Air kelapa hijau dikenal memiliki khasiat yang baik untuk mengatasi masalah kesehatan. Selain rasanya segar dan bisa menghilangkan rasa haus, manfaat air kelapa hijau untuk tubuh sangat banyak sekali. Kelapa hijau mudah sekali ditemukan bahkan banyak orang yang menjual kelapa hijau sebagai pelepas dahaga dengan harga yang cukup terjangkau. 

Baca Juga: Ragam Vitamin Untuk Ibu Hamil Dari Bahan Alami

Sebelum membahas lebih jauh lagi tentang manfaat air kelapa hijau mari simak sedikit ulasan tentang kelapa hijau yang baik itu seperti apa. Bahkan banyak yang salah kira kalau kelapa hijau dan kelapa biasa itu sama. Nah agar lebih jelas mari simak ulasannya di sini.

Apa Bedanya Kelapa Biasa dengan Kelapa Hijau?

Kelapa hijau dan kelapa biasa sebetulnya adalah dua jenis yang berbeda. Namun terkadang orang keliru dan menganggap dua jenis kelapa tersebut sama saja. Pada kelapa hijau yang bagus saat dibelah maka akan terlihat warna merah muda pada bagian serat kulit kelapanya. Kalau pada kelapa biasa tidak ada warna merah muda melainkan warna coklat yang pucat bahkan lebih seperti warna putih. 

Selain itu pada kelapa hijau akar pada kelapa yang masih berusia satu atau dua bulan warnanya merah sedangkan pada kelapa biasa warnanya putih. Ada lagi perbedaan yang mencolok antara kelapa biasa dan kelapa hijau, rasa air kelapa hijau ada rasa asam yang segar dan daging kelapanya lebih manis dari kelapa biasa. Air kelapa biasa pun lebih terasa seperti soda dan ada rasa manisnya.

Kandungan yang Ada Pada Kelapa Hijau

Kelapa hijau yang rasanya manis asam dan lebih menyegarkan daripada kelapa biasa memiliki kadar air yang lebih banyak daripada daging buahnya. Manfaat air kelapa hijau sendiri pun sangat banyak untuk tubuh karena terdapat banyak kandungan yang dibutuhkan tubuh terutama potassium.

Dalam satu butir kelapa ada 600 mg potassium, magnesium, kalsium, zat besi, zinc, selenium, dan fosfor. Mineral yang lengkap ada semua pada satu butir kelapa. Tak hanya itu saja vitamin juga ada banyak sekali dalam kelapa hijau. Mulai dari vitamin A, B6, B12, C, D, E , dan vitamin K semuanya ada pada satu butir kelapa hijau. 

Masih ada lagi kandungan yang dinyatakan para peneliti ada pada satu butir kelapa hijau, seperti betaine, folat, kolin, niacin, riboflavin, dan thiamin serta zat sitokinin pun ada pada kelapa hijau. Tak heran jika kelapa hijau punya sifat antikanker yang ampuh.

Manfaat Air Kelapa Hijau Bagi Tubuh

Jika dilihat dari banyaknya kandungan mineral dan nutrisi pada satu butir kelapa hijau, tidak heran jika banyak pula manfaat air kelapa hijau untuk kesehatan tubuh seseorang. Manfaat yang diberikan bagi tubuh sudah banyak orang yang merasakannya langsung. Kira-kira apa saja yang manfaat dari kelapa hijau?

1. Membantu Mengatasi Demam

Demam - Air Kelapa Hijau

Manfaat air kelapa hijau yang pertama adalah sebagai penurun demam. Demam adalah tanda kalau tubuh sedang berperang atau melawan infeksi virus atau bakteri yang ada pada tubuh. Biasanya orang dikatakan demam jika suhu tubuhnya di atas 38 derajat celcius.

Jika ingin menurunkan demam tanpa menggunakan obat dengan bahan kimia, kelapa hijau bisa digunakan. Kelapa hijau bisa dijadikan sebagai obat demam dengan cara menuangkan air kelapa pada gelas lalu tambahkan satu sendok makan madu dan air hangat secukupnya. 

Aduk semuanya dalam gelas sampai tercampur rata lalu minum perlahan. Tunggu beberapa saat suhu tubuh akan turun. Air kelapa hijau ini juga bagus untuk orang demam karena bisa mengganti cairan yang hilang pada orang yang sedang demam.

2. Mengatasi Masalah Pencernaan

Sembelit - Air Kelapa Hijau

Manfaat kedua adalah untuk membantu mengatasi pencernaan yang bermasalah. Sistem pencernaan seseorang biasanya mempunyai sedikit masalah seperti kurang lancar atau sembelit. Hal ini dikarenakan tubuh kurang mengkonsumsi serat dan nutrisi yang dibutuhkan sistem pencernaan. Nah, kelapa hijau ini sangat bagus untuk mengatasi sistem pencernaan yang kurang lancar. 

Kelapa hijau bisa mengobati segala macam racun dan sampah yang menumpuk di dalam tubuh karena memang dikenal memiliki sifat anti-racun. Kelapa ijo ini bisa membantu proses detoks dalam tubuh jadi lebih maksimal dan mengembalikan kerja sistem pencernaan normal kembali.

3. Membantu Jaga Kesehatan Jantung

Kesehatan Jantung - Air Kelapa Hijau

Salah satu organ vital pada tubuh manusia adalah jantung. Organ tubuh ini berfungsi untuk menyalurkan darah ke seluruh bagian tubuh. Kandungan kalium yang tinggi pada kelapa hijau membantu sekali pada pergerakan otot dalam tubuh terutama otot jantung.

Jika seseorang rutin mengkonsumsi kelapa hijau, maka sumbatan-sumbatan yang ada pada pembuluh darah akan diatasi dengan baik sehingga resiko serangan jantung dan penyakit jantung lain menurun.

4. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan - Air Kelapa Hijau

Sudah tahu belum manfaat air kelapa hijau yang satu ini? Kelapa hijau bisa membantu orang yang sedang berjuang menurunkan berat badan yang berlebih agar bisa ideal. Proses penurunan berat badan bisa lebih maksimal jika dibantu dengan mengkonsumsi kelapa hijau. Kandungan lemak, gula, dan kalori pada kelapa hijau sangat sedikit.

Tak hanya itu daging dan air kelapa hijau bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Kandungan seratnya pun juga bisa membantu memperlancar sistem pencernaan sehingga diet bisa berjalan dengan baik.

5. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Mencegah Penyakit Batu Ginjal - Air Kelapa Hijau

Ternyata manfaat air kelapa hijau yang lain adalah untuk membantu tubuh terhindar dari penyakit batu ginjal. Ginjal sendiri merupakan organ yang fungsinya menyaring darah, membuah limbah atau racun yang ada pada tubuh. Mengkonsumsi kelapa hijau secara rutin bisa membantu menormalkan kadar gula darah sehingga pembuluh darah ginjal pun secara otomatis terlindungi dari sumbatan.

6. Sebagai Pengganti Cairan Tubuh

Pengganti Cairan Tubuh - Air Kelapa Hijau

Cairan dalam tubuh fungsinya untuk mengatur suhu tubuh seseorang. Jika tubuh kekurangan cairan maka besar kemungkinan suhu tubuh akan naik. Tak hanya itu cairan pada tubuh sangat penting karena tugasnya untuk melindungi persendian dan juga organ, serta memberikan oksigen pada sel-sel tubuh. 

Pada kelapa hijau terutama pada airnya ada kadar elektrolit yang tinggi yang sama dengan cairan tubuh. Tak heran jika air kelapa hijau selalu digunakan sebagai minuman untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Cairan tubuh yang hilang bisa diganti dengan baik dengan mengkonsumsi air kelapa hijau terutama setelah olahraga dan aktivitas di luar.

7. Mencegah Penuaan Dini

Kelapa hijau memiliki kandungan sitokinin yang tinggi. Ini adalah hormone pertumbuhan yang bisa menjadi vitamin untuk meningkatkan jaringan kolagen pada kulit. Jika jaringan kolagen bisa diproduksi secara maksimal maka kulit bisa terhindar dari berbagai masalah kulit terutama penuaan dini pada kulit. Pigmentasi akan merata dengan baik, jerawat hilang, dan penuaan dini pun bisa terhindarkan.

Agar bisa membantu mencegah terjadinya penuaan dini ini caranya adalah dengan mengkonsumsi daging buah beserta airnya secara rutin. Bisa dimakan dan bisa juga dijadikan sebagai masker wajah. Haluskan daging kelapa hijau lalu aplikasikan pada wajah, bisa juga dengan menggunakan air kelapa hijau untuk membersihkan wajah, namun tetap harus membersihkan dengan air bersih setelahnya hingga tidak ada air kelapa yang tersisa.

8. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Ibu Hamil - Air Kelapa Hijau

Ibu hamil dan janin perlu dijaga kesehatannya sejak awal masa kehamilan. Salah satu cara atau upaya yang bisa dilakukan adalah dengan rutin mengkonsumsi kelapa hijau untuk si ibu hamil. Manfaat air kelapa hijau untuk ibu hamil adalah sebagai peningkat kekebalan tubuh, sehingga ibu hamil bisa terhindar dari berbagai penyakit. 

Tak hanya itu saja, manfaat air kelapa hijau yang lain untuk ibu hamil adalah sebagai anti jamur, anti bakteri dan anti virus sehingga bisa menjaga pertumbuhan janin dalam kandungan terhindar dari berbagai masalah yang tidak diinginkan.

Banyak bukan manfaat air kelapa hijau untuk kesehatan tubuh seseorang. Baik daging buahnya atau airnya sama-sama memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Bahkan karena bersifat anti racun orang yang keracunan makanan atau alergi pada makanan tertentu pun juga menggunakan kelapa hijau sebagai penawarnya.

Baca Juga: Ternyata Ini Makanan Sehat Untuk Jantung, Enak dan Mudah Didapatkan Lho!

Kelapa hijau bisa dikonsumsi secara rutin dan tidak perlu takut akan mendapatkan efek samping yang buruk. Siapa saja bisa mengkonsumsi kelapa hijau untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Rasakan sendiri manfaat air kelapa hijau dengan mengkonsumsinya mulai sekarang.