Bintitan merupakan salah satu penyakit yang juga disebut dengan hordeolum. Atau dengan kata lain merupakan sebuah kondisi saat dimana adanya  bintil yang sangat mirip dengan jerawat tumbuh di sekitar area kelopak mata. Biasanya bintitan ini disebabkan karena adanya sebuah infeksi akibat dari bakteri itu sendiri. Dan bintitan ini sering sekali menyulitkan mata untuk melihat. Karena itulah dibutuhkan obat mata bintitan dalam mengobatinya.

Baca Juga: Cara Diet Alami Yang Aman dan Menyehatkan

Bahkan yang paling parahnya lagi adalah kondisi dari mata yang bintitan sering sekali menjadi sebuah masalah dalam dunia kesehatan. Sehingga kadangkala memberikan pengaruh bagi kepercayaan diri menjadi surut dan berkurang. Adapun mitos yang mengatakan bahwa disebabkan karena suka mengintip itu tidak benar. Jika tidak diatasi secara maksimal, maka akar pada bintitan akan merambat hingga bulu mata dan rambut.

Selain itu, bintitan sering sekali terjadi di area luar kelopak mata. dan biasanya tonjolan ataupun bintitan tersebut muncul di dalam area mata. Namun, penyakit ini sering sekali memberikan rasa sakit bagi para penderitanya. Sehingga penderita tidak merasa nyaman untuk melihat. Ada beberapa masyarakat juga merasa risih ataupun terganggu dengan adanya bintitan tersebut.

Gejala yang Dapat Disembuhkan dengan Obat Mata Bintitan

Mata Bintitan - Obat Mata Bintitan

Sebelum masyarakat membeli obat mata bintitan, maka sangat penting untuk terlebih dahulu mengetahui gejala-gejala yang ditimbulkan dari bintitan tersebut. Biasanya kondisi mata akan terlihat merah dengan adanya bisul ataupun tonjolan kecil di sekitar mata. Kemudian juga mata akan terus saja berair, dan menimbulkan rasa yang sangat nyeri di sekitar area mata.

Biasanya penyebab dari adanya penyakit bintitan ini ya itu karena aktivitas bakteri yang bernama staphylococcus. ini merupakan sebuah bakteri yang kadangkala hidup di area kulit, lalu seketika mengumbar bagian pori-pori kelenjar minyak yang berada di sekitar kelopak mata. Akibatnya yang terjadi adalah timbulnya sebuah peradangan. Dengan begitu kulit akan terlihat mati dan membengkak.

Biasanya, untuk mengatasi penyakit bintitan ini masyarakat sering sekali mencari obat mata bintitan alami yang berasal dari tumbuhan herbal sekitar. Alasannya adalah karena tumbuhan tersebut memiliki kandungan organik yang aman untuk meredakan penyakit mata dengan begitu penyakit bintitan akan sembuh secara maksimal tanpa menimbulkan efek samping yang membahayakan.

Berikut  ini beberapa faktor yang seringkali membuat seseorang terkena bintitan. Pertama yaitu kebiasaan masyarakat yang selalu menyentuh bagian mata dengan tangan yang masih kotor. Ke dua, yaitu kebiasaan masyarakat yang sering menggunakan bahan-bahan kosmetik yang telah kadaluarsa dan berbahan bahaya. Kemudian, kebiasaan buruk yang tidak membersihkan make up sebelum tidur.

Faktor lainnya juga di antaranya kebiasaan dalam memakai softlens atau lensa kontak yang masih tidak steril dan bersih. Lalu, kebiasaan masyarakat sekitar ujung mata atau disebut blefaritis. Selanjutnya yaitu alasan mengapa bintitan sering sekali dialami oleh masyarakat yaitu karena penyakit rosacea kadangkala menyerang wajah dan memberikan efek bintik-bintik berwarna merah. Biasanya efek yang ditimbulkan rasa gatal dan perih.

Obat Mata Bintitan Alami Terbaik

Penggunaan obat mata bintitan yang sangat alami memang perlu dilakukan. Tujuannya adalah agar hasil dari pengobatan tersebut maksimal dan pastinya tidak timbul kembali. Apalagi, peradangan akibat bintitan sangatlah sakit dan membuat penderitanya mengalami gejala yang memberatkan. Berikut ini, jenis dari obat alami untuk mata yang sedang sakit bintitan, diantaranya adalah :

1. Mengompresnya Dengan Air Hangat

Air Hangat - Obat Mata Bintitan

Obat mata bintitan yang sangat alami dan bisa dicoba yaitu dengan cara menggunakan air bersih yang masih hangat untuk mengompres di area bintitan.  Ini juga merupakan cara terbaik dna terbilang efektif untuk membuat kondisi mata jadi lebih baik, dan pastinya tidak  lagi meradang. Agar lebih terasa lembut, maka bisa menambahkan dengan sampo maupun sabun yang wangi. Sehingga, hasilnya jadi lebih maksimal.

Contohnya yaitu sabun dan shampo bayi yang lembut berbahan alami natural. Cara mengaplikasikan proses untuk mengompres ini mudah dan terlihat efisien. Yaitu, cukup dengan memijat lembut area mata yang bintitan dengan menggunakan beberapa air bersih. Dan biarkan sampai air tersebut menyerap kedalam pori-pori. Sehingga, penyembuhan aksi lebih mudah dirasakan dan pastinya tidak terasa panas. 

2. Mengompres Dengan Teh Hangat

Kompres Mata - Obat Mata Bintitan

Cara kedua obat mata bintitan adalah dengan mengompres mata yang terkena Bintitan menggunakan air hangat berbahan teh celup. Dimana, cara ini sangat efektif karena dapat dengan mudah untuk membantu dalam hal mengatasi peradangan akibat dari bintitan. Kemudian, juga bisa mengurangi efek mata yang bengkak karena pengaruh bintitan tersebut. 

Apalagi di dalam teh tersebut mengandung bahan yang baik dengan anti bakteri yang luar biasa. Sehingga, bisa menetralisir rasa bengkak di wajah seketika dan pastinya dapat mengatasi adanya gejala infeksi dari bintitan tersebut. Caranya mudah sekali, cukup dengan menuangkan teh kedalam cangkir lalu biarkan dalam keadaan hangat dan basuh ke wajah. Atau bisa dengan mengompreskan menggunakan kain lembut.

3. Menggunakan Air Garam

Garam - Obat Mata Bintitan

Air garam juga memiliki fungsi yang sama untuk membantu mencegah terjadinya peradangan akibat bintitan. Dimana, kandungan dari air ini mampu memberikan efek menyegarkan sehingga bintitan bisa mengempis dengan sempurna. Selain itu, di dalamnya juga mengandung magnesium yang baik serta mineral yang mampu membunuh berbagai bakteri jadi ini bahan yang aman sekali.

Garam merupakan obat mata bintitan yang mengandung antiseptik verify alami. Sehingga, sangat aman sekali digunakan. Bukan itu saja, dalam pengaplikasiannya mudah cukup dengan mengaduk rata air garam yang hangat lalu kompreskan pada area mata yang terkena bintitan tersebut. Lakukan ini dalam jangka waktu yang cepat yaitu hanya selama lima belas menit tanpa ada kendala sedikitpun dan bisa secara berkala. 

Manfaat dari Obat Mata Bintitan Alami

Ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan ketika menggunakan obat alami untuk menghilangkan serta menyembuhkan bintitan di mata. Dimana selain harganya ekonomis dan murah sekali, mendapat obat ini juga mudah. Bahkan, jika dibandingkan harga dari medis juga terbilang sangatlah mahal sekali. Karena itulah cara ini sudah terbilang bijaksana dan efisien sekali dilakukan. 

Hal yang unik lainnya lagi obat tersebut bersumber dari tanaman yang bisa diperoleh dengan cara ditanam. Karena itu cara ini juga terbilang mudah sekali. Setiap tanaman yang ada bisa diambil dan kemudian diaplikasikan. Salah satu diantaranya adalah bumbu dapur yang mudah ditemui saat di rumah. Yang terpenting dalam memilih obat alami tersebut cari informasi yang akurat, dan konsultasi dahulu ke dokter.

Baca Juga: Ciri Penyakit Jantung Yang Harus Diketahui

Demikianlah info menarik mengenai jenis dari obat mata bintitan alami dan herbal. Semoga, cara ini bisa membantu dan memberikan kemudahan bagi semua masyarakat dalam menggunakan obat ini. Hindarilah beberapa hal yang akan berdampak buruk bagi tubuh agar selalu sehat dan bertenaga. Pastikan keadaan tubuh dalam kondisi yang selalu prima. Selamat mencoba dan semoga berhasil selalu.