Mineral merupakan senyawa non-Organik bagi perkembangan organ tubuh. Bahkan, fungsi mineral bagi tubuh sangat beragam, yang mencakup sistem dan organ tubuh kita.

Berbicara mengenai nutrisi, mungkin Anda mengira bahwa tubuh Anda hanya membutuhkan asupan vitamin saja. Namun tahukah ada nutrisi penting apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh selain vitamin?

Baca Juga: Hindari Penyakit Jantung dengan Mengenali Jenisnya

Tahukan Anda nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh Anda agar bisa berjalan dengan baik? Selain vitamin, mineral adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda untuk bisa berfungsi secara optimal. Banyak fungsi dan organ tubuh yang harus didukung dengan asupan mineral yang cukup agar kondisinya bisa berjalan dengan baik.

Beberapa diantaranya adalah sistem daya tahan tubuh, sistem peredaran darah, kesehatan tulang dan gigi, bahkan perlindungan sel-sel tubuh dari kerusakan juga membutuhkan dukungan asupan mineral.

Sama seperti vitamin yang memiliki banyak varian seperti vitamin A, B, C, D, E, dan K, mineral juga memiliki banyak varian. Secara umum, fungsi mineral dibagi dalam dua kelompok besar. Dua kelompok besar tersebut adalah fungsi mineral makro dan fungsi mineral mikro,

Fungsi mineral makro adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh Anda dalam jumlah besar. Jumlah besar disini berkisar antara belasan hingga ribuan miligram per harinya. Jenis dari mineral makro beberapa diantaranya adalah magnesium, kalsium, fosfor, dan kalium.

Sedangkan, fungsi mineral mikro atau yang umum dikenal dengan trace elements adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh Anda dalam jumlah kecil, yaitu kurang dari seratus miligram per harinya. Adapun jenis dari mineral mikro ini beberapa diantaranya adalah zinc, yodium, zat besi.

Lalu, apa saja fungsi dari masing-masing mineral tersebut untuk tubuh Anda, berapa jumlah yang dibutuhkan, dan bagaimana mendapatkannya? Simak informasinya berikut ini!

Fungsi Mineral Bagi Tubuh Kita

1. Kalsium

Kalsium - Fungsi Mineral

Kalsium adalah jenis mineral yang umum Anda jumpai pada produk susu. Kalsium memiliki beberapa fungsi utama untuk menjaga kesehatan tulang dan mendukung penyembuhan luka.

Kekurangan kalsium akan memicu timbulnya masalah kesehatan pada tubuh Anda. Resiko yang dapat muncul tersebut antara lain terhambatnya pertumbuhan tubuh pada usia Anak, timbul penyakit yang berkaitan dengan tulang seperti rakitis, osteoporosis, serta osteomalacia.

Angka kecukupan gizi (AKG) dari kalsium yang Anda butuhkan per harinya adalah sebesar 1000 mg. Anda bisa memenuhi dengan mengkonsumsi produk susu, makanan laut, daging, dan ayam.

2. Zat Besi

Zat Besi - Fungsi Mineral

Zat besi adalah mineral yang memiliki fungsi utama untuk membantu pembentukan hemoglobin dan mioglobin. Kedua zat tersebut adalah protein yang ada di dalam darah Anda. Hemoglobin bertujuan untuk mengikat oksigen dalam darah dan hemoglobin bertujuan untuk mengikat oksigen darah otot.

Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari zat besi per harinya adalah sebesar 9 mg untuk laki-laki dan 14 mg untuk perempuan. Anda dapat memenuhi kebutuhan zat besi dengan mengonsumsi bayam, kacang-kacangan, dan daging merah.

3. Magnesium

Magnesium - Fungsi Mineral

Magnesium adalah fungsi mineral yang berfungsi untuk membantu mengaktifkan ratusan jenis enzim di dalam tubuh Anda, membantu proses metabolisme protein dan lemak, serta dapat menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh. Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari magnesium per harinya berkisar antara 300-400 mg.

Anda dapat memenuhi kebutuhan magnesium dengan mengkonsumsi sayuran daun yang berwarna hijau, tahu, tempe, dan daging merah. Selain didapatkan dari makanan, mineral berupa magnesium juga juga dapat dipenuhi dengan sediaan tablet magnesium sebagai suplementasi dan magnesium oil.

4. Fosfor

Fosfor - Fungsi Mineral

Sama seperti dengan kalsium yang memiliki fungsi penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi, fosfor juga memiliki fungsi yang sama. Selain berfungsi sebagai pembentuk tulang dan gigi, fosfor juga berperan penting untuk perbaikan sel dan jaringan tubuh Anda. Fosfor termasuk pada mineral makro karena jumlah asupan yang dibutuhkan per harinya berkisar antara 700mg. 

Anda dapat memenuhi kebutuhan fosfor dengan mengonsumsi daging sapi, daging ayam, produk ikan, dan biji-bijian yang tergolong pada jenis serealia seperti quinoa, jagung, dan beras. Anda juga dapat memilih makanan ringan seperti biskuit yang telah diperkaya dengan fosfor sebagai alternatif camilan Anda untuk membantu memenuhi kebutuhan fosfor harian.

5. Natrium

Natrium - Fungsi Mineral

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah natrium. Natrium adalah salah satu fungsi mineral yang sering Anda temui pada produk garam. Natrium berfungsi untuk mendukung kerja saraf, otot, dan mengatur volume darah yang dapat mempengaruhi tinggi atau rendahnya tekanan darah Anda.

Hal ini menjadi penyebab bila Anda sering mengkonsumsi makanan tinggi natrium/garam, maka Anda akan mengalami hipertensi. Sebab, kadar natrium yang terlalu tinggi pada tubuh Anda akan menaikkan tekanan darah.

Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari natrium per harinya berkisar antara 1500-2000 mg. Anda dapat mencukupi kebutuhan natrium dari penggunaan garam dapur pada masakan, ayam, telur, dan ikan. Bagi Anda yang menyukai makanan bercita rasa asin, Anda perlu berhati-hati dalam penggunaan garam agar tidak berlebihan dalam mengkonsumsi natrium.

6. Kalium

Kalium - Fungsi Mineral

Kalium adalah jenis mineral yang memiliki fungsi dalam beberapa fungsi organ tubuh. Kalium bermanfaat untuk mendukung fungsi kerja saraf, mengontrol detak jantung, dan mendukung kerja otot. Selain itu, kalium berfungsi untuk membuang zat sisa yang dikeluarkan oleh sel tubuh, mencegah tekanan darah tinggi yang diakibatkan oleh kadar natrium berlebih. Kalium juga termasuk pada fungsi mineral untuk mengatur elektrolit dalam tubuh.

Angka kecukupan Gizi (AKG) dari kalium per harinya adalah sebanyak 4500-4700 mg. Anda dapat memenuhi kebutuhan kalium dengan mengkonsumsi sayur-sayuran berdaun hijau, kentang, wortel, dan buah-buahan yang termasuk pada jenis sitrus seperti jeruk dan lemon.

7. Zinc

Zinc - Fungsi Mineral

Popularitas zinc naik daun saat terjadinya pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Hal ini disebabkan karena banyak anjuran yang menyarankan untuk mengkonsumsi multivitamin yang mengandung zinc karena zinc bisa membantu menjaga imunitas tubuh. Selain fungsi tersebut, zinc juga memiliki fungsi untuk mengolah nutrisi yang masuk pada tubuh Anda seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Zinc juga dapat berperan pada pembentukan sel-sel tubuh dan membantu proses penyembuhan luka.

Angka kecukupan Gizi (AKG) dari zinc per harinya adalah sebanyak 15 mg. Anda dapat memenuhi kebutuhan zinc dengan mengonsumsi kerang-kerangan, daging merah, susu, keju, udang, dan telur.

Baca Juga: Tips Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mata

Itulah beberapa fungsi mineral yang sangat berguna untuk proses kerja organ dalam tubuh Anda. Sangat penting, bukan? Oleh sebab itu, atur pola makan Anda sebaik mungkin sehingga kebutuhan gizi harian Anda, termasuk kebutuhan mineral. Anda bisa berkonsultasi dengan ahli gizi apabila menemui kesulitan untuk membantu merencanakan pola makan Anda.

Selain bersumber dari makanan, beberapa merek suplemen juga menyediakan suplementasi mineral tambahan yang biasanya berbentuk tablet atau kapsul. Anda bisa mempertimbangkan untuk mengambil suplementasi mineral tambahan jika dirasa tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dari makanan. Namun, Anda sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menilai kondisi kesehatan Anda dan menentukan dosis yang tepat untuk Anda.