Penyakit jantung adalah salah satu jenis penyakit yang cukup berbahaya. Di dunia penyakit jantung menjadi penyakit yang menjadi penyebab kematian terbanyak. Hal ini biasanya dipicu dari pola makan dan gaya hidup penderitanya. Penting mengetahui makanan sehat untuk jantung.

Baca Juga: Vitamin Rambut Kering Dari Bahan Alami yang Mudah Didapatkan

Pola makan adalah hal yang paling berperan penting dalam memicu penyakit jantung pada seseorang. Jika orang tidak memperhatikan apakah makanan yang dikonsumsi menyehatkan atau tidak maka tubuhnya akan menjadi tempat penyakit bersarang mulai dari yang ringan sampai yang serius.

Untuk penyakit jantung yang biasanya dipicu dari mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh dan kalori yang berlebih. Oleh karena itu ada makanan sehat untuk jantung yang harus diperhatikan dan mulai dikonsumsi menggantikan makanan yang kurang baik untuk kesehatan jantung.

Apa Saja Makanan Sehat Untuk Jantung yang Baik?

Makanan ada banyak jenisnya, ada yang baik untuk kesehatan dan ada yang kurang baik bagi tubuh. Semua makanan yang dikonsumsi tubuh seharusnya diperhatikan kandungan nutrisi dan kalorinya. Hal semacam itu untuk mencegah tubuh terserang penyakit. Nah, kali ini akan diulas makanan sehat untuk jantung yang aman dan bisa dikonsumsi kapan saja.

1. Apel

Apple - Makanan Sehat untuk Jantung

Makanan sehat untuk jantung yang pertama adalah apel. Buah apel ini merupakan buah dengan banyak manfaat yang salah satunya untuk menjaga kesehatan organ vital manusia yaitu jantung. Apel memiliki beberapa kandungan yang baik untuk merawat kinerja jantung, seperti ada kandungan fitokimia yang berfungsi sebagai anti-inflamasi alami sehingga bisa mencegah pembekuan darah. 

Tak hanya itu saja, dalam buah apel pun terdapat serat laur yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kandungan polifenolnya yang tinggi membuat apel jadi bisa menjadi makanan yang bagus untuk mencegah efek radikal bebas menyerang tubuh.

2. Alpukat

Alpukat - Makanan Sehat untuk Jantung

Buah alpukat masuk dalam deretan makanan sehat untuk jantung yang rasanya enak dan mengenyangkan. Dalam buah alpukat ada kandungan asam lemak tak jenuh, fitokimia yang berfungsi sebagai antioksidan, lalu ada vitamin cukup lengkap dalam alpukat. Buah ini bisa membantu meringankan peradangan yang terjadi dalam tubuh terutama pada jantung.

3. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau - Makanan Sehat untuk Jantung

Banyak sekali sayur hijau yang ternyata merupakan makanan sehat untuk jantung. Dalam sayuran yang berwarna hijau terdapat serat yang tinggi dan bisa membantu menurunkan kolesterol jahat. Jika kolesterol bisa dikontrol dengan sayuran hijau ini, jantung pun bisa terhindar dari resiko gagal jantung atau penyumbatan arteri. 

Sayuran hijau juga bagus untuk orang diet karena rendah kalori dan banyak vitamin yang menyehatkan tubuh. Sayuran hijau yang baik untuk dikonsumsi tubuh seperti bayam dan kangkung, sawi maupun brokoli juga baik dijadikan makanan sehari-hari agar kesehatan jantung terjaga.

4. Ikan Salmon

Ikan Salmon - Makanan Sehat untuk Jantung

Ada pula makanan sehat untuk jantung yang rasanya enak yaitu ikan salmon. Ikan salmon ini merupakan sumber terbaik asam lemak omega 3 yang bisa berfungsi untuk mengurangi peradangan yang terjadi di seluruh tubuh, selain itu bagus untuk menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sel endotel. Jika ingin memperbaiki fungsi arteri yang bermasalah, perbanyak konsumsi ikan salmon ini.

5. Tomat

Tomat - Makanan Sehat untuk Jantung

Tomat banyak mengandung vitamin dan likopen. Likopen ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Tomat sendiri rasanya segar sehingga bisa dimasukkan pada masakan apa saja dan bisa juga dimakan secara langsung asalkan sudah dicuci dengan bersih. Tomat bisa dijadikan tambahan pada sandwich dan salad juga sehingga sarapan jadi lebih bergizi.

6. Produk Olahan Kedelai

Tahu - Makanan Sehat untuk Jantung

Kacang kedelai masuk pada makanan sehat untuk jantung karena kandungannya setara dengan daging. Jadi bagi orang yang tidak bisa mengkonsumsi daging bisa makan produk olahan kedelai karena proteinnya sama tingginya seperti pada daging. Kedelai sendiri memberikan manfaat yang baik pada kardiovaskular, bisa menurunkan tekanan darah, serta menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Tempe, tahu, dan susu kedelai semua bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung.

7. Biji-bijian

Biji-bijian dan Kacang-kacangan - Makanan Sehat untuk Jantung

Makanan sehat untuk jantung selanjutnya adalah biji-bijian. Dalam biji-bijian ada banyak vitamin, serat, dan juga mineral yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Makanan ini bisa menurunkan LDL dan trigliserida dalam darah sehingga bisa menurunkan resiko tubuh terkena penyakit kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi ini jika dibiarkan dan tidak segera ditangani nantinya menjadi pemicu terjadinya penyakit jantung. Jadi sebaiknya makan biji-bijian untuk mencegah kolesterol tinggi dan penyakit jantung.

Tips Mencegah Penyakit Jantung

 

Mencegah Penyakit Jantung - Makanan Sehat untuk Jantung

Selain memperhatikan makanan sehat untuk jantung, ada beberapa hal yang juga perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit jantung. Selain faktor makanan yang dikonsumsi sehari-hari, kebiasaan atau gaya hidup juga penting untuk menjaga kesehatan jantung. Untuk lebih jelasnya mari intip penjelasan singkatnya ini.

1. Stop Makan Jeroan

Orang Indonesia banyak yang suka mengkonsumsi jeroan sapi atau ayam seperti usus, paru, dan otak. Semua makanan yang dari jeroan itu tidak baik jika dikonsumsi terlalu sering. Banyak lemak jahat yang bisa memicu berbagai penyakit berbahaya dan salah satunya adalah penyakit jantung.

2. Banyak Gerak

Sekarang ini pasti lebih banyak orang yang malas bergerak apalagi olahraga karena asyik dengan gadgetnya masing-masing. Hal ini justru menjadi pemicu terjadinya penyakit jantung secara tidak langsung. Orang yang kurang olahraga atau gerak bisa terkena serangan jantung mendadak karena kinerja jantung bermasalah. 

Baiknya lakukan olahraga secara rutin agar tubuh metabolismenya optimal dan mencegah berbagai penyakit yang berbahaya. Tubuh yang dibuat bergerak aktif maka peredaran darahnya lancar, selain itu irama jantung lebih terlatih dan jantung juga bisa bekerja secara baik setelah melakukan latihan fisik.

3. Berat Badan Ideal

Perhatikan juga berat badan ideal agar bisa terhindar dari penyakit jantung. Obesitas tidak baik untuk tubuh karena selain masuk pada penyakit juga menjadi pemicu berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes hingga penyakit jantung. Berat badan yang kurang pun juga harus dihindari karena bisa juga menyebabkan seseorang mudah terkena serangan jantung mendadak.

4. Turunkan Kolesterol Jahat

Selain memperhatikan makanan sehat untuk jantung perhatikan juga makanan yang dianjurkan untuk menurunkan kolesterol jahat. Kolesterol tinggi adalah bibit penyakit jantung yang harus segera ditangani. Kadar kolesterol jahat dalam darah bisa menjadi pemicu orang terserang penyakit jantung karena kolesterol tinggi rawan menyebabkan penyumbatan pada arteri. Jadi sebaiknya pantau terus kadar kolesterol jahat dalam darah dengan melakukan tes kolesterol di laboratorium serta mengkonsumsi makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

5. Istirahat Cukup

Ini merupakan salah satu gaya hidup yang perlu diperhatikan. Istirahat yang cukup dan berkualitas sangat berpengaruh pada kesehatan jantung. Jika ingin jantung bekerja secara baik setiap harinya, pastikan jam istirahat tidak kurang dari 7 jam setiap malamnya. Hindari begadang dan tidur larut agar jam tidur tidak sampai kurang.

Supaya tidur bisa berkualitas biasakan untuk mengkonsumsi madu hangat atau susu hangat sebelum tidur. Lakukan olahraga setiap hari secara rutin juga bisa membantu permasalahan tidur di malam hari. Olahraga bisa membuat orang tidur dengan nyenyak di malam hari.

6. Stop Alkohol dan Rokok

Selanjutnya tips untuk menghindari penyakit jantung adalah dengan mengurangi atau berhenti mengkonsumsi rokok dan alkohol. Kedua hal tersebut sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh termasuk jantung. Rokok dan alkohol memiliki kandungan yang bisa mengganggu kerja jantung. Perokok aktif maupun pasif sama-sama akan merasakan hal yang sama perihal kesehatan jantung yang menurun.

Alkohol tidak untuk dikonsumsi di luar ketentuan medis, apalagi jika penggunanya sampai tidak sadarkan diri. Jika dilakukan secara terus menerus selain jantung yang bermasalah, organ lain seperti ginjal dan hati pun akan jadi terkena efek buruknya. Lebih baik ganti konsumsi alkohol dengan minuman sehat seperti jus buah segar. Lebih bermanfaat untuk kesehatan dan aman untuk semua organ vital.

Baca Juga: Kenali Penyebab Sakit Kepala Belakang dan Cara Mengatasinya

Nah. Itu dia beberapa makanan sehat untuk jantung dan tips menghindari penyakit jantung sejak dini. Usahakan untuk selalu memperhatikan kandungan yang ada pada makanan yang dikonsumsi dan juga terapkan gaya hidup sehat dengan rajin olahraga dan memiliki waktu istirahat yang cukup. Sayangi jantung dari sekarang dengan selalu ingat dan sadar diri untuk menjaga kesehatan.