Puasa Ramadhan yang jatuh pada bulan April tahun 2021 ini sudah tiba. Bagi anda yang beragama Islam tentunya wajib untuk berpuasa selama 1 bulan penuh pada bulan Ramadhan. Selain itu, kesehatan anda harus tetap dijaga mengingat saat ini wabah virus Covid-19 masih belum sirna, sehingga kita wajib menjaga kondisi tubuh kita agar tetap dalam keadaan yang sehat walaupun kita sedang berpuasa. Berikut ini ada beberapa cara menjaga kesehatan selama puasa yang perlu anda coba.

Baca Juga: Beberapa Tips untuk Para Penderita Maag dan Cara Berpuasa

Perlukah kita menjaga kesehatan pada bulan puasa?

Beberapa orang ada yang beranggapan bahwa saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan, kondisi tubuh mereka akan menjadi lebih lemas. Hal itu didasarkan pada anggapan bahwa mereka harus menahan lapar dan haus hingga tiba waktu berbuka. Padahal kenyataanya, jika kita melakukan persiapan yang benar sebelum berpuasa serta mampu untuk melakukan pola makan dan manajemen yang baik terhadap makanan dan minuman yang kita konsumsi, maka sebenarnya melakukan puasa sama sekali tidak berefek buruk terhadap kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu anda ketahui tentang cara menjaga kesehatan selama puasa agar ibadah puasa anda tetap lancar dan tubuh anda tetap sehat dan bugar.

Tips tentang cara menjaga kesehatan selama bulan puasa

Selain memperhatikan asupan makanan yang anda konsumsi, terdapat beberapa hal yang juga harus anda lakukan agar kesehatan anda terjaga selama bulan puasa, berikut ini adalah uraian lengkapnya:

1. Jangan sampai melewatkan santap sahur anda

Jangan sampai melewatkan santap sahur - Cara Menjaga Kesehatan

Menurut artikel kesehatan dari halodoc.com ,  sahur merupakan cara menjaga kesehatan selama puasa yang sangat penting  dan jangan sampai anda lewatkan. Pasalnya, makan sahur  akan membuat tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang diperlukan saat sedang berpuasa. Waktu yang tepat untuk melakukan makan sahur adalah menjelang imsak, jangan sahur terlalu awal.

Saat kita melewatkan santap sahur, tubuh kita akan memperpanjang durasi puasa pada tubuh karena tubuh akan tergantung pada asupan makanan yang kita konsumsi pada malam yang sebelumnya.

Saat kita tidak melakukan makan sahur, kita akan cenderung merasa lebih lapar, haus dan lelah dibandingkan saat kita melakukan santap sahur. Selain alasan diatas, saat kita melewatkan makan sahur, kita akan cenderung untuk makan yang berlebihan pada saat waktu berbuka puasa dan hal ini dapat menaikkan berat badan anda.

2. Minumlah Air Sebanyak Mungkin

Minum Air yang Banyak - Cara Menjaga Kesehatan

Tips lain yang bisa anda lakukan tentang cara menjaga kesehatan selama puasa adalah dengan minum air sebanyak mungkin, yaitu antara waktu setelah berbuka dan saat sahur agar dapat mengurangi risiko tubuh mengalami dehidrasi saat anda berpuasa.

Jika bisa, usahakan untuk minum air sebanyak 8 gelas setiap harinya yaitu sebelum fajar dan juga setelah matahari terbenam.

Cairan yang dapat anda minum dapat berupa susu, jus serta sup. Namun demikian, cara menjaga kesehatan pilihan terbaik bagi tubuh anda tetaplah berupa konsumsi air putih yang cukup. Selain itu, anda juga sebaiknya meminimalisir konsumsi teh, kopi, minuman bersoda dan juga minuman yang mengandung kafein. Minuman – minuman yang disebutkan diatas dapat menimbulkan efek diuretik serta dapat membuat tubuh cenderung untuk kehilangan cairan.

3. Aturlah Porsi Makan Anda Saat Berbuka Puasa

Cara Menjaga Kesehatan

Salah satu cara menjaga kesehatan selama puasa adalah dengan memperhatikan porsi makanan yang anda santap ketika telah tiba saat berbuka puasa. Terkadang, saat setelah sekian jam menahan rasa lapar dan dahaga, kita melampiaskan nafsu makan kita dengan mengkonsumsi makanan dengan tidak terkendali saat berbuka. Akibatnya perut kita akan kekenyangan dan dapat menyebabkan masalah kesehatan jika sering dilakukan. 

Oleh karena itu, untuk menghindari pelampiasan nafsu makan saat berbuka puasa, anda perlu untuk mengatur porsi makan yang akan anda konsumsi saat buka puasa. Cara terbaik untuk meminimalisir rasa kalap saat berbuka puasa adalah dengan makan 3 butir kurma saat berbuka. Setelah itu kita melakukan sholat dan kemudian kita baru melanjutkan dengan makan makanan yang berat. Tubuh membutuhkan waktu untuk memproses rasa kenyang sehingga perlu adanya jeda waktu antara makan makanan ringan dan makan makanan berat.

4. Sebaiknya Konsumsilah Makanan Yang Manis Terlebih Dahulu

Makanan Manis - Cara Menjaga Kesehatan

Dalam ajaran agama Islam, cara menjaga kesehatan pada saat berbuka puasa kita diajarkan untuk berbuka dengan makanan yang manis – manis dan minum air putih. Tahukah anda bahwa hal ini ada hubungan yang sangat erat dengan kesehatan tubuh kita? Pasalnya, saat kita berpuasa selama subuh sampai waktu maghrib, tubuh kita memerlukan sumber energi. Namun jika kita mengawali buka puasa dengan minum es atau makan gorengan yang berminyak, hal itu adalah hal yang tidak baik bagi kesehatan tubuh, apalagi jika dikonsumsi secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang panjang.

Cara menjaga kesehatan selama puasa yang baik saat berbuka puasa adalah dengan makan kurma. Kurma adalah buah yang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh saat anda berbuka puasa. Buah kurma memiliki kandungan gula alami yang dapat diserap tubuh dengan mudah, sehingga dapat mengembalikan energi tubuh yang hilang saat berpuasa seharian.

5. Pastikan Untuk Mencukupi Kebutuhan Konsumsi Air Putih Untuk Tubuh

Mencukupi Minum - Cara Menjaga Kesehatan

Secara umum, tubuh manusia sangat membutuhkan air untuk tetap hidup. Kita disarankan untuk minum air sebanyak dua liter setiap harinya. 2 liter air setara dengan delapan gelas. Oleh karena itu, salah satu cara menjaga kesehatan selama puasa adalah dengan memenuhi kebutuhan air bagi tubuh anda. 

Anda perlu bijak dalam mengatur konsumsi air putih. Sebagai contoh: minumlah air putih sebanyak 2 gelas saat anda bangun dari tidur, 2 gelas air putih pada akhir sahur, 2 gelas saat berbuka puasa, 1 gelas air putih saat anda selesai melakukan ibadah sholat tarawih dan juga 1 gelas air sebelum anda tidur.

6. Selalu Mencuci Tangan Sebelum Makan

Mencuci Tangan - Cara Menjaga Kesehatan

Aturan untuk selalu mencuci tangan merupakan salah satu dari protokol kesehatan dari pemerintah yang wajib untuk anda taati sekaligus merupakan cara menjaga kesehatan selama puasa. Hal ini bertujuan untuk melenyapkan virus covid-19 yang menempel di tangan disaat kita secara tidak sengaja melakukan kontak dengan barang – barang atau objek yang sudah dihinggapi virus Corona.

Saat tangan anda sudah terkontaminasi oleh virus ini, jika anda memegang hidung, mulut dan mata maka anda beresiko tinggi untuk terjangkit virus Corona. Oleh karena itu, untuk menghindari tertular virus Covid-19, anda wajib rajin mencuci tangan anda. Terlebih lagi pada saat anda akan makan sahur serta saat berbuka puasa.

Baca Juga: 10 Manfaat Puasa bagi Ibu Hamil Tua

Kesimpulan

Itulah tips – tips tentang cara menjaga kesehatan selama melakukan ibadah puasa. Semoga tips – tips di atas dapat membantu anda untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Merubah kebiasaan bukanlah suatu perkara yang mudah. Oleh karena itu, perlu usaha yang konsisten dan tekad yang kuat agar menjadi sebuah kebiasaan baru. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan.