Cara menjaga kesehatan mata penting untuk diketahui oleh semua orang. Sebagai salah satu organ penting bagi manusia, mata juga dijuluki sebagai jendela dunia. Karena mata adalah alat yang digunakan untuk melihat dunia. Tanpa mata, niscaya dunia hanyalah sebuah mimpi, gelap gulita. Maka betapa pentingnya mata bagi manusia, sudah tidak bisa digambarkan lagi dengan kata-kata.

Baca Juga: Apa saja Tugas Dari Dokter THT? dan Biaya Dokter THT Berapa? Simak Ulasan Berikut ini !

Menjaga kesehatan mata sebenarnya bisa dimulai dari hal-hal sederhana. Yaitu dengan melalui pola hidup sehat dengan pembiasaan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Kebiasaan sehari-hari memang sangat mempengaruhi pola hidup yang dilakukan seseorang, termasuk dalam hal ini adalah dalam menjaga kesehatan mata. Dan hal ini tidak tidak bisa dianggap sepele, karena akan berakibat fatal bagi kesehatan mata.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata memang harus dilakukan. Hal itu apabila tidak ingin organ penting tersebut mengalami gangguan dan bahkan mungkin juga kerusakan. Karena apabila hal ini terjadi, tidak akan ada yang bisa dilakukan. Karena sampai sejauh ini, belum ada perusahaan besar yang bisa membuat mata palsu yang bisa menggantikan mata asli dan bisa berfungsi seperti mata yang sebenarnya. 

Bahkan dunia kedokteran yang semakin maju dan terus berkembang dengan berbagai penelitian dan juga penemuan, juga belum mampu menemukan sebuah penelitian yang bisa membuat mata palsu yang bisa digunakan atau berfungsi seperti mata asli. Oleh karena itu, sangat penting menjaga kesehatan mata, karena mata tidak ada penjualnya. Jangan sampai menunggu hingga berakibat fatal dan hanya menyisakan penyesalan.

Sejak Kapan Harus Mulai Menjaga Kesehatan Mata?

Ya, sejak kapan kita harus memperhatikan kesehatan mata dan mulai menjaganya? Apakah harus menunggu sampai mata kita sakit dan rusak? Tentu saja tidak. Karena apabila menunggu sampai mata sakit baru memperhatikan kesehatan mata, maka hal itu sudah terlambat. Bisa terjadi penanganan yang dilakukan sudah tidak berguna, karena sudah ada beberapa bagian mata yang rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi.

Seperti diketahui, mata merupakan organ yang memiliki anatomi yang sangat lunak dan rentan terhadap benda asing. Sedikit kesalahan yang dilakukan dalam menangani kesehatan mata, akibatnya bisa sangat fatal. Maka dalam merawat mata, maupun melakukan penanganan saat mata sakit harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan juga melalui prosedur atau cara yang benar.

Kapan mulai menjaga kesehatan mata? Jawabnya adalah sejak dini. Bisa dari kecil, dari, remaja, atau bisa juga saat dewasa, saat kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan mata baru muncul saat sudah dewasa. Tidak ada kata terlambat. Setidaknya, kita sudah berusaha untuk merawat dan menjaga kesehatan mata saat mata masih bisa berfungsi normal, dan belum mengalami gangguan atau kerusakan.

Akan tetapi, ketika mata sudah mengalami gangguan, maka harus tetap dilakukan pengobatan dan perawatan dengan benar. Penanganan atau pengobatan  yang dilakukan dengan segera ketika diketahui mata mulai merasakan adanya gangguan, akan bisa segera menghilangkan gangguan yang terjadi, dan meminimalisir kemungkinan kerusakan bagian mata yang akan terjadi. 

Cara  Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Mata

Cara menjaga kesehatan mata tidak harus dengan cara yang mahal dan membutuhkan biaya besar. Akan tetapi bisa dilakukan dengan melakukan hal-hal sederhana berupa  kebiasaan sehari-hari. Cara ini cukup efektif dan  tidak akan banyak biaya yang dibutuhkan. Justru membiarkan mata mengalami gangguan atau rusak, akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Berikut ini beberapa cara sederhana untuk menjaga kesehatan mata.

1. Konsumsi makanan yang sehat

Konsumsi makanan yang sehat - menjaga kesehatan mata

Tidak bisa dipungkiri, makanan yang dikonsumsi, akan memberikan pengaruh besar terhadap kesehatan tubuh. Tidak terkecuali dengan kesehatan mata. Untuk mendapatkan mata yang sehat, maka sangat penting untuk memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Setidaknya, makanan yang dikonsumsi harus memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh utamanya dibutuhkan oleh mata.

Makanan yang baik untuk kesehatan mata adalah makanan yang banyak mengandung vitamin C, E, asam lemak Omega -3, zinc dan juga lutein. Zat-zat yang dimaksud, bisa didapatkan dalam jenis makanan seperti sayuran berwarna hijau, ikan tuna, kacang-kacangan, telur,  buah berry seperti blueberry dan blackberry, dan juga jeruk. Bahan makanan tersebut bisa menangkal gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula.   

2. Hindari paparan sinar matahari secara langsung

Hindari paparan sinar matahari secara langsung - menjaga kesehatan mata

Sering berada di tempat yang terpapar matahari secara langsung juga bisa mengganggu kesehatan mata. Seperti diketahui, sinar matahari mengandung sinar ultraviolet yang sangat berbahaya karena bisa merusak jaringan pada mata. Apabila terpaksa harus berada pada tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung dan dalam waktu yang cukup lama, maka sebaiknya menggunakan pelindung mata berupa kaca mata hitam. 

3. Hindari rokok

Hindari rokok - menjaga kesehatan mata

Merokok bukan hanya merusak organ paru-paru. Akan tetapi, ternyata merokok juga bisa menyebabkan gangguan dan kerusakan pada mata. Asap rokok yang mengandung nikotin, apabila mengenai mata, akan menyebabkan timbunan plak yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit katarak, degenerasi makula, dan kerusakan pada saraf optik. Di tingkat lanjut, hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada retina yang mengakibatkan kebutaan.

4. Gunakan kaca mata pelindung 

Gunakan kaca mata pelindung -  menjaga kesehatan mata

Kaca mata pelindung bukan hanya dibutuhkan ketika berada di ruang terbuka yang terpapar sinar matahari secara langsung. Akan tetapi kaca mata pelindung ini juga dibutuhkan ketika sedang berada di depan layar komputer atau gadget. Pada zaman serba teknologi ini, penggunaan gadget dan komputer tidak bisa dihindari. Hampir semua aktivitas dilakukan di depan layar kaca pintar ini.

Layar komputer dan gadget sendiri ternyata juga berpotensi mengandung radiasi yang bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan saraf mata. Berada di depan layar komputer dan gadget dalam waktu yang lama, juga beresiko tinggi terhadap adanya kerusakan mata. Maka sedapat mungkin hindari keadaan ini, atau gunakan kacamata pelindung berupa kacamata anti radiasi saat berada di depan layar gadget dan komputer. 

5. Aturan 20-20-20

Aturan 20-20-20 - menjaga kesehatan mata

Istilah 20-20-20 ini  mungkin masih asing bagi sebagian orang. Istilah ini adalah merupakan sebuah anjuran atau ajakan yang dilakukan sebagai kampanye untuk kesehatan mata. Tujuan dari istilah ini adalah memberikan kesempatan kepada mata untuk beristirahat setelah melakukan aktivitas secara terus menerus. Kampanye ini terutama ditujukan kepada para pekerja atau pelajar yang banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer dan gadget.

Aturan 20-20-20 ini adalah memberikan kesempatan kepada mata untuk beristirahat dari aktivitas di depan layar komputer dan gadget setiap 20 menit sekali, dengan melihat pemandangan lain sejauh kira-kira 20 kaki, selama kurang lebih 20 detik. Dengan aturan ini, maka mata akan mendapatkan waktu istirahatnya dengan melihat suasana lain, diusahakan warna hijau dari alam, sehingga akan kembali segar untuk beraktivitas kembali.

Cara menjaga kesehatan mata tidak sulit untuk dilakukan. Akan tetapi semua tergantung pada kemauan dan tekad dari diri sendiri. Apabila dalam diri sudah ada kesadaran diri tentang pentingnya kesehatan mata. Karena bagaimanapun juga, mencegah sebelum terjadi sakit, akan lebih mudah daripada mengobati setelah sakit.