Kolesterol tinggi adalah salah satu penyakit yang harus segera ditangani dan diobati. Kadar kolesterol jahat dalam tubuh jika dibiarkan tinggi akan menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti stroke dan penyakit jantung. Selain pergi ke dokter dan mendapatkan obat, upaya lain seperti mengkonsumsi jus penurun kolesterol patut dicoba.

Baca Juga: Ini Dia Vitamin Penambah Nafsu Makan Yang Wajib Diketahui

Apa Saja Jus Penurun Kolesterol yang Baik Dikonsumsi?

Sebetulnya kolesterol dalam tubuh ada yang baik dan ada jahat. Kolesterol jika kadarnya cukup atau tidak berlebih maka itu bisa bermanfaat untuk metabolisme tubuh. Namun jika jumlah kadarnya terlalu tinggi ini bisa menyebabkan penyakit berbahaya. Jumlah kolesterol baik dan jahat jika ditotal tidak boleh lebih dari 200 ml dengan rincian LDL atau lemak jahatnya maksimal 120ml/dL.

Nah, supaya kolesterol dalam darah tidak terlalu tinggi terutama LDL-nya, maka ada beberapa jus penurun kolesterol yang bisa dibuat sendiri di rumah, dengan bahan yang mudah didapatkan dan aman untuk dikonsumsi setiap hari.

1. Jus Buah Jeruk

Jus Buah Jeruk - Jus Penurun Kolesterol

Jus penurun kolesterol pertama adalah jus dari buah jeruk. Jus jeruk ini memiliki kandungan fitosterol yang bisa menurunkan kadar LDL dalam darah dalam waktu singkat. Rasanya yang segar bisa dijadikan minuman yang bisa dikonsumsi setiap hari karena jeruk adalah buah yang kaya vitamin yang baik untuk tubuh.  Selain baik untuk menurunkan kadar kolesterol, jus jeruk juga bagus dalam meningkatkan kekebalan tubuh karena mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi.

2. Jus Blueberry

Jus Blueberry - Jus Penurun Kolesterol

Selanjutnya ada jus buah blueberry yang masuk pada deretan jus penurun kolesterol. Buah blueberry sangat bagus untuk menjaga arteri selalu bersih dan terhindar dari kadar LDL yang bisa menyumbat pembuluh arteri. Selain itu jus blueberry juga bagus untuk membantu fungsi hati bekerja optimal setiap harinya. Selain dibuat menjadi jus, blueberry juga enak dimakan langsung atau dijadikan salad.

3. Jus Tomat

Jus Tomat - Jus Penurun Kolesterol

Jus tomat juga masuk dalam daftar jus penurun kolesterol yang ampuh. Tomat memiliki kandungan vitamin C yang tinggi serta antioksidan yang disebut likopen. Kandungan likopen pada tomat bisa membantu tubuh terhindar dari radikal bebas dan juga lemak jahat dalam darah. Mengkonsumsi jus tomat secara rutin selama 2 minggu bisa menurunkan kadar kolesterol hingga 10 persen.

4. Jus Alpukat

Jus Alpukat - Jus Penurunan Kolesterol

Buah yang bagus untuk menurunkan kolesterol selanjutnya adalah alpukat. Buah ini mempunyai antioksidan yang sangat tinggi serta kandungan vitaminnya cukup lengkap. Ada vitamin C, K, B5 dan B6 serta vitamin K, dan lemak tak jenuh tunggal. Bagi penderita kolesterol tinggi buah ini sangat disarankan untuk dimakan sesering mungkin karena bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah juga menormalkan trigliserida.

5. Jus Delima

Jus Delima - Jus Penurun Kolesterol

Buah delima juga bisa dijadikan sebagai jus penurun kolesterol. Buah delima ini bagus untuk memperlambat penumpukan kolesterol jahat dalam arteri sehingga bisa mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. 

Buah delima ini memiliki kandungan antioksidan khususnya polifenol. Kandungan polifenol pada buah delima ini sangat tinggi dari jenis buah yang lain. Bahkan kandungan antioksidan pada teh hijau dan anggur merah masih kalah tinggi jika dibandingkan dengan buah delima. Antioksidan tersebut sangat bermanfaat untuk melindungi jantung dan menurunkan LDL dalam waktu singkat.

6. Jus Nanas

Jus Nanas - Jus Penurun Kolesterol

Jus penurun kolesterol selanjutnya adalah jus nanas. Nanas ini merupakan buah tinggi serat sehingga bisa memaksimalkan ekskresi empedu sehingga bisa mengurangi siklus enterohepatik. Kandungan vitamin C yang tinggi juga bisa membantu mengatasi peradangan yang terjadi dalam tubuh.

7. Jus Apel

Jus Apel - Jus Penurun Kolesterol

Apel masuk dalam deretan buah yang ampuh dalam jus penurun kolesterol jahat karena memiliki senyawa polifenol di dalamnya. Senyawa tersebut sangat bagus untuk menghambat penumpukan atau penyumbatan pembuluh darah yang diakibatkan kadar kolesterol tinggi. Jadi jika ingin mengurangi resiko kolesterol tinggi, stroke, dan penyakit jantung, rajinlah membuat jus apel setiap hari. 

Pencegahan Kolesterol Tinggi

Makanan yang dikonsumsi tubuh memang akan memberikan dampak sesuai dengan kandungannya. Jika makanan yang dikonsumsi kandungan nutrisinya banyak dan baik untuk kesehatan tubuh tentu penyakit tidak akan mudah datang dan bersarang pada tubuh tersebut. Namun jika makanan yang dikonsumsi kurang baik untuk kesehatan tubuh, maka mudah sekali tubuh terserang penyakit yang berbahaya.

Agar bisa terhindar dari kolesterol tinggi dan penyakit berbahaya lainnya ada beberapa hal yang harus dilakukan sebagai bentuk pencegahan. Apa saja yang harus dilakukan?

1. Hindari Lemak Trans

Hindari Makan Lemak - Jus Penurun Kolesterol

Lemak ada beberapa jenis salah satu yang perlu dihindari adalah lemak trans yang bisa memberikan banyak dampak buruk bagi kesehatan. Lemak trans bisa menaikkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan menurunkan kadar kolesterol baik. Makanan yang masuk pada sumber lemak trans adalah margarin, minyak sayur, gorengan, dan jeroan. 

Agar bisa terhindar dari penyakit kolesterol tinggi sebaiknya hindari makanan yang merupakan sumber dari lemak trans tersebut. Lemak trans jika dikonsumsi terus menerus akan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah sehingga tinggi sekali resiko tubuh terserang penyakit jantung dan stroke.

2. Hindari Lemak Jenuh

Daging Merah - Jus Penurun Kolesterol

Selain lemak trans ada juga lemak jenuh yang harus dihindari. Baiknya jika suka makanan yang mengandung lemak jenuh, segera berikan penawarnya yakni jus penurun kolesterol. Lemak jenuh ini sama bahayanya dengan lemak trans. Hanya saja sumber lemak jenuh berbeda dengan lemak trans. Lemak jenuh banyak terdapat dalam daging merah, kulit ayam, keju, mentega, dan minyak goreng.

Jadi bagi pecinta gorengan, daging merah dan kulit ayam sebaiknya mulai dibatasi dan dikurangi konsumsinya. Boleh makan tapi tidak terlalu sering dan lebih banyak konsumsi jus penurun kolesterol setelah mengkonsumsi makanan sumber lemak jenuh.

3. Batasi Konsumsi Gula

Kurangi Gula - Jus Penurun Kolesterol

Penyebab kolesterol tinggi bukan hanya karena lemak jenuh dan lemak trans. Konsumsi gula terlalu berlebih juga bisa memicu kadar kolesterol terus naik dan menyebabkan penyakit kolesterol tinggi. Untuk itu sebaiknya batasi konsumsi gula setiap harinya dan imbangi dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak tak jenuh agar LDL bisa menurun.

4. Teh Hijau

Teh Hijau - Jus Penurun Kolesterol

Green Tea adalah salah satu minuman yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Konsumsi green tea secara rutin selama 14 hari bisa menurunkan kolesterol jahat 7ml/dL. Selain itu greentea ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga bagus untuk tubuh karena mampu menangkal radikal bebas serta mencegah penyakit jantung dan stroke.

5. Rempah-Rempah

Rempah-rempah - Jus Penurun Kolesterol

Selain berguna sebagai bahan dapur, rempah-rempah juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh seseorang. Makanan yang kaya rempah dan rendah minyak bagus sekali untuk penderita kolesterol tinggi. Bawang putih, kunyit, dan jahe adalah rempah yang ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat yang tinggi.

6. Banyak Makan Sayur

Banyak Makan Sayur - Jus Penurun Kolesterol

Selain jus penurun kolesterol yang terbuat dari buah-buahan segar, sayuran juga penting untuk menurunkan LDL dalam darah. Sayuran hijau adalah sumber serat yang baik untuk tubuh. Selain bisa membantu memperlancar pencernaan, bisa menurunkan kolesterol, juga banyak mineral dan vitamin pada sayuran hijau yang bermanfaat untuk tubuh.

Bagi penderita kolesterol tinggi sangat disarankan untuk melakukan diet mediterania dimana orang tersebut harus banyak makan sayur dan buah serta makanan yang kaya akan lemak tak jenuh seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, serta biji-bijian.

7. Olahraga Secara Teratur

Rutin Olahraga - Jus Penurun Kolesterol

Cara ampuh yang lain untuk mencegah kolesterol tinggi adalah dengan melakukan olahraga teratur dan rutin setiap hari. Olahraga tidak semuanya berat dan menyebabkan tubuh kelelahan.. Ada olahraga jalan kaki atau lari-lari kecil yang bisa dilakukan setiap pagi hanya selama 30 menit.

Asalkan rutin dan teratur maka olahraga dengan gerakan sederhana sudah bisa memberikan manfaat yang besar untuk menjaga kesehatan tubuh. Tubuh harus sering diajak olahraga agar metabolisme bisa maksimal sehingga penyakit tidak ada yang mendekat.

Orang yang malas melakukan olahraga cenderung lebih mudah terserang penyakit jantung dan stroke karena peredaran yang kurang lancar serta metabolisme tubuh yang tidak maksimal. Kadar kolesterol pun bisa  kacau ketika tubuh kurang gerak. Jadi pastikan luangkan waktu 30 menit setiap harinya untuk melakukan olahraga seperti jalan kaki atau jogging.

Baca Juga: Kenali Beragam Manfaat Pisang Yang Baik Bagi Tubuh

Nah, itu dia sedikit ulasan tentang jus penurun kolesterol yang enak dan mudah dibuat sendiri di rumah serta cara mencegah kolesterol naik. Terapkan gaya hidup sehat dan pola makan yang benar agar tubuh terhindar dari penyakit berbahaya.