Seledri adalah jenis sayur yang kerap ditemui di beberapa makanan, dari bakso sampai dijadikan juice. Sayuran yang berwarna hijau ini rupanya dipercayai mempunyai segudang manfaat yang bagus untuk kesehatan, termasuk organ ginjal. Apa manfaat daun seledri untuk ginjal?

Baca Juga: Manfaat Kacang Hijau yang Baik Untuk Tubuh

Daun seledri yang memiliki nama latin Apium graveolens adalah jenis sayur yang datang dari Mediterania dan Timur Tengah. Semenjak beratus-ratus tahun lalu, daun seledri telah populer akan manfaatnya untuk kesehatan, seperti asam urat, pengurang nyeri, sampai sakit ginjal.

Bagaimana tidak, manfaat daun seledri memiliki kandungan bermacam jenis nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh badan. Beberapa salah satunya ialah antioksidan, vitamin C, zat besi, sampai asam folat.

Bukan hanya itu, nilai nutrisi yang berada di daun seledri berguna juga untuk mempertahankan kesehatan ginjal. Berikut beberapa manfaat yang dapat Anda dapatkan di daun seledri untuk ginjal Anda.

Manfaat Daun Seledri

1. Mengoptimalkan fungsi ginjal

Mengoptimalkan fungsi ginjal - Manfaat daun seledri

Daun seledri telah diketahui lama untuk sumber antioksidan yang mudah didapat. Antioksidan adalah senyawa yang dibutuhkan untuk melindungi badan dari dampak radikal bebas. Bahkan juga, zat ini dipercaya menolong menghindari penyakit ginjal.

Pengakuan itu ditunjukkan melalui riset dari Journal of Medicine. Beberapa periset dari University of Alabama ini coba lihat bagaimana dampak antioksidan pada kerja ginjal.

Riset ini diikuti oleh 227 orang dewasa yang menderita penyakit ginjal akut. Mereka selanjutnya diminta untuk terima plasebo (obat kosong) dan metil bardoxolone methyl pada jumlah yang telah ditetapkan sepanjang 24-52 minggu.

Hasilnya, pemberian bardoxolone methyl yang memiliki kandungan anti-oksidan ini tingkatkan peranan ginjal sekitar 30%. Walau demikian, beberapa pakar masih ingin mempelajari apa ini menjadi sistem pengobatan ginjal akut.

Maka, kandungan antioksidan yang ada pada seledri dipercaya bisa digunakan untuk tingkatkan performa ginjal.

2. Membantu mengendalikan tekanan darah

Membantu mengendalikan tekanan darah - Manfaat daun seledri

Bukan hanya tingkatkan peranan ginjal, manfaat daun seledri yang lain adalah menolong mengatur tekanan darah yang pasti bagus untuk kesehatan ginjal.

Seperti ini, hipertensi dan penyakit ginjal mempunyai hubungan yang paling kuat. Hipertensi terjadi saat tekanan darah pada pembuluh darah melewati batasan wajar. Keadaan ini bisa disebabkan karena bermacam unsur, khususnya penyumbatan pada pembuluh darah.

Bila tekanan darah begitu tinggi, pembuluh darah pada ginjal juga dapat alami kerusakan. Mengakibatkan, organ berwujud kacang ini kemungkinan tidak bisa bekerja dengan maksimal, hingga kesusahan membuat kotoran dan cairan berlebihan dari badan.

Kandungan konsentrat fitokimia (phthalide) dalam seledri bisa menolong melemaskan jaringan dinding arteri. Dengan demikian, saluran darah juga jadi lebih lancar dan kurangi tekanan darah Anda.

Disamping itu, mempertahankan kesehatan ginjal perlu disertai dengan skema makan baik termasuk diet gagal ginjal, seperti batasi makanan yang tinggi kalium. Anda dapat kadangkala mengubah sayur tinggi kalium, seperti brokoli dan bayam, dengan daun seledri.

Kandungan garam yang ada di tangkai seledri terhitung rendah, maka dapat Anda konsumsi saat ingin jalani diet rendah kalium serta garam.

3. Mengandung flavonoid yang baik untuk ginjal

Manfaat daun seledri juga memiliki flavonoid, yakni zat yang kerap ditemui di sayur-sayuran, tergolong seledri. Manfaat flavonoid yang ada pada daun seledri ini sangat baik untuk ginjal dalam menolong tingkatkan peranan ginjal keseluruhannya. Penemuan ini sudah ditelaah dalam riset dari Frontiers in Physiology.

Study itu memperlihatkan jika flavonoid menolong membuat perlindungan ginjal dari bermacam agen nefrotoksik. Nefrotoksik dikenali sebagai zat yang bisa memicu penyakit gagal ginjal akut dan cedera ginjal kronis karena alkohol, nikotin, serta cadmium.

Senyawa yang dapat dijumpai di apel dan sirsak ini efisien menahan penyakit ginjal yang disebabkan karena hipertensi. Masalahnya flavonoid bisa untuk menolong turunkan tekanan darah serta dapat bersinggungan dengan parenkim ginjal, yakni jaringan penyusun ginjal.

Dari sini yang membuat daun seledri dipercayai mempunyai manfaat yang bagus untuk organ ginjal Anda.

4. Menurunkan kadar kolesterol tubuh

Menurunkan kadar kolesterol tubuh - Manfaat daun seledri

Salah satunya manfaat daun seledri ialah menolong turunkan kandungan kolesterol pada tubuh. Sebuah riset di tahun 2014 lalu ikut juga menunjukkan jika seledri bisa turunkan kandungan kolesterol jahat (LDL).

Bila kandungan LDL terlalu banyak pada darah, resiko alami penyakit stroke dan jantung juga bertambah. Ekstrak seledri bukan hanya menolong turunkan kolesterol jahat, tapi juga trigliserida pada darah.

Bahkan juga, manfaat daun seledri sayur yang ini dapat tingkatkan kandungan kolesterol baik (HDL). Oleh karenanya, bila ingin kurangi resiko dari bermacam penyakit serius itu, Anda dapat memasukkan seledri ke pada menu makanan harian.

5. Menjaga kesehatan organ hati

Menjaga kesehatan organ hati - Manfaat daun seledri

Seledri rupanya mempunyai manfaat untuk mempertahankan kesehatan organ hati. Masalahnya ekstrak metanol dari biji seledri rupanya sanggup membuat perlindungan hati dari kerusakan. Saat organ ini alami kerusakan, pengecekan laboratorium bisa memperlihatkan hasil abnormal seperti kenaikan albumin, SGOT, SGPT, dan keseluruhan protein.

Tetapi rupanya ekstrak dari manfaat daun seledri bisa turunkan beberapa hasil abnormal itu. Saat jaringan hati dilihat di bawah mikroskop, kelihatan ada pembaruan susunan jaringan hati sesudah pemberian ekstrak daun seledri.

Disamping itu, menurut sebuah riset di tahun 2015, kandungan antioksidan yang ada dalam seledri mempunyai peran penting dalam penyembuhan untuk bermacam permasalahan liver.

6. Mencegah dehidrasi

Mencegah dehidrasi - Manfaat daun seledri

Menurut sebuah riset, seledri adalah salah satunya sayur yang mempunyai kandungan air yang lumayan tinggi. Bahkan juga, riset yang dilaksanakan di tahun 2011 itu mengatakan jika kandungan air dalam seledri sekitar 90 %. Tidaklah aneh bila sayur ini mempunyai manfaat dalam menjaga tubuh selalu terhidrasi.

Oleh karenanya, Anda dapat konsumsi sayur yang ini bila ingin menahan dehidrasi. Ya, manfaat daun seledri untuk dikonsumsi ialah bisa menolong Anda penuhi keperluan cairan tubuh harian.

Bahkan juga, tingginya kandungan air dalam seledri membuat sayur ini jadi salah satunya camilan yang cocok untuk dimakan saat udara terasa demikian panas.

7. Mencegah peradangan

Mencegah peradangan

Manfaat daun seledri yang lain dapat Anda rasakan ialah penghambatan pada infeksi. Bagaimana bisa? Rupanya, seledri mempunyai kandungan apigenin yang mempunyai karakter anti inflamasi, antibakteri, antivirus, dan anti-oksidan yang dapat lakukan perlawanan pada radikal bebas pemicu kanker.

Sebuah riset di tahun 2015 menunjukkan jika apigenin dan makanan yang kaya apigenin mempunyai potensi menolong kurangi inflamasi atau infeksi sekaligus kembalikan keseimbangan pada mekanisme imun yang sempat pernah menurun.

Tips Mengolah Daun Seledri

Supaya Anda memperoleh manfaat daun seledri dengan optimal untuk ginjal, Anda dapat mengikut panduan di bawah ini.

  • Potong seledri serta batangnya, lalu masukan ke sup.
  • Pakai daun seledri saat mengolah tahu orak-arik.
  • Konsumsi dengan almond, kacang tanah, atau selai kacang yang diberi kismis.
  • Jadi juice seledri.

Walau daun seledri bagus untuk kesehatan ginjal, bukan berarti Anda harus mengkonsumsinya dengan jumlah banyak. Makan seledri terlalu berlebih tingkatkan resiko hiperkalemia karena kebanyakan kalium pada tubuh.

Baca Juga: Beragam Jenis Obat Sakit Gigi yang Terbukti

Bila Anda kuatir, tanyakan pada dokter apakah seledri aman untuk dimakan. Dengan demikian, resiko penyakit ginjal juga berkurang dan badan jadi lebih sehat.