Untuk Anda yang alami berat badan yang berlebih (overweight) pasti langkah satu-satunya menangani permasalahan ini adalah kurangi berat badan. Tetapi, tips menurunkan berat badan rupanya tidak segampang yang dipikirkan. Lalu, apa langkah yang penting dilaksanakan untuk turunkan berat tubuh dengan aman dan efisien?

Baca Juga: Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan Ginjal Anda

Tips Menurunkan Berat Badan

Pada intinya, kunci khusus dari tips menurunkan berat badan dengan sehat ialah skema makan yang sehat dan mengatur konsumsi kalori. Kedua hal itu harus diimbangi dengan penambahan rutinitas fisik.

Dengan demikian, Anda memperoleh berat tubuh yang bagus serta akan bertahan lama. Disamping itu, pengubahan pola hidup dan rutinitas makan juga penting diingat sebagai tips menurunkan berat badan yang tahan lama.

Berikut beberapa panduan untuk tips menurunkan berat badan cepat dan efisien menurut kami.

1. Tidak melewatkan sarapan

Tidak melewatkan sarapan - Menurunkan Berat Badan

Satu diantara tips menurunkan berat badan yang terpenting ialah tidak mengabaikan makan pagi. Menu makan pagi dengan nutrisi yang imbang akan memberi badan energi yang diperlukan untuk melalui hari.

Jika mengabaikan makan pagi, Anda kemungkinan mengawali hari dengan energi yang kosong. Akhirnya, kemauan untuk ngemil di siang atau malam hari juga bertambah. Masalahnya badan akan menduga Anda kelaparan, hingga jatah makan kemungkinan turut semakin bertambah banyak.

Upayakan selalu untuk mempersiapkan makan pagi yang memiliki kandungan nilai nutrisi yang diperlukan badan, seperti karbohidrat dan protein, seperti roti panggang dengan selai kacang, telur, serta yogurt tawar tanpa pemanis dengan buah berikan.

2. Mengukur indeks massa tubuh (BMI)

Mengukur indeks massa tubuh (BMI) - Menurnkan Berat Badan

Saat sebelum mengawali pola hidup sehat sebagai tips menurunkan berat badan, seharusnya ukur indeks massa badan Anda lebih dulu. Index massa badan dipakai untuk menentukan apa Anda kekurangan, kelebihan, atau berada dalam berat yang bagus.

Dengan demikian, Anda ketahui seberapa banyak berat badan yang perlu diturunkan untuk capai berat badan yang bagus. Sebagai contoh, orang yang masuk ke range kegemukan perlu menurunkan di antara 5-10% berat mulanya.

Sesudah ketahui index massa badan yang dipunyai, baru Anda dapat membuat skema makan dan rutinitas yang pas untuk mengatur berat badan.

3. Makan dalam porsi kecil

Makan dalam porsi kecil - Menurunkan Berat Badan

Sebagian orang kemungkinan pilih makan 3 kali satu hari dengan dua atau tiga cemilan dan makan lima atau enam kali bahkan ada juga orang yang makan tiap tiga sampai empat jam.

Sistem yang disebut sebelumnya sesungguhnya boleh-boleh saja karena sama mengontrol metabolisme selalu sama imbang. Disamping itu, tips mengontrol pola makan sehat ini menolong mengatur kandungan gula darah.

Jatah makan yang imbang menolong badan berperan secara baik dan menahan peningkatan berat badan. Anda pasti tidak mau gula darah naik drastis atau turun mendadak.

Kandungan glukosa yang tidak teratur bisa memacu tingkat energi tidak konstan, sehingga peranan badan tidak bekerja secara baik. Anda kemungkinan bisa juga kadang-kadang berpuasa atau intermittent fasting untuk tips menurunkan berat badan.

4. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga

Pola makan yang sehat tak akan sukses untuk tips menurunkan berat badan dengan efisien jika tidak diimbangi dengan rutinitas fisik. Jika Anda terasa kesusahan menyeimbangi rutinitas fisik yang intensif, coba untuk mulai dengan berolahraga yang mudah.

Dikutip dari Cleveland Clinic, berjalan kaki 30 menit dengan teratur rupanya lebih berguna dibanding sesekali olahraga intensif. Kenyataannya, olahraga penting untuk orang yang mempunyai permasalahan dengan gula darah.

Jika begitu dipaksa, rutinitas fisik yang berat malah memberi depresi dalam tubuh dan membuat fluktuasi gula darah.

Disamping itu, olahraga ringan dengan teratur tingkatkan otot, percepat metabolisme, dan mempermudah berat badan untuk turun.

5. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur

Memperbanyak konsumsi buah dan sayur

Konsumsi semakin banyak sayur dan buah yang diimbangi menu nutrisi yang imbang ialah salah satu tips menurunkan berat badan. Disamping itu, pola makan yang kaya sayur dan buah kurangi resiko penyakit akut karena keduanya memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan badan.

Walau demikian, bukan berarti Anda harus makan semakin sedikit. Anda dapat membuat diet rendah kalori yang mengikutsertakan makanan kegemaran dengan menukar buah serta sayur rendah kalori.

Buah dan sayur memiliki kandungan air dan serat yang akan menambahkan volume dalam menu Anda. Dengan demikian, Anda dapat konsumsi makanan dengan jumlah yang serupa dan mengenyangkan, tapi konsumsi kalori yang semakin sedikit.

Ada bermacam tips yang dapat Anda kerjakan untuk masukkan sayur dan buah pada makanan, dimulai dari saat makan pagi sampai sebagai cemilan.

6. Minum air putih yang banyak

Minum air putih yang banyak

Badan manusia umumnya terbagi dalam 60% air. Berarti, air berperanan utama pada hampir tiap kegunaan badan. Itu penyebab, badan yang terhidrasi secara baik akan berperan secara baik, dari berpikir hingga membakar lemak tubuh.

Bukan rahasia lagi jika air bisa digunakan untuk tips menurunkan berat badan dengan beberapa langkah, seperti menekan selera makan, mempermudah badan untuk bergerak, mengurangi depresi. menambah metabolisme, menambah motivasi, dan bisa menolong mengurangi konsumsi kalori cair.

Walau ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi berat badan Anda, minum air putih seperlunya adalah langkah pertama yang harus dilakukan untuk tips menurunkan berat badan.

7. Makan lebih banyak serat

Makan lebih banyak serat

Makanan berserat ternyata mempunyai peranan penting dalam tips menurunkan berat badan, mengapa begitu?

Seperti ini, makanan yang kaya serat menolong badan terasa kenyang semakin lama. Satu diantara jenis serat, yakni serat larut, bisa membuat gel saat melakukan kontak bersama air. Gel dari serat ini akan tingkatkan waktu untuk meresap gizi dan perlambat pencernaan. Dengan demikian, lambung tidak cepat kosong, maka Anda berasa kenyang semakin lama.

Ada bermacam sumber serat larut yang dapat Anda dapatkan, mencakup biji rami. sayur, sereal gandum, buah-buahan, serta kacang-kacangan.

8. Makan sampai tidak merasa lapar

Makan sampai tidak merasa lapar

Bukannya makan sampai kenyang, upayakan untuk makan sampai Anda tidak merasa lapar. Tips menurunkan berat badan yang ini sangat penting mengingat saat badan Anda merasa kenyang berarti akan ada kelebihan energi atau bahan bakar.

Coba untuk mulai dengarkan ‘rasa lapar’ yang dirasakan dan makan saat merasa lapar. Pasalnya, jumlah karbohidrat, protein, dan lemak sehat yang diperlukan akan tergantung pada beberapa unsur.

Anda bisa juga coba langkah lain dengan makan pagi dalam jatah yang besar dan makan malam dengan jatah yang sedikit. Diet sehat ini dapat Anda samakan bersamaan dengan berjalannya waktu.

9. Mendapatkan tidur yang cukup

Mendapatkan tidur yang cukup

Salah satunya pemicu peningkatan berat badan yang kemungkinan tidak Anda ketahui adalah terbatasnya waktu tidur. Sebagian dari Anda kemungkinan memandang selera makan cuma ditandai dengan perut terasa naik-turun. Kenyataannya, tidak begitu.

Selera makan sesungguhnya dikontrol oleh neurotransmitter. Neurotransmitter adalah pembawa pesan yang membuat sel saraf melakukan komunikasi satu sama lain. Pembawa pesan otak ini terdiri dari dua tipe yakni ghrelin dan leptin.

Ghrelin serta leptin dipandang seperti pusat selera makan. Ghrelin bisa tingkatkan rasa lapar, sementara leptin membuat badan terasa kenyang. Badan dengan alamiah tingkatkan atau menurunkan kandungan neurotransmitter ini selama seharian yang mengisyaratkan badan memerlukan kalori.

Jika Anda kekurangan tidur, kandungan neurotransmitter ini tidak imbang. Mengakibatkan, rasa lapar atau kemauan untuk ngemil pada malam hari juga bertambah. Itu penyebabnya, memperoleh waktu tidur yang memadai penting dalam kurangi berat badan.

10. Waspada terhadap makan saat stres

Waspada terhadap makan saat stres

Peristiwa makan saat depresi (emotional eating) rupanya dapat mengacau langkah menurunkan berat badan yang telah Anda rancang. Masalah ini karena rutinitas kurang sehat ini bisa kurangi ‘kesadaran’ Anda.

Peristiwa ini rupanya sering terjadi pada beberapa orang yang merasa frustasi karena program diet mereka tidak juga berbuah hasil. Jika ini terjadi pada Anda, pikirkan untuk mengatur depresi itu dengan meditasi atau hipnosis.

Beberapa cara itu memang tidak bisa kurangi berat badan langsung. Terapi, mengatasi depresi secara baik minimal bisa menolong Anda beradaptasi pada program diet yang sedang ditempuh.

Jika gagal, silahkan tanyakan dengan pakar nutrisi atau pakar diet. Masalahnya ada faktor-faktor kesehatan yang dapat mengakibatkan pola makan sehat gagal, seperti penyakit tertentu.

Sesungguhnya, pola makan sehat dan teratur olahraga yang dilaksanakan beberapa minggu tidak cukup jika ingin sukses mengontrol berat badan. Tips menurunkan berat badan yang sudah disebut sebelumnya seharusnya dilaksanakan dengan teratur.

Sesudah menilai apa rintangan yang ditemui, coba untuk membuat taktik secara bertahan untuk mengganti pola hidup jadi sehat. Kemudian, Anda dapat berencana bagaimana saat menghadapi rintangan itu.

Baca Juga: Manfaat Kacang Hijau yang Baik Untuk Tubuh

Kemungkinan Anda akan alami kemunduran berulang kali. Bukannya menyerah, mulai lebih semangat esok harinya. Ingat, proses mengganti pola hidup jadi sehat memang lama. Tetapi, hasil yang didapat akan berjalan lama dan sebanding.

Jika mempunyai pertanyaan selanjutnya sekitar tips menurunkan berat badan, silahkan kontak dokter atau pakar nutrisi.