Jantung merupakan salah satu organ dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi yang sangat vital. Jantung ini berfungsi untuk memompa darah dan juga mengalirkan darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh manusia. Maka dari itu, tidak heran jika jantung akan terus bekerja tanpa henti. Mengingat fungsinya yang begitu vital, kesehatan jantung perlu dijaga dengan baik. Apabila terjadi masalah pada organ tersebut maka akan mengganggu kinerjanya. Dibawah ini akan disampaikan berbagai cara menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: Simak 14 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Dibawah Ini

14 Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Pada dasarnya cara untuk menjaga kesehatan jantung sangat mudah dilakukan. Hal ini karena caranya cukup sederhana, seperti menerapkan pola hidup sehat dan gaya hidup sehat. Untuk lebih jelasnya, simak uraiannya dibawah ini.

1. Rutin Melakukan Olahraga atau Aktivitas Fisik 

Olahraga yang Rutin - Kesehatan Jantung

Cara untuk menjaga kesehatan jantung yang pertama yaitu rutin melakukan olahraga atau aktivitas sehari. Rutin olahraga tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat dan bugar tetapi juga bisa menghindarkan Anda dari berbagai penyakit, salah satunya penyakit jantung. 

Supaya terhindar dari penyakit jantung Anda diharuskan untuk menyempatkan waktu untuk olahraga selama 20-30 menit setiap harinya. Ada banyak pilihan olahraga yang bisa Anda pilih, seperti jogging, jalan kaki, naik turun tangga atau berenang.

2. Istirahat yang Cukup 

Istirahat Cukup - Kesehatan Jantung

Meski sibuk bekerja Anda harus tetap istirahat yang cukup. Setiap harinya Anda harus mengusahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap hari. Jika Anda kurang tidur tubuh menjadi kurang fit serta bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kronis, seperti serangan jantung, penyakit darah tinggi, dan diabetes.

3. Menghentikan Kebiasaan Merokok 

Berhenti Merokok - Kesehatan Jantung

Bagi Anda yang perokok sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Hal ini bukan tanpa alasan karena perokok lebih berisiko  terkena penyakit jantung koroner. Tidak hanya perokok aktif, perokok pasif juga memiliki risiko yang sama untuk terkena penyakit ini. 

Perokok aktif dan perokok pasif berisiko terserang penyakit jantung koroner karena di dalam rokok ditemukan zat beracun, seperti nikotin, tar, karbon monoksida, amonia, seton, arsenik dan sebagainya. Dimana zat-zat beracun tersebut bisa merusak pembuluh darah jantung. Apabila kondisi ini terus dibiarkan bisa membuat aliran darah pada jantung menjadi terganggu. Akibatnya fungsi jantung juga ikut terganggu karena kekurangan oksigen maupun nutrisi..

4. Mengurangi Konsumsi Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh

Daging Merah - Kesehatan jantung

Pada dasarnya mengkonsumsi apapun secara berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan. Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans secara berlebihan bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol yang menumpuk bisa mengakibatkan pembuluh darah jantung mengalami penyumbatan 

Jika Anda tidak ingin hal tersebut menyerang sebaiknya batasi konsumsi lemak jenuh dan lemak trans. Kedua jenis lemak tersebut bisa ditemukan pada daging merah, makanan olahan, makanan yang digoreng, kulit ayam, margarin dan juga produk susu kaya lemak.

5. Mengonsumsi Lebih Banyak Makanan yang Mengandung Serat

Makanan Mengandung Serat - Kesehatan Jantung

Mengonsumsi makanan yang kaya serat sangatlah baik untuk kesehatan, salah satunya untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Dalam satu hari Anda direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan serat sebanyak 30 gram. Meski begitu, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan berserat secara bertahap. 

Apabila Anda mengonsumsi sayuran berserat dalam jumlah banyak bisa mengakibatkan perut menjadi kembung. Saat mengonsumsi makanan berserat, sebaiknya Anda harus minum lebih banyak minum air putih untuk melancarkan pencernaan. Serat bisa Anda dapatkan dari buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, gandum, dan sereal. 

6. Mengonsumsi Ikan 

Konsumsi Ikan - Kesehatan Jantung

Mengonsumsi ikan ternyata bisa mencegah penyakit jantung. Ini dikarenakan di dalam ikan terdapat kandungan asam lemak omega-3.  Dimana jenis ikan yang mengandung kandungan tersebut adalah ikan sarden, salmon atau tuna. Dalam satu minggu Anda disarankan untuk mengonsumsi ikan tersebut sebanyak dua kali supaya kebutuhan tubuh akan asam lemak omega-3 bisa terpenuhi.

7. Menjaga Kadar Gula Darah

Mengurangi Gula - Kesehatan Jantung

Cara menjaga kesehatan jantung selanjutnya yaitu harus selalu menjaga kadar gula darah. Kadar gula darah dalam tubuh yang tinggi tidak hanya bisa menyebabkan penyakit diabetes tetapi juga penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kadar gula darah yang terlalu tinggi bisa merusak pembuluh darah dan juga saraf yang mengendalikan jantung maupun pembuluh darah.

Supaya kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil. Anda disarankan untuk mengurangi asupan gula serta mengganti konsumsi nasi putih dengan nasi merah. Selain itu, Anda harus rutin memeriksakan kadar gula darah, terutama bagi Anda yang sudah berusia di atas 45 tahun.

8. Menjaga Tekanan Darah 

Menjaga Tekanan Darah - Kesehatan Jantung

Tidak hanya menjaga kadar gula darah saja, tetapi Anda juga harus menjaga tekanan darah. Ini penting untuk dilakukan karena tekanan darah tinggi bisa menyebabkan pembuluh darah pecah. Apabila ini terjadi maka bisa berakibat fatal karena kinerja otak dan jantung menjadi terganggu. 

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga tekanan darah tetap normal adalah rutin berolahraga, membatasi konsumsi minuman beralkohol dan juga mengurangi asupan garam.

9. Konsumsi Makanan Bergizi Lengkap

Makanan Bergizi Lengkap - Kesehatan Jantung

Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi lengkap. Makanan yang dikonsumsi sehari-hari sebaiknya makanan yang bergizi lengkap dan seimbang. Jangan pernah berpikir jika Anda makan hanya untuk kenyang saja tanpa memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Makanan dikatakan bergizi lengkap apabila memiliki kandungan nutrisi seperti karbohidrat, lemak, serat, protein vitamin atau mineral. Untuk jumlah asupannya harus seimbang, tidak boleh berlebihan atau kekurangan. Sumber karbohidrat bisa diperoleh dari gandum, roti, ubi, singkong, kentang dan sebagainya. sumber lemak bisa dari biji-bijian, kacang-kacangan, alpukat dan sebagainya. Sumber protein bisa dari daging ayam, daging sapi, ikan, telur, tahu, tempe dan susu. Sedangkan kandungan serat, vitamin dan mineral bisa diperoleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran.

10. Hindari Makanan Tinggi Garam dan Minyak 

Makanan Tinggi Garam - Kesehatan Jantung

Perlu diketahui bahwasanya makanan tinggi garam dan minyak merupakan musuh jantung. Maka dari itu, menghindari makanan tersebut merupakan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan jantung 

Kandungan garam yang tinggi pada makanan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi sehingga mempengaruhi kinerja jantung. Sedangkan makanan tinggi minyak atau lemak bisa menghambat peredaran darah yang kemudian mengganggu kesehatan jantung. Supaya jantung Anda tetap sehat sebaiknya hindari beberapa makanan yang tinggi garam dan minyak, seperti micin/MSG, jeroan dan gorengan.

11. Batasi Asupan Kalori

Asupan Kalori - Kesehatan Jantung

Pada dasarnya cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya dengan membatasi asupan kalori. Asupan ini biasanya diperoleh dari sumber karbohidrat, yaitu nasi. Selain itu, juga berasal dari sumber lainnya seperti makanan manis, gorengan, kue, makanan ringan dan boba. Jika Anda sering mengkonsumsi makanan tersebut sebaiknya segera hindari karena bisa menyebabkan terkena diabetes. Seperti yang diketahui diabetes menjadi salah satu faktor risiko Anda terkena penyakit jantung.

12. Jaga Berat Badan Ideal 

Memiliki berat badan berlebih (obesitas) akan meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung. Jika Anda ingin terhindar dari penyakit ini sebaiknya selalu jaga berat badan supaya tetap ideal. Anda bisa mengetahui berat badan ideal dengan cara menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT).

13. Kelola Stres dengan Baik

Kelola Stress - Kesehatan Jantung

Siapa sangka ternyata stres juga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Hal ini dikarenakan ketika sedang stres tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol. Hormon kortisol bisa menyebabkan kenaikan tekanan darah, asam lambung, produksi gula darah, nadi dan kolesterol di tubuh. 

Setiap manusia pasti pernah mengalami stres, akan tetapi Anda harus bisa mengelola stres dengan baik supaya terhindar dari berbagai penyakit, salah satunya penyakit jantung. Supaya tidak mengalami stress berlebihan sebaiknya Anda jangan terlalu khawatir akan sesuatu, ikhlas dan juga meyakini bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.

14. Rutin Cek Kesehatan Jantung

Cek Kesehatan Jantung

Cara menjaga kesehatan jantung yang terakhir adalah Anda harus rutin cek kesehatan. Hal ini dikarenakan penyakit yang menjadi faktor risiko penyakit jantung biasanya tidak menimbulkan gejala. Beberapa penyakit tersebut seperti hipertensi, diabetes dan kolesterol tinggi. Cek kesehatan rutin yang umum dilakukan yaitu mengukur tinggi badan, berat badan, gula darah, tekanan darah dan kolesterol tinggi. 

Baca Juga: Tips Diet Saat Puasa Yang Sudah Terbukti

Nah itulah 14 cara menjaga kesehatan jantung yang harus diketahui. Bagi Anda yang tidak ingin terkena penyakit ini, sebaiknya mulai sekarang terapkan gaya hidup sehat dan pola hidup sehat.