Banyak orang yang mencari cara bagaimana cara tips mengecilkan perut. Sebab, perut yang besar atau buncit seringkali membuat kepercayaan diri seseorang menjadi berkurang. Tidak hanya perihal kepercayaan diri, perut yang terlalu buncit juga bisa memicu ketidak sehatan tubuh, sebab bisa menjadi tanda bahwa mengalami obesitas.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Jerawat Membandel Cepat dan Aman

Atas alasan itulah, mengecilkan perut perlu dilakukan supaya sehat dan badan yang ideal bisa terjaga. Untuk mengecilkan perut tersebut tentunya tidak mudah dan diperlukan perjuangan yang keras. Oleh sebab itu, kali ini akan dipaparkan dengan gamblang mengenai tips mengecilkan perut yang ampuh dan pastinya bisa dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu kesibukan.

Macam-macam Cara Mengecilkan Perut Paling Ampuh

Masalah perut bukanlah suatu persoalan yang sepele. Perut yang cenderung membesar karena pengaruh pola hidup yang kurang sehat akan membuat penampilan terlihat kurang menarik serta akan memudahkan tubuh untuk terserang virus maupun bakteri jahat penyebab penyakit. Masyarakat yang mempunyai problematika serupa diharapkan mampu menerapkan tips dalam mengecilkan perut berikut ini secara rutin.

1. Olahraga Rutin

Olahraga Rutin - Mengecilkan Perut

Tips mengecilkan perut yang pertama adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga tersebut tidak harus jenis yang berat, melainkan olahraga yang ringan-ringan saja seperti halnya jogging, lari pagi, fitness kecil-kecilan di rumah, naik sepeda keliling kompleks perumahan, dan olahraga-olahraga ringan lain yang mudah dilakukan. Dijamin aktivitas ini tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga aktivitas sehari-hari pun akan berjalan sebagaimana mestinya.

Selain perut mengecil, melakukan olahraga juga akan mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena keringat akan keluar dan tubuh pun akan kembali segar seperti sedia kala. Olahraga ini harus dijalankan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik yakni perut mengecil, kencang, dan tubuh pun menjadi sehat.

2. Rajin Sit Up

Sit up - Mengecilkan Perut

Sejak lama, latihan sit up dipercaya dapat mengecilkan perut dengan cepat. Latihan ini juga akan menguatkan serta membentuk otot-otot yang ada di dalam perut. Akan tetapi, latihan ini membutuhkan tenaga ekstra dan adaptasi bagi para pemula. Namun, dengan melakukan sit up, hal tersebut bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa memerlukan sebuah alat khusus.

Sebaiknya, lakukanlah sit up secara rutin 2 kali dalam satu hari yakni pada pagi hari setelah bangun tidur dan juga pada malam hari ketika akan tidur. Minimal, lakukan gerakan sit up sebanyak 10 kali pada setiap periode yang dilakukan. Jika capek, berhentilah terlebih dahulu dan sesekali diperbolehkan untuk minum air putih dan lebih baik lagi jika ditambah lemon atau daun mint yang dapat meruntuhkan lemak.

3. Mengurangi Makanan Berlemak

Makanan berlemak - Mengecilkan Perut

Barangsiapa yang suka mengonsumsi junk food dan makanan berlemak lainnya seperti halnya bakso dan gorengan, maka bisa dipastikan bahwa lama-kelamaan mereka akan memiliki perut yang buncit. Lemak memang cepat membuat perut dan tubuh seseorang mengembang lebih besar. Akan tetapi, hal ini sangat tidak sehat dan akan mempengaruhi metabolisme yang ada di dalam tubuh sehingga menyebabkan penyakit banyak yang tertimbun. 

Jika ingin mengecilkan perut karena sebab timbunan lemak yang banyak, lakukanlah olahraga, jalanilah pola makan yang teratur, dan imbangilah kedua cara tersebut dengan mengurangi seminimal mungkin konsumsi makanan berlemak yang ada. Hal ini juga sangat ampuh bila dilakukan dengan disiplin dan teratur.\

4. Banyak Makan Sayur dan Buah

Makan sayur dan buah - Mengecilkan Perut

Tips mengecilkan perut juga bisa dilakukan dengan makan banyak sayur dan buah. Kandungan vitamin yang tinggi pada sayur dan buah dipercaya bisa melarutkan lemak-lemak membandel yang tertimbun dalam tubuh manusia. Hal ini tentunya sangat baik untuk melakukan pengecilan perut. Sayur dan buah harus dikonsumsi secara rutin dengan porsi yang pas serta dengan takaran yang seimbang.

Dalam hal ini, takaran untuk pengkonsumsian sayur dan buah juga sangat penting untuk diperhatikan. Sebab, jika terlalu banyak makan buah yang banyak mengandung glukosa atau pun fruktosa seperti layaknya apel, perut tidak akan mengecil, tetapi malah akan semakin membesar sehingga ikhtiar dengan cara mengonsumsi buah tersebut sama saja dengan berbohong.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Banyak Minum Air Putih - Mengecilkan Perut

Telah diketahui secara umum bahwa kandungan yang paling banyak di dalam tubuh manusia adalah air. Dengan mengonsumsi air, tubuh akan menjadi lebih sehat dan juga segar. Minum  air dengan cukup yakni sejumlah 8 gelas dalam sehari juga bisa dijadikan usaha untuk mengecilkan perut yang telah membesar akibat konsumsi lemak yang berlebih. 

Ingat, air putih yang diminum sebaiknya benar-benar steril dan tidak mengandung bakteri lagi. Jika perlu, rebus terlebih dahulu air tersebut agar benar-benar aman untuk diminum. Waktu terbaik untuk minum air pun juga harus ditentukan dan rutin setiap hari.

6. Buang Air Besar Setiap Hari

WC - Mengecilkan Perut

Tips mengecilkan perut bisa dilakukan juga dengan BAB lancar. Sembelit dan tidak rutin saat Buang Air Besar juga merupakan salah satu masalah utama membesarnya perut manusia. Sebab, jika jarang Buang Air Besar, maka kotoran-kotoran akan tertimbun di dalam perut dan lama-kelamaan akan berubah menjadi lemak dan juga penyakit. Hal ini sungguh tidak sehat bagi tubuh. 

Usahakan agar tubuh melakukan Buang Air Besar secara rutin setiap hari agar kotorannya tidak menumpuk di dalam perut. Hal ini bisa diusahakan dengan memperbanyak makanan yang berserat serta buah-buahan layaknya pisang dan pepaya.

7. Mengurangi Asupan Gula

Mengurangi Gula - Mengecilkan Perut

Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis jika ingin perut yang proporsional. Kandungan gula selain akan menyebabkan penyakit diabetes juga akan membuat tubuh menjadi lebih gemuk. Jika hal ini tidak segera diatasi, maka akan menjadi sebuah bumerang yang mana semakin lama akan timbul penyakit yang membahayakan bagi tubuh seseorang. 

Jika sesekali ingin minuman atau makanan dengan kadar gula yang tinggi, hal itu diperbolehkan asalkan ada penyemimbangnya yakni konsumsi sayur, buah, olahraga, dan minum air putih yang cukup. Sebaiknya, gunakan juga gula yang memiliki kandungan glukosa rendah agar diabetes juga tidak mudah menghinggapi tubuh.

8. Tidur Cukup

Tidur Cukup - Mengecilkan Perut

Tips mengecilkan perut selanjutnya adalah dengan tidur yang cukup. Seseorang yang terlalu sering begadang selain akan membuat tubuh lemah, hal itu juga akan membuat perut cepat bertambah besar. Hal ini merupakan pola tubuh yang sangat tidak sehat bagi manusia. Jangan begadang terlalu sering dan sebaiknya aturlah pola tidur siang dan malam dengan sangat cukup. Tidur siang bisa dilakukan selama 2 jam dan tidur malam bisa dilakukan selama kurang lebih 6 hingga 8 jam lamanya.

Jangan terlalu capek juga ketika melakukan aktivitas. Imbangi tidur yang cukup dengan pola makan yang teratur agar tidur yang dijalani tenang dan tidak mudah terbangun ketika tengah malam karena kondisi lapar. Jika misalkan terbangun saat tidur karena lapar, maka jangan makan-makanan yang berat, tetapi cukup minum air putih dan makan buah saja agar organ pencernaan tidak bekerja dengan berat saat tidur.

9. Mengunyah Makanan Hingga Halus

Mengunyah Makanan - Mengecilkan Perut

Salah satu tips mengecilkan perut yang sederhana namun bisa berdampak besar adalah mengunyah makanan sampai halus. Setiap makan, biasakan mengunyah makanan hingga halus sebelum menelannya. Jika makanan belum begitu halus dan sudah ditelan, maka kandungan karbohidrat di dalamnya akan sangat banyak. Hal ini menjadi penyebab utama perut yang membuncit dan tubuh yang gemak. 

Permasalahan ini banyak dialami oleh masyarakat luas, tetapi mereka kurang menyadarinya. Tips yang satu ini juga harus benar-benar dilakukan dan diterapkan setiap makan untuk hasil mengecilkan perut yang maksimal. Santai saja ketika makan dan jangan terburu-buru agar makanan yang dikunyah benar-benar halus.

10. Rajin Mengonsumsi Teh Hijau

Teh Hijau - Mengecilkan Perut

Cara yang paling mudah dan instan dalam diet atau tips mengecilkan perut yang terakhir yakni dengan minum teh hijau. Hal tersebut bisa dibeli dalam bentuk teh celup atau membelinya masih dalam butiran-butiran teh untuk direbus sendiri.

Namun, mengkonsumsi teh hijau ini harus mematuhi takaran yang sudah dianjurkan. Jika terlalu banyak hal tersebut akan mengganggu saluran pencernaan sehingga bisa menyebabkan diare, maag, dan lain sebagainya. Sebelum meminumnya, pastikan juga bahwa tubuh tidak alergi dengan teh hijau yang dikonsumsi tersebut.

Baca Juga: Inilah Rekomendasi 6 Merek Susu untuk Diabetes

Semoga tips mengecilkan perut tersebut dapat dijadikan sebagai referensi dalam mengecilkan masalah ukuran perut yang selama ini sangat mengganggu. Jagalah berat badan dan rawatlah mulai dari sekarang karena itu akan menjadi suatu aset yang sangat penting. Di samping itu, tetap jaga pola makan dan jangan biarkan perut membesar tanpa terkendalikan.