Bulan Ramadhan telah tiba dan semua orang merayakannya, terutama umat Islam. Tentunya pada bulan Ramadhan atau biasa juga disebut bulan puasa, ada banyak hal yang berbeda dibanding bulan-bulan lainnya. Salah satu hal yang berbeda adalah menu makanan berbuka puasa yang kadang jarang kita temukan di bulan-bulan lain selain bulan Ramadhan.

Baca Juga: Tips Tentang Cara Menjaga Imunitas Tubuh Saat Puasa

Namun sayangnya, tidak semua menu makanan berbuka puasa yang biasa kita jumpai di masyarakat masuk dalam kategori makanan sehat. Beberapa dari menu makanan tersebut terkadang hanya mengenyangkan namun kurang sehat atau bahkan berbahaya bagi kesehatan, seperti halnya gorengan yang semakin menjamur di kala dekat waktu berbuka puasa. 

Oleh karena itu, agar Anda tidak salah pilih makanan untuk berbuka puasa, kami sudah merangkum  8 makanan berbuka puasa yang sehat untuk Anda.

Berikut Adalah Makanan-makanan Berbuka Puasa tersebut:

1. Buah-buahan

Buah-buahan - Makanan Berbuka Puasa

Menu makanan berbuka puasa yang sehat yang pertama adalah Buah-buahan. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, hampir tidak ada buah-buahan yang tidak menyehatkan karena hampir semua buah mengandung banyak zat dan vitamin yang sangat baik dan menyehatkan bagi tubuh.

Bahkan, Rasulullah saw. pun menyunahkan untuk berbuka puasa dengan buah kurma. Itulah sebabnya mengapa pada bulan Ramadhan dapat kita jumpai buah kurma di hampir setiap pusat perbelanjaan, karena buah kurma sudah seperti buah yang khas pada bulan Ramadhan.

Buah kurma itu sendiri memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, seperti menjaga kesehatan pencernaan, mencegah risiko diabetes, meningkatkan kesehatan tulang, mencegah anemia, meningkatkan kesehatan jantung, membantu menurunkan berat badan, dan lain-lain. Selain itu, buah-buahan lainnya seperti apel, pir, jeruk, pisang, dan lain sebagainya juga semuanya sangat baik untuk dikonsumsi pada saat berbuka puasa.

2. Sop Buah

Sop Buah - Makanan Berbuka Puasa

Menu makanan berbuka puasa yang sehat yang selanjutnya masih berhubungan dengan buah-buahan namun sudah diolah, yaitu sop buah. Seperti yang disebutkan sebelumnya, buah-buahan mengandung banyak zat dan vitamin yang sangat baik dan menyehatkan bagi tubuh. 

Di dalam sop buah, terdapat berbagai macam buah dan setiap buah memiliki kandungan yang berbeda satu sama lainnya sehingga tentu saja membuat sop buah kaya akan kandungan yang menyehatkan bagi tubuh. 

Selain itu, rasa manis dari gula dan kental manis yang ada di sop buah pun membuatnya semakin nikmat untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Oleh karena itu, sop buah selalu menjadi salah satu menu berbuka puasa terfavorit selama bulan Ramadhan.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan - Makanan Berbuka Puasa

Makanan berbuka puasa yang sehat selanjutnya yang tidak kalah menyehatkannya dibandingkan dengan buah-buahan adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan sendiri banyak jenisnya, namun kita bisa ambil satu contoh saja, yaitu kacang almond. 

Kacang almond mengandung lemak baik yang sangat penting untuk kesehatan, khususnya pada saat berbuka puasa karena selama hampir seharian tubuh kita tidak diberi asupan lemak sama sekali saat berpuasa. 

Selain itu, contoh jenis kacang lainnya, seperti kacang tanah, juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, diantaranya adalah untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak, menjaga agar kadar kolesterol tetap rendah, melancarkan saluran pencernaan, memelihara kesehatan jantung, mengelola kadar gula darah, menurunkan berat badan, mencegah batu empedu, dan lain sebagainya. 

Berdasarkan fakta tersebut, ada baiknya jika kita selalu memasukkan kacang-kacangan ke daftar menu berbuka puasa kita setiap harinya selama bulan Ramadhan agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga. 

4. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran - Makanan Berbuka Puasa

Seperti yang mungkin sudah Anda kira, makanan berbuka puasa yang sehat selanjutnya adalah sayur-sayuran. Sama halnya dengan buah-buahan, sayur-sayuran, khususnya yang mengandung banyak air, juga sangat menyehatkan bagi tubuh. 

Oleh karena itu, sayur-sayuran seperti timun, selada, dan sayur-sayuran lainnya sangat baik untuk dikonsumsi selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Sayur-sayuran tersebut dapat menjaga tubuh kita agar tetap segar dan sehat serta menghindarkan kita dari penyakit sembelit yang dapat sangat mengganggu kinerja tubuh kita saat berpuasa. 

Sayur-sayuran tersebut pun dapat diolah menjadi berbagai macam menu makanan seperti salad. Selain itu, sayur-sayuran tersebut juga dapat dikonsumsi berbarengan dengan menu utama sebagai lalaban.

5. Kolak pisang

Kolak Pisang - Makanan Berbuka Puasa

Makanan berbuka puasa yang sehat yang selanjutnya yang sangat mudah kita jumpai dimana saja saat mendekati waktu berbuka puasa adalah kolak pisang. Sesuai namanya, kolak pisang adalah makanan dengan bahan utama pisang. Kolak sendiri ada banyak macamnya dan sama halnya seperti kurma, kolak juga selalu menjadi makanan khas di saat bulan Ramadhan.

Namun, di antara banyaknya jenis kolak, kolak pisang adalah salah satu yang paling menyehatkan bagi tubuh. Hal ini dikarenakan pisang yang merupakan buah memiliki kandungan serat yang cukup banyak sehingga dapat melancarkan pencernaan dan mencegah penyakit sembelit. 

Selain itu, pisang yang sudah diolah menjadi bentuk kolak pun membuatnya semakin menggiurkan untuk dikonsumsi pada saat berbuka puasa di mana perut sedang lapar-laparnya. Oleh karena itu, tidak heran jika kolak pisang selalu menjadi salah satu menu wajib dalam dunia per takjilan di bulan Ramadhan.

6. Kolak waluh

Kolak Wuluh - Makanan Berbuka Puasa

Selain kolak pisang, makanan berbuka puasa dari olahan berjenis kolak lainnya yang tidak kalah menyehatkannya adalah kolak waluh atau labu kuning. Seperti halnya pisang, waluh atau labu kuning pun memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, seperti menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan, mencegah kanker, menjaga kesehatan mata dan jantung, dan masih banyak lagi. 

Selain itu, teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis membuat buah yang di negara-negara barat identik dengan perayaan Halloween ini menjadi sangat menggiurkan juga untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak sekali pedagang musiman di bulan Ramadhan yang menjual menu takjil kolak waluh beserta dengan jenis-jenis kolak lainnya, seperti kolak pisang dan kolak candil.

7. Es Blewah

Es Blewah - Makanan Berbuka Puasa

Makanan berbuka puasa yang sehat lainnya adalah es blewah. Jika Anda belum tahu, buah blewah yang merupakan bahan utama dari menu es blewah memiliki kalori yang cukup rendah namun kaya akan nutrisi dan air. 

Selain itu, buah blewah juga mengandung vitamin A dan vitamin C sehingga buah tersebut memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan mata serta vitalitas tubuh. Selain itu, kandungan airnya yang melimpah dapat mencegah dehidrasi. 

Buah blewah yang sudah memiliki kandungan air yang melimpah tersebut diolah dengan ditambahkan es dan sirup sehingga rasanya lebih menyegarkan dan nikmat saat dikonsumsi. Itulah sebabnya mengapa es blewah selalu menjadi salah satu menu favorit untuk berbuka puasa. 

Selain itu, buah blewah juga memiliki khasiat-khasiat lainnya seperti mencegah sembelit, menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan kulit, dan masih banyak lagi.

8. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo - Makanan Berbuka Puasa

Nampaknya buah pisang selalu menjadi buah yang memiliki banyak khasiat untuk tubuh dan mudah diolah. Jika sebelumnya kolak pisang sudah termasuk ke dalam salah satu menu makanan berbuka puasa yang sehat dengan pisang sebagai bahan utamanya, maka kali ini pisang muncul kembali lagi sebagai makanan yang sehat untuk berbuka puasa dalam wujud es pisang ijo. 

Jika Anda belum tahu, es pisang ijo merupakan salah satu makanan khas dari Makassar, Sulawesi Selatan. Es pisang ijo ini diracik dari berbagai macam bahan makanan mulai dari es batu, bubur putih, sekoteng, hingga kental manis serta pisang yang dibalut oleh kulit berwarna hijau yang berasal dari pandan. 

Tidak lupa, biasanya es pisang ijo pun ditaburi oleh taburan kacang. Dengan gabungan berbagai bahan makanan tersebut dalam seporsi es pisang ijo, sudah bisa ditebak betapa berkhasiat dan menyehatkannya seporsi es pisang ijo untuk tubuh kita jika dikonsumsi. 

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, pisang sendiri kaya akan serat sehingga dapat memperlancar sistem pencernaan tubuh. Selain itu, cita rasa es pisang ijo yang luar biasa, apalagi jika dikonsumsi saat merasa lapar dan haus, dapat membuat siapapun mudah untuk mengkonsumsi makanan tersebut.

Baca Juga: Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Mental yang Perlu Anda Ketahui!

Itulah rangkuman 8 makanan berbuka puasa yang sehat. Semoga daftar tersebut bisa membantu Anda agar lebih selektif dalam menentukan menu makanan untuk berbuka puasa yang sehat, tepat, dan nikmat, sehingga ibadah puasa Anda bisa berjalan dengan lancar.