Badan membutuhkan kolesterol agar bisa bekerja secara baik. Tetapi, jika jumlahnya begitu tinggi dan macamnya juga bukan kolesterol yang baik, kolesterol itu bisa menimbun di pembuluh darah dan membuat penyempitan. Dengan ini harap perhatikan makanan penderita kolesterol yang cocok.

Baca Juga: Bermacam Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan

Inilah yang bisa memunculkan penyakit seperti penyakit jantung koroner dan stroke. Karenanya, beberapa penderita kolesterol tinggi perlu lakukan diet khusus untuk jaga supaya kandungan kolesterol masih normal.

Menurunkan kolesterol Anda tak selamanya harus menggunakan beberapa obat, tetapi juga bisa dengan penataan menu makanan. Ada bermacam makanan penderita kolesterol tinggi yang bisa dimakan dengan teratur untuk jaga bahkan juga turunkan kandungan kolesterol.

Tingginya kandungan kolesterol dapat mengakibatkan pembangunan plak yang bisa menutup pembuluh darah dan tingkatkan resiko terserang stroke atau penyakit jantung. Karena itu, kadar kolesterol yang tinggi perlu di turunkan serta harus dijaga dalam batasan yang normal.

Sekilas Tentang Kolesterol

Kolesterol berada di tiap sel badan, bahkan juga sebagai salah satunya elemen penyusun sel. Kolesterol dibutuhkan untuk membuat hormon, membantu mengolah makanan, dan mencairkan beberapa macam vitamin. Tipe kolesterol yang banyak dikenali yaitu low-density lipoprotein (LDL) serta high-density lipoprotein (HDL).

HDL sendiri adalah kolesterol baik karena berperan membawa kolesterol badan ke hati untuk dipecahkan dan dikeluarkan dari badan, sedangkan LDL ini biasa merupakan kolesterol jahat karena ia bisa mengakibatkan penimbunan di pembuluh darah. Yang disebut dengan kolesterol tinggi ialah jika kolesterol jahat kandungannya tinggi pada darah.

Satu diantara unsur pemicu kolesterol tinggi ialah pola makan. Makanan yang memiliki kolesterol tinggi seperti margarin, daging merah, butter, produk olahan susu bisa tingkatkan kolesterol jahat, terlebih jika langkah memprosesnya buruk.

Lalu, bagaimana pola diet yang bisa dijalankan oleh penderita kolesterol tinggi? Apa harus menghindari semua makanan yang memiliki kandungan kolesterol?

Deretan Makanan Penderita Kolesterol Tinggi

Guna mengatur kandungan kolesterol yang Anda punyai, ada beberapa macam makanan penderita kolesterol tinggi, di antaranya:

1. Sayuran hijau

Sayuran Hijau - Penderita Kolesterol

Makanan untuk penderita kolesterol pertama adalah sayuran hijau. Sayuran hijau mempunyai kekuatan untuk mengikat asam empedu yang dibuat dari kolesterol. Hal tersebut akan menstimulasi empedu untuk memproduksi semakin banyak asam empedu dengan metode memanfaatkan kolesterol dari darah. Akhirnya, kandungan kolesterol darah akan turun.

Contoh sayuran hijau yang bagus dimakan oleh penderita kolesterol tinggi diantaranya kangkung, bayam, kubis, dan brokoli. Sayur ini makin lebih berguna bila diproses dengan dikukus.

2. Ikan dan makanan laut

Ikan - Penderita Kolesterol

Ikan seperti makarel, salmon, serta sarden, ialah sumber asam lemak omega-3 yang bagus dimakan oleh penderita kolesterol tinggi. Makanan laut lain, seperti udang dan kerang, memiliki kandungan banyak lemak sehat dan dapat Anda cicipi.

Walaupun ikan mempunyai lemak yang tinggi, ikan dan makanan laut lainnya ternyata memiliki kandungan lemak sehat yang bisa turunkan kandungan lemak darah (trigliserida), tingkatkan kolesterol baik (HDL), bahkan juga turunkan resiko terjadinya penyakit jantung.

3. Biji-bijian utuh

Biji-bijian Utuh - Penderita Kolesterol

Makanan penderita kolesterol selanjutnya adalah biji-bijian. Biji-bijian utuh bisa dibuktikan dapat menolong turunkan kandungan kolesterol dan mencegah resiko penyakit jantung. Ini karena biji-bijian memiliki kandungan bermacam gizi, seperti vitamin, mineral, senyawa bioaktif, dan serat larut yang memiliki nama beta glucan.

Study menerangkan jika serat larut beta bisa turunkan kandungan kolesterol jahat (LDL) dan kurangi peresapan kolesterol dari makanan yang Anda konsumsi. Jenis biji-bijian utuh yang terbaik dimakan penderita kolesterol karena kandungan beta glucan-nya ialah oat serta barley.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan - Penderita Kolesterol

Kacang-kacangan bisa dibuktikan dapat turunkan kolesterol karena kandungan fitosterolnya sanggup menghalangi peresapan kolesterol jahat dalam usus.

Disamping itu, kacang-kacangan memiliki kandungan gizi, seperti lemak sehat serta asam amino, yang berguna untuk jaga peranan jantung dan tekanan darah yang sehat. Tipe kacang-kacangan yang baik sekali dimakan penderita kolesterol ialah almond serta kacang kenari.

5. Kedelai dan produk olahannya

Kedelai - Penderita Kolesterol

Study mengatakan jika kandungan protein dan isoflavon pada makanan berdasar kedelai, seperti tahu, tempe, edamame, serta susu kedelai, bisa dibuktikan sanggup turunkan kandungan kolesterol. Tetapi, prosentase pengurangan kandungan kolesterolnya memang sedikit.

Walau demikian, kedelai masih bagus untuk dimakan sebab bisa jadi sumber protein dengan kandungan lemak jenuh yang lebih rendah dibanding daging. Kedelai dapat memberi gizi penting yang lain, seperti lemak tidak jenuh tunggal, vitamin, mineral, dan serat.

6. Buah-buahan

Buah-buahan - Penderita Kolesterol

Buah-buahan termasuk juga makanan penderita kolesterol yang jangan ditinggalkan. Dari beragam macam buah-buahan, ada beberapa macam buah yang paling bermanfaat dalam turunkan kandungan kolesterol jahat (LDL) dan tingkatkan kandungan kolesterol baik (HDL), di antaranya:

  • Buah alpukat, karena kaya serat dan asam lemak tidak jenuh tunggal
  • Buah beri dan anggur, karena kaya senyawa bioaktif
  • Buah jeruk apel, stroberi, dan anggur banyak terdapat pektin (semacam serat larut yang prospektif dalam turunkan kolesterol)

7. Makanan yang diperkaya stanol dan sterol

stanol dan sterol - Penderita Kolesterol

Stanol dan sterol ialah senyawa tanaman yang dijumpai efektif turunkan kolesterol darah dengan menghalangi peresapan kolesterol dalam usus.

Kedua senyawa ini sesungguhnya dapat diperoleh dari minyak sayur, biji-bijian, kacang-kacangan, serta sayur dan buah-buahan, tetapi kandungannya masih tidak cukup untuk menghalangi peresapan kolesterol dengan maksimal.

Karena itu, Anda dapat memenuhi keperluan sterol dan stanol dari produk makanan yang diperkaya dengan senyawa ini, misalkan margarin, juice jeruk, yogurt, serta sereal.

Tidak hanya konsumsi makanan untuk penderita kolesterol sama seperti yang sudah disebut sebelumnya, Anda harus juga mengaplikasikan gaya hidup sehat yang lain, dimulai dari olahraga dengan teratur, batasi meminum minuman mengandung alkohol, dan tidak merokok.

Anda perlu menghindar mengonsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh, misalkan daging berlemak, susu berlemak dan produk olahannya, makanan cepat sajian, makanan buatan, serta makanan yang dimasak, karena bisa tingkatkan kolesterol pada darah.

Baca Juga: Banyak Ragam Manfaat Konsumsi Kopi untuk Kesehatan dan Menghindari Penyakit

Dengan mengaplikasikan gaya hidup sehat dan teratur konsumsi bermacam jenis makanan penderita kolesterol, diharapkan kandungan kolesterol Anda dapat turun dan masih konstan hingga Anda juga terbebas dari penyakit berbahaya, seperti serangan stroke dan jantung.

Tetapi, jika kolesterol Anda masih tinggi sesudah 1 bulan mengaplikasikan pola makan dan gaya hidup yang sehat, periksakanlah diri ke dokter untuk memperoleh pengobatan.