Apa yang terlintas di benak Anda jika mendengar mengenai jenis penyakit jantung? Anda mungkin akan berpikir mengenai serangan jantung. Namun demikian, jenis penyakit jantung tidak hanya serangan jantung saja. Terdapat banyak jenis lain penyakit yang termasuk pada kategori penyakit jantung. Anda perlu mengetahui hal ini untuk meningkatkan awareness terhadap kesehatan jantung Anda.

Baca Juga: Tips Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mata

Dalam beberapa tahun terakhir ini, penyakit jantung merupakan salah satu momok yang paling menakutkan untuk kesehatan Anda. Bagaimana tidak? Data menurut WHO (World Health Organization) menunjukkan bahwa penyakit yang berkaitan dengan kardiovaskular, termasuk jenis penyakit jantung adalah menjadi penyebab nomor satu kematian secara di dunia secara global. Diperkirakan bahwa 85% dari 17,9 juta kasus orang meninggal di dunia disebabkan oleh jantung dan stroke.

Lalu, jenis penyakit jantung apa yang dimaksud dengan penyakit kardiovaskular?

jenis penyakit jantung apa yang dimaksud dengan penyakit kardiovaskular?

Penyakit kardiovaskular adalah sebuah penyakit yang melibatkan terganggunya kerja sistem organ kardiovaskular yang terdiri dari jantung dan pembuluh darah. Penyakit ini bisa menyerang organ jantung saja, pembuluh darah saja, atau kombinasi dari keduanya. Penyakit ini bisa sangat mematikan bagi Anda karena sistem organ yang memiliki fungsi vital untuk memasok darah di seluruh tubuh Anda.

Apa saja ciri-ciri yang mengindikasikan adanya gangguan pada sistem kardiovaskular Anda?

Dengan banyaknya jenis penyakit yang bisa menyerang sistem kardiovaskular Anda, sebenarnya gejala yang timbul akan bervariasi yang dipengaruhi pada jenis penyakit jantung tersebut secara spesifik dan tingkat keparahannya. Namun, Anda perlu waspada jika memiliki keluhan terhadap gejala berikut ini :

  1. Muncul rasa tekanan yang kuat di dada dan terasa nyeri
  2. Rasa tidak nyaman dan bahkan nyeri yang menjalar hingga lengan, bahu kiri, siku, rahang, hingga punggung
  3. Sesak nafas
  4. Mudah mengalami kelelahan
  5. Mual
  6. Mengalami pusing atau tidak sadarkan diri (pingsan)
  7. Keringat Dingin

Namun demikian, apabila Anda mengalami keluhan-keluhan tersebut juga belum berarti mengindikasikan bahwa Anda menderita penyakit tertentu. Anda tetap membutuhkan konfirmasi dan diagnosis yang ditegakkan oleh dokter. Anda juga disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki satu atau lebih keluhan di atas yang terasa mengganggu dan telah berlangsung lama.

Jenis-jenis penyakit jantung

Jenis-jenis penyakit jantung

Penyakit jantung terdiri dari berbagai macam jenis yang memiliki ciri dan spesifikasi yang berbeda-beda. Jenis-jenis tersebut antara lain :

1. Penyakit Jantung Koroner

Penyakit Jantung Koroner - Jenis Penyakit Jantung

Penyakit jantung koroner (PJK) adalah jenis penyakit jantung yang disebabkan oleh pengerasan dan penyempitan yang dialami pembuluh arteri atau pembuluh yang mengalirkan darah ke jantung. Kondisi penyempitan dan pengerasan ini disebabkan oleh aterosklerosis, yaitu tumpukan kolesterol dan bekuan darah di dalam pembuluh arteri. Akibat dari penyempitan tersebut, hal ini membuat aliran darah menuju jantung menjadi berkurang sehingga mengganggu kerja jantung Anda.

Gejala yang ditimbulkan pada penyakit jantung koroner ini antara lain berupa nyeri di daerah dada, sesak napas, rasa berdebar pada dada, dan keringat dingin. Dalam beberapa kasus, nyeri yang dirasakan akibat penyakit jantung koroner bisa menjalar hingga rahang, leher, tenggorokan, lengan, dan punggung. Penyakit ini butuh penanganan medis secara serius, jika tidak maka Anda memiliki resiko tinggi terhadap timbulnya serangan jantung.

2. Serangan Jantung

Serangan Jantung - Jenis Penyakit Jantung

Serangan jantung adalah jenis penyakit jantung yang termasuk dalam golongan darurat. Penyakit ini terjadi saat aliran darah menuju jantung terblokir total sehingga sel otot yang berada pada organ jantung Anda mengalami kerusakan. Biasanya, kasus serangan jantung terjadi saat pasien tersebut memiliki riwayat jantung koroner.

Apabila Anda mengalami serangan jantung, anda harus mendapatkan penanganan medis dengan sesegera mungkin. Jika Anda menemui orang yang mengalami serangan jantung, tidak perlu panik dan segera cari pertolongan medis atau bawa pasien tersebut ke UGD dengan segera untuk mendapatkan pertolongan. Jika tidak, maka akan menyebabkan kerusakan pada organ jantung yang berujung pada kematian.

3. Aritmia

Aritmia - Jenis Penyakit Jantung

Jantung adalah organ yang bekerja dengan irama tertentu. Aritmia adalah jenis penyakit jantung yang bersumber pada gangguan irama yang dimiliki jantung Anda. Pada penderita aritmia, irama yang anda miliki bisa saja karena terlalu cepat, terlalu lambat, atau bahkan cenderung tidak beraturan. Gangguan irama yang terjadi ini disebabkan karena rangsangan listrik yang berfungsi mengatur keteraturan irama jantung mengalami gangguan yang menyebabkan organ jantung tidak bisa bekerja dengan baik.

Gangguan irama ini tidak serta merta datang tanpa alasan. Gangguan irama biasanya timbul akibat adanya penyakit atau kondisi yang memicu timbulnya hal tersebut. Kondisi-kondisi itu antara lain dikarenakan adanya riwayat kardiomiopati, jantung koroner, atau gangguan elektrolit seperti ketidakseimbangan kadar kalium di dalam darah Anda.

4. Kardiomiopati

Kardiomiopati - Jenis Penyakit Jantung

Apabila aritmia adalah jenis penyakit jantung yang spesifik menyerang pada irama, maka kardiomiopati adalah penyakit yang menyerang pada otot jantung. Kardiomiopati adalah penyakit jantung yang diakibatkan karena adanya gangguan pada otot jantung. Kardiomiopati menyebabkan kondisi kelainan pada kekuatan dan bentuk dari otot jantung itu sendiri.

Penyakit kardiomiopati ini bisa disebabkan oleh dua hal, yaitu genetik dan karena adanya riwayat penyakit yang menjadi trigger timbulnya kardiomiopati. Penyebab genetik terjadi karena faktor keturunan, sehingga pasien yang memiliki kardiomiopati biasanya sudah terlahir dengan kondisi kelainan pada otot jantung yang lebih besar atau kaku dan faktor penuaan. Sedangkan riwayat penyakit yang bisa mentrigger adanya kardiomiopati adalah hipertensi, jantung koroner, dan gagal jantung.

5. Gagal Jantung

Gagal Jantung - Jenis Penyakit Jantung

Gagal jantung adalah penyakit jantung yang mana menyebabkan organ jantung tidak bisa memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini biasanya disebabkan karena kondisi jantung yang terlalu lemah. Kondisi gagal jantung ini tidak secara tiba-tiba datang, melainkan kondisi yang berkembang secara bertahap karena ada penyakit yang menyertai sebelumnya.

Kondisi yang menyebabkan gagal jantung biasanya diawali dengan adanya penyakit seperti hipertensi, diabetes, ataupun jantung koroner. Penyakit gagal jantung ini apabila berlangsung dalam periode lama dan tidak mendapatkan penanganan yang serius, akan memicu timbulnya penyakit komplikasi seperti gagal ginjal, gagal hati, edema paru-paru, dan bahkan henti jantung.

6. Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit Jantung Bawaan - Jenis Penyakit Jantung

Seperti namanya, penyakit jantung bawaan adalah penyakit yang disebabkan karena kelainan bentuk anatomi jantung yang terjadi sejak penderitanya lahir. Kelainan yang diderita oleh pasien dengan penyakit jantung bawaan bisa bervariasi. Misalnya kelainan pada katup, dinding jantung, pembuluh darah, atau kombinasi dari beberapa kelainan tersebut.

Meski kelainan ini dikarenakan kondisi jantung yang tidak sempurna sejak penderitanya lahir, namun tidak semua kasus penyakit jantung bawaan ini seketika diketahui saat bayi baru lahir. Beberapa gejala terlihat saat bayi lahir hingga berumur balita, namun pada kasus lainnya, gejala juga bisa muncul saat penderitanya berusia remaja, atau bahkan saat dewasa.

Baca Juga: Biaya Dokter THT Berapa? Simak Ulasan Berikut ini !

Itulah beberapa jenis-jenis penyakit jantung yang perlu Anda ketahui untuk bisa meningkatkan awareness anda terhadap kesehatan jantung. Selalu jalankan pola hidup sehat dan berolahraga secara teratur untuk meminimalkan resiko Anda terhadap penyakit jantung yang mungkin Anda idap di kemudian hari.