Cara diet alami merupakan salah satu alternatif cara diet yang bisa dilakukan untuk mengurangi berat badan atau mencapai berat badan ideal. Cara ini digunakan oleh sebagian orang yang memilih melakukan diet dengan aman tanpa resiko dari obat-obatan kimia. Karena diet alami biasanya dilakukan tanpa menggunakan obat-obatan yang notabene memberikan dampak kurang baik bagi kesehatan. 

Baca Juga: Ciri Penyakit Jantung Yang Harus Diketahui

Diet sendiri diartikan sebagai cara untuk mengurangi berat badan dengan cara mengurangi makan atau mengatur pola makan. Padahal diet yang sebenarnya bukan hanya ditujukan untuk menurunkan berat badan, akan tetapi juga bisa digunakan sebagai penyembuhan dari sebuah penyakit. Diet juga bisa digunakan untuk menjaga badan tetap sehat dan bugar, karena pada intinya diet adalah mengatur pola makan menjadi lebih baik.

Pengertian dan Manfaat Diet

Pengeritian Diet - Cara Diet

Pengertian diet sendiri adalah mengatur pola makan. Di sini diartikan, makanan yang dikonsumsi, disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Seperti diketahui, makanan yang dikonsumsi mengandung berbagai nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan juga berbagai mineral. Setiap makanan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Demikian juga setiap tubuh memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda.

Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan diolah dan nutrisi yang dibutuhkan akan dialirkan ke seluruh tubuh. Dengan nutrisi ini tubuh bisa melakukan aktivitas dengan menggunakan energi yang berasal dari makanan tersebut. Energi yang tidak digunakan, biasanya akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak, dan hal ini yang memicu tubuh mengalami kegemukan atau obesitas akibat tumpukan lemak dalam tubuh.

Dengan melakukan diet, akan diatur makanan yang dikonsumsi dengan menghitung berapa kandungan nutrisi yang ada dalam makanan tersebut, dan berapa yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengatur asupan makanan ini, maka makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang mengandung nutrisi yang benar-benar dibutuhkan tubuh, sehingga tidak ada energi berlebih yang akhirnya disimpan menjadi lemak dan mengakibatkan kegemukan.

Keuntungan Diet Secara Alami

Keuntungan Diet - Cara Diet

Bagaimana cara diet yang sehat dan aman? Diet yang sehat dan aman adalah diet yang tidak menimbulkan efek samping dan membahayakan kesehatan tubuh. Banyak sekali cara diet yang biasa dilakukan oleh orang. Mulai dari diet alami, herbal hingga menggunakan obat-obatan kimia. Dari sekian banyak cara yang digunakan, ada yang memberikan hasil memuaskan, dan ada pula yang justru sebaliknya, malah membuat jatuh sakit.

Diet memang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Akan lebih baik sebelum memutuskan untuk melakukan diet, berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu. Karena bagaimanapun juga, tubuh tetap membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar tetap terpenuhi kebutuhan nutrisinya dan tetap bisa beraktivitas. Baik diet dengan cara alami maupun dengan obat-obatan, harus dilakukan sesuai anjuran dokter.

Dari sekian banyak cara diet yang dilakukan, cara diet alami merupakan cara yang paling banyak dipilih. Diet dengan cara alami ini, selain aman dari resiko efek samping obat-obatan, juga bisa dilakukan secara mandiri dan hemat biaya. Karena cara diet ini memang tidak membutuhkan membeli obat diet yang terbilang cukup mahal. Akan tetapi bisa dilakukan dengan mengatur pola makan sehari-hari saja. 

Cara Diet Alami yang Aman Bagi Kesehatan

Bagaimana cara diet alami yang benar? Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, diet pada intinya adalah untuk mengatur asupan makanan yang dikonsumsi, dan disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Diet alami ini dilakukan hanya dengan mengatur pola makan, tanpa menggunakan obat-obatan. Dengan demikian akan aman bagi pelaku diet. Berikut ini adalah cara untuk melakukan diet alami yang bisa dicoba dan dipraktekkan. 

  • Banyak minum air putih

Air Putih - Cara Diet

Banyak minum air putih merupakan cara paling mudah untuk melakukan diet secara alami. Air putih banyak mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh. Air putih juga banyak  mengandung kalori serta bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Banyak minum air putih sangat dianjurkan oleh semua orang, terutama yang sedang menjalankan diet. Dalam sehari, sebaiknya setiap orang mengkonsumsi air putih paling sedikit sebanyak 2 liter. 

Cara diet alami dengan air putih ini adalah dengan rutin mengkonsumsi segelas air putih sebelum makan. Cara ini akan membuat perut lebih cepat merasa kenyang, sehingga hanya sedikit kalori makanan yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, metabolisme tubuh yang lancar, juga bisa membuat lemak tubuh yang tersimpan terbakar, sehingga berat badan bisa berkurang secara alami. 

  • Banyak konsumsi sayur dan buah

konsumsi sayur dan buah - Cara Diet

Buah dan sayur adalah sumber vitamin, mineral yang baik untuk tubuh. Buah dan sayur juga banyak mengandung serat. Banyak mengkonsumsi buah dan sayur akan membuat rasa kenyang lebih lama. Dengan demikian bisa mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi. Selain itu, serat juga baik untuk membantu melancarkan metabolisme dalam tubuh. Dengan demikian akan bisa membantu menurunkan berat badan.

  • Membatasi asupan gula

Batasi Gula - Cara Diet

Penyebab utama kegemukan adalah terlalu banyak asupan gula dalam makanan. Gula di sini bukan dalam arti murni mengkonsumsi gula. Akan tetapi makanan yang mengandung karbohidrat, dalam tubuh juga akan diolah menjadi gula. Gula ini nantinya akan diubah menjadi glukosa dalam darah sebagai sumber energi. Energi berlebih ini nantinya akan disimpan dalam bentuk lemak, yang menjadi penyebab kegemukan.

Dengan membatasi asupan gula, maka akan mengurangi timbunan lemak berlebih akibat sumber energi yang tidak terpakai. Dengan demikian, tidak akan terjadi penimbunan lemak, dan itu artinya tidak akan terjadi obesitas atau kegemukan. Membatasi asupan gula bisa dilakukan dengan mengurangi mengkonsumsi minuman manis dan minuman kaleng. Membatasi asupan gula juga bisa mencegah dari penyakit gula darah atau diabetes.

  • Banyak asupan protein

Protein - Cara Diet

Nutrisi yang penting bagi tubuh diantaranya adalah protein.. Selain sebagai pengganti sel-sel tubuh yang rusak dan membentuk otot, protein juga diperlukan untuk pembakaran kalori. Semakin  banyak protein yang dikonsumsi, maka semakin banyak pembakaran yang terjadi. Dengan demikian, diet untuk menurunkan berat badan akan lebih cepat mendapatkan hasil. Selain itu, protein tidak berpotensi menyebabkan kegemukan.

  • Membatasi makanan tinggi lemak

makanan tinggi lemak - Cara Diet

Lemak memang dibutuhkan oleh tubuh. Lemak sendiri terbagi 2, yaitu lemak baik dan lemak jahat. Menjalankan diet, sebaiknya menghindari makanan yang mengandung lemak jahat (LDL), karena lemak ini tidak bisa diurai oleh tubuh dan akhirnya ditimbun dalam tubuh yang akhirnya menyebabkan kegemukan. Makanan cepat saji, adalah contoh makanan yang tinggi lemak jahat, jadi sebaiknya dihindari selama menjalankan diet.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Diabetes Mulai Dari Sekarang

Cara diet alami memang bisa dilakukan dengan mudah. Karena diet cara ini tidak membutuhkan biaya besar. Yang penting adalah niat dan disiplin tinggi untuk melakukannya, sehingga diet yang dilakukan bisa memberikan hasil seperti yang diharapkan. Diet dengan cara alami ini juga aman, karena tidak membutuhkan obat-obatan kimia yang bisa memberikan efek tidak baik baik tubuh, dan tentunya juga lebih menghemat biaya.