Banyak manfaat bawang putih namun bukan hanya untuk menambah cita rasa masakan saja, tetapi bawang putih juga dipercaya bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat bawang putih sudah cukup lama dipakai semenjak zaman Mesir kuno, India bahkan juga Tiongkok. Tanaman dari keluarga Allium atau bawang ini lebih banyak dipakai untuk bermacam kepentingan medis.

Baca Juga: Beragam Jenis Makanan Untuk Penderita Kolesterol

Bawang putih adalah satu diantara tipe rempah yang kerap dipakai di Indonesia sebagai bahan untuk menambahkan cita-rasa suatu masakan. Rasanya yang unik jadi alasan bahan ini tak pernah ketinggal dalam tiap olahan makanan.

Sudah tak diragukan lagi bahwa bawang putih sudah lama dipakai untuk penyedap beragam masakan, baik ditumis atau dibakar. Ternyata, tidak cuman mempunyai rasa yang renyah dan lezat, bawang putih bermanfaat juga untuk kesehatan.

Beberapa study menyimpulkan konsumsi banyak bawang putih dengan pengurangan tekanan darah, tingkat kolesterol, memperkuat sistem ketahanan tubuh, dan membenahi aliran darah serta menghindari resiko penyakit jantung.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Manfaat bawang putih untuk kesehatan memanglah belum bisa dibuktikan 100 %, sehingga masih dibutuhkan riset yang lebih dalam. Meskipun begitu, beberapa riset sudah mendapatkan kemungkinan manfaat seperti di bawah ini.

1. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

hipertensi - Manfaat Bawang Putih

Konsentrat bawang putih dapat menurunkan tekanan darah pada pasien penderita hipertensi. Sejumlah penemuan riset mengatakan jika bawang putih bisa memperlebar pembuluh darah dan melemahkan otot halus.

Menurut riset yang dilakukan, tanaman ini juga dapat turunkan kolesterol pada tubuh, tapi bukan berarti bawang putih bisa jadi obat hipertensi atau kolesterol yang efisien karena masih membutuhkan riset yang lebih luas.

2. Melindungi Kesehatan Jantung

Kesehatan Jantung - Manfaat Bawang Putih

Satu diantara manfaat bawang putih yang disebutkan ialah bagus untuk kesehatan jantung. Dari satu riset, dijumpai data jika pemberian suplemen yang memiliki kandungan konsentrat bawang putih mempunyai potensi memberi efek perlindungan untuk kesehatan jantung.

Efek ini dapat diamati karena bawang putih dapat menurunkan kolesterol, dan efek pencair darah yang bisa menolong memperlancar perputaran darah.

Bawang putih dapat melindungi pasien diabetes dari kardiomiopati atau penyakit akut pada otot jantung. Bukti ini didapatkan dari penelitian yang diterbitkan di Journal of Agricultural and Food Chemistry. Riset yang dilaksanakan itu mengatakan jika diallyl trisulfide bahwa minyak bawang putih bisa sehatkan jantung.

3. Mencegah Flu

Flu - Manfaat Bawang Putih

Anda kerap terserang sakit flu? Coba konsumsi bawang putih. Dari studi yang diterbitkan oleh American Family Physician, konsumsi teratur bawang putih bisa kurangi frekuensi penyakit influenza sekaligus mencegahnya.

Bawang putih diakui bisa mencegah pilek karena diduga sanggup perkuat sistem ketahanan tubuh dalam melawan virus. Riset memperlihatkan jika mereka yang biasa mengkonsumsi bawang putih lebih jarang alami flu dan pilek serta akan bisa lebih cepat pulih saat terserang flu dibanding mereka yang tidak.

Disamping itu, aroma bawang putih yang kuat diyakini bisa dipakai sebagai obat untuk sinusitis. Tetapi, bagaimanakah cara kerja dan pemakaian manfaat bawang putih sebagai pencegahan dan pengobatan untuk sinusitis atau flu serta pilek masih perlu ditelaah.

4. Turunkan Resiko Osteoartritis

Osteoartritis - Manfaat Bawang Putih

Manfaat bawang putih yang lain ialah untuk menahan osteoartritis. Sebuah study tentang ini sudah dijalankan di King’s College London serta University of East Anglia.

Riset itu mengatakan, wanita yang teratur konsumsi bawang putih pada menu harian alami pengurangan resiko osteoartritis. Osteoarthritis adalah infeksi persendian yang biasanya berhubungan dengan penuaan.

5. Mengurangi Risiko Kanker

Kanker - Manfaat Bawang Putih

Satu diantara manfaat bawang putih yang tengah banyak diperiksa ialah efeknya dalam melawan kanker. Bila Anda suka makan bawang putih mentah, seharusnya teruskan rutinitas itu. Menurut penelitian yang diterbitkan di jurnal Cancer Prevention Research, manfaat konsumsi bawang putih mentah berhubungan dengan pengurangan resiko kanker.

Study yang dilaksanakan di Jiangsu Provincial Center for Disease Control and Prevention itu mendapatkan, responden yang konsumsi bawang putih mentah sedikitnya dua kali dalam satu minggu alami pengurangan resiko kanker paru sejumlah 44 %.

Bawang putih berpotensi selaku sumber antikanker. Menurut studi lain juga jika mengkonsumsi bawang putih dapat beresiko lebih kecil untuk terserang kanker usus besar. Tetapi, masih diperlukan riset dalam rasio yang semakin besar untuk mengaplikasikannya sebagai penyembuhan secara klinis.

6. Mencegah Alzheimer dan Demensia

Alzheimer dan Demensia - Manfaat Bawang Putih

Satu diantara manfaat bawang putih ialah turunkan bermacam resiko penyakit. Manfaat ini didapat dari kandungan antioksidan dalam bawang putih. Kandungan itu bisa menolong melawan radikal bebas.

Dengan menurunkan depresi oksidatif pada tubuh, tidak hanya bisa menolong turunkan kolesterol serta tekanan darah, antioksidan dapat menolong turunkan risiko penyakit otak seperti Alzheimer dan demensia.

7. Menjaga aliran cerna

Menjaga aliran cerna - Manfaat Bawang Putih

Tidak cuma bagus untuk jantung, manfaat bawang putih yang lain untuk kesehatan saluran cerna. Bawang putih memiliki kandungan zat allicin yang berperan sebagai antibiotik antijamur, serta anti parasit atau obat cacingan. Riset memperlihatkan jika manfaat bawang putih dapat dipakai untuk melawan infeksi bakteri H.pylori di lambung.

8. Memberi Efek Detoksifikasi

Efek Detoksifikasi - Manfaat Bawang Putih

Manfaat bawang putih untuk memberi efek detoksifikasi didapat dari kandungan sulfur dalam bawang putih. Bila dalam jumlah tinggi, kandungan ini memperlihatkan dampak perlindungan atau pelindungan pada organ badan dari toksin metal yang kemungkinan ada pada tubuh.

9. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kesehatan Tulang - Manfaat Bawang Putih

Sebuah riset memakai konsentrat bawang putih yang dikeringkan pada wanita menopause. Hasilnya ditemui ada pengurangan defisiensi estrogen yang mengakibatkan seorang alami osteoporosis.

10. Mencegah Kerusakan Hati

Kerusakan Hati - Manfaat Bawang Putih

Kerusakan hati seringkali disebabkan karena kebiasan jelek, seperti mengkonsumsi minuman mengandung alkohol dalam periode panjang. Tetapi, ini bisa dihindari dengan mendapatkan manfaat bawang putih.

Riset yang dilaksanakan oleh Shandong University, China, memperlihatkan jika kandungan diallyl disulfide (DADS) dalam bawang putih bisa menolong melindungi hati dengan melawan depresi oksidatif yang disebabkan karena etanol.

11. Mencegah Kelahiran Prematur

Kelahiran Prematur - Manfaat Bawang Putih

Pemicu paling sering kelahiran prematur adalah terdapatnya infeksi pada waktu kehamilan. Bawang putih dipandang mempunyai dampak antibicrobial yang bisa menahan infeksi dan turunkan risiko kelahiran prematur.

Tetapi, manfaat bawang putih untuk mencegah kelahiran prematur ini masih memerlukan riset selanjutnya.

Khasiat dan manfaat bawang putih bisa dioptimalkan bila dimakan mentah karena mengolahnya terlalu matang bisa merusak kandungannya yang penting. Bila Anda punya niat memakai suplemen bawang putih untuk tujuan kesehatan, sebaiknya Anda menanyakan lebih dulu ke dokter, terlebih bila Anda mempunyai keadaan klinis tertentu atau sedang memakai obat pencair darah.

Baca Juga: Bermacam Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan

Nah, bila Anda ingin rasakan manfaat bawang putih untuk kesehatan, coba untuk mengkonsumsinya dengan teratur, ya!