Penyakit jantung memang cukup membahayakan bagi setiap orang, penyakit jantung dapat datang tiba tiba (serangan jantung) bisa menimbulkan kematian mendadak jika tidak segera diobati, penyebab penyakit jantung sendiri bisa berupa penyumbatan, peradangan atau kerusakan pada jantung. Banyak masyarakat mencari obat yang cocok untuk menyembuhkan penyakit jantung akut ini salah satunya dengan “obat Jantung herbal”. 

Baca Juga: Rekomendasi Obat Mata yang Bagus untuk Mata Lelah

Maraknya penggunaan obat herbal dan khasiat nya yang terbukti membuat banyak orang tertarik untuk mencoba obat yang satu ini, terlebih Indonesia memiliki kekayaan alam dan tumbuh-tumbuhan yang begitu melimpah. Obat-obatan herbal biasanya dibuat dari ekstraksi bagian bagian tumbuhan seperti daun, bunga, batang, akar, buah, dan biji. Biasanya disajikan dalam bentuk kapsul, minyak, salep, ataupun minuman seperti jamu atau teh hangat. Lalu bagaimana penggunaan obat herbal untuk penyakit jantung? 

Di Indonesia sendiri obat-obatan herbal sangat aman untuk dikonsumsi dengan catatan bahwa produk tersebut sudah berizin dan terdaftar di BPOM RI. Bahan mentah dari produk herbal yang melimpah anda bisa temukan di mana saja. Pengobatan alami dimaksudkan untuk mengurangi rasa sakit hingga maksimal sampai penyembuhan pada penyakit jantung. Dilansir dari Medical News Today.

Ada beberapa obat jantung herbal yang bisa anda temukan di sekitar lingkungan anda, Berikut adalah beberapa obatnya.

1. Jahe dan Kunyit Sebagai Obat Jantung Herbal

Macam-macam Obat Jantung Herbal yang Bisa Membantu Anda

Sejak dahulu kala jahe dan kunyit memang sudah dikenal sebagai obat yang paling laris untuk mengobati dan mencegah hampir segala jenis penyakit. Jahe merah sebagai obat jantung herbal karena jahe sendiri mengandung bermacam senyawa yang bermanfaat seperti gingerol, shogaol, zingeron, dan masih banyak lagi. Lengkap nya senyawa dalam jahe membuat jahe sebagai ramuan paling manjur.

Selain menghangatkan tubuh jahe dapat berguna sebagai obat penyakit kardiovaskular, dari hasil penelitian University Of Medical Sciences dengan mengonsumsi 2-4 gram jahe per hari sudah cukup bermanfaat untuk menghindari resiko penyumbatan arteri sampai dengan 13 persen dan efektif untuk menurunkan kadar kolesterol. Jahe juga berguna dalam menurunkan gula darah sampai dengan 12%, gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah yang menyebabkan gagal jantung. Begitupun juga dengan kunyit, kandungan polifenol pada kunyit mampu menghambat penyumbatan arteri penyebab serangan jantung, metode pengobatan dengan menggunakan kunyit juga sudah lama dikenal di India dan Tiongkok karena kemanjurannya.

2. Teh Hijau Sebagai Obat Jantung Herbal

Macam-macam Obat Jantung Herbal yang Bisa Membantu Anda

Mungkin anda sudah tak asing lagi dengan minuman yang satu ini, Ya! Teh Hijau, sudah berabad-abad pengobatan dengan teh hijau mampu menyembuhkan berbagai penyakit salah satunya mengobati penyakit jantung sehingga dipercaya menjadi salah satu obat jantung herbal. Dari penelitian yang dilakukan dalam Journal of the American of College Nutrition mengatakan bahwa kandungan epigallocatechin gallate atau EGCG dalam teh hijau dapat melindungi fungsi dari jantung sendiri. 

Selain itu juga dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin setiap harinya dapat menurunkan resiko datangnya penyakit jantung lainnya. Untuk penderita sakit jantung teh hijau bisa jadi obat jantung yang cukup manjur dengan minum sebanyak 5-6 cangkir dalam seharinya. Tidak melulu dalam bentuk minuman, anda bisa mengekstraksinya menjadi bentuk suplemen. Disamping itu juga teh hijau ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang banyak khasiatnya untuk jantung. Oleh karena itu tentunya teh hijau bisa menjadi alternatif untuk menghindari serangan penyakit jantung. Selain kebiasaan ngeteh, tentunya ini akan menjadi kebiasaan yang baik dan bagus untuk Kesehatan.

3. Bawang Putih Sebagai Obat Jantung Herbal

Macam-macam Obat Jantung Herbal yang Bisa Membantu Anda

Selanjutnya adalah Bawang Putih, bawang putih yang biasanya dijadikan bumbu dapur ternyata juga banyak manfaatnya pada bidang kesehatan khususnya jantung. Bawang putih sebagai obat jantung herbal mampu mengatasi penyakit jantung koroner karena mempunyai kandungan antioksidan diantaranya adalah allicin yang member efek positif kepada orang yang mengkonsumsinya. 

Dengan teratur mengkonsumsi bawang putih bagi penderita penyakit jantung dapat menurunkan  dua faktor penting yakni kadar kolesterol dan tekanan darah sehingga dapat menyembuhkan penyakit jantung akut. Untuk mengonsumsinya sendiri cukup mudah, cukup cari bawang putih yang masih segar dicuci dan langsung dimakan. Karena dengan mengolah bawang putih lagi seperti di cincang dimasak dan sebagainya, otomatis akan mengurangi kadar allicin dalam bawang putih. Namun sebaiknya untuk mengobati penyakit jantung dengan herbal anda bisa menggabungkan dengan makanan sehat lain, seperti sayuran hijau dan buah-buahan.

Perlu diketahui juga bahwa tidak semua pengobatan alami atau herbal dapat cocok dengan semua kondisi orang, ada beberapa kondisi yang mengharuskan pengobatan herbal tidak dapat dilakukan, contohnya :

1. Ibu hamil

Masa kehamilan sangat rentan dengan makanan yang dikonsumsi termasuk obat obatan herbal. Apa yang dikonsumsi akan mempengaruhi kondisi janin hingga berakibat pada keguguran, premature dan sebagainya. Kandungan herbal yang kadangkala kemungkinan keras akan berbahaya kepada asupan bayi. 

2. Orang yang sedang menjalani Operasi

sebagian obat herbal dapat memperlambat pembekuan darah bahkan mengencerkan darah, ini akan berdampak buruk pada orang yang akan menjalani operasi, maka mengkonsumsi obat herbal haru dihentikan minimal dua minggu sebelumnya.

3. Orang yang sedang mengonsumsi obat obatan medis tertentu

Obat herbal dapat menimbulkan efek samping jika mengkonsumsinya bersamaan dengan obat-obatan lain contoh seperi obat diabetes, penurun tekanan darh, dan lainnya. 

4. Memiliki Riwayat Penyakit

Tidak semua obat herbal cocok dengan kondisi kita, beberapa obat herbal justru bisa memperparah kondisi seseorang. Sebagai contoh obat herbal sambiloto yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh tetapi berbahaya jika yang mengkonsumsinya adalah penderita penyakit autoimun. Contoh lainnya seperti obat herbal yang terbuat dari pegagan yang mana tidak boleh dikonsumsi orang memiliki riwayat penyakit hati.

Selain obat herbal seperti diatas sebenarnya masih banyak lagi obat herbal lainnya yang dapat mengatasi jantung koroner seperti ginseng, kedelai, delima, dan lainnya. Namun yang anda perlu diperhatikan adalah menjaga bagaimana perilaku hidup sehat seperti berolahraga dan makan makanan sehat. Nutrisi makanan sehat bisa anda dapatkan dengan mengonsumsi asam lemak omega-3 yang banyak terdapat pada ikan salmon dan mackerel dan juga makanan yang banyak mengandung vitamin D seperti telur, tuna kaleng, jeruk dan sereal. 

Resiko penyakit jantung dapat dicegah sedini mungkin dengan merubah gaya hidup sehat, olahraga teratur dapat membantu memulihkan kesehatan kardiovaskular yang meningkatkan aliran darah, mengelola hormon dan kadar gula darah, membawa lebih banyak oksigen ke sel organ tubuh, dan membuat anda lebih rileks.

Baca Juga: Cara Berhubungan Intim Agar Cepat Hamil di Usia Muda

Olahraga menjadi cara yang ampuh untuk mencegah penyumbatan arteri yang akhirnya menyebabkan datangnya penyakit jantung. Dengan cara alami seperti obat jantung herbal dan gaya hidup sehat mengatur pola makan dan perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah yang kaya akan vitamin maka dapat dipastikan anda akan terhindar dari penyakit jantung maupun penyakit lainnya.