Berpuasa di bulan suci ramadhan adalah kewajiban yang harus dilakukan umat muslim di seluruh dunia. Dalam keadaan apapun ibadah ini harus dilakukan kecuali karena ada uzur atau sebab yang mengharuskan seseorang tersebut boleh tidak melaksanakan ibadah ini. Misalnya dalam kondisi hamil atau menyusui dimana ketika ada kekhawatiran kekurangan cairan terhadap bayi atau dalam kondisi seseorang sakit yang tidak memungkinkannya untuk berpuasa. Pertanyaan yang sering timbul di benak orang adalah bolehkah batal puasa karena sakit?

Baca Juga: Menu Makanan berbuka Puasa yang Sehat Bagi Tubuh

Batal puasa karena sakit

Batal Puasa Karena Sakit

Tentunya dalam melaksanakan ibadah tak terkecuali ibadah puasa maka kita harus memperhatikan tata cara dan hukum serta syariat yang berlaku dalam ibadah tersebut. Misalkan ada berapa jumlah rukun yang harus kita laksanakan ketika menunaikan sholat. Nah demikian pula halnya dengan berpuasa di bulan Ramadhan, maka ada aturan tertentu yang harus dipatuhi agar puasa kita diterima Allah SWT.Dalam Surah Al Baqarah ayat 85 disebutkan bahwa “ Dan siapa yang dalam keadaan sakit atau dalam perjalanan maka menggantinya di hari lain” dengan demikian maka jawaban dari pertanyaan bolehkah batal puasa karena sakit? Jawabannya boleh sesuai syarat dan ketentuan yang telah ditulis sebagai panduan menurut Alquran dan Hadis Rasulullah.

Bagaimana kita menentukan apakah kita boleh batal puasa karena sakit?

Minum Obat - Batal Puasa

Seandainya seseorang menderita sakit yang cukup parah, maka ada kesepakatan ulama atau yang disebut juga dengan ijma’ bahwa orang sakit tersebut boleh membatalkan puasanya atau tidak menunaikan ibadah puasanya namun dengan konsekuensi harus mengganti atau qodho di lain hari atau membayar fidyah sesuai ketentuan yang syariat kan.

Tidak semua sakit boleh untuk tidak berpuasa, misalnya saja penyakit kulit atau penyakit flu ringan tentu tidak masuk dalam kriteria boleh batal puasa karena sakit. Hanya sakit yang dikhawatirkan akan bertambah parah jika batal puasa dilanjutkan lah yang masuk kategori boleh dibatalkan. 

Termasuk juga penyakit yang dikhawatirkan akan bertambah lama sembuhnya jika berpuasa. Misalkan saja penyakit Maag atau asam lambung yang sudah parah hingga tidak memungkinkan untuk berpuasa maka boleh untuk membatalkan puasa atau tidak berpuasa.

Sebab Sakit Saat Puasa

1. Buka puasa dengan gorengan. Salah satu menu nikmat untuk berbuka adalah gorengan. tahu buncit, tempe dan seabrek jenis makanan lain yang digoreng lain. Makanan jenis ini memang terasa sangat gurih dan nikmat, namun begitu masuk ke tubuh otomatis makanan ini akan menjadi berat dicerna oleh sistem pencernaan kita karena mengandung minyak yang tinggi, belum lagi gula dan garam yang tidak terkontrol akan memicu aneka disfungsi pencernaan yang sangat mungkin mengganggu kekhusyukan puasa anda. Sakit perut adalah penyakit yang biasa timbul jika anda kebanyakan makan gorengan.

2. Mengkonsumsi makanan enak di lidah tapi kurang bergizi. Puasa sebulan dengan jam makan yang tidak biasa mungkinkan sangat membuat selera makan menurun drastis. sehingga orang akan cenderung sembarang  memilih makanan yang enak-enak saja tanpa memperhatikan gizinya. Hal ini jika anda biarkan terus menerus saat berpuasa akan memicu berbagai macam keluhan kesehatan dan ujung-ujungnya anda akan bertanya bolehkah batal puasa ketika sakit. Jadi perhatikan lagi asupan yang anda makan di saat buka puasa atau sahur, ya.

Kentang - Batal Puasa

3. Pemicu penyakit adalah Kurang Tidur. Sebagaimana yang kita ketahui kurang tidur memicu kelelahan dan tubuh anda akan sulit berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu usahakanlah anda menjaga waktu tidur anda yang berkualitas. Namun jangan sampai karena harus menjaga kecukupan tidur anda malah tidak sahur dan membiarkan diri anda berpuasa tanpa berbekal sahur. Ini sangat berbahaya karena bisa memicu penyakit yang akan mengganggu ibadah anda.

Kurang Tidur - Batal Puasa

4. Khususnya bagi mereka yang tidak memperhatikan asupan serat dan cairan. Usahakan anda mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan agar usus anda tetap sehat. Jangan sampai anda melupakan menu buah dan sayuran dalam menu buka atau sahur anda. Bolehkah batal puasa karena sakit akibat kekurangan serat dan cairan? Hmm semoga tidak sampai batal.

5. saat puasa kita memang biasanya malas bergerak dan keluar rumah atau ruangan, ya. Padahal sangat penting juga untuk kita agar mendapat paparan sinar matahari yang cukup. Paparan sinar matahari yang cukup akan membuat tubuh anda membentuk sistem imun yang lebih baik. Jangan jadikan puasa alasan untuk tidak keluar rumah dan mandi matahari pagi sejenak.

Berjemur - Batal Puasa

Penyakit yang Sering Muncul Saat Puasa

Setelah mengetahui penyebab umum sakit saat puasa maka berikut adalah jenis penyakit yang umum timbul saat puasa.

1. Sakit kepala pada saat puasa kerap terjadi pada para pengkonsumsi rokok dan kafein. Pasalnya cairan yang diasup sangat sedikit sehingga membuat oksigen dalam darah turut mengalami pengurangan. Bagaimana solusinya jika sakit kepala dan bolehkah batal puasa karena sakit kepala? kembali lagi ke penjelasan di atas, ya. Boleh jika sakit kepalanya tak tertahankan lagi.

2. Sembelit yang terjadi pada saat kita berpuasa terkait erat dengan asupan serat yang seimbang. Sembelit tentu tidak enak dan sangat tidak nyaman. Oleh karena itu jaga asupan serta probiotik agar anda tidak mengalami sembelit lagi.

3. Nah, bolehkah batal puasa karena sakit mual dan muntah? nah tentu jika kamu muntahnya sudah sampai lemas, maka sebaiknya kamu berbuka puasa dan jangan sampai lupa untuk mengganti puasa kamu kelak kalau sudah sehat kembali.

4. Kurangnya asupan air membuat muncullah kondisi kering di tenggorokan dan area mulut yang menyebabkan mulut beraroma lebih tajam dari biasanya. Atasi hal ini dengan tetap menyikat gigi teratur dan jaga asupan cairan anda di malam hari. Jangan lupa berkumur dengan penyegar nafas yang sebaiknya dilakukan sebelum imsak supaya puasanya tidak batal.

5. Orang yang memiliki riwayat gula darah rendah cenderung untuk rentan sakit kepala, pusing, tremor dan sulit berkonsentrasi, hal ini akan semakin mengkhawatirkan jika anda abai dalam melakukan pengobatan. kurangi asupan makanan yang terlalu manis agar gula darah anda tetap berada dalam level wajar dan anda akan bisa berpuasa tanpa gangguan kesehatan.

6. Kurang minum adalah factor awal dalam terjadinya penyakit batu ginjal. hal ini bisa semakin memburuk kalau pekerjaan anda adalah duduk seharian dan jarang bergerak. oleh sebab itu sebelum hal ini terjadi, perhatikan asupan cairan anda jangan sampai kurang dari yang seharusnya anda konsumsi.

7. Tekanan Darah Rendah atau tinggi. Jika saat berpuasa anda merasa pusing, mual, pandangan berkunang-kunang terlebih ketika anda berdiri dari posisi duduk sebelumnya, segeralah konsultasi dengan dokter. Tak berbeda dengan orang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi, darah rendah terkait erat dengan makanan yang anda konsumsi sehari hari. Bolehkah batal puasa karena sakit tekanan darah rendah atau tinggi? Boleh, jika anda merasa sudah berada di ambang batas mampu menahannya.

8. Rasulullah menyarankan kita untuk berbuka dengan air putih dan kurma. Apa tujuannya? salah satunya adalah agar system cerna kita tidak terkejut saat diberi makanan. Jika lambung anda langsung diberi makanan terlalu dingin, terlalu panas atau terlalu berat maka anda akan rentan terkena diare.

9. Penyakit lazim lainnya dalam bulan puasa adalah sakit di bagian pinggang. Kurang gerak dan cairan adalah faktor utama penyebab penyakit ini. Oleh sebab itu jika anda sudah mengetahui bagaimana tubuh anda bereaksi dalam menunaikan ibadah puasa maka aturlah tubuh anda agar tidak merasakan sakit pinggang yang menyiksa dan mengharuskan anda untuk berbuka puasa.

10. Kekurangan cairan atau Dehidrasi umum terjadi saat puasa. Bolehkah Batal puasa karena sakit kekurangan cairan atau dehidrasi. Wah kalau ini sebaiknya anda pastikan lagi. Jika anda sampai lemas tidak berdaya karena dehidrasi maka anda boleh berbuka puasa atau tidak melanjutkan puasa anda.

Baca Juga: Tips Tentang Cara Menjaga Imunitas Tubuh Saat Puasa

Demikianlah jenis-jenis penyakit yang lazim timbul saat berpuasa. Dengan mengetahui jenis-jenis penyakit ini dan cara mengelola dan mengatasinya maka diharapkan puasa anda menjadi indah dan nikmat tanpa gangguan apa pun. Bolehkah batal puasa karena sakit? dan apa itu fidyah? Semoga sukses menunaikan ibadah puasa.