Puasa merupakan suatu kegiatan menahan lapar dan minum serta mengendalikan hawa nafsu yang dilakukan karena tuntutan agama maupun suatu budaya tertentu. Dalam Islam terdapat puasa wajib yang disebut sebagai puasa ramadhan. Puasa ini dilakukan selama satu kali dalam satu tahun. Meskipun saat puasa tidak makan dan minum dalam waktu tertentu namun manfaat puasa bagi otak sangat bagus.

Baca Juga: Berbagai Cara Menjaga Kesehatan Jantung yang Perlu Diketahui

Bulan suci ramadhan pastinya sangat ditunggu-tunggu bagi umat muslim. Pada bulan ini umat muslim akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Ternyata selain mendapatkan pahala dengan menahan lapar dan dahaga serta hawa nafsu, kamu bisa mendapatkan manfaat puasa bagi otak. Tentunya bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

Ini Yang Terjadi Pada Otak Saat Puasa

Puasa memiliki banyak manfaat puasa bagi otak pada kesehatan tubuh. Seperti halnya sangat berpengaruh untuk mencegah berbagai penyakit seperti alzheimer dan penyakit parkinson. 

Saat puasa tubuh mampu mengubah aktivitas otak dan mempengaruhi elastisitas manfaat puasa bagi otak. Aktivitas otak bisa dimulai dari proses pembelajaran dan pengalaman serta membentuk interaksi dan jaringan baru pada sel saraf otak. Maka dari itu dengan berpuasa memiliki pengaruh fungsional pada otak secara menyeluruh.

Asupan kalori pada tubuh juga dibatasi selama menjalani puasa. Tentunya hal ini juga diyakini dapat memicu perubahan fungsi otak sehingga dapat membentuk jaringan otak baru dan merangsang pertumbuhan sel otak. 

Selain itu puasa juga bermanfaat pada perubahan sistem metabolisme tubuh. Perkembangan pada jaringan otak sangat dipengaruhi oleh banyak faktor seperti perubahan lingkungan hingga faktor makanan. Ternyata dengan berpuasa selama satu bulan penuh dapat membantu proses pembaruan jaringan otak.

Inilah Berbagai Manfaat Puasa Bagi Otak

Menjalankan puasa tidak hanya sebagai tuntunan ibadah saja melainkan bisa dilakukan untuk kebutuhan medis. Bahkan dengan berpuasa dapat menyembuhkan berbagai penyakit tertentu. Salah satunya adalah manfaat puasa bagi otak sudah sangat populer dan banyak yang membuktikannya. 

Nah, pastinya kamu sudah penasaran kan apa saja manfaat puasa bagi otak? Langsung saja inilah manfaat puasa bagi otak yang perlu kamu ketahui:

1. Meningkatkan fungsi otak

Brain-Derived Neurotrophic - Manfaat Puasa Bagi Otak

Manfaat puasa bagi otak adalah dapat meningkatkan fungsi otak dalam menghantarkan berbagai sinyal tertentu. Hal ini karena saat puasa terdapat perubahan sumber energi yaitu dengan melepaskan lemak sebagai keton ke dalam darah yang dimanfaatkan menjadi sumber energi.

Selain itu juga dapat diimbangi dengan olahraga rutin. Dengan begitu akan semakin menunjukan manfaat bagi otak yaitu meningkatkan jumlah mitokondria yang menjadi tempat respirasi dalam menghasilkan energi serta meningkatkan jumlah neuron. 

Puasa juga memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi protein di brain-derived neurotrophic atau bisa disebut dengan BDNF di dalam otak. BDNF memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan saraf, fungsi otak dan mengaktifkan sel induk di dalam otak sehingga berubah menjadi sel baru. 

2. Organ hati menjadi sumber energi pada otak

Organ Hati - Manfaat Puasa Bagi Otak

Saat berpuasa tubuh membutuhkan asupan glukosa yang penting untuk otak. Namun selama puasa tubuh tidak mampu memenuhi glukosa sampai separuh kebutuhan otak. Hal ini mengakibatkan tubuh untuk memecah cadangan energi berupa glikogen dan asam lemak yang ada di organ hati.

Kondisi ini sangat bermanfaat bagi tubuh karena mendapatkan cadangan energ yang berasal dari organ hati. Hal ini mengakibatkan tubuh masih memiliki kesempatan untuk melakukan regenerasi atau memperbarui cadangan energ tubuh. 

3. Memperbaiki sel-sel otak

Sel Otak - Manfaat Puasa Bagi Otak

Kebutuhan energ saat berpuasa berbeda dengan hari biasanya. Selama puasa tubuh membutuhkan asam lemak yang sangat bermanfaat puasa bagi otak. Kondisi ini muncul karena asam lemak yang digunakan sebagai sumber energi otak mengalami proses ketosis yang mengakibatkan otak untuk melakukan perombakan sehingga dapat memperbaiki sel-sel dalam otak.

4. Stimulasi sel baru pada otak melalui rasa lapar

Stimulasi Sel Baru Pada Otak - Manfaat Puasa Bagi Otak

Tubuh cenderung merasa lapar saat sedang berpuasa. Hal ini sangat wajar karena dalam kondisi waktu tertentu tubuh harus menahan rasa lapar dan haus. Namun bukan berarti ini menjadi hal buruk karena menahan lapar saat puasa memiliki manfaat yang baik.

Selama puasa akan muncul hormon lapar, ghrelin, yang memicu timbulnya proses aufogi. Proses ini merupakan proses untuk menghancurkan sel-sel lama pada otak sehingga akan tercipta sel baru berkualitas yang berasal dari perombakan. Sel baru tersebut akan menjalankan fungsi vital otak dengan baik.

5. Mencegah alzheimer

Mencegah Alzheimer - Manfaat Puasa Bagi Otak

Penyakit otak seperti alzheimer dapat menyerang siapapun mulai dari usia muda hingga tua. Dengan adanya berbagai ulasan manfaat puasa bagi otak seperti diatas dapat meminimalisir penyakit alzheimer. Penyakit tersebut bisa dicegah melalui perbaikan, perombakan dan pembaruan sel dalam organ otak.

Penyakit alzheimer dapat disebabkan karena tidak terjadi perombakan sel lama oleh otak. Oleh karena itu dengan melakukan puasa selama bulan ramadhan dapat menurunkan resiko terkena penyakit alzheimer.

6. Meremajakan fungsi dan kinerja sel

Meremajakan fungsi dan kinerja sel - Manfaat Puasa Bagi Otak

Saat puasa tubuh melakukan proses perubahan dan konversi pada asam amino yang diakumulasi dari makanan. Sebelum melakukan distribusi ke dalam tubuh terjadi proses format ulang yang menyebabkan meningkatnya fungsi dan kinerja baru sel. Setiap hari terjadi sel mati dalam tubuh hingga mencapai 125 juta per detik. Namun sel tersebut kembali tumbuh bisa dalam jumlah yang lebih banyak.

Peremajaan kulit sangat bagus terutama bagi kaum wanita. Menjaga kesehatan kulit tidak hanya dilakukan dengan menggunakan produk kosmetik melainkan bisa dilakukan dengan berpuasa. Manfaat puasa dapat meremajakan sel kulit mati sehingga bisa lebih sehat dan cerah.

7. Detoksifikasi

Detoksifikasi - Manfaat Puasa Bagi Otak

Puasa bermanfaat untuk proses detoksifikasi atau membuang racun yang ada di dalam tubuh. Selama berpuasa tubuh tidak mendapat asupan makanan atau minuman selama seharian. Dengan begitu membuat pencernaan tidak bekerja lebih berat sehingga tubuh bisa membuang racun di dalam tubuh.

Selain itu saat tubuh melakukan proses pembakaran lemak menjadi energi tubuh tetap akan membuang racun berbahaya pada lemak. Dengan begitu tubuh bisa menjadi lebih sehat dan bugar lagi.

8. Mencegah terjadinya stress

Mencegah Stress - Manfaat Puasa Bagi Otak

Manfaat puasa bagi otak adalah dapat mencegah dan menghindari terjadinya stress. Pada umumnya manusia pernah berada di situasi stress. Akan tetapi stress secara berlebihan sangat tidak dianjurkan karena akan mempengaruhi kondisi kesehatan termasuk otak. 

Saat stress akan membuat otak menjadi sangat aktif. Hal ini karena terus menerus kepikiran dengan masalah yang sedang dialami. Sehingga dapat mempengaruhi rutinitas sehari-hari termasuk pola tidur. Stress berlebihan sangat berdampak pada kesehatan otak dalam jangka panjang dan jika dibiarkan dapat menyebabkan depresi dan gangguan kecemasan. 

Dengan berpuasa dapat menurunkan tingkat stress dan kecemasan dengan lebih baik. Karena saat puasa tidak hanya dituntut untuk tidak makan dan minum melainkan juga menahan hawa nafsu. Dengan begitu tubuh akan memperbaiki kerusakan sel akibat stress secara maksimal.

Menu Sehat Untuk Otak Yang Baik Dikonsumsi Saat Buka Puasa

Saat puasa tubuh membutuhkan asupan makanan yang bernutrisi. Tubuh sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan otak. Berikut inilah beberapa makanan yang menjadi sumber nutrisi :

  • Kuning telur

Salah satu makanan yang bisa membantu menyehatkan otak adalah kuning telur. Ini karena kuning telur memiliki berbagai kandungan vitamin seperti vitamin B, asam folat, B6, dan B12 yang bermanfaat untuk meningkatkan ingatan pada otak dan juga mengatur mood untuk lebih baik.

  • Kacang

Kacang memiliki kandungan yang bagus untuk kesehatan otak. Berbuka puasa dengan kacang sepertinya sangat cocok untuk dikonsumsi. Hal ini karena kacang mengandung vitamin E, asam lemak, omega-3 dan mineral pada kacang mampu mengurangi stress dan kecemasan berlebihan.

  • Kunyit

Kunyit dapat diolah menjadi jamu kunyit yang memiliki manfaat efektif dalam melindungi otak dari penyakit neurodegeneratif dan meningkatkan oksigen di dalam otak. Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi pada kunyit sangat membantu dalam meningkatkan daya ingat.

  • Sayuran

Sayuran memang dikenal sebagai makanan yang memiliki banyak sumber gizi dan nutrisi. Sayur-sayuran seperti bayam, kangkung, dan brokoli sangat baik untuk meningkatkan jaringan sel otak karena mengandung vitamin esensial, mineral dan antioksidan.

  • Buah berry

Buah berry disebut dapat melindungi otak dari stress dan gangguan kecemasan secara berlebihan. Kandungan antosianin, anti-inflamasi dan antioksidan mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga tidak akan mengalami stress.

Baca Juga: Simak 14 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Dibawah Ini

Itulah berbagai hal yang perlu kamu tahu terkait manfaat puasa bagi otak dan menu sehat yang sangat disarankan dikonsumsi saat puasa. Semoga bermanfaat!