Bagi seorang ibu hamil menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting karena ada dua nyawa yang harus dijaga dalam satu tubuh. Baik kesehatan ibu dan janin sama-sama pentingnya dan perlu dijaga agar bisa masuk pada masa persalinan dalam kondisi yang sehat. Vitamin untuk ibu hamil merupakan salah satu cara dan upaya untuk menjaga kesehatan ibu dan janin tersebut. 

Baca Juga: Ternyata Ini Makanan Sehat Untuk Jantung, Enak dan Mudah Didapatkan Lho!

Jika melakukan pemeriksaan ke dokter atau bidan di masa kehamilan, biasanya tenaga medis yang menangani akan memberikan vitamin yang harus diminum secara rutin. Vitamin untuk ibu hamil yang diberikan dokter atau bidan tersebut biasanya untuk memenuhi nutrisi pada ibu dan janin. Pasalnya orang hamil akan mengalami banyak perubahan hormone dan membutuhkan nutrisi dua kali lebih banyak karena ada janin dalam kandungannya.

Biasanya vitamin untuk ibu hamil yang paling dibutuhkan adalah vitamin C karena vitamin tersebut banyak sekali manfaatnya mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, membantu penyerapan zat besi, sampai mendukung pertumbuhan janin dalam kandungan sang ibu.

Vitamin Untuk Ibu Hamil dari Bahan Alami 

Kondisi tubuh ibu hamil selalu membutuhkan asupan tambahan agar nutrisi bagi tubuhnya sendiri terpenuhi dan nutrisi untuk tumbuh kembang janin juga tercukupi. Vitamin untuk ibu hamil ini membantu sekali menjaga nutrisi tercukupi dengan baik, juga untuk membuat tubuh ibu hamil selalu fit dan jauh dari penyakit. 

Makanan yang sehat kaya vitamin dan tinggi gizi sangat berpengaruh pada perkembangan janin di dalam kandungan ibu. Ibu juga membutuhkan asupan yang sama dengan janin karena kondisi ibu hamil tidak bisa diprediksi, terkadang ada yang mudah sekali terserang penyakit semasa hamil, merasa kelelahan, yang disebabkan dari perubahan hormone secara drastis.

Untuk bisa memenuhi kebutuhan vitamin pada ibu hamil maka perlu mengkonsumsi makanan yang sehat dan alami. Vitamin untuk ibu hamil tidak bisa didapatkan secara otomatis dari dalam tubuh, jadi ada makanan yang sangat baik dan disarankan untuk dikonsumsi selama masa hamil agar kebutuhan vitamin terpenuhi.

1. Blueberry

Blueberry - Vitamin untuk Ibu Hamil

Vitamin untuk ibu hamil yang pertama bisa didapatkan dari bahan alami yaitu buah blueberry. Buah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil karena dalam buah ini terdapat kandungan vitamin C yang tinggi

Perlu diketahui bahwa vitamin C memiliki fungsi untuk menangkal radikal bebas sehingga kesehatan senantiasa terjaga. Selain itu dalam blueberry ada banyak nutrisi lain seperti kalium, asam folat, dan tinggi serat juga. 

Ibu hamil sangat membutuhkan asam folat yang tinggi untuk menjaga pertumbuhan janinnya bisa sempurna dan tidak terganggu. Oleh karena itu blueberry ini sangat baik jika dijadikan cemilan harian untuk ibu hamil. Rasanya manis dan segar bisa juga mengurangi rasa mual karena morning sickness.

2. Buah Jeruk

Jeruk - Vitamin untuk Ibu Hamil

Selanjutnya ada vitamin untuk ibu hamil yang bisa didapatkan pada buah jeruk. Jeruk di sini ada banyak macamnya, seperti lemon, jeruk nipis, atau jeruk bali. Itu semua merupakan buah jeruk yang baik dikonsumsi siapa saja termasuk ibu hamil. Dalam buah jeruk ada kandungan yang bisa mencegah atau menurunkan resiko bayi lahir dengan kondisi cacat. Nutrisi dan vitamin dalam buah jeruk bisa membantu pembentukan janin dari awal kehamilan hingga menjelang proses persalinan. 

Buah jeruk mengandung citrus yang bisa membantu perkembangan tabung saraf pada janin. Tidak hanya itu saja ibu hamil juga bisa mendapatkan asupan vitamin C yang bisa membantu tubuh terhindar dari segala macam penyakit. Daya tahan tubuh selama masa hamil perlu ditingkatkan dengan mengkonsumsi vitamin untuk ibu hamil seperti dari buah jeruk ini.

Tak hanya itu dalam jeruk vitamin C yang tinggi tadi bisa membantu memaksimalkan tubuh sang ibu untuk bisa menyerap zat besi secara maksimal. Ini sangat baik untuk mencegah terjadinya anemia selama ibu dalam masa kehamilan.

3. Mangga

Mangga - Vitamin untuk Ibu Hamil

Buah lain yang bisa memenuhi kebutuhan vitamin untuk ibu hamil adalah mangga. Dalam buah mangga ada vitamin A dan C yang tinggi. Baik vitamin A maupun vitamin C sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga menekan resiko janin terkena komplikasi. 

Kalium dalam buah mangga juga cukup tinggi sehingga tekanan darah dan keseimbangan cairan tubuh si ibu hamil turut terjaga. Satu lagi manfaat yang bisa diberikan mangga untuk ibu hamil yakni mengatasi sembelit. Pada masa kehamilan biasanya sembelit selalu terjadi pada setiap ibu hamil, untuk itu butuh mengkonsumsi makanan kaya serat agar bisa mengatasi masalah pencernaan tersebut.

4. Apel

Apel - Vitamin untuk Ibu Hamil

Buah apel juga menjadi salah satu vitamin untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi setiap hari. Buah ini tinggi akan serat, kandungan vitamin A dan C serta kalium juga bisa didapatkan dalam buah manis ini. Selain membantu meningkatkan kekebalan tubuh sang ibu hamil, buah apel juga bisa dijadikan sebagai pencegah terjadinya alergi atau asma pada bayi yang sedang dikandung si ibu. Buah ini sangat enak dan aman dikonsumsi ibu hamil setiap hari. Mudah didapatkan dan bisa dimakan langsung atau bisa juga dijadikan jus bersama bahan lain seperti wortel dan tomat.

5. Jambu Biji

Jambu Biji - Vitamin untuk Ibu Hamil

Jambu biji adalah salah satu sumber vitamin C yang bagus untuk tubuh. Selain tinggi akan vitamin C buah ini juga kaya akan vitamin C, mengandung serat, kalium, dan juga fosfor. Vitamin yang ada pada jambu biji bisa menangkal radikal bebas. Radikal bebas tersebut jika tidak dilawan dengan vitamin maka bisa mengganggu perkembangan janin dalam kandungan si ibu.

Jambu biji ini ternyata juga berfungsi untuk menormalkan gula darah pada ibu hamil. Pasalnya ada diabetes gestasional yang terjadi hanya pada ibu hamil saja. Agar terhindar dari penyakit itu sebaiknya konsumsi jambu biji selama masa kehamilan.

6. Kubis

Kubis - Vitamin untuk Ibu Hamil

Tidak hanya buah-buahan saja yang bisa dijadikan sebagai vitamin untuk ibu hamil. Sayuran pun juga mengandung vitamin yang tinggi dan bisa memberikan manfaat baik untuk ibu hamil dan janinnya. Sayur kubis adalah salah satu jenis sayuran yang mengandung vitamin C cukup tinggi. Selain itu ada mineral dan asam lemak. Selain enak dijadikan sup, sayur ini mudah sekali didapatkan. Sebaiknya hindari kubis yang digoreng dengan minyak karena kubis yang digoreng kurang baik untuk tubuh karena bisa memicu kanker. 

Kubis bisa dijadikan sayur sop, bisa juga dimasukkan dalam sayur lodeh, atau bisa sebagai lalapan. Kubis ini memang bisa membuat perut memproduksi banyak gas namun manfaat baiknya untuk ibu hamil perlu diperhatikan.

7. Brokoli

Sayuran hijau seperti brokoli juga menjadi vitamin untuk ibu hamil yang bagus dalam menjaga kesehatan tubuh dan janinnya. Nutrisi yang terdapat dalam brokoli ada beragam, mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan vitamin B6. Lalu masih ada kalsium, folat, serat dan juga antioksidan yang tinggi. 

Semua nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh selama masa kehamilan ada pada sayur brokoli. Ibu hamil memang membutuhkan kalsium lebih banyak karena harus menyiapkan tubuhnya untuk proses persalinan dan juga untuk pertumbuhan tulang janin yang ada dalam kandungannya. Brokoli ini bisa menjadi salah satu vitamin alami yang bisa dikonsumsi setiap hari sehingga kebutuhan vitamin dan kalsium tercukupi.

8. Bayam

Bayam - Vitamin untuk Ibu Hamil

Selanjutnya ada sayur bayam yang mudah didapat dan kaya nutrisi. Sayur bayam ini selain murah dan mudah didapat, manfaatnya untuk tubuh pun sangat banyak. Bayam masuk dalam jenis sayuran hijau yang tinggi akan vitamin C, vitamin A, dan vitamin K, lalu ada folat, kalium, dan zat besi. 

Ini bagus sekali untuk ibu hamil jadi aman dikonsumsi setiap hari. Bisa dijadikan sayur bening atau salad, bayam ini akan menjaga tubuh ibu hamil tetap sehat dan kebutuhan vitamin dalam tubuh selalu tercukupi.

Baca Juga: Vitamin Rambut Kering Dari Bahan Alami yang Mudah Didapatkan

Ibu hamil memang harus selalu diperhatikan kondisi tubuh dan kesehatannya. Jika ada keluhan yang dirasakan maka harus segera pergi kontrol ke dokter kandungan. Agar masa kehamilan bisa lancar dan tidak ada keluhan upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memenuhi kebutuhan vitamin untuk ibu hamil. Hal ini bisa didapatkan dari buah dan sayur yang direkomendasikan untuk ibu hamil.