Saat ini sudah banyak orang yang memiliki asuransi. Dengan adanya asuransi ini ketika ada hal yang tidak diinginkan, kita bisa meng-klaim asuransi tersebut. Mulai dari asuransi kendaraan, asuransi dari kartu kredit, dan asuransi kesehatan. Khususnya jika Anda sudah berkeluarga dan sedang mencari asuransi kesehatan, ada baiknya memilih asuransi kesehatan keluarga cashless. Kenapa memilih metode asuransi kesehatan keluarga cashless? Apakah tersedia asuransi kesehatan keluarga cashless  premi murah? Nah, untuk metode pembayaran cashless ini lebih mudah dan cepat dilakukan karena bisa langsung debit dari kartu debit/kredit Anda.

Baca Juga: Manfaat – Manfaat Pola Hidup Sehat yang Wajib Anda Ketahui

Pembahasan kali ini yang terpenting adalah mengapa harus punya asuransi kesehatan keluarga cashless. Bagaimana cara Anda memilih asuransi dengan metode cashless yang terbaik dengan premi yang murah dan persyaratan yang tidak menyusahkan Anda.

Sebelum lebih dalam penjelasan kali ini, perlu Anda ketahui di tahun 2021 ini, sebisa mungkin Anda harus memiliki asuransi kesehatan keluarga cashless. Jika ada hal yang tak diinginkan yang terjadi pada Anda atau keluarga Anda, Anda bisa menggunakan asuransi yang telah Anda miliki. Anda bisa memilih asuransi kesehatan keluarga cashless premi murah dari pemerintah atau swasta.

Pentingnya mengetahui definisi asuransi untuk Anda sebelum Anda beranjak memantapkan diri untuk bergabung di asuransi. Dikutip dari sumber, bahwa kata asuransi diserap dari bahasa inggris “insurance” yang berarti pertanggungan. Asuransi adalah disepakati oleh dua orang atau lebih untuk memberi jaminan dari perjanjian yang telah dibuat.

Bagi milenial jaman sekarang memang diharuskan memiliki asuransi, khususnya asuransi kesehatan keluarga. Jika Anda membuat atau memiliki asuransi kesehatan keluarga cashless sedari awal, maka premi yang akan dibayar lebih murah. Tidak hanya itu, asuransi kesehatan keluarga cashless premi murah bisa dijadikan sebagai investasi di masa mendatang.

Mengapa Harus Punya Asuransi Kesehatan Keluarga Cashless?

Beberapa istilah yang perlu Anda ketahui dalam asuransi. Ini mungkin merupakan hal umum dalam asuransi tetapi banyak orang yang tidak mengetahuinya. Oleh karena itu kami akan jabarkan satu persatu kepada Anda. 

1. Surat perjanjian / polis asuransi

Polis asuransi atau surat perjanjian ini adalah sebagai landasan yang disertai beberapa persyaratan yang perlu disetujui oleh dua belah pihak. Isinya ada pengertian, peraturan asuransi, dan sebagainya.

2. Applicant

Applicant atau pemohon adalah pihak yang ingin mengajukan asuransi. Si pemohon akan mendapat hak-hak sesuai yang tertera pada asuransi tersebut. Semua hak dari pihak pemohon akan tertuang secara detail di dalamnya.

3. Policy owner

Policy owner atau pemegang polis adalah sebagai pihak yang memberikan jaminan asuransi dan memiliki wewenang atas asuransi tersebut.

4. Insured

Insured yang dimaksud ini adalah objek yang ditanggungkan oleh di pemohon. Misalnya ada penyakit kronis yang telah di asuransi keamanannya.

5. Beneficiary

Beneficiary diartikan orang yang dipercaya untuk mengambil uang dari asuransi tersebut. Anda bisa memilih dari keluarga terdekat, misal istri, anak, atau orangtua Anda. Orang inilah yang bisa mengambil uang jika terjadi sesuatu terhadap diri Anda sehingga berhalangan untuk bisa mengambil uang yang telah ditentukan.

6. Premi

Premi adalah uang yang perlu Anda bayarkan atas asuransi tersebut sesuai dengan perjanjian. Besaran yang dikeluarkan sesuai dengan kesepakatan di awal.

7. Nilai tunai

Nilai tunai ini sebagai uang atau jaminan yang perlu dikembalikan oleh si pemohon ketika ada hal seperti masa kontrak habis sebelum waktunya.

Alasan Menjatuhkan Pilihan Pada Asuransi Kesehatan Keluarga Cashless

Alasan Menjatuhkan Pilihan Pada Asuransi Kesehatan Keluarga Cashless - asuransi kesehatan keluarga cashless

Setelah mengetahui dasar-dasar yang ada di asuransi, sekarang Anda perlu juga mengetahui mengapa Anda harus punya asuransi kesehatan keluarga cashless di tahun ini. Ada beberapa alasan yang tepat, seperti sebagai investasi masa depan hingga perlindungan jangka panjang. 

1. Tiap tahun biaya kesehatan terus meningkat

Dewasa ini kemajuan teknologi semakin pesat. Otomatis alat-alat medis juga ikut berkembang. Hal ini berpengaruh juga terhadap biaya kesehatan yang turut meningkat. Dikutip dari sumber bahwa sekitar 13% mengalami kenaikan biaya di setiap tahun. Jika Anda memiliki asuransi kesehatan keluarga cashless, Anda sudah memiliki persiapan ketika ada hal seperti jatuh sakit atau kecelakaan.

2. Jatuh sakit atau kecelakaan mendadak

Siapa sih yang mau kena musibah seperti jatuh sakit atau kecelakaan? Pasti tidak ada yang mau, bukan. Nah, jika hal tersebut terjadi pada keluarga Anda atau Anda sendiri, tentu sangat mengkhawatirkan apabila tidak memiliki asuransi. Dengan adanya asuransi, Anda tidak perlu galau mengenai dana pengobatannya karena asuransi kesehatan yang Anda miliki akan memberi jaminan.

3. Milenial memiliki peluang mudah untuk asuransi dengan premi murah

Di usia muda yang memiliki tubuh sehat dan bugar menjadi peluang besar untuk memiliki asuransi kesehatan keluarga cashless. Ketika Anda mengajukan asuransi usia  20-30 peluang diterimanya asuransi semakin besar karena tubuh Anda masih sehat dan bugar. Tidak hanya itu, peluang mendapat premi murah saat pengajuan asuransi saat usia muda lebih hemat.

4. Perlindungan diri dan keluarga untuk masa depan

Ketika Anda bekerja di salah satu perusahaan, tentu Anda memiliki asuransi yang ditanggung oleh pihak perusahaan. Namun, ada baiknya jika Anda memiliki asuransi sendiri. Anda bisa pilih asuransi swasta atau dari pemerintah.

Jika Anda sudah tidak bekerja di perusahaan tersebut, otomatis asuransinya tidak dilanjutkan, tetapi Anda tetap terlindungi karena Anda memiliki asuransi kesehatan keluarga cashless yang Anda miliki.

Hal Yang Perlu Anda Perhatikan untuk Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Cashless

Hal Yang Perlu Anda Perhatikan untuk Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Cashless - asuransi kesehatan keluarga cashless

Bagaimana memilih asuransi kesehatan keluarga yang baik? Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar tidak salah pilih dalam memilih asuransi kesehatan keluarga cashless.

  • Asuransi kesehatan keluarga adalah pilihan terbaik

Ada beberapa asuransi yang memiliki asuransi kesehatan keluarga dan preminya jauh lebih murah karena pengajuannya untuk sekeluarga sehingga ada potongan atau diskon yang diberikan oleh pihak asuransi dibandingkan asuransi kesehatan untuk perorangan.

  • Pilih rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan asuransi

Ini juga perlu Anda perhatikan karena penting banget ketika ada keluarga Anda yang jatuh sakit dan perlu dirujuk ke sebuah rumah sakit. Jika rumah sakit tersebut telah bekerja sama dengan asuransi yang Anda miliki itu akan menguntungkan Anda dalam melakukan pembayaran.

Baca Juga: Macam-macam Obat Jantung Herbal yang Bisa Membantu Anda

Anda perlu menunjukkan kartu asuransi tanpa perlu bayar dimuka. Namun, jika rumah sakit yang dituju ternyata tidak bekerja sama, maka Anda tetap harus membayar dimuka, kemudian minta pengajuan klaim tetapi secara reimbursement.

  • Pilih asuransi dengan pembayaran tanpa autodebet

Memang mudah jika melakukan pembayaran asuransi dengan cara ini, tetapi Anda juga perlu hati-hati. Kalau memang asuransi tersebut mengharuskan auto debit, Anda perlu mengetahui tanggal pembayaran premi di tiap bulannya dan cara untuk berhenti berlangganan dari asuransi tersebut.

  • Pilih asuransi dengan metode cashless

Cara ini paling mudah dalam membayar premi di tiap bulannya serta lebih muda saat penggantian klaim. Hanya dengan menunjukkan kartu asuransi tanpa melakukan pembayaran di muka.

Namun, harus diingat rumah sakit yang Anda pilih sudah bekerja sama dengan asuransi yang Anda miliki.

  • Pilih yang rawat inap

Asuransi kesehatan memang bisa digunakan untuk rawat jalan dan rawat inap. Ada baiknya Anda lebih memfokuskan untuk rawat inap. Dari segi biaya, memang rawat inap membutuhkan biaya ekstra. Jika Anda memiliki dana lebih, Anda juga bisa memilih asuransi rawat jalan.