Untuk beberapa orang, manfaat kopi sejauh ini cuman dipandang seperti menambah energi saat menyambut hari, ataupun waktu mengantuk. Walau sebenarnya, banyak riset yang mengutarakan jika kopi mempunyai bermacam manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: Tips Mengatasi Kesehatan Mental dengan Benar

Kopi sebagai satu diantara minuman terpopuler di dunia. Kopi murni yang dikonsumsi tanpa gula atau susu, memiliki kandungan antioksidan tinggi dan sejumlah gizi yang berguna untuk badan, seperti riboflavin (vitamin B2), asam pantotenat (vitamin B5), mangan, kalium, natrium, magnesium, dan niacin (vitamin B3).

Manfaat Konsumsi Kopi yang Terdapat di Tiap Seruputnya

Beberapa riset yang dilakukan melihatkan jika orang yang teratur minum kopi 2 sampai 3 cangkir kopi satu hari mempunyai resiko lebih rendah alami penyakit serius, seperti diabetes tipe 2, kanker, penyakit jantung, penyakit Parkinson, dan masalah hati.

1. Mengurangi Resiko Terserang Diabetes Tipe 2

Mengurangi Resiko Terserang Diabetes Tipe 2 - Konsumsi Kopi

Manfaat kopi untuk kesehatan yang barangkali dapat diperoleh salah satunya dengan mengurangi resiko terserang diabetes tipe 2. Study yang dilaksanakan sebuah kampus terkenal mengatakan jika orang yang konsumsi kopi lebih dari satu cangkir setiap hari selama empat tahun, mempunyai resiko terserang diabetes tipe 2 lebih rendah sejumlah 11 %.

Tetapi, kopi bukan merupakan masalah yang dapat mempengaruhi resiko diabetes. Selain itu, harus diingat jika menambah terlalu banyak gula ke kopi, malah bisa tingkatkan risiko berlangsungnya penyakit ini.

2. Mengurangi Resiko Depresi dan Masalah Peranan Otak

Minum Kopi Agar Tidak Depresi - Konsumsi Kopi

Riset lain memperlihatkan jika kopi kemungkinan bisa kurangi resiko stres dan menolong mempertahankan kesehatan otak, hingga menahan demensia dan stroke. Berdasar riset yang dilaksanakan, minum minimal empat cangkir kopi mengandung kafein menurunkan resiko terserang stres sekitar 20 %. Untuk memperoleh manfaat kopi yang ini, dianjurkan konsumsi produk kopi yang memiliki kandungan kafein tinggi.

3. Turunkan Resiko Terserang Penyakit Parkinson

Turunkan Resiko Terserang Penyakit Parkinson - Konsumsi Kopi

Kegembiraan para peminum kopi belum usai. Kali ini, beberapa periset mengaitkan jika konsumsi kopi dan kafein yang tinggi kemungkinan dapat menurunkan resiko terserang penyakit Parkinson secara signifikan.

Tidak cuma bisa menahan penyakit Parkinson, dalam riset ini diutarakan jika konsumsi kopi dipandang berguna untuk mereka yang telah terserang penyakit ini. Kandungan kafein dalam kopi dipandang sanggup menolong beberapa pasien Parkinson dalam mengatur pergerakan badan.

4. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit pada Organ Hati

Menurunkan Risiko Terkena Penyakit pada Organ Hati - Konsumsi Kopi

Sebuah riset mengutarakan jika kopi mempunyai potensi turunkan resiko terserang sirosis hati pada peminum alkohol, sampai 22 %. Mereka yang konsumsi kopi sekitar dua cangkir atau dapat lebih alami pengurangan resiko sampai 66 % pada kematian karena sirosis (perkerasan organ hati).

Tidak hanya sirosis, konsumsi kopi dapat turunkan resiko berlangsungnya kanker hati, perlemakan hati, dan penyakit empedu seperti radang serta batu empedu. Menurut sebuah riset, konsumsi kopi turunkan resiko terserang kanker hati sampai 40 %. Dari riset yang serupa, konsumsi kopi sekitar tiga cangkir satu hari, bisa turunkan resiko terserang kanker hati sampai lebih dari 50 %.

5. Jaga Kesehatan Jantung

Jaga Kesehatan Jantung - Konsumsi Kopi

Menurut riset yang dilaksanakan oleh sebuah instansi pendidikan terkenal dalam dunia, konsumsi kopi dengan jumlah sedang bisa membuat perlindungan seorang dari penyakit jantung. Adapun jumlah sedang itu sama dengan dengan 2 cangkir kopi atau 236,5 ml setiap hari.

Meskipun begitu, manfaat kopi untuk mempertahankan kesehatan jantung dan membuat perlindungan jantung dari penyakit masih belum didukung oleh data yang stabil, sehingga masih dibutuhkan riset selanjutnya.

6. Menjaga Badan Selalu Langsing

Menjaga Badan Selalu Langsing - Konsumsi Kopi

Kopi hitam tanpa gula adalah satu diantara minuman yang memiliki kandungan kalori dengan jumlah yang sangat rendah. Disamping itu, kandungan kafein pada minuman ini sanggup percepat metabolisme dan menolong proses pembakaran lemak pada tubuh.

Karena itu, kopi diakui berguna untuk membantu menjaga badan selalu langsing. Tidak hanya diminum, efek ini dikatakan dapat diperoleh dengan memakan kopi. Tetapi, bermacam manfaat kopi di atas masih memerlukan riset kelanjutan guna memperkuat bukti-bukti yang ada.

Efek Samping Mengkonsumsi Kopi Hitam

Bila dikonsumsi dalam batasan lumrah, kopi hitam bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Tetapi bila dikonsumsi terlalu berlebih, kopi hitam malahan bisa memunculkan bermacam efek yang mempengaruhi kesehatan.

Berikut sejumlah efek yang dapat muncul karena konsumsi kopi hitam terlalu berlebih:

1. Susah tidur

Susah Tidur - Konsumsi Kopi

Bila dimakan terlalu berlebih kopi hitam bisa mengakibatkan Anda menjadi susah tidur. Kurangnya waktu tidur akan turunkan kesiapsiagaan dan performa Anda pada siang hari. Karena itu, awasi konsumsi kopi hitam supaya tidak mengacaukan waktu istirahat Anda pada malam hari.

2. Resah

Resah - Konsumsi Kopi

Rasa resah atau kuatir bisa juga ada saat Anda konsumsi kopi hitam terlalu berlebih. Masalahnya kafein yang terdapat di kopi bisa menghambat pelepasan hormon adenosine (hormon rasa capek) di otak, hingga membuat Anda susah untuk merasa tenang dan istirahat.

3. Masalah Pencernaan

Asam Lambung - Konsumsi Kopi

Kopi hitam mempunyai dampak pencahar dan menggairahkan pelepasan asam lambung, sehingga jika dikonsumsi terlalu berlebih, bisa mengakibatkan sakit di perut. Disamping itu, konsumsi kopi hitam terlalu berlebih dapat memperburuk keadaan penyakit asam lambung (GERD), yang bakal memunculkan keluhan berbentuk nyeri ulu hati.

Bahkan juga aliran pencernaan Anda mempunyai potensi terserang permasalahan jika kebanyakan konsumsi kopi. Walaupun manfaat kopi lumayan baik, kafein yang kebanyakan dikonsumsi dapat mengakibatkan penyakit diare, tingkatkan asam lambung, dan iritasi pada usus. Resiko masalah pencernaan akan semakin tinggi bila Anda suka minum kopi saat perut pada kondisi kosong.

4. Jantung berdebar-debar

Jantung Berdebar - Konsumsi Kopi

Walau minum kopi sesuai kebutuhan bermanfaat untuk turunkan resiko banyak penyakit berat, minum kopi terlalu berlebih malah bisa membuat dampak itu kembali menyerang badan Anda. Kafein yang dikonsumsi kebanyakan malah membuat jantung Anda kerap berdetak kuat dan tidak teratur, sehingga mempunyai potensi tingkatkan risiko penyakit jantung.

Efek yang lain dapat ada karena kebanyakan konsumsi kopi hitam ialah jantung berdebar-debar. Kafein dalam kopi hitam akan menstimulasi jantung berdetak bisa lebih cepat. Untuk menahan ini, Anda perlu batasi konsumsi kopi hitam.

Pada umumnya, batasan aman konsumsi kopi untuk wanita dan pria dewasa ialah 4 cangkir setiap hari, yang mengandung kafein kurang lebih 400 mg. Sementara untuk wanita hamil, batasan konsumsi kopi yang aman cuman 2 cangkir setiap hari, yang mengandung kafein tidak melampaui 200 mg.

Untuk mengambil manfaat kopi dan menghindari efek konsumsi kopi, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsinya dalam batasan wajar. Tetapi bila Anda mempunyai keadaan kesehatan khusus, seharusnya tanyakan dahulu ke dokter untuk ketahui batas dalam konsumsi kopi hitam seperti keadaan Anda.

Baca Juga: Mengenal Asuransi Kesehatan BPJS dan Asuransi Kesehatan Swasta

Apa lagi bila Anda menderita penyakit tiroid, masalah tidur, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, penyakit asam lambung, atau sedang hamil, disarankan untuk kurangi konsumsi kopi dan konsultasi dengan dokter untuk ketahui batas aman konsumsinya. Ini penting untuk mencegah berlangsungnya efek kopi yang tidak diharapkan.