Memiliki tubuh yang sehat dan ideal tentu menjadi impian banyak orang. Salah satu cara yang paling ampuh dalam mendapatkan berat badan ideal adalah dengan melakukan diet. Ada banyak cara diet yang bisa dilakukan demi mendapatkan berat badan ideal. Beberapa orang cenderung mengabaikan tips diet sehat dan malah melakukan diet ekstrim agar bisa mendapatkan hasil yang lebih cepat. Padahal, melakukan diet ekstrim dapat membahayakan kesehatan.

Baca Juga: Berikut 10 Gejala Penderita Stroke yang Wajib Anda Waspadai

Banyak orang yang mengikuti tren diet tanpa tahu risiko dan konsekuensinya. Sebagai gantinya, Anda bisa melakukan diet sehat yang lebih aman dan tidak berbahaya. Berikut tips diet sehat yang bisa Anda terapkan agar tidak membahayakan kesehatan tubuh.

Apa Itu Diet Sehat?

Diet Sehat - Berat Badan

Kebanyakan orang menganggap bahwa diet berarti mengubah pola makan, mengurangi porsi makan, dan jenis makanannya. Maka dari itu, banyak yang beranggapan jika diet hanya perlu dilakukan oleh orang-orang yang ingin memiliki tubuh kurus. Diet adalah suatu metode yang dilakukan dengan cara mengatur asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh guna mendapatkan dan menjaga berat badan yang ideal. 

Pada dasarnya, diet tidak hanya dilakukan untuk mendapatkan badan ideal saja. Beberapa orang melakukan diet dengan tujuan tertentu. Ada yang menjalankan diet karena menderita suatu penyakit, ada pula yang menjalankannya demi menjaga kesehatan.

Diet yang dilakukan untuk menaikkan maupun menurunkan berat badan memiliki cara dan penerapan yang berbeda-beda. Baik menaikkan maupun menurunkan, keduanya harus dilakukan dengan cara yang tepat agar tidak menjadi bumerang untuk diri sendiri. Dalam melakukan program diet, diperlukan cara yang sesuai dengan kebutuhan dan usianya. 

Berapa Banyak Makanan yang Bisa Dikonsumsi?

Makanan yang Bisa Dikonsumsi - Berat Badan

Salah satu kunci utama dari diet sehat yang berhasil adalah memperhatikan jumlah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Kalori yang masuk ke dalam tubuh harus seimbang dengan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh. Dengan begitu tidak akan ada penumpukan lemak berlebih di dalam tubuh.

Setiap orang membutuhkan asupan kalori yang cukup agar metabolisme tubuh bisa berfungsi dengan baik. Agar porsi kalori yang masuk bisa sesuai, Anda perlu merancang diet dan memperhitungkan setiap makanan serta minuman yang dikonsumsi.

Sederhananya, jika Anda ingin menaikkan berat badan, Anda bisa menambah jumlah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Sebaliknya, jika ingin menurunkan berat badan, maka Anda bisa mulai mengurangi porsi kalori yang biasa masuk ke dalam tubuh.

Aturan Jam Makan Saat Diet

Aturan Jam Makan - Berat Badan

Tahukah Anda jika waktu atau jam makan turut mempengaruhi keberhasilan diet? Sebuah penelitian mengungkapkan jika sesehat apapun makanan yang dikonsumsi, apabila jadwal makannya berantakan maka sistem metabolisme tubuh akan jadi kacau dan berantakan.

Banyak orang yang beranggapan jika diet akan lebih mudah berhasil dengan hanya makan satu kali dalam sehari. Faktanya, teori ini tidak benar alias salah besar. Dengan menahan lapar seharian demi dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat akan membuat Anda lebih rentan mengalami hipertensi dan gangguan sistem imun. Anda bisa membagi jadwal dan pola makan seperti berikut ini.

1. Sarapan

Sarapan - Berat Badan

Waktu makan satu ini tidak boleh terlewatkan begitu saja. Mengkonsumsi sarapan protein pada pukul 6 sampai 9.45 pagi efektif mencegah adanya penumpukan lemak dan munculnya rasa lapar palsu. Sebuah penelitian bahkan menyarankan untuk sarapan satu jam setelah bangun tidur dan sebaiknya tidak lebih dari jam 10 pagi.

2. Makan Siang

Makan Siang Diet - Berat Badan

Makan siang yang tepat waktu terbukti lebih cepat dalam menurunkan berat badan dibanding dengan makan siang yang telat atau kesorean. Anda disarankan untuk makan sebelum jam 3 sore.

3. Makan Malam

Makan Malam Diet - Berat Badan

Jadwal makan yang satu ini penting sekali untuk diperhatikan. Dalam tips diet sehat yang tepat, makan malam sebaiknya dilakukan pada pukul 5 sore dan paling lambat pukul 7 malam. Waktu ini dianggap paling sempurna bagi tubuh untuk mencerna makanan yang masuk. Setelah itu, saat Anda tertidur, tubuh akan secara otomatis membakar kalori dan lemak di dalamnya. 

Berbeda dengan makan malam yang dilakukan tepat sebelum tidur. Tubuh tidak akan sempat membakar kalori dan lemak karena harus mencernanya terlebih dulu. Hal inilah yang menyebabkan adanya penumpukan lemak di dalam tubuh.

4. Camilan Pagi dan Siang

Meski sedang diet, bukan berarti Anda tidak diperbolehkan untuk memakan camilan. Untuk mengatur pola makan, Anda bisa membagi sesi camilan ini menjadi dua bagian yakni pagi dan siang. Anda bisa mengkonsumsi camilan sehat apabila tiba-tiba lapar dan belum waktunya makan. Camilan pagi bisa Anda makan 2 sampai 4 jam setelah sarapan. 

Waktu ini paling dianjurkan agar tubuh dapat mengolah makanan yang masuk saat sarapan dengan baik. Sama halnya dengan cemilan pagi, Anda bisa makan cemilan siang untuk membantu mengganjal perut yang lapar. Agar diet bisa berjalan sempurna, Anda bisa makan camilan sehat di waktu yang tepat.

Tips Diet Sehat yang Efektif dan Dapat Menurunkan Berat Badan

Salah satu kunci utama keberhasilan diet adalah cara penerapannya. Jika metode diet yang Anda gunakan salah, tingkat kegagalannya akan jauh lebih tinggi. Tidak hanya metode saja, Anda membutuhkan tips-tips tertentu agar diet ini berhasil. Berikut tips melakukan diet sehat yang bisa Anda terapkan.

1. Perbanyak Mengkonsumsi Air Putih

Minum Air Lemon - Berat Badan

Dimulai dari hal paling dasar terlebih dahulu yakni mengkonsumsi air putih. Air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah meningkatkan metabolisme tubuh yang secara otomatis akan berpengaruh pada hasil diet sehat yang dilakukan. Minum air putih 30 menit sampai satu jam sebelum makan dapat membantu mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Air putih yang dikonsumsi sebelum makan lebih efektif dalam menurunkan berat badan.

2. Membatasi Konsumsi Gula

Batasi Konsumsi Gula - Berat Badan

Gula merupakan salah satu asupan makanan yang memiliki pengaruh besar dalam meningkatnya berat badan. Untuk itu, Anda perlu membatasi konsumsi gula agar diet yang dilakukan berhasil. Asupan gula yang berlebihan dapat memicu penyakit berbahaya seperti diabetes dan jantung. Sebaiknya konsumsi gula sebanyak 6 sampai  9 sendok per hari guna menjaga agar tidak ada asupan gula yang berlebih.

3. Memperbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan Sayuran - Berat Badan

Tips diet sehat yang selanjutnya adalah memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Dua sumber makanan ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk membantu keberhasilan program diet. Buah dan sayur kaya akan serat alami yang baik untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Tidak hanya itu saja, buah dan sayur memiliki banyak nutrisi yang terbukti mampu meminimalisir resiko terkena penyakit berbahaya seperti hipertensi, jantung, dan kanker.

4. Olahraga Secara Rutin

Olahraga Secara Rutin - Berat Badan

Berolahraga secara rutin dapat membantu mempercepat hasil program diet Anda. Meskipun sudah mengatur pola makan dan menjaga asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh, diet akan kurang maksimal jika tidak diimbangi dengan olahraga secara rutin.

Selain dapat membantu mempercepat hasi diet, olahraga juga dapat mencegah masuknya penyakit berbahaya ke dalam tubuh. Anda bisa menetapkan jadwal berolahraga minimal tiga kali dalam seminggu. Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda coba di rumah seperti jogging, senam, yoga, dan masih banyak lagi.

5. Mengkonsumsi Telur Saat Sarapan

Konsumsi Telur - Berat Badan

Tahukah Anda bahwa telur merupakan salah satu makanan yang ampuh dalam menurunkan berat badan? Mengkonsumsi telur saat sarapan menjadi salah satu tips diet sehat yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Dibanding dengan makanan berbahan gandum, telur jauh lebih efektif dalam menurunkan berat badan. 

Telur memiliki kemampuan yang dapat membuat tubuh menyerap lebih sedikit kalori dalam waktu 36 jam kedepan. Dengan begitu, tubuh bisa berat badan dan lemak dalam tubuh bisa berkurang lebih cepat.

6. Membatasi Asupan Lemak Jenuh

Membatasi Asupan Lemak - Berat Badan

Lemak merupakan salah satu bagian dari tubuh yang memiliki peran penting dalam meningkatkan berat badan. Keberadaan lemak yang berlebih dapat membuat tubuh terasa berat dan berat badan menjadi bertambah. Untuk menghindari adanya penumpukan lemak di dalam tubuh, Anda perlu membatasi asupan lemak jenuh yang masuk. Lemak jenuh yang terlalu banyak dapat meningkatkan resiko terserang penyakit berbahaya.

Baca Juga: Ciri-Ciri Kanker Payudara yang Perlu Anda Waspadai

Demikianlah rangkaian tips diet sehat yang bisa Anda terapkan agar bisa berhasil dalam waktu cepat. Diet sehat dapat membantu mendapatkan berat badan ideal sekaligus mencegah adanya penyakit berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, ketika ingin menurunkan berat badan, akan sangat dianjurkan untuk melakukan tips diet yang sehat seperti ini ya!