Saat kita sedang berpuasa, sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh kita agar tidak mudah terkena penyakit. Seperti yang kita ketahui, pandemi virus Covid-19 masih belum berakhir bahkan hingga bulan puasa ini. 

Baca Juga: Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Mental yang Perlu Anda Ketahui!

Oleh karena itu, kita sangat perlu untuk menjaga daya tahan tubuh kita agar tidak terpapar virus corona. Berikut ini adalah beberapa tips tentang cara menjaga imunitas tubuh saat puasa yang sangat dianjurkan untuk kita lakukan.

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Ada beberapa cara menjaga imunitas tubuh saat puasa yang wajib kita perhatikan agar tidak mudah terkena penyakit. Hal paling utama yang perlu untuk dilakukan adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Berikut ini tips – tips lengkap tentang cara menjaga imunitas tubuh saat puasa:

1. Perbanyak Mengkonsumsi Buah – Buahan dan Sayur – Mayur

Konsumsi Buah dan Sayuran - Menjaga Imunitas Tubuh

Salah satu cara paling mudah untuk dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita adalah dengan rajin mengkonsumsi buah – buahan dan juga sayuran. Mungkin ada sebagian orang yang tidak terlalu suka dengan sayur, akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa tubuh kita memerlukan serat dan nutrisi dari sayuran agar terjaga keseimbangannya. 

Anda dapat menambahkan sayuran dan buah – buahan dalam menu makan sahur dan juga saat berbuka puasa. Usahakan buah – buahan dan juga sayur yang akan anda makan sudah dicuci bersih terlebih dahulu sehingga bebas dari pestisida dan bakteri yang hinggap. Jika anda mengikuti salah satu cara menjaga imunitas tubuh saat puasa ini, daya tubuh anda akan menjadi lebih kuat untuk menahan serangan penyakit. 

Hal ini berdasarkan pada sebuah penelitian yang menyimpulkan bahwa orang – orang yang terbiasa menambahkan buah – buahan dan sayur mayur dalam diet mereka cenderung lebih bisa terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan seperti penyakit demam, flu, dan mereka juga cenderung mempunyai sistem ketahanan tubuh atau sistem imun yang lebih kuat daripada mereka yang lebih suka memakan junk food atau makanan cepat saji.

2. Rajin Melakukan Olahraga

Berenang - Menjaga Imunitas Tubuh

Walaupun saat ini pandemi virus covid-19 belum berakhir dan kita dihimbau untuk tetap tinggal di rumah saja, namun ada baiknya bagi anda untuk tetap melakukan olahraga agar badan tetap aktif secara fisik. Anda tetap dapat melakukan olahraga di dalam rumah anda. Olahraga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Pasalnya, tubuh yang berkeringat saat berolahraga dapat melawan bakteri dan juga kuman yang berusaha untuk masuk ke dalam tubuh kita. Berikut ini adalah tips olahraga di rumah sebagai salah satu cara menjaga imunitas tubuh saat puasa. 

Lakukanlah olahraga seperti gerakan melompat, lari di tempat, squat dan gerakan sejenis untuk pemanasan. Setelah itu, lanjutkan dengan meniru gerakan – gerakan aerobik, zumba dan juga body combat yang bisa anda lihat melalui aplikasi platform berbagi video semisal YouTube.

3. Jangan Ada Stress Diantara Kita

Bahagia - Menjaga Imunitas Tubuh

Terkadang beban hidup yang melanda diri kita membuat kita berada dalam mode stress. Selain itu, kecemasan dan juga pola berpikir negatif yang lain juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh terutama daya tahan tubuh. 

Jika kita sedang dalam keadaan stress, tubuh meningkatkan produksi hormon yang bernama kortisol yang jika terus menerus diproduksi akan dapat mempengaruhi imunitas tubuh. Tidak jarang kita sering melihat orang – orang yang sedang stress akan cenderung lebih mudah sakit – sakitan. 

Oleh karena itu, janganlah stress apalagi stress yang berlebihan karena setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Selalu ungkapkan masalah anda kepada orang yang dapat anda percayai agar beban pikiran anda dapat segera terangkat.

Mungkin untuk puasa pada tahun ini akan menjadi sedikit lebih berat karena adanya virus corona yang penyebarannya masih belum dapat dihentikan sepenuhnya. Akan tetapi, jangan sampai karena pandemi ini anda menjadi sangat pasif dan tidak dapat produktif. 

Kelola stress dalam diri dengan baik. Boleh – boleh saja untuk waspada serta berpikir ke depan, tapi janganlah terlalu waspada secara berlebihan sehingga timbul stress dalam tubuh. Semoga cara menjaga imunitas tubuh saat puasa ini dapat mengingatkan anda untuk tetap berpikir positif.

4. Jika Anda Ingin Daya Tahan Tubuh Kuat, Jangan Merokok!

Berhenti Merokok - Menjaga Imunitas Tubuh

Tips berikutnya tentang cara menjaga imunitas tubuh saat puasa adalah dengan berhenti merokok saat ini juga! Seperti yang kita ketahui bahwa merokok tidak hanya membuang – buang uang dan meracuni paru – paru anda, akan tetapi orang yang sering merokok memiliki resiko tinggi terpapar virus. 

Menurut sebuah penelitian, orang – orang yang merokok lebih mudah untuk terpapar virus corona. Jadi kesimpulannya, merokok dapat menurunkan daya tahan tubuh kita. Perokok berat juga mempunyai resiko tinggi untuk terjangkit jenis penyakit yang menyerang paru – paru seperti pneumonia yang merupakan cikal bakal corona.

Jika anda sudah mengetahui dampak negatif dari merokok, maka mulai sekarang berhentilah merokok dan juga hindari paparan asap rokok dari lingkungan sekitar agar imunitas tubuh anda terjaga.

5. Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang Cukup - Menjaga Imunitas Tubuh

Tips selanjutnya tentang cara menjaga imunitas tubuh saat puasa adalah dengan melakukan istirahat yang cukup. Jangan sampai keseringan begadang sampai larut malam karena hal ini sangat buruk bagi sistem kekebalan tubuh. 

Orang dewasa secara umum membutuhkan paling tidak 7 sampai 8 jam untuk tidur setiap harinya. Dengan cukup tidur, anda dapat mengistirahatkan tubuh dan juga otak anda yang sudah lelah melakukan aktivitas selama seharian penuh. 

Seperti ponsel yang perlu di charge, tubuh juga memerlukan recharge dengan cara tidur. Orang – orang yang tidur dengan teratur pada umumnya akan mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dibandingkan mereka yang kurang tidur. Selain itu, cukup tidur akan membuat pikiran menjadi lebih segar.

6. Makan Makanan Yang Bergizi Pada Saat Berbuka Puasa Dan Sahur

Makanan yang Bergizi - Menjaga Imunitas Tubuh

Makanan berperan penting dalam pembentukan imunitas tubuh sehingga saat sahur dan berbuka puasa anda harus Mengkonsumsi makanan yang memiliki gizi yang dibutuhkan oleh tubuh anda. 

Pada poin pertama tadi, kita dianjurkan untuk rajin Mengkonsumsi buah – buahan dan juga sayuran. Selain itu kita juga perlu untuk Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sebagai sumber energi tubuh.

Berikut ini adalah daftar makanan sebagai sumber karbohidrat yang dapat anda konsumsi saat santap sahur, yaitu nasi merah, oatmeal dan juga roti gandum. 

Selain Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, kita juga dianjurkan untuk Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein seperti telur, tahu, tempe dan sebagainya.

Saat berbuka puasa, pastikan anda makan dengan porsi yang secukupnya dan hindari makan secara berlebihan yang menyebabkan perut menjadi begah.

Jadi kesimpulan dari cara menjaga imunitas tubuh saat puasa ini adalah dengan memilih menu makan yang memiliki gizi seimbang, yaitu yang terdiri dari protein, karbohidrat dan juga serat atau fiber.

7. Minum Cukup Air

Perbanyak Minum Air - Menjaga Imunitas Tubuh

Mencukupkan kebutuhan air sangat penting untuk dilakukan sebagai salah satu cara menjaga imunitas tubuh saat puasa. Saat anda tidak minum cukup air maka tubuh memiliki resiko untuk terkena dehidrasi yang dampaknya dapat membuat anda lelah dan letih saat berpuasa.

Karena alasan ini, anda perlu untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh di bulan puasa dengan cara minum kurang lebih 8 gelas air sehari untuk mencegah dehidrasi.

Jika anda tidak terlalu suka minum air putih, anda dapat mengakalinya dengan cara minum 2 gelas air putih saat sahur, 2 air putih ketika berbuka puasa, 2 air putih setelah shalat tarawih serta 2 air putih sebelum tidur malam.

8. Bagi Yang Memiliki Penyakit Tertentu, Perhatikan Kondisi Kesehatan Anda

Coffe - Menjaga Imunitas Tubuh

Selama bulan puasa ini, kita perlu memperhatikan kondisi tubuh kita. Jika anda sedang mengidap penyakit tertentu seperti penyakit maag, maka hindarilah memakan makanan yang dapat memperburuk keadaan maag anda.

Intinya, jika anda sedang menderita penyakit maag maka sebaiknya jangan Mengkonsumsi makanan yang berminyak atau makanan yang terlampau pedas. Selain itu hindari juga minum minuman bersoda dan kopi. 

Jika anda memang ingin untuk Mengkonsumsinya maka anda perlu untuk benar – benar membatasi konsumsi makanan atau minuman tersebut. Sangat disarankan bagi anda yang mempunyai kondisi penyakit tertentu untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter anda.

Selain 8 tips diatas, ada tambahan tips tentang cara menjaga imunitas tubuh saat puasa yaitu dengan Mengkonsumsi suplemen. Berikut ini ada beberapa daftar suplemen yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Daftar Suplemen Untuk Daya Tahan Tubuh

  • Daun Meniran (Phylanthus)

Daun meniran dianggap dapat membantu menjaga daya tahan tubuh karena memiliki semacam senyawa yang berfungsi untuk menjaga imunitas tubuh. Kandungan antioksidan yang dimiliki daun meniran ini berguna untuk menangkal radikal bebas serta membantu memperkuat sistem imun tubuh.

  • Buah Mengkudu (Morinda Citrifolia)

Buah mengkudu memiliki berbagai macam senyawa dan zat yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan kalium dalam mengkudu dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan stamina dan juga dapat memperbaiki sel tubuh yang rusak. 

Namun bagi anda yang sedang menderita penyakit jantung, liver atau ginjal, anda disarankan untuk tidak Mengkonsumsi suplemen ini dan sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Kulit Saat Puasa

Kesimpulan

Itulah tips – tips tentang cara menjaga imunitas tubuh saat puasa. Cara terbaik untuk meningkatkan menjaga imunitas tubuh adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat serta rajin berolahraga. Selain itu konsumsilah suplemen jika memang diperlukan. Namun bagi anda yang memiliki kondisi penyakit tertentu, sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum Mengkonsumsi suplemen. Semoga imunitas tubuh anda selalu terjaga di bulan puasa ini.