Ada bermacam manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan. Tidaklah aneh bila tanaman yang dikenal juga dengan nama aloe vera ini sudah lama dipakai untuk menangani bermacam masalah kesehatan, dimulai dari penyakit kulit sampai sembelit.

Baca Juga: Banyak Ragam Manfaat Konsumsi Kopi untuk Kesehatan dan Menghindari Penyakit

Satu diantara manfaat lidah buaya yang terpopuler belakangan adalah melembabkan kulit. Faktanya, banyak produk kecantikan yang jadikan lidah buaya sebagai bahan natural untuk menangani kulit kering. Disamping itu, ada banyak manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang sayang untuk dilewati.

Bermacam Manfaat Lidah Buaya

Berikut manfaat lidah buaya atau lidah buaya untuk kesehatan Anda:

1. Menangani kulit kering

Kulit Kering - Manfaat Lidah Buaya

Memoleskan lidah buaya ke kulit bisa menolong menangani kulit kering. Masalahnya dalam lidah buaya terdapat mineral, enzim, antioksidan, vitamin A, C, serta E yang bagus untuk memperkuat susunan perlindungan kulit hingga sanggup membuat kulit jadi lebih lembab.

2. Hilangkan jerawat

Menghilangkan Jerawat - Manfaat Lidah Buaya

Riset memperlihatkan jika mengoleskan gel lidah buaya di sore dan pagi hari, berbarengan dengan obat anti jerawat yang sudah diresepkan sanggup kurangi jerawat sampai kurang lebih 35 %.

Manfaat lidah buaya untuk menangani jerawat ini kemungkinan didapat karena kandungan asam salisilat dan senyawa antiseptik lain di dalamnya yang bisa menolong membunuh bakteri pemicu jerawat.

3. Membersihkan make-up

Membersihkan Make-up - Manfaat Lidah Buaya

Untuk Anda yang mempunyai kulit peka, manfaat lidah buaya bisa jadi alternatif untuk bersihkan make-up tanpa iritasi. Dengan teksturnya yang mirip dengan gel, lidah buaya bisa melarutkan dandanan muka sekaligus melembabkan kulit.

4. Menangani mata bengap

Mata Bengap - Manfaat Lidah Buaya

Walau perlu untuk ditelaah lebih, memoleskan lidah buaya ke tempat bawah mata dipercaya bisa menolong menangani mata bengap. Ini diduga karena manfaat lidah buaya mempunyai potensi untuk tingkatkan saluran darah, sehingga bisa memperlancar pertukaran cairan yang menumpuk.

5. Mempercepat pengobatan cedera

Pengobatan cedera dengan lidah buaya

Banyak riset memperlihatkan jika mengoleskan gel atau cream lidah buaya ke kulit bisa percepat proses pengobatan cedera bakar derajat ringan (derajat 1 dan 2). Bahkan juga, sebuah riset mendapati jika lidah buaya lebih efisien dibanding salep yang umum diresepkan untuk cedera bakar ringan.

6. Meredakan gatal dan ruam kronis

Gatal-gatal - Manfaat Lidah Buaya

Beberapa penyakit akut yang disebabkan karena infeksi bisa mengakibatkan rasa gatal di kulit dan mulut. Ini pasti bisa mengusik makan, minum, dan kenyamanan pada umumnya.

Menurut riset, memakai obat kumur yang memiliki kandungan gel lidah buaya sekitar 3x satu hari sepanjang tiga bulan dapat menolong kurangi rasa gatal dan ruam pada mulut. Manfaat lidah buaya yang serupa bisa juga didapat bila gel lidah buaya dibalurkan sekitar 2 kali sehari sepanjang dua bulan di kulit.

7. Menolong pemulihan cold sore

Bibir - Manfaat Lidah Buaya

Beberapa riset memperlihatkan jika cream dengan konsentrat lidah buaya dapat percepat proses pengobatan cold sore atau cedera karena virus herpes simpleks. Selain melembabkan, manfaat ini bisa didapat karena lidah buaya mempunyai karakter antivirus hingga bisa menolong melawan virus herpes.

8. Menangani psoriasis

Menangani psoriasis - Manfaat Lidah Buaya

Pemakaian cream yang mengandung lidah buaya disebutkan bisa kurangi plak kulit yang muncul karena psoriasis. Bahkan juga, cream lidah buaya diduga lebih efisien dibanding triamcinolone yang umum diresepkan untuk psoriasis. Walau demikian, riset selanjutnya masih perlu dilaksanakan.

9. Menurunkan kandungan gula darah

Gula - Manfaat Lidah Buaya

Lidah buaya mempunyai potensi jadi obat diabetes karena sebuah riset memperlihatkan jika konsumsi konsentrat lidah buaya tiap hari bisa menolong turunkan kandungan gula darah pasien diabetes tipe 2.

Meskipun begitu, pemakaiannya harus waspada karena bila dimakan berbarengan dengan obat diabetes, glukosa darah bisa turun dengan jumlah yang tinggi sehingga justru dapat berbahaya untuk kesehatan.

10. Memperlancar bab

Sakit Perut - Manfaat Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya yang paling akhir ini telah lama dikenali banyak orang. Lateks pada gel lidah buaya dijumpai bisa jadi obat pencahar. Tetapi, pemakaiannya harus dilaksanakan secara berhati-hati karena bisa juga mengakibatkan efek berbentuk diare.

Efek Samping Lidah Buaya

Walau bawa banyak manfaat, ada efek yang dapat muncul dari pemakaian lidah buaya. Di kulit contohnya, reaksi alergi kemungkinan untuk muncul saat lidah buaya dibalurkan. Reaksi alergi ini umumnya dirasakan oleh orang yang alergi pada bawang putih, bawang bombay, serta bunga tulip.

Konsumsi lateks lidah buaya dengan jumlah tinggi mempunyai potensi mengakibatkan sakit di perut dan kram. Bahkan juga, dalam periode panjang dapat mengakibatkan diare, pengurangan berat tubuh, permasalahan ginjal, kelemahan otot, darah memiliki kandungan urine, sampai masalah jantung.

Karena itu, tidak boleh asal-asalan konsumsi produk gel atau lateks lidah buaya. Anda dianjurkan untuk membaca info pada kemasannya supaya terbebas dari efek.

Kelompok orang yang seharusnya tidak konsumsi gel atau lateks dari lidah buaya diantaranya:

  • Ibu hamil, karena tingkatkan resiko berlangsungnya keguguran dan kecacatan pada janin
  • Anak-anak umur di bawah 12 tahun, karena beresiko mengakibatkan sakit di perut, kram, atau diare
  • Pasien yang akan jalani operasi dalam kurun waktu dua minggu kedepan, karena beresiko mengganggu kandungan gula darah sepanjang dan sesudah operasi
  • Pasien wasir, gagal ginjal, atau radang usus, karena bisa jadi parah keadaan itu

Lidah buaya dapat bawa banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk pemakaian luar, lidah buaya biasanya aman. Tetapi, selalu cermati resiko berlangsungnya alergi dan pastikan produk yang Anda pakai sudah mendapatkan izin BPOM.

Tidak boleh memoleskan lidah buaya pada cedera yang dalam di kulit atau pada cedera bakar yang kronis. Lidah buaya bisa juga memunculkan alergi, khususnya ke orang yang mempunyai alergi pada bawang bombay dan bawang putih.

Konsumsi manfaat lidah buaya yang telah diolah menjadi suplemen, obat, atau konsumsi harian dalam jumlah tinggi adalah hal yang beresiko. Tidak boleh konsumsi lidah buaya jika Anda menderita masalah pencernaan, penyakit ginjal, penyakit jantung atau diabetes.

Anda harus juga waspada jika ingin memanfaatkan lidah buaya sebagai penyembuhan alternatif atau penyembuhan tambahan dari sisi obat dokter. Bila Anda mempunyai keadaan klinis tertentu, tanyakanlah dahulu dengan dokter saat sebelum memakai produk atau obat herbal yang memiliki kandungan lidah buaya. Karena lidah buaya bisa berhubungan dengan obat jantung, steroid, obat diabetes, sampai obat pencahar.

Baca Juga: Tips Mengatasi Kesehatan Mental dengan Benar

Manfaat lidah buaya (Aloe vera) yang sedang memang membuatnya bagus untuk dipakai. Walau demikian, lihat resiko dan efek yang kemungkinan muncul seperti pada atas.

Pakai seperlunya saja, dan tidak boleh memakai lidah buaya sebagai salah satu perawatan untuk penyakit yang Anda alami.