Saat ini lebih banyak orang yang mulai melirik makanan organik karena dipandang lebih menyehatkan. Bahkan juga cukup banyak orangtua yang cuma memberi anak mereka minuman dan makanan organik, terutamanya kandungan susu organik.

Baca Juga: Manfaat Minyak Kayu Putih bagi Kesehatan

Kenapa Harus Makanan Organik?

Makanan organik - Kandungan susu organik

Cukup banyak orang yang cenderung pilih konsumsi makanan organik dalam mengaplikasikan pola hidup sehat. Makanan organik adalah makanan yang dibuat dan diolah tanpa pestisida. Konsumsi makanan yang organik mengecilkan peluang terpaparnya badan dari pestisida berbahaya.

Saat sebelum putuskan beli seluruh bahan makanan organik, seharusnya Anda mesti tahu perbedaan organik serta non-organik dan langkah memilihnya. Bahan makanan organik ialah bahan makanan yang diolah, ditanam, dan dipelihara tanpa ada tambahan bahan kimia sintetis.

Soalnya pestisida di bahan makanan dengan jumlah tertentu bisa memacu faktor karsinogen yang mencetuskan kanker dan masalah pada organ hati serta ginjal. Bayi, anak kecil, serta ibu hamil adalah kelompok yang riskan terkena pestisida ini.

Bila Anda telah menjalankan pola hidup sehat dengan makanan organik, tidak boleh lupakan anak untuk turut mengkonsumsinya. Dapat diawali dengan memperkenalkannya pada kandungan susu organik untuk anak. Yuk, kenali mengapa anak perlu mengkonsumsi susu organik supaya tumbuh kembang baik, serta keunggulan dan manfaat susu organik ini pada anak.

Istilah makanan organik tidak terbatas untuk sayur dan buah yang ditanam tanpa pestisida, tetapi juga untuk daging, telur, susu, serta produk susu yang dibuat tanpa hormon perkembangan. Susu organik hanya terdapat pada sapi yang cuma mengkonsumsi rumput organik, bebas dari pestisida, unsur kimia, serta hormon reproduksi.

Ini dilaksanakan supaya susu yang dibuat jadi lebih sehat dengan kandungan asam lemak omega 3 serta asam lemak konjugasinya yang semakin tinggi dibanding susu biasa. Langkah mengolah bahan makan serta susu yang alami ini mencegah pencemaran lingkungan.

Disamping itu, makanan dan susu organik pun tidak diolah melalui radiasi serta bahan tambahan kimia yang lain. WHO bahkan juga menyebutkan makanan organik menjadi natural food, karena makanan dan kandungan susu organik condong berasa lebih fresh dibanding makanan non-organik.

Supaya menghasilkan kandungan susu organik, sapi perah dibiarkan untuk berkembang biak dengan alamiah tanpa suntikan apapun. Sehingga susu yang dibuat sapi perah itu bebas dari kandungan bahan kimia sehingga semakin aman untuk dimakan, khususnya oleh anak-anak.

Berbagai Kandungan Susu Organik

Ingin memperkenalkan pola hidup sehat ke anak seharusnya memang diawali sejak dini supaya anak terlatih sampai dewasa. Misalkan, saat anak mulai konsumsi MPASI, Anda dapat memberi bahan makanan dan susu organik untuk mendukung perubahan badannya. Karena diolah dengan yang lebih natural, ini manfaat dan kelebihan susu organik yang bakal didapatkan anak bila konsumsi susu organik dibanding minum susu biasa

1. Rasa susunya lebih fresh dan bebas gula tambahan

Susu fresh dan bebas gula tambahan - Kandungan susu organic

Tidak ada bahan tambahan, seperti pengawet, gula, atau bahan perasa dalam kandungan susu organik untuk anak membuat rasa susu organik menjadi lebih fresh dan mempunyai cita-rasa alami. Susu organik pun tidak langsung menambahkan kandungan gula darah anak, sehingga anak masih aman dari berat badan yang berlebih. Malahan gula dalam susu atau laktosa di susu organik akan memberi cadangan energi untuk anak.

2. Tingkatkan kekebalan badan anak supaya tidak gampang sakit

Asam linoleat - Kandungan susu organik

The American Academy of Pediatrics mengatakan bila paparan pestisida berisiko turunkan ketahanan badan anak, sehingga ia gampang terkena penyakit musiman, seperti flu. Pengamatan yang dilakukan Washington State University juga memberi arahan kepada orang-tua untuk bukan hanya memberi sayur, tetapi juga bahan makanan lain seperti daging, telur, dan susu organik ke anak karena kandungan asam linoleatnya yang tinggi. Asam linoleat ini akan tingkatkan sistem ketahanan tubuh dan memberikan dukungan peranan otak.

3. Miliki kandungan gizi yang semakin tinggi untuk memberikan dukungan kepandaian anak

Kandungan gizi susu - Kandungan susu organik

Menurut Carol Leifer, profesor dari Centre for Organics Research, Inggris, susu organik memiliki kandungan asam lemak omega 6, omega 3, AA, dan DHA lebih tinggi dibanding susu biasa. Gizi dalam susu organik ini tidak cuma mendukung perkembangan fisik, dan mempertahankan kesehatan pembuluh darah, tetapi juga tingkatkan daya kerja otak, dan menambahkan kekuatan berpikir.

4. Menolong peresapan zat nutrisi pada tubuh anak

Menolong peresapan zat nutrisi pada tubuh anak

Tingginya kandungan zat besi dan prebiotik GOS dan FOS dalam kandungan susu organik anak akan mencegah anak alami masalah perkembangan.

Zat besi akan menolong pembuatan sel darah merah dan pendistribusian oksigen di badan anak, hingga tingkatkan kekuatan motorik anak, sementara FOS dan GOS akan tingkatkan ketahanan aliran pencernaan yang membuat resapan nutrisinya lebih maksimal.

5. Menjaga kesehatan kulit serta mata

Kesehatan kulit dan mata - Kandungan susu organik

Karena berawal dari sapi berkualitas yang konsumsi rumput organik, kandungan vitamin A dan E pada susu organik lebih tinggi dibanding susu biasa. Vitamin A pada kandungan susu organik anak bukan hanya mempertahankan kesehatan mata, tetapi juga tingkatkan daya tahan tubuh dari penyakit infeksi. Dan vitamin E akan mempertahankan kesehatan kulit, reproduksi, dan membuat perlindungan badan anak dari radikal bebas, hingga anak terbebas dari kerusakan sel.

6. Memberikan dukungan perkembangan tulang dan gigi anak sesuai tahap perkembangannya

kesehatan tulang dan gigi anak - Kandungan susu organik

Gizi lainnya yang tinggi dalam kandungan susu organik anak ialah kalsium, vitamin D, dan vitamin K. Bila keperluan kalsiumnya tercukupi, anak akan mempunyai tulang yang kuat sampai dewasa, sehingga membuat tumbuh tinggi.

Vitamin D akan menolong peresapan kalsium. Vitamin K bermanfaat pada proses menghasilkan darah dan bisa juga menghalangi pendarahan terlalu berlebih, sehingga mencegah alami bengkak bila tidak sengaja alami cedera ringan. kandungan susu organik protein yang tinggi kalsium, dan vitamin D dalam susu organik ini membuat perubahan tubuh anak sesuai tahap perkembangannya.

7. Mencegah anak alami kerusakan sel

Anak sehat - Kandungan susu organik

Kadar antioksidan yang cukup tinggi dalam susu organik akan melindungi badan anak dari radikal bebas. Sumber radikal bebas dapat datang dari radiasi cahaya matahari, pencemaran udara, dan pestisida yang mengakibatkan kerusakan sel.

Walau sebenarnya, untuk berkembang, badan anak perlu sel tulang, otot, otak, mata, dan darah yang berperan maksimal. Konsumsi susu organik akan menolong semua selnya berkembang secara baik.

8. Menurunkan risiko anak alergi

Anak alergi - Kandungan susu organik

Hingga saat ini tidak ada obat yang dapat mengobati penyakit alergi. Penyakit alergi terjadi saat sistem kekebalan tubuh bereaksi terlalu berlebih pada suatu zat karena memandang zat itu beresiko, walaupun sesungguhnya tidak. Zat penyebab alergi (alergen) cuman mengakibatkan reaksi alergi pada pasien alergi. Alergi dapat memicu reaksi alergi pada seseorang, tetapi tidak ke orang yang lain. Pemicunya bukan hanya berawal dari makanan, tetapi juga lingkungan seperti debu, gigitan serangga, atau asap rokok.

Alergi pada anak condong terjadi secara genetis atau keturunan orang-tua. Tetapi, keadaan ini dapat dihindari dengan pemberian susu organik. Susu organik dibuat dari sapi organik yang mengkonsumsi rumput yang organik juga, sehingga bebas dari zat kimia yang beresiko memunculkan reaksi alergi.

9. Memenuhi keperluan energi harian anak, sehingga anak masih aktif

Anak yang Aktif - Kandungan susu organik

Bisa disebut rutinitas anak sehari-harinya walau harus belajar dalam rumah seolah tidak mengenali capek. Anak selalu bergerak aktif, mempelajari sekelilingnya yang berguna tingkatkan kepandaian dan perkembangan fisiknya. Supaya masih aktif dan terjaga staminanya, anak perlu gizi harian yang lengkap.

Susu organik memiliki kandungan gizi yang lebih banyak dan lengkap hingga dapat memenuhi keperluan gizi sehari-hari. Kandungan zat besi pada susu organik akan mencegah anemia pada anak, sehingga anak tidak cepat lemas. Disamping itu, kandungan susu organik protein yang tinggi menjadi satu diantara keunggulan dalam susu organik dapat memelihara otot anak supaya selalu sehat sekaligus memberi energi cadangan.

10. Mengaplikasikan pola hidup sehat dan cinta lingkungan ke anak

pola hidup sehat dan cinta lingkungan ke anak

Anda dapat mendidik anak keutamaan hidup sehat, diantaranya dengan konsumsi makanan dan susu organik yang bebas pestisida sehingga aman untuk badan. Anak usia di atas satu tahun juga sesungguhnya bisa dijelaskan mengenai manfaat kandungan susu organik.

Baca Juga: Manfaat Ginseng Agar Stamina Terjaga dan untuk Kesehatan Tubuh

Tentu saja dengan keterangan yang cepat dan gampang dipahami. Tidak terdapatnya zat kimia dan pestisida dalam kandungan susu organik ini membuat produksi susu tidak merusak lingkungan, dan memberikan dukungan kelestarian lingkungan yang berkepanjangan.