Kelebihan berat badan memiliki dampak buruk untuk tubuh sehingga membutuhkan diet sehat yang tepat yang harus dilakukan. Tidak hanya berdampak pada rasa percaya diri seseorang tetapi juga dikhawatirkan menimbulkan berbagai penyakit yang mengintai. Ruang gerak orang obesitas terbatas, makanan yang harus dihindari juga cukup banyak. Sebelum berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh, beberapa cara diet yang sehat bisa Anda coba.

Baca Juga: Penting Untuk Diketahui Beberapa Gejala Penyakit Jantung

Pada dasarnya tujuan diet adalah untuk mengembalikan tubuh yang sehat. Sementara tubuh langsing atau berat badan yang turun adalah bonus. Ubah mindset terlebih dahulu bahwa tujuan Anda melakukan diet adalah untuk menjadikan tubuh lebih sehat dari sebelumnya. Dengan begitu, proses penurunan berat badan akan terasa ringan dan menyenangkan.

Macam-macam Diet SehatĀ 

1. Diet Alkali

Diet Alkali - Diet Sehat

Diet Alkali salah satu cara diet yang seringkali terdengar. Diet ini bertujuan untuk menjaga pH tubuh agar tetap basa dan menyarankan seseorang yang sedang diet agar mengonsumsi makanan yang bersifat basa sebesar 70% dan makanan bersifat asam 30 %. Dengan cara ini harapannya pH bisa terjadi dalam darah di kisaran 7,35 hingga 7,45. Diet Alkali bisa menjadikan sel-sel tubuh bekerja lebih maksimal dengan pH yang sedikit basa.

Anda bisa memulai diet sehat ini dengan mengkonsumsi sayuran, buah, kacang dan kentang untuk makanan bersifat basa. Sementara makanan bersifat asam bisa didapatkan dari daging merah, daging unggas, ikan, susu, nasi dan roti. Pola makan makanan bergizi tentu bisa memberi efek positif untuk kesehatan terlepas dari sifat basa atau asam yang dihasilkan.

2. Diet Mediterania

Diet Mediterania - Diet Sehat

Berbeda dengan diet alkali, diet mediterania ini menyarankan Anda untuk mengonsumsi makanan yang didominasi oleh sayuran dan buah-buahan. Juga di dalamnya termasuk kacang-kacang, gandum utuh ataupun minyak zaitun. Diet ini terkenal karena manfaat kesehatannya yang bagus. Diet mediterania juga menyarankan kebiasaan seperti makan rendah lemak, tinggi serat dan rendah kolesterol.

Diet mediterania ini termasuk jenis diet yang paling banyak disukai. Tak lain adalah karena seseorang bisa mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol, mencegah kanker hingga menurunkan berat badan. Anda bisa memilih diet sehat ini untuk hidup yang lebih baik.

3. Diet Mayo

Diet Mayo - Diet Sehat

Menjalankan diet mayo mengharuskan Anda untuk membatasi konsumsi karbohidrat dan garam. Didalamnya juga terdapat aturan dan larangan yang berlaku selama 13 hari. Dari diet mayo ini dikabarkan bisa menurunkan berat badan hingga 7 kg dalam waktu 13 hari saja. Namun, Anda perlu mencocokkan apakah diet tersebut memang sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Karena memulai diet memang harus melihat bagaimana kesanggupan tubuh seseorang.

Jenis makanan yang disajikan dari diet mayo ini adalah makanan yang dikukus atau dipanggang. Tidak ada menu nasi, Anda akan mengonsumsi makanan yang didominasi oleh sayur dan juga sumber protein. Makanan ini juga harus diolah tanpa garam.

4. Diet Golongan Darah

Diet Golongan Darah - Diet Sehat

Diet golongan darah menyarankan kita untuk berolahraga dan mengonsumsi makanan sesuai dengan golongan darah. Untuk golongan darah O, makanan yang bisa dikonsumsi adalah daging rendah lemak, daging unggas dan ikan. Sementara makanan yang dihindari adalah yang berasal dari biji-bijian seperti padi, gandum dan olahan lainnya. Golongan darah A adalah yang lebih cocok menggunakan diet vegetarian. Sayur, buah dan biji-bijian cocok untuk menjadikan hidup lebih sehat.

Sementara darah B bisa memasukkan produk daging dan susu atau olahannya ke dalam menu harian mereka. Tetapi yang harus dihindari adalah gandum, jagung dan juga kacang-kacangan. Diet sehat untuk golongan darah AB disarankan menghindari konsumsi daging. Tipe olahraga yang cocok adalah yang menenangkan seperti yoga.

5. Diet Intermittent Fasting

Diet Intermittent Fasting - Diet Sehat

Jenis diet berikutnya adalah diet intermittent fasting yang dikenal juga dengan OCD. Diet ini berbeda dengan jenis diet sehat lainnya. ada jendela makan yang bisa diatur berdasarkan program OCD. Agar lebih aman, Anda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter atau ahli gizi tentang diet yang akan Anda jalankan.

Diet OCD harus dijalankan secara konsisten. Patuhi jendela makan yang diatur dan jalankan secara konsisten hingga terlihat hasilnya. Imbangi dengan olahraga sesuai kemampuan tubuh agar mendapat hasil maksimal.

Tips Memulai Diet Sehat

1. Konsumsi Cukup Air

Konsumsi Cukup Air - Diet Sehat

Memulai diet sehat bisa dengan mengkonsumsi cukup air. Anda bisa membawa air minum 1,5 liter air saat bekerja. Habiskan sebelum Anda pulang atau sampai di rumah. Hal ini memang membuat kita sering bolak-balik toilet. Tetapi, mencukupi kebutuhan air dalam tubuh adalah awal yang bagus.

2. Merencanakan Menu Makan

Merencanakan Menu Makan - Diet Sehat

Langkah kedua yang bagus untuk memulai diet adalah dengan menulis daftar hal0hal yang harus dibeli. Misalnya saja seperti buah dan sayur yang dianjurkan. Tulis dalam daftar yang bisa Anda penuhi. Cara ini baik untuk mengontrol makanan apa saja yang sudah kita konsumsi.

3. Menghindari Lemak

Menghindari Lemak - Diet Sehat

Hindari lemak jahat seperti kulit ayam ataupun lemak yang ada pada daging agar melancarkan proses dan usaha diet Anda. Hindari juga junk food seperti olahan daging menjadi sosis ataupun burger. Makanan jenis ini justru akan menambah kenaikan berat badan.

4. Tentukan Diet yang Tepat

Tentukan Diet Yang Tepat - Diet Sehat

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa meskipun ada banyak macam diet terbaik yang disarankan, akan jauh lebih baik Anda memilih diet yang sesuai dengan kemampuan dan kesehatan tubuh. Carilah pola diet sehat yang cocok, makan dengan seimbang, konsumsi makanan yang Anda sukai dan perhatikan nutrisi dari makanan tersebut.

Tanda Diet Sehat Berhasil Dijalankan

Diet sehat harus dipertimbangkan dengan baik, harus didasari dengan kebutuhan tubuh kita sendiri. Misalnya saja seperti apakah saat ini Anda ingin menurunkan berat badan atau menaikkan berat badan? Apakah menjaga kadar kolesterol ataupun meningkatkan performa yang biasanya dijalankan para atlet? Tujuan Anda dari menjalankan diet harus didasari dengan hasil yang ingin dicapai. Tanda-tanda diet sehat berhasil dijalankan adalah mudah atau tidak terasa berat, bisa dilakukan dalam waktu jangka panjang, mencapai tujuan yang Anda inginkan dan merasa lebih sehat.

Sementara tanda dari ketidakberhasilan diet adalah diet tersebut sulit dijalankan, hasilnya cepat dicapai tetapi seringkali tidak konsisten atau berat badan kembali naik atau turun. Diet tidak bisa dilakukan dalam jangka panjang dan tidak memberi hasil sesuai dengan tujuan diet Anda.

Menjalankan diet sehat tidak bisa disamakan antara satu orang dengan orang lain. ingat bahwa daya tahan tubuh dan bagaimana tubuh menyesuaikan dengan diet tersebut tidaklah sama. Penting untuk mempertimbangkan diet yang cocok untuk tubuh agar tidak menimbulkan dampak yang kurang baik seperti gangguan lambung, kantung empedu ataupun gangguan pada pankreas.

Baca Juga: Inilah Beberapa Buah Untuk Diet Karbo

Sebelum memulai diet sehat, pertimbangkan dan pahami bagaimana cara kerja dari masing-masing jenis diet tersebut. Tetapkan tujuan Anda, fokus pada peningkatan kesehatan dan bukan hanya pada penurunan berat badan. Karena badan yang sehat jelas akan memberi dampak yang bagus daripada hanya sekadar kurus atau berat badan yang turun. Konsumsi sayur dan buah secara rutin, imbangi dengan olahraga secara teratur. Selamat mencoba!