Penyakit jantung adalah unsur yang menimbulkan kematian terpenting di beberapa negara termasuk Indonesia. Sekitar 29 % dari keseluruhan kematian per tahunnya disebabkan oleh penyakit jantung. Alasan inilah yang menjadikan Anda harus mencari cara mencegah penyakit jantung.

Sementara, penyebab kematian paling banyak sesudah itu stroke. Jika dilihat lebih lanjut kembali, kedua penyakit itu disebabkan karena tersumbatnya pembuluh darah yang membawa aliran darah serta oksigen.

Baca Juga: Makanan untuk Penderita Diabetes yang Sehat dan Cocok

Aspek umur dan keturunan memang dapat menjadi karena penyakit jantung. Tetapi, aspek rutinitas juga bisa mengakibatkan penyakit beresiko ini.

Oleh karenanya, ada banyak rutinitas setiap hari yang dapat Anda kerjakan untuk mempertahankan kesehatan jantung. Baca cara mencegah penyakit jantung berikut!

Cara Mencegah Penyakit Jantung

1. Meninggalkan Rokok

Meninggalkan Rokok - Mencegah Penyakit Jantung

Bila Anda seorang perokok, langkah pertama kali yang dapat Anda kerjakan untuk menahan penyakit jantung ialah stop merokok. Merokok sebagai aspek resiko yang paling penting untuk memacu penyakit jantung.

Zat berbahaya pada tembakau atau rokok bisa mengakibatkan perkerasan pada arteri jantung sehingga saluran darah ke arah jantung jadi tidak lancar. Kerusakan pada pembuluh darah ini yang selanjutnya menjadi karena penyakit serangan jantung.

Bukan hanya perokok aktif, perokok pasif juga berkemungkinan terserang penyakit jantung. Pasalnya karbon monoksida yang Anda hirup menukar beberapa oksigen pada darah.

Asap rokok yang terserap ke badan ini yang selanjutnya tingkatkan tekanan darah serta detak jantung dengan memaksakan jantung bekerja lebih keras untuk menyuplai cukup oksigen.

2. Perhatikan Kadar Kolesterol

Perhatikan Kadar Kolesterol - Mencegah Penyakit Jantung

Selain rokok, cara mencegah penyakit jantung selanjutnya adalah jika kadar kolesterol yang terlampau tinggi juga merupakan satu diantara sebab munculnya serangan jantung yang utama. Pasalnya, penyumbatan yang utama berakar dari tingginya kandungan kolesterol jahat pada darah.

Sudah diketahui. Ada dua tipe kolesterol, yakni low density lipoprotein (LDL) serta high density lipoprotein (HDL). LDL sendiri dikenali sebagai kolesterol ‘jahat’, sementara HDL sebagai kolesterol ‘baik.’

Angka LDL tinggi umumnya didorong oleh konsumsi makanan yang tinggi akan lemak jenuh, lemak trans serta kalori. Lantas sebagai tugas HDL untuk menggerakkan LDL keluar dari badan.

Bila HDL kebanyakan pada darah, dia akan menimbun dan terciptalah plak di pembuluh darah. Tersumbatnya pembuluh arteri berikut sebagai akar dari bermacam penyakit.

3. Periksa Kesehatan Secara Teratur

Periksa Kesehatan Secara Teratur - Mencegah Penyakit Jantung

Menyambung dari poin awal kalinya, teratur lakukan kontrol kesehatan jadi salah satunya langkah mencegah penyakit sebelumnya.

Berikut ini patokan tekanan darah, kandungan kolesterol jahat dan kandungan gula darah yang perlu Anda lihat:

  • Tekanan Darah

Tekanan darah normal sekitar 120/80 mmHg. Anda menanggung derita hipertensi bila tekanan darah capai 130/90 mmHg atau lebih. Sedangkan apabila tekanan darah menunjukkan angka 90/60 mmHg itu merupakan hipotensi atau tekanan darah rendah.

  • Kandungan Kolesterol (LDL, HDL, Trigliserida)

Biasanya, kandungan LDL normal adalah di bawah 130 mg/dL. Tetapi pada orang dengan unsur resiko penyakit jantung, kandungan LDL seharusnya ada di bawah 100 mg/dL.

Anda harus berhati-hati bila kandungan HDL di bawah 40 mg/dL, trigliserida di atas 150 mg/dL dan keseluruhan kolesterol di atas 200 mg/dL.

  • Kandungan Gula Darah

Kandungan gula darah normal biasanya kurang dari 100 mg/dL sesudah tidak makan (puasa) sepanjang minimal 8 jam, dan kurang dari 140 mg/dL 2 jam sesudah makan.

4. Rajin Bergerak

Rajin Bergerak - Mencegah Penyakit Jantung

Olahraga minimal 30 menit sehari bisa menjadi salah satu cara mencegah penyakit jantung. Aktif bergerak dan olahraga bisa menurunkan tekanan darah, memperkuat otot jantung dan mengatur penimbunan lemak.

Tetapi buat Anda yang mempunyai kisah aritmia atau abnormalitas jantung bawaan, seharusnya tanyakan dulu ke dokter jantung.

5. Pertahankan Berat Tubuh Ideal

Pertahankan Berat Tubuh Ideal - Mencegah Penyakit Jantung

Mengontrol berat tubuh ideal sebagai cara mencegah penyakit jantung selanjutnya. Anda dapat hitung apakah berat tubuh bagus atau mungkin tidak dengan hitung Body Mass Index (BMI) atau indeks massa badan.

Rumus BMI adalah berat (kg) dibagi tinggi^2 (m).

Kemudian, Anda dapat menyamakan hasil penghitungan itu dengan kategorisasi di bawah ini:

  • Berat tubuh kurang: 18,5 ke bawah
  • Berat tubuh normal: 18,5 – 22,9
  • Berat tubuh berlebihan: 23 – 29,9
  • Kegemukan: 30 ke atas

6. Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Gigi

Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Gigi - Mencegah Penyakit Janrtung

Cara mencegah penyakit jantung yang ini kemungkinan tidak setenar yang lain, yaitu mengontrol kebersihan gigi. Kenyataannya, bakteri dari gusi yang meradang bisa masuk saluran darah dan menghancurkan pembuluh darah.

Area gigi yang tidak dijaga kebersihannya dapat mengakibatkan pembekuan darah. Kalau sudah terjadi pembekuan darah, kemungkinan besar akan berbuntut pada penyakit serangan jantung.

7. Konsumsi Makanan Sehat untuk Jantung

Konsumsi Makanan Sehat untuk Jantung - Mencegah Penyakit Jantung

Makanan yang memiliki kandungan lemak tidak jenuh serta rendah kalori baik dimakan untuk menahan penyakit jantung tiba. Anda dapat semakin banyak makan beberapa bijian, buah, sayur dan makanan kaya omega-3.

Jauhi makanan tinggi lemak jenuh seperti gorengan, makanan cepat saji, jeroan dan ada banyak lagi. Anda dapat buat menu makanan sehat ala-ala Anda supaya tidak menjenuhkan.

Karena pola makan sehat tidak boleh cuma dikerjakan dalam waktu pendek, tetapi harus jadi prinsip seumur hidup.

8. Mengelola depresi dan Emosi

Mengelola depresi dan Emosi - Mencegah Penyakit Jantung

Depresi yang berkelanjutan membuat jantung bekerja lebih keras dari semestinya. Karena itu, Anda harus dapat mengurus depresi dan emosi secara baik supaya tidak memberikan kerugian kesehatan jiwa atau fisik.

Anda dapat coba rutinitas seperti meditasi dan sosialisasi karena ini dapat menurunkan tingkat depresi dan emosi negatif. Meditasi membuat otak semakin tenang hingga bisa berpikiran lebih jernih. Sementara sosialisasi juga penting supaya bisa menetralkan hati dan pikiran yang letih.

9. Tidur Cukup dan Berkualitas

Tidur Cukup dan Berkualitas - mencegah Penyakit Diabetes

Penyakit jantung dapat dihindari dengan tidur yang memadai dan berkualitas. Orang yang masih kurang tidur mempunyai resiko tekanan darah tinggi, kegemukan, penyakit serangan jantung, stres dan diabetes.

Tidur memadai dapat membuat badan capek sehingga tidak aktif bergerak. Dan aktif bergerak sebagai salah satunya cara mencegah penyakit jantung. Tidak cukup tidur bisa juga mengakibatkan depresi yang akan berpengaruh jelek untuk kesehatan.

Upayakan untuk tidur minimal 8 jam tiap malam untuk memperoleh badan yang fit tiap hari.

10. Kenali Tanda Awal Serangan Jantung

Kenali Tanda Awal Serangan Jantung - Mencegah Penyakit Jantung

Terakhir, karena kolesterol tinggi menyumbangkan angka pemicu penyakit serangan jantung paling tinggi, karena itu penting untuk Anda selalu untuk mengatur kandungan kolesterol pada darah. Tinggi rendahnya kandungan kolesterol hanya dapat dijumpai saat Anda lakukan pengecekan kolesterol.

Tetapi, ada gejala-gejala kolesterol tinggi yang dapat Anda lihat untuk mengindikasi ada penyakit itu.

Disamping itu, mengetahui tanda awalnya penyakit serangan jantung penting. Cukup banyak orang menyepelekan tanda-tanda penyakit serangan jantung ringan tahap awalnya hingga setiap saat penyakit serangan jantung yang sesungguhnya juga terjadi. Dengan mengenali tanda-tanda penyakit jantung, Anda jadi dapat semakin cepat responsif dalam mengatasinya.

Tidak hanya mengenali cara mencegah penyakit jantung, penting juga untuk Anda dalami pemicu dan akar permasalahan dari penyakit jantung.

Dengan Anda pahami pemicu dan cara mencegah penyakit jantung, Anda jadi dapat semakin waspada dalam tentukan gaya hidup dari bangun tidur saat pagi hari sampai kembali tidur saat malam hari.

Baca Juga: Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi dengan Mudah dan Cepat

Namun, kadang transisi gaya hidup saja tidak cukup buat mencegah penyakit jantung. Kadang Anda perlu minum obat menurunkan tekanan darah atau kolesterol untuk kurangi resiko penyakit serangan jantung.

Yang tidak kalah penting, jika Anda telah rasakan gejala-gejala penyakit jantung, seharusnya lekas kontrol ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan selanjutnya!