Stroke adalah salah satu penyakit yang perlu diwaspadai. Hal ini karena stroke dalam dunia medis pun merupakan salah satu keadaan darurat medis dimana sel otak bisa mati dalam waktu yang singkat. Sel otak yang mati mengakibatkan ada bagian tubuh yang tidak bisa dikendalikan dan tidak bisa berfungsi dengan baik juga. Cara mencegah stroke sendiri ada berbagai, tentunya semua masuk dalam penerapan gaya hidup sehat.

Baca Juga: Inilah 10 Tips Mengecilkan Perut Mudah dan Cepat

Apa Itu Stroke?

Mengenal Apa Itu Stroke - Cara Mencegah Stroke

Stroke adalah kondisi sel otak yang rusak atau mati sehingga bagian tubuh yang terhubung dengan sel otak yang mati tadi tidak bisa berfungsi dengan baik atau tidak dapat dikendalikan. Stroke ini sendiri ada yang dinamakan stroke ringan. 

Stroke ringan ini bisa dikatakan gejala awal orang terserang stroke. Kondisinya memang sama dengan stroke yang sebetulnya, dimana ada hambatan aliran darah ke otak. Biasanya yang menjadi penyebab stroke ringan ini adalah adanya endapan kolesterol yang mengandung lemak pada darah atau bisa disebut plak dalam arteri sehingga otak tidak mendapatkan oksigen yang cukup.

Namun stroke ringan ini berbeda dengan stroke yang sesungguhnya dimana pada kasus stroke ringan penyumbatan hanya berlangsung singkat dan tidak mengakibatkan kerusakan secara permanen. Pada beberapa kasus stroke ringan ini bisa menjadi stroke pada umumnya.

Gejala stroke ringan yang perlu diperhatikan adalah adanya kelumpuhan pada salah satu sisi tubuh, bicara jadi tidak lancar atau tidak jelas, bingung memahami perkataan orang lain, pandangan mata kabur, kesemutan atau mati rasa mendadak pada bagian tubuh, kehilangan keseimbangan, dan sakit kepala yang tak tertahankan secara mendadak juga.

Mengenal Penyebab Stroke

Stroke sendiri merupakan salah satu penyakit yang cukup membahayakan nyawa penderitanya. Jika tidak segera ditangani tentu akan berujung pada kematian. Stroke ini sendiri penyebabnya juga banyak. Mulai dari efek penyakit lain, pengaruh obat, atau juga karena gaya hidup yang salah. 

Stroke pada umumnya sebagian besar adalah lanjutan dari penyakit tekanan darah tinggi yang tidak kunjung sembuh atau tidak ditangani dengan benar. Tidak hanya darah tinggi, penderita kolesterol tinggi, diabetes, juga penderita obesitas juga harus waspada dengan stroke. 

Orang yang rutin mengkonsumsi rokok maupun alkohol juga tinggi resikonya untuk terserang stroke . Hal ini karena dalam rokok maupun alkohol terdapat kandungan yang bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti jantung hingga stroke. 

Cara Mencegah Stroke

Stroke tidak bisa dibiarkan begitu saja karena itu perlu dilakukan pencegahan agar tidak sampai terjadi. Hal paling utama yang harus dilakukan adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Cara mencegah stroke selanjutnya adalah dengan mengenali faktor pendukung lain yang bisa meningkatkan resiko orang terserang stroke. Memperhatikan nasihat dan anjuran dari dokter juga sangat penting sebagai bentuk pencegahan. 

Kenapa stroke harus dicegah? Jika orang sudah pernah terserang stroke maka saat kambuh lagi tingkat stroke akan lebih parah dari stroke yang sebelumnya. Tentu itu akan sangat membahayakan nyawa penderita, jadi cara mencegah stroke baik itu stroke ringan harus dicegah sedini mungkin. 

Kerusakan pada sel otak pada stroke ringan bisa disembuhkan jika cepat ditangani namun jika sudah menjadi stroke maka ada kemungkinan kambuh dan hal itu perlu dicegah agar tidak semakin parah. Untuk itu perhatikan apa saja cara mencegah stroke yang bisa dilakukan.

1. Perhatikan Pola Makan

Pola Makan Sehat - Cara Mencegah Stroke

Hal pertama yang menjadi cara mencegah stroke adalah menjaga atau memperhatikan pola makan. Pola makan yang baik dan benar sangat berperan penting dalam cara mencegah stroke pada seseorang. Makanan asin dan mengandung banyak lemak merupakan makanan yang perlu dihindari. Dua jenis makanan tersebut bisa memicu kadar kolesterol jahat dalam darah melambung serta bisa juga meningkatkan resiko tekanan darah tinggi yang akan berujung pada stroke.

Makanan yang seharusnya dikonsumsi adalah makanan yang memiliki kandungan lemak tidak jenuh, protein, serat, dan juga vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Makanan yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi untuk kesehatan tubuh ada pada sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan daging rendah lemak seperti dada ayam tanpa kulit. Tidak hanya itu saja, baiknya penggunaan garam dan gula juga perlu diperhatikan batasannya supaya tidak memicu kadar gula atau kolesterol naik.

2. Rajin Olahraga

Rajin Olahraga - Cara Mencegah Stroke

Cara mencegah stroke selanjutnya adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Melakukan olahraga secara teratur akan membantu jantung dan sistem peredaran darah bisa bekerja secara optimal. Kadar kolesterol, berat badan, hingga tekanan darah bisa lebih terpantau dan akan berada pada tingkat normal.

Untuk yang belum pernah terserang stroke ada baiknya memilih olahraga aerobik. Ini bagus sekali untuk mengontrol kolesterol dan kadar gula dalam tubuh. Lakukan aerobik selama 150 menit dalam 7 hari. Contoh olahraga aerobic adalah jalan cepat atau bersepeda. Bisa juga melakukan yoga, push-up atau sit up. 

Berbeda bagi orang yang sudah pernah terserang stroke apalagi baru sembuh, baiknya untuk olahraga konsultasikan dulu pada dokter. Bagi yang masih dalam tahap pemulihan setelah terserang stroke biasanya olahraga masih belum dianjurkan. Namun jika sudah ada kemajuan dalam proses pemulihan tadi masih bisa dipertimbangkan beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan meski tidak secara rutin.

3. Stop Merokok

Stop Merokok - Cara Mencegah Stroke

Stroke akan semakin terpancing jika seseorang aktif merokok. Rokok memiliki kandungan yang bisa mempersempit pembuluh darah dan menggumpalkan darah. Usahakan untuk bisa berhenti merokok meski tidak secara instan atau tidak dalam waktu yang singkat sebagai salah satu cara mencegah stroke. Lakukan secara bertahap dengan tujuan untuk menghindari atau mengurangi resiko terserang penyakit stroke, jantung, atau paru-paru.

4. Hindari Alkohol

Hindari Alkohol - Cara Mencegah Stroke

Alkohol di dalamnya memiliki kalori yang cukup tinggi sehingga sangat berbahaya untuk tubuh. Banyak atau sedikit mengkonsumsi alkohol sama-sama meningkatkan tubuh terserang stroke dan masalah kesehatan lain seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Detak jantung orang yang mengkonsumsi alkohol juga tidak teratur sehingga sangat mungkin untuk terserang penyakit kardiovaskular juga. Maka dari itu menghindari atau menghentikan konsumsi alkohol bisa menjadi salah satu cara mencegah stroke.

5. Turunkan Tekanan Darah 

Tekanan Darah - Cara Mencegah Stroke

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu faktor yang bisa meningkatkan resiko orang terserang stroke khususnya stroke ringan. Tekanan darah batas maksimalnya adalah 120/80 mmHg. Jika lebih dari itu maka perlu memperhatikan asupan makanan yang masuk serta harus rajin berolahraga.

Kurangi konsumsi garam serta makanan yang mengandung kolesterol jahat yang tinggi. Sebaiknya makan buah dan sayur yang banyak serta diimbangi dengan rajin berolahraga setiap hari. Paling tidak lakukan olahraga 30 menit setiap harinya. Pilih olahraga yang tidak terlalu berat seperti jalan kaki atau jalan cepat, jogging, atau berenang untuk dijadikan cara mencegah stroke.

6. Turunkan Berat Badan Berlebih

Turunkan Berat Badan - Cara Mencegah Stroke

Orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas memiliki resiko terserang stroke juga cukup tinggi. Segera lakukan diet sehat untuk mencapai berat badan ideal agar resiko terserang stroke pun menurun. Diet sehat bisa dilakukan dengan merubah pola makan yang salah dan menerapkan gaya hidup sehat. 

Atur kembali pola makan serta rutin melakukan olahraga yang bisa membantu pembakaran lemak dalam tubuh secara maksimal. Perbanyak makan sayur dan buah daripada sumber karbohidrat, lalu rutin lari pagi atau jalan pagi bisa menurunkan berat badan tanpa efek samping yang mengkhawatirkan di masa depan.

7. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kadar Gula Darah - Cara Mencegah Stroke

Salah satu cara mencegah stroke adalah dengan mengontrol kadar gula darah. Jika kadar gula darah seseorang tinggi artinya orang tersebut mengidap diabetes. Diabetes ini jika tidak segera ditangani memang akan memicu stroke. 

Kadar gula darah yang tinggi bisa menyebabkan penyumbatan dalam pembuluh darah. Lakukan tes gula darah satu minggu sekali dan atur kembali pola makan. Usahakan untuk menghindari makanan yang bisa memicu kadar gula darah naik seperti nasi, gula, dan junkfood. Lakukan olahraga minimal 4 kali dalam satu minggu, bisa memilih antara jogging, berenang, jalan kaki, atau bersepeda.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Jerawat Membandel Cepat dan Aman

Stroke memang harus dicegah sejak dini dan inti dari cara mencegah stroke adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat serta mengatur pola makan yang baik dan benar. Jika tubuh dijaga kesehatannya sejak awal, penyakit yang bisa memicu stroke tentu tidak akan bisa mendekat dan resiko stroke pun akan sangat kecil. Jadi mulailah dari sekarang dan biasakan pada generasi penerus untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat.