Banyak cara yang bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat. Diantaranya adalah menjaga berat badan, rajin berolahraga teratur, serta menjaga pola makan hidup sehat. Dengan demikian akan banyak sekali manfaat yang didapatkan untuk tubuh. Terutama di tengah pandemi seperti ini, dimana tubuh sangat rentan sakit.

Baca Juga: Kenali Fungsi Vitamin untuk Kesehatan Tubuh Anda

Namun banyak orang yang masih kebingungan untuk mengatur pola makan hidup sehat, dengan demikian seringkali salah kaprah dalam menjaga kesehatannya. Terlebih seringkali percaya atau terjebak dengan mitos-mitos Kesehatan yang membuat orang seringkali salah paham memaknai arti kesehatan tersebut. 

Banyak orang yang menganggap, bahwa tubuh yang gemuk adalah tubuh yang sehat. Oleh sebab itu, banyak orang yang berasumsi menjaga pola makan hidup sehat agar tubuh menjadi gemuk. Terutama banyak dilakukan oleh para orang tua terhadap anak-anak nya agar tubuh anak tersebut menjadi lebih gemuk. 

Padahal sejatinya, tubuh yang gemuk adalah tubuh yang sehat merupakan mitos yang salah kaprah. Justru berat badan yang ideal adalah tubuh yang sehat. Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, artinya tidak kurus dan juga tidak gemuk, harus menerapkan pola makan hidup sehat. 

Makan Tepat Pada Waktunya

Makan Tepat Pada Waktunya - Pola Makan

Setiap orang dianjurkan makan 3 x sehari, yaitu sarapan pagi, makan siang, dan makan malam. Apabila ingin menerapkan pola makan hidup sehat, sebaiknya untuk makan secara teratur dengan tepat waktu. Misalnya, sarapan pagi di jam 7 pagi, maka seterusnya harus jam 7 pagi. Dengan demikian, metabolisme tubuh lebih terjaga. 

Begitu juga dengan makan siang, harus dilakukan di jam yang sama apabila ingin menerapkan pola makan hidup sehat. Demikian juga dengan makan malam yang harus dilakukan pada jam yang sama setiap harinya. Hal tersebut dapat mengurangi keinginan untuk ngemil. 

Menerapkan pola makan hidup sehat dengan cara makan sesuai dengan jadwal, dapat menjaga berat badan agar ideal. Kelebihan berat badan bisa berisiko tinggi terhadap penyakit jantung, sementara kekurangan berat badan bisa berisiko tinggi terhadap gejala anemia. Maka dari itu, sebaiknya untuk menjaga berat badan ideal. 

Makan tepat pada waktunya, baik dalam keadaan lapar atau belum lapar bila waktunya untuk makan sebaiknya agar segera makan. Dengan demikian, metabolisme tubuh lebih teratur dan juga sebagai bagian dari pola makan hidup sehat. Seperti kata pepatah, jangan tunggu lapar bila ingin makan. 

Tips Memilih Makanan Sehat

Apabila telah mengatur jadwal makan yang tepat, sebagai bagian dari pola makan hidup sehat, sebaiknya untuk memilih jenis makanan yang sehat. Dengan demikian, tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup setiap harinya. Tentunya akan lebih terjaga dengan menerapkan jadwal makan yang teratur. Berikut ini beberapa tips untuk memilih makanan sehat: 

1. Masak Daging yang Benar-benar Matang

Masak Daging yang Benar-benar Matang - Pola Makan

Banyak orang yang berasumsi bahwa makan daging mentah atau setengah matang merupakan salah satu makanan yang sehat. Pendapat tersebut sepenuhnya salah, bila ingin menerapkan pola makan hidup sehat sebaiknya untuk memasak daging agar benar-benar matang. 

Usahakan untuk mengurangi memakan daging merah karena daging merah mengandung lebih banyak lemak dan juga kolesterol. Maka dari itu, sebaiknya untuk menggantinya dengan ikan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa daging merah pemicu utama penyakit jantung koroner. 

2. Pilihlah Jenis Sayuran yang Matang Sempurna

Pilihlah Jenis Sayuran yang Matang Sempurna - Pola Makan

Tips memilih makanan yang sehat sebagai bagian dari pola makan hidup sehat, sebaiknya untuk memilih dan menggunakan sayuran yang benar-benar masak dari pohon, bukan masak karena bahan kimia. Sayur yang masak karena tambahan kimia dapat merusak kesehatan dan organ tubuh. 

Meskipun demikian, terkadang bingung untuk membedakan antara sayuran yang benar-benar masak dari pohon atau dengan menggunakan bahan kimia. Itulah sebabnya, mengapa konsumen harus cerdas memilih dan membedakan jenis sayuran tersebut. 

3. Tidak Menambahkan Terlalu Banyak Garam

Tidak Menambahkan Terlalu Banyak Garam - Pola Makan

Tips lainnya untuk memilih makanan yang sehat sebagai bagian dari pola makan hidup sehat, yaitu tidak menambahkan terlalu banyak garam pada makanan. Pasalnya, kandungan garam yang tinggi pada darah bisa menyebabkan kolesterol dan akhirnya terserang penyakit stroke. 

Menambahkan rasa asin pada makanan secara berlebihan bisa menyebabkan kandungan garam dalam darah meningkat ke otak. Hal tersebut merupakan salah satu pemicu penyebab sakit stroke dan juga seringkali kepala pusing atau migrain. Pasalnya, aliran darah ke otak menjadi terganggu.

4. Banyak Makan Buah-buahan Segar

Banyak Makan Buah-buahan Segar - Pola Makan

Apabila memakan buah-buahan segar, sebagai bagian dari pola makan hidup sehat harus dicuci terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat atau air yang mengalir. Hal tersebut dimaksudkan agar sisa pestisida dalam buah-buahan tersebut bisa terbuang. 

Sisa pestisida yang terdapat pada kulit buah, akan menimbulkan keracunan bila termakan dalam jumlah banyak dan juga bisa menyebabkan penyakit gangguan hati. Padahal beberapa buah, seperti apel, sebaiknya dimakan bersama dengan kulitnya. 

5. Mengurangi Makanan yang Berlemak

Mengurangi Makanan yang Berlemak - Pola Makan

Pola makan hidup sehat yang benar, sebaiknya untuk memilih mengurangi makanan yang berlemak. Pasalnya lemak yang tinggi dalam darah bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, mulai dari kelebihan berat badan dan juga kolesterol yang tinggi. 

Beberapa orang menyukai makanan yang berlemak dan bersantan. Wajar saja karena makanan tersebut dapat meningkatkan selera makan. Namun, dibalik makanan tersebut tersembunyi berbagai penyakit yang mematikan dan berbahaya, bila memakannya secara berlebihan. 

Itulah beberapa tips menjaga pola makan hidup sehat. Tentunya akan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Terlebih di tengah pandemi, seperti saat ini dimana banyak orang yang tertular virus Corona. Maka dari itu, sebaiknya untuk memilih makanan yang tepat agar memiliki daya tahan tubuh yang kuat terhadap penyakit. 

Manfaat Menjaga Pola Makan Hidup Sehat

Seseorang yang menerapkan pola makan hidup sehat, memiliki tujuan agar mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Memiliki tubuh yang sehat bermanfaat agar tidak rentan terhadap penyakit dan juga bisa leluasa dalam beraktivitas. Oleh sebab itu, sebaiknya untuk memulainya dari sejak dini. 

Manfaat lainnya bila menerapkan pola makan hidup sehat, tubuh menjadi tidak mudah terserang penyakit, virus dan juga bakteri. Ketika bakteri dan virus tersebut masuk ke dalam tubuh maka tubuh akan melakukan proses healing dengan sendirinya. Pasalnya, tubuh yang sehat ibarat memiliki lifeguard di dalam tubuhnya. 

Bagi beberapa orang yang memiliki kelebihan berat badan, untuk mendapatkan berat badan ideal rasanya sangat sulit. Maka dari itu, harus menerapkan pola makan hidup sehat untuk mendapatkan berat badan yang ideal tersebut. Dengan demikian, tubuh tidak akan terprogram untuk melakukan diet yang menyiksa. 

Melakukan pola makan hidup sehat dapat bermanfaat juga agar usia lebih panjang umur. Pasalnya, tubuh tidak mudah sakit dan aliran darah menjadi lancar sehingga hal tersebut membuat seseorang menjadi lebih panjang umur. Beberapa penyakit bisa diakibatkan oleh darah yang tidak lancar. 

Baca Juga: Wajah Berjerawat? Cek Kembali Pola Makan Anda!

Dengan menerapkan pola makan hidup sehat sejak dini akan banyak mendapatkan manfaat kesehatan. Salah satunya, tubuh tidak mudah sakit. Maka dari itu, sebaiknya untuk memulainya dari sekarang. Pastikan juga untuk menggali berbagai informasi yang valid agar tidak mendapatkan informasi yang salah dalam menerapkan kesehatan.