Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh manusia akan menyebabkan berbagai macam penyakit yang berbahaya. Hal ini disebabkan oleh konsumsi berbagai makanan penyebab kolesterol dan juga pola hidup yang tidak sehat. Tentunya, hal ini harus segera dihindari. 

Baca Juga: Ternyata Manfaat Air Kelapa Hijau Banyak Sekali Untuk Tubuh Kita

Namun sayangnya, masyarakat cenderung abai soal makanan yang dikonsumsi sehingga tanpa disadari kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh akan semakin meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini tidak boleh dibiarkan saja dan harus segera ditangani supaya tidak semakin parah.

Macam-Macam Makanan Penyebab Kolesterol

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali jenis makanan yang menjadi penyebab naiknya kadar kolesterol dalam tubuh manusia. Parahnya lagi, masyarakat cenderung suka mengonsumsi hal tersebut karena makanan penyebab kolesterol rasanya memang sangat nikmat dan tidak ada duanya. 

Padahal, hal ini akan sangat berbahaya jika diterus-teruskan. Mulai saat ini kenalilah berbagai makanan yang dapat menaikkan kadar kolesterol dan kurangilah dalam mengkonsumsinya sedikit demi sedikit.

1. Gorengan dan Makanan Berminyak

Gorengan dan Makanan Berminyak - Makanan Penyebab Kolesterol

Jenis makanan penyebab kolesterol yang pertama adalah gorengan dan berbagai macam makanan berminyak. Makanan yang satu ini sudah sangat terkenal dengan harga yang sangat murah, membuat kenyang, dan disukai masyarakat dari berbagai kalangan. Hal ini sudah menjadi rahasia umum. Gorengan banyak dijual di pasar, berbagai kedai, dan bahkan hingga restoran. Jenisnya sangat banyak dan memiliki rasa manis, asin, hingga gurih.

Namun sayangnya, gorengan dengan rasa nikmat nan lezat tersebut mengandung banyak minyak dan lemak. Jika dikonsumsi secara berlebihan, hal ini akan sangat berbahaya bagi kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh. Boleh saja memakan 1 atau 2 biji gorengan, tapi jangan memakannya setiap hari jika tidak diimbangi dengan konsumsi makanan sehat serta pola hidup teratur dengan banyak minum air putih serta melakukan olahraga.

2. Makanan Penyebab Kolesterol Bersantan

Rendang - Makanan Penyebab Kolesterol

Selain makanan berminyak, santan juga salah satu makanan penyebab kolesterol naiknya dengan kadar kolesterol secara cepat. Makanan yang mengandung banyak santan seperti halnya rendang, sayur lodeh, kolak, dan berbagai makanan lainnya akan menaikkan kadar kolesterol yang mana hal tersebut akan membuat kondisi tubuh manusia mengalami sakit, pegal, dan daya tahan tubuh semakin melemah. Santan bisa dijadikan salah satu makanan penyebab kolesterol karena di dalamnya juga terdapat kandungan minyak kelapa.

Jika sesekali ingin merasakan santan dalam masakan yang dikonsumsi, disarankan untuk menggunakan santan instan karena kadar minyak di dalamnya lebih sedikit daripada santan yang diperas dari kelapa asli. Di samping itu, boleh saja menggunakan santan kelapa asli asalkan jangan terlalu kental.

3. Makanan Cepat Saji

Makanan Cepat Saji - Makanan Penyebab Kolesterol

Dewasa ini makanan penyebab kolesterol cepat saji digemari mulai dari kawula muda hingga orang dewasa karena makanan ini lezat, praktis, kekinian, dan tentunya harganya terjangkau di kantong siapa saja. Contoh dari makanan-makanan tersebut adalah hot dog, hamburger, sosis bakar, pizza, dan lain-lain semacamnya. Makanan ini sekarang sangat mudah ditemukan di mana saja.

Sebagai contoh, dalam penelitian dilansir bahwa satu putaran Pizza mengandung 450 mg atau sekitar 155 persen dari jumlah kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh per harinya. Hal ini tentu saja melebihi batas normal pengonsumsian kolesterol yang disarankan. Pola hidup yang lebih gemar mengkonsumsi makanan penyebab kolesterol cepat saji harus segera dikurangi jika ingin tubuh sehat dan terbebas dari kolesterol. Tubuh yang penuh kolesterol akan berbahaya apalagi bagi orang dewasa yang sangat rentang terhadap serangan penyakit komplikasi.

4. Daging Ayam Berlemak

Daging Ayam Berlemak - Makanan Penyebab Kolesterol

Daging ayam juga tidak baik untuk dikonsumsi secara berlebihan. Usut punya usut, hal tersebut mengandung banyak lemak pada bagian-bagian tertentu seperti halnya kulit ayam, paha, dan juga sayap. Dalam satu potong daging ayam pada bagian itu, terdapat kandungan 127 mg kolesterol atau setara dengan 42 persen dari jumlah kandungan kolesterol yang mampu ditampung oleh tubuh per harinya.

Karena hal ini, mengonsumsi daging ayam perlu dibatasi. Pilihlah bagian daging ayam yang memiliki sedikit lemak layaknya dada dan bagian yang lainnya. Jika perlu, rebus terlebih dahulu daging ayam yang akan dikonsumsi hingga lemaknya keluar sebelum daging tersebut diolah menjadi berbagai menu masakan yang diinginkan.

5. Hati Sapi

Hati Sapi - Makanan Penyebab Kolesterol

Siapa yang tidak tergoda dengan kenikmatan sambal goreng hati sati ati oseng mercon hati sapi. Makanan penyebab kolesterol tersebut selalu menjadi favorit bagi siapa saja sehingga sajiannya selalu hampir ada pada acara-acara yang digelar. Rasanya sangat nikmat di lidah dan membuat siapa saja yang merasakannya akan ketagihan apalagi jika disantap bersama nasi hangat. Sungguh sebagai godaan yang akan meruntuhkan mood diet.

Dibalik kelezatannya pada sebuah masakan, hati sapi ternyata kurang baik bagi kesehatan. Makanan yang satu ini mengandung kandungan yang akan menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh manusia naik secara signifikan. Mengonsumsinya dalam jumlah banyak dan terlalu sering akan membuat tubuh pegal-pegal, kolesterol naik, dan asam urat pun ikut naik juga. Oleh sebab itu, kurangilah mengkonsumsi masakan yang terbuat dari hati sapi agar kadar kolesterol tetap stabil.

6. Telur

Telur - Makanan Penyebab Kolesterol

Telur merupakan makanan penyebab kolesterol yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat mulai dari kelas bawah hingga kelas atas. Makanan ini sebenarnya sangat bergizi dan mengandung banyak protein. Cara mengolahnya juga sangat mudah dan praktis yakni dengan cara digoreng, direbus, atau diolah menjadi berbagai macam jenis makanan yang sangat menarik seperti halnya omelet, egg roll, kentucky telur, telur gulung, dan masih banyak olahan yang menarik lainnya.

Telur sangat disukai oleh anak-anak hingga orang tua. Namun, dibalik kelezatannya tersebut, telur juga tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak oleh manusia. Hal ini disebabkan karena telur banyak mengandung kolesterol. Dalam satu butir telur, terdapat kandungan 182 mg kolesterol atau sekitar 62 persen dari jumlah kolesterol per hari yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengkonsumsi telur terlalu banyak dan terlalu sering pada intinya tidak baik untuk kesehatan manusia.

7. Mentega

Mentega - Makanan Penyebab Kolesterol

Mentega merupakan bahan yang banyak digunakan untuk membuat berbagai macam kue. Di samping itu, bahan yang satu ini juga kerap dipakai sebagai olesan roti tawar untuk sarapan pagi karena dinilai praktis dan bergizi tinggi. Namun disisi lain, mentega juga merupakan bahan makanan yang tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak. Hal tersebut mengandung banyak kolesterol yang akan berbahaya bagi tubuh.

Dalam 100 gr mentega terdapat 215 mg kolesterol atau setara dengan 72 person kolesterol yang mampu ditampung oleh tubuh setiap harinya. Hal ini akan sangat berbahaya apalagi konsumsi mentega tersebut disertai dengan konsumsi jenis makanan penyebab kolesterol tinggi lainnya. Sebisa mungkin mengurangi konsumsi mentega harus diterapkan mulai saat ini juga.

8. Cokelat 

Cokelat - Makanan Penyebab Kolesterol

Siapa yang tidak suka dengan makanan manis dan pahit dengan warna yang menggoda tersebut? Sejak zaman dahulu, cokelat selalu menjadi favorit bagi semua generasi. Makanan yang satu ini dinilai dapat meningkatkan mood serta membuat yang mengonsumsinya menjadi bahagia. Ada banyak jenis coklat yang tersedia di pasaran mulai dari harga yang sangat terjangkau hingga yang sangat mahal sekalipun.

Cokelat disinyalir mengandung 94 persen kolesterol dari prosentase kolesterol harian yang dapat ditampung oleh tubuh manusia. Jumlah ini lumayan tinggi tentunya dan akan berpengaruh terhadap kesehatan jika pengonsumsiannya tidak segera dikurangi.

9. Krim Kocok

Krim Kocok - Makanan Penyebab Kolesterol

Krim kocok adalah bahan yang digunakan untuk membuat olesan kue ulang tahun, donat, dan jajanan-jajanan sejenisnya. Nama lain dari krim kocok ini adalah whipped cream yang sangat kental dan tidak bisa tumpah. Krim yang satu ini mengandung banyak kolesterol karena terbuat dari campuran susu dan gula yang mengandung banyak lemak jahat.

Dalam krim kocok seberat 100 gram, terdapat kandungan kolesterol sebanyak 111 mg atau sekitar 37 persen dari jumlah prosentase kandungan kolesterol harian yang akan ditampung oleh tubuh. Boleh saja mengonsumsi krim ini jika hanya untuk sekedar hiasan kue. Namun, jangan terlalu sering dan imbangilah dengan gaya hidup sehat.

Baca Juga: Ragam Vitamin Untuk Ibu Hamil Dari Bahan Alami

Sesekali diperbolehkan mengonsumsi makanan penyebab kolesterol tersebut. Akan tetapi, jangan mengkonsumsinya dalam jumlah yang melebihi batasan normal karena akan sangat membahayakan untuk kadar kolesterol yang dimiliki. Semoga informasi yang diberikan tersebut bermanfaat bagi semua pembaca. Selalu jaga kesehatan, atur pola makan, dan rajinlah berolahraga agar kesehatan tubuh tetap terjaga.