Ada banyak jenis kanker yang biasanya menyerang manusia, seperti kanker serviks, kanker usus, kanker otak, kanker hati, kanker paru-paru, kanker payudara dan masih banyak lagi. Di antara jenis-jenis kanker tersebut, kanker payudara menjadi salah satu jenis kanker yang paling banyak diderita, terutama pada kaum wanita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengenali ciri-ciri kanker payudara. 

Baca Juga: 12 Gejala Diabetes dan Tipe-Tipe Diabetes yang Harus Diketahui

Kanker payudara cukup ditakuti oleh wanita karena bisa menghilangkan nyawa, terutama jika kanker ini sudah memasuki stadium lanjut. Akan tetapi, pada tahap awal kanker ini masih bisa disembuhkan atau diobati. Supaya bisa segera mendapatkan penanganan medis, alangkah lebih baik Anda mengetahui ciri-ciri kanker payudara.  

Lebih Mengenal Tentang Kanker Payudara 

Mengenal Tentang Kanker Payudara - Ciri Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang menjadi penyebab utama tingginya angka kematian pada wanita. Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan para wanita mengenai ciri-ciri kanker payudara. Akibatnya kanker payudara yang sedang diderita terlambat mendapatkan pertolongan medis sehingga menjadi stadium akut atau lanjut. 

Kanker payudara itu sendiri menyerang jaringan payudara dan sekitarnya. Dimana munculnya penyakit ini akan menimbulkan gejala atau tanda-tanda yang berbeda di setiap stadiumnya. 

9 Ciri-Ciri Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai   

Ciri Kanker Payudara

Tidak bisa dipungkiri jika mayoritas wanita hanya mengetahui jika munculnya kanker payudara ditandai dengan benjolan atau tumor yang muncul pada payudara. Padahal ada banyak gejala lain yang menandai kemunculan penyakit ini. Inilah gejala atau ciri kanker payudara yang perlu diwaspadai:

1. Munculnya Benjolan di Payudara 

Gejala awal dari ciri kanker payudara yang paling mudah dikenali adalah munculnya benjolan di payudara. Benjolan ini tidak hanya muncul di payudara saja tetapi juga akan muncul di sekitar dada atau ketiak. Hal ini dikarenakan jaringan payudara membentang luas sampai ke bawah lengan. Benjolan di payudara terkadang tidak bisa terlihat langsung oleh mata telanjang dan baru bisa dirasakan saat disentuh. 

Adapun ciri-ciri benjolan yang menandakan kanker payudara yaitu permukaan benjolan tidak rata, tekstur benjolan lunak ke arah keras dengan batas tidak jelas, hanya ada satu benjolan, benjolan melekat pada payudara, menetap setelah usai menstruasi, dan benjolan tersebut tidak terasa sakit maupun nyeri ketika ditekan.

2. Keluar Cairan Berwarna dari Puting Payudara 

Ciri atau gejala ciri kanker payudara selanjutnya yaitu keluar cairan berwarna dari puting payudara. Ciri satu ini biasanya akan muncul ketika kanker payudara sudah memasuki stadium akut atau lanjut. Cairan yang keluar dari payudara ini bisa encer atau kental yang berwarna coklat kemerahan seperti darah. Akan tetapi, cairan yang keluar dari payudara tak selalu menandakan kanker. Bisa saja cairan yang keluar merupakan tanda masalah kesehatan lainnya, seperti infeksi payudara.

3. Perubahan Kulit Payudara 

Salah satu gejala kanker yang bisa muncul pada stadium awal atau lanjut adalah adanya perubahan pada kulit payudara. Kondisi ini disebabkan oleh sel-sel kanker yang menyerang sel-sel kulit payudara yang sehat sehingga menyebabkan peradangan hingga membuat tekstur asli payudara menjadi berubah. Gejala satu ini sering disalah artikan dan dianggap sebagai infeksi kulit biasa.

4. Payudara Besar Sebelah 

Pada umumnya, ukuran dan bentuk payudara wanita memang tidak sama persis. Meski begitu, Anda harus tetap waspada apabila mendapati payudara terlihat lebih besar sebelah secara signifikan. Payudara yang besar sebelah biasanya terjadi karena adanya benjolan pada payudara yang disebabkan oleh sel kanker yang berkembang pada area tersebut. Payudara yang lebih besar akan membengkak sehingga tampak turun atau merosot dari payudara sebelahnya.

5. Kelenjar Getah Bening Membengkak 

Ciri kanker payudara selanjutnya yaitu kelenjar getah bening menjadi membengkak. Kelenjar getah bening yang membengkak biasanya disebabkan oleh sel kanker di payudara berpindah atau menyebar ke kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening ini berada di ketiak, biasanya juga ditemukan di di dekat tulang selangka. Benjolan yang ada di kelenjar getah bening bisa tumbuh besar dan melekat pada jaringan sekitar ketiak.

6. Puting Payudara Masuk ke dalam atau Tertarik 

Tidak hanya mengeluarkan cairan, ciri kanker payudara lainnya yaitu masuknya puting ataupun puting terlihat seperti tertarik ke dalam. Kondisi ini terjadi karena sel kanker menyerang dan juga mengubah sel di belakang puting. Perubahan tersebut biasanya menyebabkan puting payudara menjadi terbalik atau terlihat seperti menjorok masuk ke dalam. Puting payudara yang normal akan tampak menonjol keluar.

7. Nyeri Pada Payudara 

Sel-sel kanker yang ada di payudara bisa menyebabkan perubahan pada sel kulit sehingga menimbulkan rasa nyeri, tidak nyaman dan juga payudara terasa lebih lunak. Konon rasa sakit yang dirasakan seperti saat terbakar. Jika Anda merasakan gejala ini sebaiknya untuk tetap waspada dan segera memeriksakannya ke tenaga medis.

8. Adanya Cekungan Pada Kulit Payudara 

Ciri-ciri kanker payudara selanjutnya yaitu munculnya cekungan pada kulit payudara. Munculnya cekungan ini akibat keberadaan sel kanker sehingga menyebabkan adanya penumpukan cairan kelenjar di payudara. Akibatnya terjadi pembengkakan dan juga munculnya cekungan-cekungan pada payudara. Penampakan seperti ini biasanya memiliki ciri khas berupa terlihat seperti permukaan kulit jeruk.

9. Adanya Perubahan pada Warna Payudara 

Sel kanker yang muncul di payudara ternyata juga bisa menyebabkan terjadinya perubahan pada kulit. Akibatnya kulit payudara menjadi terlihat berwarna kemerahan, bahkan juga lebam. Jika perubahan warna tersebut tidak terjadi karena benturan atau penyebab lainnya, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Cara Mencegah Ciri Kanker Payudara 

Sebagai salah satu penyakit mematikan bagi kaum wanita, bukan berarti penyakit ini tidak bisa dicegah. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Inilah beberapa cara mencegah kanker payudara yang muda dilakukan..

1. Menjaga Pola Hidup Sehat

Menjaga Pola Hidup Sehat - Ciri Kanker Payudara

Cara pertama yang dilakukan untuk mencegah penyakit ini adalah menjaga pola hidup sehat. Supaya terhindar dari penyakit ini, Anda disarankan untuk mengutamakan asupan sayur-sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan. Sebaiknya hindari untuk mengonsumsi makanan berlemak tinggi, seperti daging berlemak, margarin, mentega, sosis, dan minyak.

2. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal 

Perlu diketahui bahwasanya berat badan sangat berkaitan erat dengan risiko payudara. Wanita dengan berat badan berlebih (obesitas) setelah masa menopause memiliki risiko terkena kanker payudara antara 20-40 persen lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang memiliki berat badan ideal. Hal ini terjadi karena keadaan hormon estrogen dan juga insulin dalam tubuh.

3. Hentikan Kebiasaan Merokok 

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan merokok sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini. Alasannya karena perokok memiliki resiko terkena kanker payudara sebesar 6-9 persen lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang  sama sekali tidak pernah merokok. Lebih parahnya lagi, perokok aktif akan lebih berisiko terkena kanker payudara sebesar 7-13 persen.

4. Luangkan Waktu untuk Rutin Olahraga 

Berolahraga - Ciri Penyakit Payudara

Sudah bukan rahasia lagi jika rutin olahraga bisa menghindarkan Anda dari berbagai penyakit berbahaya. Jika Anda rutin meluangkan waktu untuk olahraga akan menurunkan risiko terkena ciri kanker payudara. Sebaliknya bagi wanita yang sudah bertahun-tahun tidak olahraga atau melakukan aktivitas fisik maka risiko terkena penyakit ini akan meningkat. Dalam satu minggu sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk olahraga selama 2 jam 30 menit.

5. Membatasi Konsumsi Minuman Beralkohol  

Cara mencegah kanker payudara selanjutnya yaitu dengan membatasi konsumsi minuman beralkohol. Mengonsumsi minuman beralkohol sebanyak satu gelas dalam satu hari bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara sebesar 7-12 persen. Risiko terkena penyakit kanker payudara akan meningkat apabila dalam satu hari mengkonsumsi minuman beralkohol lebih dari satu gelas. Akan lebih baik jika Anda tidak mengkonsumsi alkohol.

6. Membatasi Terapi Hormon 

Membatasi Terapi Hormon - Ciri Kanker Payudara

Biasanya wanita akan melakukan terapi hormon ketika sudah masa menopause. Terapi ini menggunakan hormon estrogen dan juga progesteron serta dilakukan dalam jangka waktu panjang. Hal ini kemudian meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Namun, jika Anda benar-benar membutuhkan terapi ini sebaiknya lebih dahulu konsultasi dengan dokter.

7. Menyusui Bayi Secara Teratur 

Cara mencegah kanker payudara yang terakhir yaitu menyusui bayi secara teratur. Menyusui bayi bisa menurunkan risiko kanker payudara hingga 22 persen. Akan tetapi, hingga saat ini belum diketahui secara pasti mengapa menyusui bisa mencegah kanker ini. Namun, kondisi ini diduga karena menyusui bisa membantu keseimbangan hormon \, menghindari kerusakan sel payudara dan juga mencegah paparan zat pemicu kanker.

Baca Juga: Ciri-Ciri Detak Jantung Normal dan Cara Menghitungnya

Nah itulah informasi lengkap mengenai ciri-ciri kanker payudara dan cara mencegahnya. Diharapkan setelah membaca pembahasan diatas Anda bisa memiliki pengetahuan lebih mengenai kanker payudara. Dengan begitu, bisa lebih waspada dan menjalankan pola hidup yang sehat supaya terhindar dari penyakit ini.