Ciri penyakit jantung sebaiknya diketahui dan dipahami oleh semua orang. Hal ini dimaksudkan, apabila seseorang tiba-tiba mengalami atau merasakan ciri-ciri dari penyakit jantung tersebut, bisa segera mengambil tindakan tepat. Dengan demikian, orang tersebut bisa segera melakukan tindakan yang diperlukan, dan penyakit jantung bisa dicegah atau diobati sedini mungkin.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Diabetes Mulai Dari Sekarang

Ciri penyakit jantung, selama ini memang merupakan momok bagi sebagian besar orang. Bahkan penyakit ini merupakan penyakit penyebab kematian nomor satu di dunia. Oleh karena itu, apabila orang sudah divonis menderita penyakit jantung, maka yang ada hanyalah ketakutan dan kekhawatiran. Karena selama ini, hanya sedikit dari penderita penyakit jantung yang bisa mengalami kesembuhan total. 

Penyebab sakit jantung

Penyakit jantung, sudah tentu ada penyebabnya. Dan sebaiknya semua orang juga mengetahui apa saja yang bisa menjadi penyebab atau sebagai pemicu dari penyakit jantung ini. Mengetahui penyebab dari penyakit jantung, juga  bisa digunakan untuk mencegah agar tidak sampai mengalami sakit jantung. Karena bagaimanapun juga mencegah sebuah penyakit akan lebih mudah daripada mengobati. 

Penyebab penyakit jantung sendiri ada beberapa macam. Biasanya sakit jantung yang dialami akan memberikan ciri-ciri atau gejala yang berbeda, sesuai dengan penyebabnya. Untuk bisa memberikan penanganan yang tepat terkait gejala penyakit jantung yang terjadi, maka sebaiknya semua orang mengetahui apa saja yang menjadi penyebab dari penyakit jantung. Penyebab penyakit jantung, diantaranya adalah

1. Faktor keturunan

Penyakit Jantung Bawaan - Ciri Penyakit Jantung

Penyebab penyakit jantung yang pertama adalah penyakit jantung yang disebabkan oleh keturunan dan bawaan. Penyakit ini sampai sekarang juga belum diketahui penyebab pastinya. Tetapi dari penelitian yang dilakukan, seorang anak yang lahir dari ayah atau saudara laki-laki memiliki sakit jantung di usia muda. Demikian juga dari faktor ibu. Apabila ibu memiliki riwayat sakit jantung, maka anak juga akan berpotensi untuk itu. 

Sakit jantung bawaan juga bisa disebabkan dari gaya hidup yang dilakukan ibu pada saat hamil. Apabila semasa hamil  ibu mengkonsumsi jenis obat tertentu, beresiko anak akan menderita sakit jantung pula. Demikian juga apabila semasa hamil ibu pernah terinfeksi penyakit rubella, maka besar kemungkinan anak akan mengalami sakit jantung ketika sudah lahir nantinya.

2. Gaya hidup

Makanan cepat saji - Ciri Penyakit Jantung

Ciri penyakit jantung juga bisa disebabkan oleh gaya hidup yang salah. Seiring perkembangan zaman yang semakin maju, gaya hidup seseorang juga berubah. Misalnya pola makan yang tidak sehat, dimana orang lebih suka memilih makanan fast food atau makanan cepat saji. Selain itu jenis makanan yang dikonsumsi juga tidak sehat, mengandung lemak dan juga kolesterol yang tinggi yang bisa memicu munculnya penyakit jantung. 

Selain makanan, merokok dan minum minuman beralkohol juga bisa memicu timbulnya penyakit jantung. Rokok yang mengandung nikotin, bisa menyebabkan mengerasnya pembuluh darah akibat plak nikotin yang menempel di dinding pembuluh darah. Apabila hal ini terjadi terus menerus, maka akan terjadi penyempitan pembuluh darah, dan hal ini bisa menyebabkan terjadinya penyakit jantung.

3. Usia dan jenis kelamin

Janjut Usia - Ciri Penyakit Jantung

Usia juga bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit jantung. Penyakit jantung biasanya dialami oleh orang setelah memasuki usia 45 tahun. Dengan kata lain, orang dengan usia di atas 45 tahun lebih besar resikonya mengalami penyakit jantung. Selain itu, faktor jenis kelamin juga ikut mengambil peran. Wanita lebih beresiko mengalami sakit jantung, terutama setelah memasuki masa menopause.

Jenis penyakit jantung

Penyakit jantung juga ada bermacam-macam jenisnya. Perbedaan jenis ciri penyakit jantung ini berdasarkan dari penyebab yang menimbulkannya. Beberapa jenis penyakit jantung yang selama ini dikenal diantaranya adalah.

1. Penyakit jantung koroner

jantung koroner - Ciri Penyakit Jantung

Yaitu penyakit jantung yang disebabkan oleh terjadinya penyempitan pembuluh darah di dalam jantung. 

2. Penyakit jantung bawaan

Katup Jantung - Ciri Penyakit Jantung

 

Adalah jenis penyakit jantung yang disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Penyakit jantung bawaan yang biasanya terjadi adalah kebocoran pada katup jantung.

3. Gagal jantung

Gagal Jantung - Ciri Penyakit Jantung

Penyakit jantung ini terjadi akibat jantung terlalu lemah sehingga gagal  saat memompa darah untuk dialirkan ke seluruh tubuh.

4. Fibrilasi atrium

Denyut Jantung - Ciri Penyakit Jantung

Jenis penyakit jantung ini merupakan keadaan yang dialami akibat denyut jantung mengalami kelainan. Pada penderita fibrilasi atrium, denyut jantung yang biasanya hanya sekitar 60-100 kali per menit, bisa mencapai  lebih dari 100 kali per menit.

Ciri- ciri penyakit jantung

Ciri penyakit jantung sebenarnya sangat mudah dikenali. Akan tetapi ada sebagian ciri-ciri penyakit jantung ini yang memiliki kemiripan dengan penyakit lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya semua orang mengetahui bagaimana ciri seseorang yang mengalami serangan jantung sehingga tidak mengalami keterlambatan dalam melakukan pertolongan, karena akibatnya akan sangat fatal bagi penderita. Ciri-ciri penyakit jantung ini adalah.

1. Ciri penyakit jantung koroner

Jantung Koroner - Ciri Penyakit Jantung

Penderita jantung koroner ini biasanya akan mengalami gejala yang bisa dilihat dari ciri-cirinya. Biasanya penderita mengalami nyeri pada dada sebelah kiri. Selain itu, penderita juga mengalami kesulitan bernafas, akibat jantung mengalami kegagalan memompa darah, sehingga tidak ada darah yang mengandung oksigen di dalam tubuh. Pada tahap lebih lanjut, penderita akan mengalami pusing, mual, lemas dan keringat dingin.

2. Gagal jantung

Batuk - Ciri Penyakit Jantung

Penyakit ini terjadi akibat jantung terlalu lemah sehingga gagal memompa darah ke seluruh tubuh. Orang yang menderita gagal jantung bisa dilihat dengan ciri, mengalami batuk, letih, lemah, pusing, susah bernafas ketika sedang berbaring, hilang konsentrasi dan juga hilang nafsu makan. Gagal jantung ini juga bisa dilihat dengan adanya pembengkakan yang terjadi pada daerah perut, kaki, dan pergelangan kaki.

3. Serangan jantung

Nyeri Pada Dada - Ciri Penyakit Jantung

Serangan jantung ini terjadi ketika aliran darah dari jantung yang akan dialirkan ke seluruh tubuh terhambat karena adanya plak menumpuk yang ada di pembuluh darah. Dengan demikian, maka tubuh juga mengalami keterlambatan menerima aliran darah bersih berisi oksigen. Ciri-ciri orang mengalami serangan jantung adalah nyeri pada bagian dada, tulang rusuk bawah dan menjalar hingga ke rahang, bahu, leher dan punggung.

Selain itu, penderita juga mengalami pusing, mual hingga muntah, nyeri di bagian ulu hati, serta merasa lemas. Ciri lainnya, penderita akan mengeluarkan keringat dingin yang berlebih, detak jantung lebih cepat, sesak nafas dan juga perut kembung. Serangan jantung ini biasanya akan terjadi dalam waktu sekitar 30 menit dan akan reda setelah penderita mengkonsumsi obat. 

4. Fibrilasi atrium

Detak Jantung - Ciri Penyakit Jantung

Penyakit jantung yang disebabkan oleh adanya kelainan pada denyut atau detak jantung ini juga memiliki ciri yaitu tiba-tiba penderita akan merasakan detak jantungnya akan berdenyut lebih cepat dari denyut jantung normal. Denyut jantung normal adalah sekitar 60 – 100 kali per menit. Pada penderita kelainan Ciri penyakit jantung ini, denyut jantung bisa mencapai 100 kali per menit bahkan bisa lebih.

Baca Juga: Inilah 11 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Ciri penyakit jantung terkadang memang hampir sama dengan ciri dari penyakit lainnya. Agar tidak terjadi kesalahan dalam melakukan tindakan ketika terjadi serangan penyakit jantung ini, maka sangatlah penting bagi setiap orang untuk mengenali ciri penyakit jantung ini. Karena bagi penderita, setiap detik adalah waktu yang sangat berharga. Keterlambatan penanganan dalam beberapa detik saja, bisa menyebabkan nyawa tidak terselamatkan.