Kadar kolesterol dalam darah memang harus dijaga agar tidak tinggi. Jika kadar kolesterol seseorang tinggi artinya orang tersebut adalah penderita kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi ini masuk dalam salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kematian karena dari satu penyakit ini bisa menjalar ke penyakit yang lebih berbahaya. Oleh sebab itu ada pantangan kolesterol yang harus diperhatikan penderitanya.

Baca Juga: Ketahui Beragam Manfaat Bioglass Untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Kolesterol Tinggi

Kolesterol adalah lemak yang ada dalam darah. Sebetulnya ada dua jenis kolesterol dalam darah yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol yang perlu diperhatikan adalah yang jahat karena jumlah kolesterol jahat yang tinggi bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah sehingga memicu serangan jantung dan juga stroke. 

Kolesterol sendiri diproduksi oleh organ hati dan membantu tubuh untuk bisa membentuk struktur sel membrane serta memaksimalkan proses metabolisme tubuh. Namun tentu harus dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh itu sendiri ya.

Pantangan kolesterol adalah cara untuk menjaga agar kadar kolesterol jahat tidak naik sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga dan terhindar dari penyakit yang berbahaya. Bisanya pantangan yang harus diperhatikan dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Untuk lebih jelasnya ada alasan tersendiri di bawah ini tentang makanan yang termasuk dalam daftar pantangan kolesterol.

Makanan Pantangan Kolesterol Tinggi

Pantangan untuk para penderita kolesterol tinggi biasanya harus memperhatikan makanan-makanan tertentu yang bisa memicu kadar kolesterol dalam darah bisa naik. Mari simak apa saja makanan yang masuk pada pantangan kolesterol berikut ini:

1. Gorengan

Gorengan Tahu - Pantangan Kolesterol

Makanan yang paling harus dihindari untuk penderita kolesterol tinggi adalah semua jenis makanan yang digoreng. Makanan yang diolah dengan cara digoreng apalagi yang teknik menggorengnya adalah depp-fry harus sebisa mungkin dihindari. Dalam makanan yang digoreng terdapat kandungan lemak trans yang merupakan jenis lemak berbahaya untuk tubuh. Makanan yang digoreng bisa membuat tubuh beresiko tinggi terserang penyakit jantung, obesitas, diabetes, serta tentunya kolesterol tinggi.

2. Makanan Cepat Saji

Makanan Cepat Saji - Pantangan kolesterol

Pantangan kolesterol yang selanjutnya adalah makanan cepat saji. Makanan cepat saji ini memang disukai semua kalangan. Namun ternyata makanan yang enak sekali disantap ini bisa menjadi penyebab utama penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Kolesterol tinggi pun juga bisa disebabkan dari konsumsi makanan cepat saji setiap hari.

Hal ini karena makanan cepat saji menumpuk lemak pada tubuh juga dalam darah. Kadar gula darah pun sulit dikontrol dan menyebabkan ragam penyakit tadi. Makanan cepat saji ini bisa berupa makanan kemasan, makanan beku, dan pelengkap makanan seperti mayones atau kerupuk.

3. Olahan Daging 

Olahan Daging - Pantangan Kolesterol

Daging baik itu daging sapi, kambing, bebek, atau ayam juga masuk pada makanan pantangan kolesterol. Namun tentu ini bukan berarti penderita kolesterol dilarang mengkonsumsi daging, lebih tepatnya dikurangi atau dibatasi untuk mengkonsumsi daging beserta produk olahannya.

Daging yang diolah menjadi makanan beku seperti sosis, bacon, ham, daging asap, dan nugget adalah makanan yang sebisa mungkin harus dikurangi oleh penderita kolesterol tinggi. Boleh saja mengkonsumsi daging asalkan tidak rutin setiap hari dan tidak dalam porsi besar. Penyakit kardiovaskular dan kanker bisa datang kapan saja jika terlalu banyak mengkonsumsi daging.

4. Dessert

Dessert - Pantangan Kolesterol

Makanan penutup atau dessert seperti es krim atau kue kering mengandung banyak gula, lemak, dan kalori yang tidak menyehatkan tubuh. Jika terlalu sering mengkonsumsi makanan penutup seperti yang sudah disebut tadi kadar gula dalam juga lemak jahat dalam darah akan melambung.

Selain bisa menyebabkan penyakit kronis yang cukup membahayakan nyawa seseorang, dessert juga sangat cepat menaikkan berat badan karena memang kalorinya sangat tinggi dan gula yang biasanya dipakai merupakan gula buatan yang membahayakan kesehatan. Dessert lebih banyak mengandung gula yang bisa memicu obesitas dan sangat sedikit kandungan nutrisinya.

5. Seafood

Seafood - Pantangan Kolesterol

Makanan laut memang enak karena kebanyakan daging dari seafood ini sudah manis meski tidak ditambah dengan gula. Seafood seperti udang dan lobster termasuk salah satu jenis seafood yang bisa menaikkan kadar kolesterol dalam darah dengan sangat cepat. Boleh saja mengkonsumsi makanan ini namun harus dibatasi agar tidak sampai terlalu banyak. Cara mengolahnya pun sebaiknya direbus atau dikukus bukan digoreng.

Pantangan kolesterol yang satu ini masih bisa memanfaatkan makanan laut seperti ikan salmon dan tuna. Keduanya memiliki kandungan yang tinggi akan omega 3 sehingga bisa membantu tubuh meningkatkan produksi lemak baik atau kolesterol baik yang dibutuhkan tubuh. Tentu saja juga tidak boleh terlalu sering untuk mengkonsumsi seafood, boleh dikonsumsi untuk variasi makan sehari-hari agar nutrisi yang dibutuhkan tubuh seimbang.

6. Jeroan

Jeroan - Pantangan Kolesterol

Mayoritas orang Indonesia gemar sekali mengolah jeroan atau organ dalam sapi atau ayam seperti otak, usus, babat, hati, paru, dan sebagainya. Memang jika dimasak semua jeroan itu nikmat sekali disantap namun kandungan kolesterol dalam jeroan sangat tinggi serta ada purin yang bisa memicu asam urat.

Kebanyakan jeroan ini dikombinasikan dengan santan yang semakin melambungkan kandungan kolesterol jahat yang akan memberikan dampak buruk untuk kesehatan seseorang. Pantangan kolesterol satu ini lebih baik betul-betul dihentikan konsumsinya agar tidak memicu kadar kolesterol naik.

7. Susu 

Susu - Pantangan Kolesterol

Pantangan kolesterol selanjutnya adalah mengkonsumsi susu dan juga semua produk yang mengandung susu di dalamnya. Susu adalah salah satu makanan yang mengandung lemak cukup tinggi sehingga sangat tidak disarankan dikonsumsi para penderita kolesterol tinggi dan obesitas. Keju dan yoghurt juga tidak disarankan karena terbuat dari susu.

8. Es Krim

Es Krim - Pantangan Kolesterol

Salah satu menu makanan penutup ini memang tinggi lemak jenuh dan gula yang bisa menaikkan kolesterol jahat dalam darah. Es krim memang enak dan bisa memberikan rasa yang segar namun tidak disarankan untuk penderita diabetes, kolesterol tinggi, serta yang memiliki berat badan berlebih. Baiknya makan sorbet yang minim akan pemanis buatan dan rendah lemak karena tidak menggunakan susu.

9. Minyak Sayur

Minyak Sayur - Pantangan Kolesterol

Minyak sayur ini memang tidak ada kolesterolnya tapi ada asam lemak jenuh yang menjadikan minyak ini tidak diperuntukkan penderita kolesterol tinggi. Boleh saja menggunakan minyak ini untuk memasak namun tentunya tidak boleh terlalu berlebihan agar kadar kolesterol tetap terjaga. Selain minyak sayur, minyak kelapa juga harus dihindari agar kadar kolesterol tidak melambung tinggi.

10. Minuman Kemasan

Minuman Kemasan - Pantangan Kolesterol

Pantangan kolesterol lainnya adalah minuman kemasan seperti soda, jus buah, kopi, atau the yang sudah siap minum. Hal ini karena minuman kemasan mengandung pemanis buatan yang kadar gulanya tinggi. Gula yang digunakan dalam minuman kemasan bukan gula alami jadi kandungan lemak baiknya sangat sedikit dan lebih banyak mengandung lemak jahat.

11. Makanan Mengandung Lemak Trans

Makanan Mengandung Lemak - Pantangan Kolesterol

Lemak trans ini juga cukup berbahaya untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena lemak trans menjadi pemicu penyakit jantung dan merupakan lemak yang paling buruk untuk kesehatan tubuh. Makanan yang banyak mengandung lemak trans antara lain makanan atau minuman yang ada dalam kemasan, lalu makanan penutup atau dessert, juga beberapa cokelat. Semua makanan yang banyak lemak trans tersebut bisa membuat kadar kolesterol dalam darah naik dengan cepat.

12. Sumber Karbohidrat Tinggi

Sumber Karbohidrat - Pantangan Kolesterol

Makanan yang termasuk sumber karbohidrat tinggi juga termasuk pada daftar panjang pantangan kolesterol yang harus dikurangi atau dibatasi konsumsinya. Baiknya daripada banyak mengkonsumsi makanan tinggi akan karbohidrat perbanyak saja makanan kaya serat yang lebih menyehatkan.

Tidak hanya menghindari berbagai pantangan kolesterol, gaya hidup adalah kunci agar tubuh bisa terhindar dari penyakit berbahaya seperti kolesterol tinggi. Melihat daftar panjang makanan yang bisa menaikkan kadar kolesterol jahat dalam darah artinya pola makan yang sehat dan baik harus diterapkan sejak dini untuk mencegah kolesterol naik. Bagi yang sudah menderita kolesterol tinggi pun bisa tetap mengontrol dan menjaga kadar kolesterol tetap normal.

Baca Juga: Ragam Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Gaya hidup sehat itu kuncinya adalah pola makan yang baik dan benar, serta olahraga rutin yang diimbangi dengan istirahat yang cukup. Pantangan kolesterol dibuat untuk membantu mengatur pola makan agar bisa lebih sehat sehingga kesehatan tubuh bisa terus terjaga. Mari mulai terapkan pola makan yang benar, gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan tubuh dari sekarang.