Tubuh agar selalu sehat membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap dan juga perlu melakukan olahraga. Salah satu makanan yang bisa menjadikan tubuh menjadi sehat adalah ikan. Ikan sendiri ada banyak sekali macamnya, ikan salmon merupakan ikan yang bisa dijadikan sebagai makanan yang bisa menjaga tubuh selalu sehat dan bugar.Manfaat ikan salmon sangat beragam khususnya untuk kesehatan.

Baca Juga: Mengenal Penyebab, Ciri dan Obat Cegukan

ikan salmon memiliki kandungan omega-3 dan lemak tak jenuh yang cukup tinggi sehingga sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu banyak mineral lain yang terkandung dalam ikan salmon seperti protein, kalsium, zat besi, kalsium, vitamin A dan B12, serta kalori. Tidak heran bukan jika manfaat untuk kesehatan tubuh sangat banyak? 

Ikan Salmon Bermanfaat Untuk Bayi

Manfaat ikan salmon bisa dirasakan siapa saja mulai dari bayi hingga orang tua. Ikan ini sering sekali dijadikan menu MPASI bayi karena rendah merkuri dan kaya akan nutrisi. Berikut ini adalah manfaat yang bisa didapatkan bayi jika mengkonsumsi ikan salmon.

1. Terlindung Dari Penyakit

Bubur Salmon - Manfaat Ikan Salmon

Nutrisi yang lengkap pada ikan salmon membantu tubuh bayi untuk bisa lebih tahan terhadap penyakit. Imunitas tubuh bisa meningkat karena ikan salmon memberikan nutrisi yang banyak untuk tubuh bayi. Tak hanya itu pencernaan bayi pun jadi bisa lancar karena adanya asam amino dalam ikan salmon yang berfungsi melancarkan pencernaan pada bayi. 

Tidak hanya sampai situ saja, ikan salmon juga memberi manfaat lain yaitu menjaga kesehatan jantung bayi dan menjauhkan bayi dari kemungkinan terserang diabetes.

2. Mencerdaskan Otak

Bayi Sehat - Manfaat Ikan Salmon

Kesehatan otak pada bayi sangat penting dalam proses tumbuh kembang bayi itu sendiri. Kandungan omega-3 yang tinggi pada ikan salmon merupakan nutrisi yang paling dibutuhkan otak agar bayi bisa jadi lebih cerdas dan kesehatan otak tetap terjaga.

3. Merawat Kulit

Kulit Bayi - Manfaat Ikan Salmon

Manfaat ikan salmon untuk bayi yang lainnya adalah menjaga kesehatan kulit bayi. Ada asam lemak esensial pada ikan salmon yang bisa membuat kulit bayi selalu halus. Tidak hanya itu saat ada iritasi dan alergi pada makanan tertentu dengan mengkonsumsi ikan salmon hal tersebut bisa dicegah dan diatasi.

4. Menajamkan Daya Penglihatan Bayi

Mata Bayi - Manfaat Ikan Salmon

Pada ikan salmon terdapat senyawa AHA dan DHA yang bagus sekali merawat kerja saraf mata bayi. Selain itu ada juga vitamin A yang baik untuk mengoptimalkan panca indera si kecil. Ikan salmon memang cocok dijadikan sebagai menu MPASI karena bisa memberikan manfaat yang baik untuk tumbuh kembang si kecil.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Tulang Bayi - Manfaat Ikan Salmon

Manfaat ikan salmon yang selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan tulang pada bayi. Hal ini karena ikan salmon mengandung protein yang tinggi dimana itu sangat penting untuk proses pertumbuhan tulang pada si kecil. Saat sudah semakin besar nanti si kecil akan terhindar dari nyeri sendi dan juga pengeroposan tulang. 

Manfaat Ikan Salmon Untuk Ibu Hamil

Ibu Hamil - Manfaat Ikan Salmon

Selain memberikan manfaat yang banyak sekali untuk bayi di usia 6 bulan ke atas, ternyata ikan salmon juga bagus untuk para ibu hamil. Manfaat ikan salmon untuk ibu hamil bisa menjadi nutrisi yang baik untuk calon bayi dan juga untuk si ibu sendiri.

1. Untuk Pertumbuhan Otak Janin

Manfaat ikan salmon yang dikenal akan kandungan omega-3 memang bagus sekali untuk otak. Pada ibu hamil yang mengkonsumsi ikan laut ini sama saja memberikan asupan baik untuk pertumbuhan otak janin yang dikandungnya. 

Untuk ibu hamilnya sendiri konsumsi ikan salmon bisa menurunkan resiko kelahiran prematur serta menurunkan tekanan darah selama masa hamil. Sang ibu bisa terhindar dari berbagai gangguan atau permasalahan jantung semasa hamil.

2. Sumber Energi

Untuk janin dalam kandungan, manfaat ikan salmon adalah untuk membantu pertumbuhan otot dan sistem metabolisme tubuh bayi bisa optimal sehingga janin tumbuh sempurna. Sementara untuk sang ibu, ikan salmon menjadi sumber energi serta membantu pengaturan hormone dalam selama masa kehamilan. 

Tak hanya itu saja, ibu hamil yang rawan terkena osteoporosis dengan mengkonsumsi ikan salmon hal itu bisa dicegah dan dihindari. Kulit sang ibu pun bisa selalu sehat dan halus.

3. Menangkal Penyakit

Manfaat ikan salmon untuk ibu hamil adalah sebagai penguat daya tahan tubuh. Sang ibu yang mengkonsumsi ikan salmon tubuhnya bisa membentuk sel darah merah dan darah putih secara optimal, Selain itu resiko anemia juga menjadi lebih rendah. Pencernaan pun bisa lancar sehingga metabolisme tubuh jadi lebih optimal.

Metabolisme tubuh yang terjaga bisa meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh pada ibu hamil, jadi penyakit pun susah untuk bersarang di tubuh ibu hamil. Mengkonsumsi ikan salmon juga menjauhkan ibu hamil dari penyakit kardiovaskular.

4. Penangkal Radikal Bebas

Manfaat ikan salmon bagi para ibu hamil yang juga cukup penting adalah sebagai penangkal radikal bebas. Dalam ikan salmon ada sifat antioksidan yang bisa mencegah radikal bebas masuk dalam tubuh. Apalagi jika ikan salmon tersebut dikonsumsi secara rutin satu minggu dua kali.

5. Kulit Ibu Hamil Terjaga

Biasanya karena perubahan hormonal yang drastis di dalam tubuh ibu hamil bisa berefek pada kulit sang ibu. Akan muncul jerawat atau noda hitam yang bisa membuat ibu hamil merasa stress. Ikan salmon bisa menjaga kulit ibu hamil tetap sehat dan cerah. Hal ini karena ikan salmon kaya akan selenium dan vitamin E yang bagus untuk merawat kesehatan kulit selama masa kehamilan.

Manfaat Salmon Secara Umum Bagi Tubuh

Jika sudah mengulas secara khusus manfaat ikan salmon untuk bayi dan ibu hamil ada baiknya mengetahui juga manfaat salmon bagi tubuh secara general. Tentunya ikan salmon bagus sekali untuk menjaga kesehatan tubuh setiap orang. Mari simak penjelasan singkatnya berikut ini:

1. Sumber Protein

Sumber Protein Ikan Salmon - Manfaat Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung protein yang tinggi. Protein unu sendiri fungsinya adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan menjaga massa otot serta mempercepat penyembuhan luka. 3 ons ikan salmon sudah memenuhi kebutuhan protein harian untuk tubuh, alangkah baiknya jika cara mengolahnya dengan cara dikukus bukan digoreng.

2. Memenuhi Kebutuhan Vitamin B

Vitamin B Ikan Salmon - Manfaat Ikan Salmon

Manfaat ikan salmon secara umum adalah memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin B. Ada kandungan vitamin B yang cukup tinggi pada ikan salmon dan bisa membantu untuk membentuk dan memperbaiki DNA serta mengurangi peradangan pada jantung. Sistem saraf dan juga otak pun bisa lebih terjaga dengan mencukupi kebutuhan vitamin B melalui ikan salmon.

3. Sumber Potasium

Sumber Potasium - Manfaat Ikan Salmon

Ikan salmon kandungan potasiumnya lebih tinggi daripada buah pisang. Potasium ini fungsinya adalah untuk mengendalikan tekanan darah serta mengurangi resiko stroke. Jika memenuhi kebutuhan sumber potassium harian maka tubuh bisa terhindar dari sakit darah tinggi dan juga stroke.

4. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan - Manfaat Ikan Salmon

Dalam menu diet biasanya ikan salmon disertakan sebagai sumber protein. Namun ternyata ada manfaat lain dari ikan salmon bagi orang yang sedang menurunkan berat badan yakni mengatur hormone dan membuat orang merasa cepat kenyang lebih lama, Tidak heran jika ikan salmon selalu masuk dalam menu makanan diet sehat.

5. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Turunkan Risiko Penyakit Jantung - Manfaat Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung omega 3 yang sangat tinggi dan itu baik untuk kesehatan otak serta memenuhi kebutuhan oksigen dalam darah. Oleh karena itulah dengan mengkonsumsi ikan salmon kesehatan jantung bisa terjaga karena secara otomatis trigliserida dalam darah menurun dan aliran darah menjadi lancar.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Menjaga Kesehatan Tulang - Manfaat Ikan Salmon

Tidak hanya orang dalam saja yang terjaga dengan baik fungsinya karena memakan ikan salmon. Tulang pun mendapat manfaat baik juga dari konsumsi ikan laut kaya nutrisi tersebut. Kandungan protein yang tinggi, zat besi, kalsium, dan juga kalium membantu sekali dalam menjaga kesehatan tulang. Orang yang suka makan ikan salmon akan terhindar dari resiko osteoporosis dan juga masalah persendian.

Baca Juga: Perhatikan Beberapa Cara Mencegah Stroke Agar Tidak Kambuh

Nah, itu dia beberapa manfaat ikan salmon yang bisa didapatkan jika rutin mengkonsumsinya. Sebaiknya jangan digoreng dengan minyak saat mengolah ikan salmon. Buatlah sup atau mungkin dengan cara dikukus lalu ditaburi bumbu dapur secukupnya agar nutrisinya tidak banyak hilang.