Tips menjaga kesehatan tubuh saat ini adalah menjadi hal yang lumrah dilakukan. Anda pasti sudah mengetahui bahwa kesehatan adalah suatu hal yang tidak bisa ternilai, bahkan pentingnya melebihi harta benda Anda. Terlebih, di kondisi pandemi saat ini.

Baca Juga: Berbagai Tips Tidur Cepat dan Lebih Nyenyak

Untuk mendapatkan kondisi sehat tersebut, banyak orang yang sudah terlanjur sakit mengupayakan segala hal agar kondisinya kembali sehat seperti sedia kala. Namun demikian, saat kondisinya sehat, banyak orang justru terlena untuk melakukan hal-hal yang tidak menyehatkan alih-alih menjaga kesehatan kondisi tubuhnya. Padahal Anda pasti juga sudah familiar dengan pepatah bahwa mencegah lebih mudah daripada mengobati. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk menjaga kesehatan juga lebih murah dibandingkan mengobati.

Lalu, apa saja dan bagaimana cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kondisi kesehatan Anda? Simak beberapa tips menjaga kesehatan tubuh berikut ini!

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Sehat

1. Kelola Stress Anda

Kelola Stress Anda - Menjaga Kesehatan

Anda pasti pernah mendengar ungkapan bahwa di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Pepatah tersebut menunjukan bahwa kondisi kesehatan tubuh Anda itu saling berkaitan dengan kondisi kesehatan mental Anda. Menjaga kesehatan mental juga merupakan hal yang penting bagi kondisi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Hal ini penting dikarenakan beberapa kondisi mental yang tidak baik seperti adanya tekanan dan stress, akan mengakibatkan efek yang buruk bagi kondisi kesehatan fisik Anda.

Stress memang dapat datang dan dipicu oleh banyak hal. Baik yang berasal dari diri Anda sendiri atau lingkungan di sekitar Anda. Oleh sebab itu, Anda harus belajar untuk memulai mengelolanya dengan baik. Sebab, apabila Anda tidak bisa mengelolanya dengan baik, maka kesehatan fisik Anda akan menjadi imbasnya. Hal ini disebabkan karena stress bisa memicu timbulnya radikal bebas di dalam tubuh Anda. Radikal bebas ini tentunya dalam jangka panjang akan berakibat buruk bagi kondisi kesehatan.

2. Jaga Pola Makan Sehat

Jaga Pola Makan Sehat - Menjaga Kesehatan

Tahukah Anda bahwa terjaganya kesehatan sistem perncernaan dan asupan gizi adalah kunci utama untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh? Oleh sebab itu, menjaga pola makan sehat adalah hal yang penting Anda lakukan dalam upaya menjaga kesehatan tubuh Anda. Pola makan yang sehat ini juga bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan Anda dan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang dibutuhkan tubuh Anda.

Anda harus menjaga pola makan dengan gizi yang seimbang dengan mengonsumsi karbohidrat, serat, protein, dan lemak yang cukup. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan nutrisi berupa vitamin dan mineral agar tetap tercukupi untuk menunjang proses metabolisme tubuh secara optimal. Pilihan variasi buah dan sayur yang Anda konsumsi dapat membantu tubuh Anda untuk mendapatkan berbagai nutrisi yang dibutuhkan.

Hal lain yang perlu untuk Anda ingat adalah, pilih bahan makanan yang menyehatkan dan sebisa mungkin hindari bahan makanan yang tidak menyehatkan seperti makanan cepat saji, makanan yang berpengawet, makanan tinggi gula, tinggi lemak, dan tinggi garam.

3. Beristirahatlah dengan Cukup

Beristirahatlah dengan Cukup - Menjaga Kesehatan

Tips menjaga kesehatan tubuh selanjutnya adalah beristirahat dengan cukup. Mengapa Demikian? Sudahkah Anda beristirahat dengan cukup? Anda setidaknya membutuhkan 7 hingga 8 jam waktu yang Anda gunakan untuk beristirahat malam atau tidur.

Sudahkah Anda mencukupi jam tidur sesuai dengan anjuran tersebut? Tidur yang cukup merupakan faktor penting untuk menjaga kondisi tubuh Anda tetap sehat. Stress yang sudah Anda berhasil kelola dan pola makan sehat yang sudah Anda berhasil jalankan akan sia-sia jika waktu tidur Anda masih cenderung berantakan dan bahkan kurang.

Tidur yang telah sesuai dengan durasi 7 hingga 8 jam juga belum cukup optimal. Anda juga harus memperhatikan kualitas dari tidur Anda apakah baik atau buruk. Kualitas tidur yang buruk ditAndai dengan rasa lelah dan pegal pada badan Anda setelah Anda terbangun di keesokan harinya. Sebaliknya, Anda dapat menilai kualitas tidur Anda sudah baik jika terbangun pada pagi hari dalam kondisi segar dan bugar. Oleh sebab itu, berusahalah untuk memperbaiki pola tidur Anda supaya teratur dan menjaga kualitasnya untuk menjaga kesehatan Anda, khususnya untuk menjaga tubuh Anda tetap bugar di keesokan hari.

4. Jagalah kebersihan Diri dan Lingkungan Anda

Jagalah kebersihan Diri dan Lingkungan Anda - Menjaga Kesehatan

Sudahkah Anda selalu mencuci tangan sebelum makan? Mungkin dalam beberapa kali kesempatan, Anda melupakan hal tersebut. Namun, Anda perlu waspada dan berhati-hati supaya hal tersebut tidak berubah menjadi kebiasaan buruk yang akan menyebabkan timbulnya berbagai masalah kesehatan bagi tubuh Anda di kemudian hari.

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan Anda adalah hal yang sangat penting. Terlebih lagi pada masa pandemi saat ini yang mengharuskan Anda untuk lebih serius memperhatikan higienitas diri dan lingkungan Anda agar tidak tertular Covid-19. Jika Anda belum terbiasa, hal tersebut memang akan sangat merepotkan bagi Anda. Namun bayangkan kerugian yang akan Anda rasakan saat terkena masalah kesehatan, akan sangat merepotkan bukan? 

Oleh sebab itulah penting bagi Anda untuk memupuk kebiasaan dalam menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Sebab, apabila Anda tidak menjaga kebersihan tersebut, Anda akan mengalami resiko terpapar virus, bakteri, dan mikroba tak kasat mata yang akan sangat membahayakan bagi kondisi kesehatan Anda.

5. Rutinlah Berolahraga

Rutinlah Berolahraga - Menjaga Kesehatan

Tips menjaga kesehatan tubuh selanjutnya adalah dengan rutin melakukan olahraga. Dengan berolahraga badan akan terasa bugar kembali.

Dalam satu minggu, berapa kali Anda melakukan olahraga? Usahakan untuk bisa melakukan olahraga sedikitnya 2 hingga 3 kali setiap minggunya. Itu adalah jumlah minimal yang disarankan. Jika Anda bisa melakukan olahraga secara rutin setiap harinya, akan lebih bagus bagi kondisi kesehatan Anda.

Banyak variasi olahraga yang bisa Anda pilih. Mulai dari olahraga ringan seperti berjalan kaki atau jogging, hingga olahraga-olahraga ekstrim atau olahraga dengan intensitas tinggi. Tentunya, hal tersebut bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Selain itu, pertimbangkan pula aspek keselamatan diri Anda saat melakukan olahraga di kala kondisi pandemi saat ini.

Olahraga memang seharusnya menjadi bagian dari pola hidup sehat. Selain berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh, olahraga juga bisa Anda jadikan sebagai sarana refreshing untuk mengurangi kepenatan Anda setelah beraktivitas padat sehari-hari. Sehingga, selain berguna untuk menjaga kondisi tubuh, olahraga juga bisa berfungsi untuk meredakan stress.

6. Hindari kebiasaan buruk yang membahayakan

Hindari kebiasaan buruk yang membahayakan - Menjaga Kesehatan

Tips menjaga kesehatan tubuh yang terakhir adalah dengan menghindari kebiasaan buruk yang membahayakan. Seperti merokok, mengkonsumsi makanan cepat saji, dan terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol.

Baca Juga: Karbohidrat Kompleks Lebih Menyehatkan, Benarkah?

Anda harus menyadari bahwa kebiasaan-kebiasaan tersebut adalah kebiasaan yang memberikan efek yang buruk bagi kesehatan Anda. Efek yang ditimbulkan beragam mulai gangguan kesehatan ringan dan gangguan kesehatan berat seperti kanker, penyakit jantung, atau kegagalan organ lainnya yang terjadi dalam jangka waktu panjang. Oleh sebab itu, Anda sangat disarankan untuk mulai mengurangi kebiasaan-kebiasaan tersebut dan bahkan meninggalkannya.