Kanker tulang ialah penyakit tumor ganas yang berawal di tulang. Anda harus memahami apa saja gejala kanker tulang yang bisa saja terjadi pada tubuh Anda. Dengan melakukan diagnosa tertentu di awal seperti yang akan kami jelaskan dibawah ini.

Tulang berperan sebagai alat gerak dan pembentuk susunan badan, tempat menempelnya otot dan daging, serta perlindungan organ lunak di dalamnya.

Baca Juga: Manfaat Kayu Manis bagi Tubuh Kita untuk Mencegah Dari Beberapa Penyakit

Pada dasarnya, kanker ini terdiri jadi dua, yaitu primer (cuman ada dan tumbuh di jaringan tulang) dan sekunder (ada karena penyebaran dari kanker di tempat lain).

Ada bermacam tipe kanker tulang yang biasa terjadi, seperti osteosarcoma serta chondrosarcoma. Tiap tipe kanker ini memperlihatkan tanda-tanda yang bervariatif pada penderitanya. Untuk ketahui lebih jauh berkenaan tipe kanker tulang, baca pembahasan di bawah ini.

Kanker tulang dapat tumbuh di tulang mana saja pada tubuh, tapi seringkali serang pinggul, lengan, dan kaki. Pemicu, tanda-tanda, dan penyembuhan kanker tulang dapat berbeda, bergantung pada macamnya.

Tanda-tanda kanker tulang biasanya dengan diawali ngilu tulang yang bertambah lebih buruk, timbulnya benjolan atau lebam pada tempat sel kanker berkembang, dan tulang yang rawan patah. Disamping itu, kanker tulang bisa juga mengakibatkan tangan atau kaki terasa dingin sampai kesemutan atau mati rasa pada tempat yang terserang kanker.

Walau demikian, tanda-tandanya dapat makin bervariatif saat sel kanker telah menyebar jadi beberapa jenis. Untuk ketahui lebih jauh tanda-tanda kanker tulang berdasar macamnya, baca penjelasannya di bawah ini.

Gejala kanker tulang berdasarkan jenisnya

1. Osteosarcoma

Osteosarcoma

Osteosarcoma condong terjadi pada susunan luat tulang lengan, tapi bisa juga ada di tulang kaki. Kanker tipe ini biasanya mempengaruhi anak-anak. Berikut beberapa gejala kanker tulang osteosarcoma, misalnya:

  • Nyeri tulang. Mulanya ada rasa sakit yang terjadi, muncul tidak tanpa henti tetapi makin lebih tambah jelek pada malam hari. Rasa nyeri bertambah bersamaan dengan rutinitas dan dapat menyebabkan lemas bila tumor ada dalam tulang tungkai
  • Ada benjolan dan bengkak. Biasanya terasa beberapa minggu sesudah rasa ngilu pada tulang ada. Tanda-tanda ini kerap ada pada anak-anak, tetapi jarang ada ke orang dewasa.
  • Patah tulang. Osteosarcoma condong membuat tulang di posisi tumor jadi kurang kuat dan pada akhirnya patah, sering tidak membuat tulang pecah.

2. Ewing Sarcoma

Ewing Sarcoma

Kanker Ewing sarcoma tergolong kanker sangat jarang yang terjadi pada jaringan lunak yang melingkari tulang atau langsung pada tulang. Umumnya terjadi pada tulang lengan, tungkai, atau tulang panggul. Berikut beberapa gejala kanker tulang ewing sarcoma:

  • Demam. Biasanya tampak berkelanjutan.
  • Nyeri tulang. Dikutip dari Cancer, kurang lebih 85% anak dan remaja dengan ewing sarkoma alami beberapa keluh kesah yang tidak menentu pada tulang, seperti ngilu, lebam, kaku.
  • Ada benjolan. Tampak benjolan di atas kulit yang jika disentuh terasa hangat dan halus.
  • Tulang patah. Terjadi patah tulang tanpa cedera. Ini disebabkan karena perkembangan tumor pada tulang yang membuat tulang jadi kurang kuat dan pada akhirnya patah.

3. Chondrosarcoma

Chondrosarcoma

Tipe kanker ini dapat terjadi pada panggul, paha, dan pundak ke orang dewasa. Sel kanker tercipta di jaringan subchondral, yakni jaringan ikat antara tulang. Berikut beberapa gejala kanker tulang chondrosarcoma, misalnya:

  • Nyeri tulang. Nyeri ini tidak ada secara terus-terusan, tetapi dapat lebih buruk saat malam hari ataupun waktu beraktivitas yang berat.
  • Bengkak. Tidak hanya muncul lebam, dapat disertai kekakuan tulang.
  • Badan berasa lemas.
  • Ada benjolan pada tulang.
  • Masalah aliran kencing. Jika kanker ini terjadi di panggul, kemungkinan Anda akan alami masalah aliran kencing.

4. Fibrosarcoma

Fibrosarcoma

Tipe kanker ini terjadi pada jaringan fibrosa yang membalut tendon, ligamen, dan otot. Biasanya terjadi pada tempat kaki atau tungkai badan. Seperti tipe kanker yang lain, tanda-tanda kanker tipe ini adalah:

  • Benjolan. Biasanya benjolan berasa di bawah kulit.
  • Tulang nyeri. Tidak hanya rasa ngilu, tulang susah digerakkan.
  • Permasalahan pernafasan. Jika sel kanker tumbuh di sekitar perut, dapat mengakibatkan permasalahan pernafasan.

Gejala kanker tulang umumnya

Ada bermacam tanda-tanda gejala kanker tulang yang memperlihatkan ada sel kanker pada tulang belakang, tulang punggung, tulang lutut kaki atau lengan tangan, tulang ekor, atau tulang yang lain.

Beberapa di antaranya merasakan tanda-tanda di tahap awalnya, tetapi ada pula yang rasakan tanda-tandanya saat kanker telah masuk fase 2, 3, atau 4.

Beberapa ciri atau tanda-tanda kanker tulang pada lutut kaki, tulang punggung, tulang tangan, tulang rusuk, atau tulang belakang yang biasanya dirasa orang dewasa, mencakup:

1. Nyeri

Nyeri - Gejala kanker tulang

Nyeri sebagai pertanda kanker pada tulang belakang atau tulang yang lain. Awal mulanya hanya merasa sakit biasa namun hal ini tampak tidak disadari.

Tetapi, sejalan rasa nyerinya akan makin intensif, lebih buruk pada malam hari, atau saat Anda sedang melakukan aktivitas. Saat kanker telah makin berkembang, rasa sakit bisa terasa sepanjang waktu dan makin kronis saat Anda jalani rutinitas.

2. Pembengkakan

Pembengkakan - Gejala kanker tulang

Penyakit kanker tulang yang serang tulang belakang atau tulang yang lain, dapat memunculkan tanda-tanda bengkak. Bila terjadi pada tulang leher, bengkak dapat mengakibatkan sulit menelan dan bernapas.

3. Fraktur tulang

Fraktur tulang - Gejala kanker tulang

Fraktur tulang atau tulang patah, sebagai awal nya muncul karena sel kanker melemahkan tulang. Pasien yang alami tanda-tanda ini umumnya alami rasa ngilu kronis selama beberapa waktu.

4. Kesemutan, mati rasa dan tanda-tanda kanker lain

Tangan Kesemutan - Gejala kanker tulang

Tumor yang tercipta di sekitar tulang bisa menekan saraf hingga mengakibatkan rasa kesemutan, kelemahan, atau mati rasa. Gejala kanker tulang yang lain ialah badan terus-terusan capek dan berat tubuh turun drastis tanpa pemicu yang pasti.

Pada anak, kanker tipe ini menyebabkan gejala yang hampir sama, yaitu ngilu dan bengkak pada tulang yang terserang. Tanda-tandanya ini dapat membuat anak berjalan pincang, kesusahan beraktivitas normal. dan rawan alami tulang patah.

Selanjutnya, dia akan lebih gampang capek dan alami pengurangan berat tubuh tanpa pemicu yang pasti.

Kapan harus pergi ke dokter?

Bila Anda rasakan gejala kanker tulang yang disebut sebelumnya, selekasnya kontrol ke dokter. Terlebih bila tanda-tandanya terus-terusan ada, lebih buruk pada malam hari, dan tidak lebih baik dengan pengobatan umum.

Itu sebabnya begitu Anda mulai curiga atau alami satu (ataupun lebih) dari daftar gejala kanker tulang di atas, selekasnya tanyakan ke dokter. Gejala kanker tulang bisa disalahpahami sebagai tanda-tanda penyakit yang lain.

Baca Juga: Kandungan Gizi dan Manfaat Bayam Bagi Kesehatan

Karena, tidak seluruhnya bengkak atau benjolan yang ada sebagai kanker. Karena itu, dokter umumnya akan lakukan rontgen lebih dahulu untuk ketahui lebih jauh apa benjolan itu benjolan kanker atau bukan.

Jika benjolan itu sebagai kanker, maka Anda akan diatasi oleh pakar ortopedi, untuk mengangkut tumor dan pakar onkologi klinis untuk menangani rasa sakit dan tanda-tanda kanker tulang yang muncul.