Saat menjalani ibadah puasa tidak mustahil untuk tetap mendapatkan kulit glowing dan sehat. Tentunya sangat penting bagi kamu untuk menjaga penampilan wajah tetap fresh meskipun sedang puasa. Untuk itu kamu perlu mencari tahu cara menjaga kesehatan kulit saat puasa agar kulit tetap terhidrasi.

Baca Juga: Bolehkah Puasa Saat Radang Tenggorokan? Ini Dia Penjelasannya!

Saat puasa tubuh cenderung mengalami kekurangan asupan makanan dan minuman. Selain itu perubahan pola tidur juga dapat mempengaruhi kondisi kulit tubuh. Meskipun sedang berpuasa, kondisi kulit harus tetap terjaga agar tetap terhidrasi sehingga tidak menyebabkan kulit kering dan kusam. Pastinya kamu menginginkan kulit yang sehat dan glowing agar membuatmu tampil percaya diri.

Inilah Berbagai Cara Menjaga Kesehatan Kulit Saat Puasa

1. Menjaga kesehatan kulit dengan asupan cairan tubuh

Air Minum - Menjaga Kesehatan Kulit

Cara menjaga kesehatan kulit saat puasa adalah dengan menjaga asupan cairan untuk tetap terpenuhi. Asupan cairan yang terpenuhi akan membuat tubuh tetap terhidrasi. Ini sangat bermanfaat saat kamu sedang berpuasa dan harus menahan lapar dan haus.

Untuk itu kamu bisa mencukupi kebutuhan air minum saat sahur dan setelah berbuka. Kamu bisa menerapkan rumus 2-4-2 yaitu saat berbuka minum 2 gelas air putih. Lalu saat malam minum 4 gelas dan 2 gelas untuk sahur. Dengan begitu asupan cairan dalam tubuh akan terpenuhi saat puasa. 

2. Mengonsumsi buah segar saat berbuka dan sahur

Buah Segar - Menjaga Kesehatan Kulit

Buah segar dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin untuk tubuh. Pastikan kamu banyak mengonsumsi buah segar yang mengandung banyak air sehingga akan memberikan nutrisi untuk kulit. Selain itu cairan dalam tubuh juga dapat terpenuhi dengan buah-buahan yang memiliki banyak kandungan air.

Kamu bisa memilih mengkonsumsi buah-buahan seperti semangka, stroberi, tomat dan lain-lain. Buah-buahan tersebut dapat membuat kulit kamu sean cantik saat berpuasa. Pastinya saat lebaran nanti kulit kamu akan terlihat sehat dan cerah.

3. Menghindari konsumsi minuman berkarbonasi

Minuman Soda - Menjaga Kesehatan Kulit

Saat berpuasa alangkah baiknya untuk tidak mengonsumsi minuman yang mengandung karbonasi seperti soda dan kafein. Minuman tersebut akan membuat kulit kamu semakin kering dan tidak terhidrasi. Apalagi saat puasa, kulit lebih rentan terkena dehidrasi. Sehingga lebih diutamakan untuk minum air putih.

Tak saat puasa saja, minuman berkarbonasi lebih baik untuk dihindari dan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini akan mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh tak hanya menjaga kesehatan kulit saja. 

4. Mencegah kulit dehidrasi

Kulit Kering - Menjaga Kesehatan Kulit

Cara menjaga kesehatan kulit saat puasa adalah dengan mencegah kulit kering yang disebabkan karena dehidrasi. Tanda-tanda kulit dehidrasi biasanya dapat dilihat dari kondisi kulit bersisik, pecah-pecah dan gatal. Tentunya kondisi tersebut membuat kamu tidak nyaman.

Apalagi saat berpuasa biasanya kondisi bibir juga ikut kering dan pecah-pecah. Untuk mencegah hal itu terjadi adalah dengan mengonsumsi air putih dengan cukup saat berbuka dan sahur. Dengan begitu kondisi kulit akan menjadi lembab dan tidak kering lagi.

5. Rutin membersihkan wajah 

Mencuci Muka - Menjaga Kesehatan Kulit

Membersihkan wajah merupakan hal wajib yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihannya. Membersihkan wajah dapat menggunakan facial foam sesuai dengan kondisi kulit. Sehingga kotoran dan bakteri yang menempel pada wajah akan hilang dan menjadikan kulit wajah lebih sehat.

Disarankan untuk mencuci wajah dengan pembersih berbahan dasar ringan dan tidak mengandung alkohol. Dengan begitu tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit wajah dan meminimalisir munculnya bruntusan atau jerawat.

6. Menggunakan pelembab dan sunscreen

Pakai Pelembab - Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu cara menjaga kesehatan kulit saat puasa dengan menggunakan pelembab dan sunscreen. Menggunakan pelembab dengan bahan yang menghidrasi kulit sangat membantu disaat mengurangnya jumlah konsumsi air di siang hari. Apabila kulit wajah kamu berminyak maka kamu bisa menggunakan pelembab wajah khusus.

Selain itu saat bulan puasa biasanya cuaca sedang panas maka kamu perlu menggunakan sunscreen yang mengandung SPF untuk menjaga kesehatan kulit dari paparan sinar matahari. Paparan dari sinar matahari juga mengakibatkan kulit menjadi kusam.

7. Istirahat dengan cukup

Istirahat yang cukup - Menjaga Kesehatan Kulit

Saat puasa biasanya harus terbangun untuk sahur sehingga kualitas tidur kamu akan semakin berkurang. Untuk mengatasi dan menjaga kesehatan kulit hal tersebut usahakan tidak tidur larut malam. Dengan begitu kualitas tidurmu jadi lebih tercukupi. Tidur cukup membuat kulitmu lebih sehat dan fresh.

Saat puasa kamu bisa memanfaatkan waktu siang untuk tidur sebentar agar tubuh lebih fit lagi. Setelah energi kamu berhasil terkumpul kamu bisa mulai menyiapkan hidangan untuk berbuka.

8. Melakukan Olahraga rutin

Olahraga yang Rutin - Menjaga Kesehatan Kulit

Selain itu kamu juga bisa mengimbangi dengan berolahraga secara rutin. Olahraga dapat membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh dan mengurangi stress. Sistem metabolisme yang lancar dapat membantu tidur lebih berkualitas.

Kamu bisa melakukan olahraga ringan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Misalnya dengan berlatih yoga atau berjalan santai. Jangan memaksa untuk berolahraga berat saat berpuasa. Alih-alih kamu bisa kecapean dan terpaksa membatalkan puasa sebelum waktunya berbuka.

9. Mengonsumsi makanan yang tepat

Sayuran dan Buah - Menjaga Kesehatan Kulit

Menentukan pola makan yang tepat harus dilakukan saat berpuasa. Pemilihan yang tepat dapat membantu melindungi kulit wajah saat puasa. Kamu bisa mengonsumsi sayuran dan buah yang mengandung banyak vitamin A, B dan C serta mengandung banyak serat. Vitamin tersebut sangat ampuh untuk menjaga kulit tetap glowing dan sehat.

10. Mengurangi konsumsi gula

Kurangi Gula - Menjaga Kesehatan Kulit

Mengkonsumsi gula secara berlebihan memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh dan kulit. Gula dapat memicu penuaan dini dan munculnya breakout di wajah. Selain itu juga dapat melemahkan kekebalan tubuh dan membuat kulit kendur. Maka dari itu usahakan saat sahur maupun berbuka puasa untuk tidak mengkonsumsi gula secara berlebihan.

Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh Dengan Cara Menjaga Kesehatan Kulit Saat Puasa

Selama berpuasa kondisi tubuh cenderung lemas dan malas untuk beraktifitas. Namun jika keadaan tersebut terus dibiarkan justru akan mempengaruhi kesehatan dan kecantikan tubuh. Padahal dengan berpuasa juga memiliki manfaat pada kesehatan dan kecantikan jika kamu tahu bagaimana cara menjaga kesehatan kulit saat puasa. 

Inilah manfaat menjalankan puasa yang perlu kamu ketahui:

  • Mampu mengatasi jerawat

Salah satu manfaat berpuasa adalah dapat membantu mengatasi dan mencegah jerawat sehingga menjadikan kulit jadi lebih bersih. Pastinya jerawat dapat membuat penampilan kamu tidak percaya diri.

Bagi kamu yang sulit untuk mengatasi jerawat membandel, dengan berpuasa di bulan ramadhan ini siapa tahu ampuh untuk menghilangkan jerawat.

Dengan berpuasa tubuh akan beristirahat untuk mencerna makanan. Dengan begitu sistem regeneratif pada sel tubuh akan bekerja lebih baik untuk menjaga kesehatan kulit. Sehingga dapat mencegah jerawat muncul di wajah kamu.

  • Fungsi otak meningkat

Berpuasa ternyata memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi brain-derived neurotrophic atau bisa disebut dengan BDNF di dalam otak. BDNF bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan saraf dan mengaktifkan sel induk di dalam otak sehingga berubah menjadi sel baru. Selain itu juga bermanfaat untuk mencegah pikun karena sel otak lebih terlindungi.

  • Menjaga kualitas kuku dan rambut

Saat berpuasa ternyata kuku dan rambut juga perlu untuk dirawat agar kualitasnya tetap terjaga. Seperti halnya kulit, keduanya akan melakukan regenerasi dan membutuhkan perawatan intens. Dengan begitu kuku dan rambut akan tumbuh dengan cantik lagi.

Baca Juga: Tips Tentang Cara Menjaga Kesehatan Selama Puasa Di Bulan Ramadhan

Itulah berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menjaga kesehatan kulit saat puasa. Pastinya kulit kamu tetap terhidrasi dan lembab meskipun sedang berpuasa. Pastinya saat lebaran nanti kamu jadi lebih percaya diri saat silaturahmi dengan keluarga dan kerabat lainnya. Yuk terapkan berbagai saran tersebut pada kehidupan sehari-hari.