapat meraih berat badan idealnya. Namun, seharusnya bukan berarti sama sekali tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Sebab, tubuh manusia masih memerlukan karbohidrat untuk menyediakan energi. Beberapa fungsi karbohidrat adalah: 

  • Sebagai sumber energi
  • Membantu dalam metabolisme lemak dan protein
  • Membantu penyerapan kalsium
  • Menimbulkan rasa kenyang

Meskipun bermanfaat, konsumsi karbohidrat harus dibatasi, untuk menghindari obesitas atau terjadinya diabetes. Jadi, sebaiknya pilih makanan yang mengandung karbohidrat, tetapi aman dikonsumsi,contohnya pisang. Kandungan karbohidratnya diimbangi dengan serat dan nutrisi lain. Selain itu, indeks glikemiknya rendah, sehingga tidak mengakibatkan gula darah melonjak.

2. Melancarkan Suplai Oksigen Untuk Otak

Melancarkan Suplai Oksigen - Manfaat Pisang

Manfaat pisang yang cukup penting adalah untuk membantu melancarkan aliran darah, sehingga mengoptimalkan suplai oksigen ke otak. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan potasium. Perlu diketahui bahwa potasium sangat berguna dalam menjaga kesehatan jantung. Dengan memiliki jantung yang sehat, suplai darah ke seluruh tubuh pun terjamin.

3. Menyehatkan Tulang

Menyehatkan Tulang - Manfaat Pisang

Beragam manfaat pisang masih dilengkapi lagi dengan adanya kandungan mangan yang cukup tinggi pada buah ini. Mangan merupakan zat yang memiliki peran dalam perawatan dan perkembangan tulang. Jika mangan dipadukan dengan kalsium, tembaga dan seng, manfaatnya juga cukup tinggi, yaitu membuat tulang lebih padat, sehingga tidak keropos.

4. Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Menurunkan Tekanan Darah - Manfaat Pisang

Di dalam pisang terdapat kandungan kalium yang juga berfungsi dalam pengaturan keseimbangan antara elektrolit dan cairan. Selain itu, kandungan seratnya juga mampu melarutkan lemak dalam darah. Dengan demikian, laju dan tekanan darah dapat menjadi stabil karena tidak tersumbat. Rutin mengkonsumsi pisang dapat menekan resiko tekanan darah tinggi.

5. Mengurangi Gangguan Anemia

Mengurangi Gangguan Anemia - Manfaat Pisang

Manfaat pisang yang lainnya adalah untuk mengatasi gangguan anemia, yaitu kekurangan sel darah merah. Salah satu penyebab kurang darah adalah kekurangan zat besi. Adapun kandungan zat besi yang ada di dalam pisang cukup tinggi, sehingga baik untuk digunakan sebagai komponen diet bagi penderita anemia.

6. Menurunkan Berat badan

Menurunkan Berat Badan - Manfaat Pisang

Ingin berhasil dalam diet? Perbanyak konsumsi makanan berserat. Salah satunya adalah pisang ini. Kandungan seratnya sangat baik dalam melancarkan metabolisme. Dengan metabolisme yang lancar, kotoran dan zat-zat yang tidak diperlukan tubuh dapat dikeluarkan dengan baik, sehingga tidak menumpuk.

Selain itu, dengan kandungan karbohidrat kompleksnya, membuat pisang lebih baik untuk orang yang sedang diet menguruskan badan. Perut terasa kenyang lebih lama, sehingga keinginan ngemil dapat ditekan. Selain itu, pisang juga tergolong rendah lemak. Jadi, tidak perlu kuatir menambah kadar lemak dalam darah. 

7. Menjaga Agar Ginjal Tetap Sehat

Menjaga Ginjal - Manfaat Pisang

Selanjutnya adalah manfaat pisang dalam menjaga kesehatan organ ginjal. Hal ini disebabkan oleh kandungan sodium yang dimilikinya. Sodium dapat membantu dalam meminimalisir pembengkakan pada ginjal. Namun, konsumsi pisang pada orang terlanjur sakit ginjal, harus dibatasi. Sebab kandungan potasiumnya bisa jadi mempengaruhi kinerja ginjal.

8. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Mencagah Penuaan Dini - Manfaat Pisang

Polusi dan paparan sinar matahari dapat membuat kulit tampak lelah dan mengalami kerusakan. Pada akhirnya, akan terjadi penuaan dini yang tentunya tidak diinginkan oleh siapa pun. Untuk membantu mencegah penuaan dini, lengkapi pola makan seimbang dengan menambahkan konsumsi pisang.

Buah lembut dan manis ini memiliki kandungan Vitamin C dan B6 yang dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Kedua vitamin tersebut dapat memperbaiki kulit rusak dan segera melakukan regenerasi, sehingga kulit tampak kenyal dan sehat. Manfaat pisang sebagai pencegah penuaan dini dapat diperoleh dengan memakannya, ataupun membuatnya jadi masker. Beberapa manfaat masker pisang adalah: 

  • Membuat kulit tampak segar bercahaya
  • Mengatasi jerawat dan menghilangkan bekasnya
  • Memperbaiki kulit rusak akibat sinar matahari
  • Mengurangi kerutan halus
  • Melembabkan wajah

Dengan melihat beragam manfaat masker pisang tersebut, rasanya tidak berlebihan jika pisang termasuk dalam daftar buah yang berguna bagi kecantikan kulit. Apalagi manfaat pisang yang lainnya pun cukup banyak.

9. Membuat Mood Lebih Baik

Mood Lebih Baik - Manfaat Pisang

Sedang stres atau merasa cemas? Coba konsumsi pisang untuk membantu mengatasi perasaan tersebut. Ternyata pisang juga mampu membuat mood lebih baik. Hal ini disebabkan oleh kandungan triptofan yang ada di dalamnya. Golongan asam amino tersebut adalah bahan dalam membuat serotonin, hormon bahagia dalam tubuh.

10. Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata - Manfaat Pisang

Manfaat pisang adalah zat yang sangat diperlukan dalam menjaga kesehatan mata adalah Vitamin A, C dan E. Selain itu, diperlukan juga karotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Kesemua zat tersebut terdapat dalam satu porsi pisang. Tak ada salahnya rutin mengkonsumsi pisang agar mata tetap sehat.

11. Sumber Energi Instan

Sumber Energi Instan - Manfaat Pisang

Saat berolahraga, tubuh membutuhkan energi yang cukup untuk kinerja otot dan pembakaran yang meningkat. Salah satu sumber energi yang sering digunakan saat berolahraga adalah pisang. Sebab, kandungan karbohidratnya memberikan energi yang cukup untuk mendukung aktivitas olahraga. Jenis karbohidratnya pun kompleks, sehingga dicerna lebih lama.

Selain itu, kandungan kalium yang ada dalam pisang baik untuk merawat otot, yaitu mencegah terjadinya kram saat berolahraga. Jadi, tak ada salahnya mengkonsumsi pisang sebelum melakukan olahraga untuk mendapatkan manfaatnya.

12. Detoksifikasi

Detoksifikasi - Manfaat Pisang

Di dalam tubuh manusia terdapat zat yang tidak diperlukan, bahkan dapat menjadi racun yang memiliki efek bagi kesehatan. Oleh sebab itu, racun tersebut harus segera dikeluarkan agar tubuh tetap sehat. Salah satu zat yang memiliki peran dalam mengeluarkan racun adalah pektin.

Dari sebuat studi didapati bahwa pektin dapat bekerja membuang merkuri merkuri dari dalam tubuh melalui urine. Salah satu cara mendapatkan pektin ini adalah dengan mengonsumsi buah pisang. 

13. Baik Untuk Ibu Hamil

Baik Untuk Ibu Hamil - Manfaat Pisang

Manfaat pisang  bagi ibu hamil juga cukup tinggi. Kandungan berbagai vitamin dan mineralnya baik untuk memberikan nutrisi bagi ibu dan janinnya. Pisang juga dapat memberikan energi yang baik tanpa membuat gula darah melonjak, sehingga dapat menghindarkan diabetes pada ibu hamil (gestasional).

Manfaat lain yang bisa didapat ibu hamil dari buah pisang ini adalah memberikan efek menenangkan. Dengan demikian, ia bisa tidur dengan lebih nyenyak. Kandungan triptofan dan magnesium di dalam pisang dapat membantu menstabilkan emosi pada ibu yang sedang mengandung, sehingga tidak stres.

Begitu banyak manfaat pisang yang bisa diambil dari buah pisang ini membuatnya cocok dijadikan pelengkap makanan kesehatan. Namun, perlu diingat bahwa konsumsinya tetap harus dibatasi. Apalagi jika memiliki gangguan kesehatan yang dapat dipicu oleh salah satu kandungan dalam buah ini.

Cara konsumsinya pun perlu diperhatikan. Menggoreng pisang atau mengolahnya menjadi kudapan yang manis dapat meningkatkan kadar lemak dan gula dalam sajian tersebut. Jadi, cara paling tepat adalah memakannya langsung sebagai buah.

Baca Juga: Inilah Tips Awet Muda yang Bisa Anda Lakukan

Demikianlah pembahasan tentang manfaat pisang yang cukup beragam. Manfaat tersebut akan lebih optimal jika dibarengi dengan pola makan yang sehat dan juga aktif bergerak atau berolahraga. Selain itu, pastikan agar mengonsumsi pisang segar dan berkualitas baik dan terhindar dari pestisida.