Penderita diabetes tentu saja merasa kesulitan ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Oleh karena itu, anda perlu tahu apa saja cara berpuasa bagi penderita diabetes yang tepat sehingga tidak mengurangi nilai pahala yang didapatkan ketika Ramadhan.

Baca Juga: Obat Penghilang Bekas Jerawat yang Paling Ampuh dan Aman untuk Tubuh

Cara Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

Beberapa Cara Berpuasa bagi Penderita Diabetes berikut bisa diterapkan untuk para penderita diabetes supaya puasanya tetap lancar dan tidak mengalami kendala apapun.

⦁ Tidak Melewatkan Makan Sahur

Makan Sahur - Cara Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

Cara berpuasa bagi penderita diabetes yaitu dengan makan sahur sangat penting untuk meningkatkan stamina saat berpuasa. Begitu pula untuk para penderita diabetes sangat baik dan dianjurkan untuk makan sahur ketika ingin melakukan puasa di bulan Ramadhan.

1. Tetap Makan dengan Pola Tiga Kali Sehari

Pola makan bagi para penderita diabetes bisa dengan cara cara mengkonsumsi asupan nutrisi 3 kali sehari. Mulailah hari dengan sahur terlebih dahulu kemudian makan siang diganti saat berbuka puasa atau maghrib dan yang ketiga adalah setelah shalat tarawih atau 2 jam sebelum tidur. Hal tersebut dilakukan supaya kadar gula darah tidak akan turun terlalu lama.

2. Tidak Makan Terlalu Berlebihan saat Sahur dan juga Berbuka

Cara berpuasa bagi penderita diabetes adalah dengan konsumsi makanan yang berlebihan saat sahur membuka dapat menyebabkan diabetes semakin memburuk. Oleh karena itu batasi makan-makanan yang tidak sehat. Sertai asupan nutrisi dengan makanan bergizi tinggi.

3. Makan Makanan yang Banyak Mengandung Serat Tinggi

Cara berpuasa bagi penderita diabetes  yaitu makanan yang mengandung serat tinggi akan membantu penderita diabetes bisa menjalankan puasa dengan baik. Sebab makanan yang mengandung serat seperti nasi merah sayur dan buah akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

4. Menghindari Makanan yang Digoreng dan Makanan Manis

Cara berpuasa bagi penderita diabetes saat berpuasa hindari makanan yang digoreng dan juga manis. Hal tersebut dikarenakan penimbunan lemak di dalam tubuh disebabkan oleh gorengan akan meningkatkan kadar gula darah. Selain itu juga para penderita diabetes tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang manis karena untuk menstabilkan kadar gula darah.

5. Memperbanyak Konsumsi Air Ketika Sahur dan Berbuka

Cara berpuasa bagi penderita diabetes dengan konsumsi air putih yang sangat bagus untuk tubuh saat berpuasa terutama bagi para penderita diabetes. Oleh karena itu, dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi air putih ketika sahur dan juga berbuka. Hal tersebut untuk membuat kadar gula darah tetap stabil.

6. Rutin Berolahraga

Cara berpuasa bagi penderita diabetes Bagi para penderita diabetes juga perlu melakukan olahraga ringan saat berpuasa. Tubuh akan lebih sehat dan bugar kita ketika perut terasa kosong karena ototnya sudah terlatih dengan baik.

7. Menghindari Konsumsi Kafein saat Sahur dan juga Berbuka

Cara berpuasa bagi penderita diabetes mengurangi konsumsi makanan dan minuman mengandung kafein. Kafein sendiri mengandung zat yang bersifat diuretik yang membuat orang yang lebih sering buang air kecil. Hal tersebut tentu saja tidak baik untuk penderita diabetes. Kekurangan cairan tubuh akan memicu hipoglikemia yang membuat tubuh menjadi lemas sehingga tidak sadarkan diri.

Tips Menjaga Tubuh agar Tetap Sehat bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes ada beberapa cara agar tubuh tetap bugar dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

⦁ Mengkonsumsi Makanan yang Sehat

Makanan Sehat - Cara Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

Bagi para penderita diabetes wajib mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi. Konsumsi makanan yang rendah lemak rendah gula serta rendah garam. Namun tetap mengkonsumsi makanan yang tinggi akan serat akan membuat kadar gula darah tetap stabil.

1. Tidak Melewatkan untuk Mengkonsumsi Obat Diabetes

Orang-orang yang menderita diabetes tentu saja akan mengkonsumsi beberapa obat-obatan tertentu. Supaya tubuh tetap sehat tetaplah terus untuk memakan obat obat sesuai dengan anjuran dokter agar penyakit tersebut dapat teratasi dengan baik. Konsumsi obat herbal juga bisa dilakukan bila anda menginginkan pengobatan tanpa operasi.

2. Mengecek Kadar Gula Darah Setiap Harinya

Ada baiknya kegiatan yang satu ini dilakukan yaitu mengecek kadar gula darah. Apabila darah mengandung sedikit gula atau pun banyak hal tersebut tentu saja akan berdampak pada kesehatan. Jika hal tersebut terjadi maka konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan serta solusi yang terbaik untuk menyembuhkan diabetes.

3. Dapat Mengelola Stres dengan Baik

Orang-orang dengan tingkat stres yang baik dan memiliki riwayat diabetes membuat kesehatannya akan semakin memburuk. Oleh karena itu penting untuk mengelola stres dengan baik supaya kadar gula darah tetap stabil dan tubuh akan jauh lebih sehat.

4. Memfokuskan Diri untuk Mengkonsumsi Buah

Buah kaya akan gizi yang tinggi untuk tubuh. Manfaat baiknya juga akan dirasakan oleh para penderita diabetes. Hal tersebut dapat dilakukan oleh orang-orang yang suka manis akan tetapi tidak bisa mengkonsumsi gula terlalu banyak. Buah sebagai pengganti rasa manis tersebut. Akan tetapi tetap untuk memperhatikan diri agar tetap terkontrol dan tidak berlebihan dalam mengkonsumsi buah yang manis.

5. Istirahat yang Cukup

Pentingnya bagi para penderita diabetes untuk melakukan istirahat yang cukup dengan tidur yang cukup. Sebab kurangnya kualitas tidur yang baik akan membuat terganggunya pelepasan insulin. Sehingga hormon tidak seimbang dan membuat stres.

Manfaat Puasa bagi Para Penderita Diabetes

Puasa memiliki segudang manfaat tidak hanya berpahala dalam segi agama. Akan tetapi dari segi yang lainnya ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan terutama kesehatan.

⦁ Glukosa akan Lebih Teratur

Glukosa Akan Teratur - Cara Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

Saat seseorang sudah berpuasa selama 8 jam, maka tubuh akan mengalami banyak perubahan. Apalagi saat tubuh mengelola banyak energi yang akan digunakan. Banyak mengalami perubahan. Pada awalnya memang glukosa digunakan sebagai energi pertama. Akan tetapi ketika glukosa sudah habis maka cadangan lemak akan dijadikan suatu energi.

1. Menghindari Ketergantungan Terhadap Obat-Obat Tertentu

Sebuah penelitian dari halaman webMD yaitu terhadap 3 orang yang mengidap diabetes tipe 2 selama 10 sampai 25 tahun untuk melakukan puasa. Hasilnya selama sebulan 3 orang tersebut mampu mengatasi ketergantungan terhadap obat-obatan.

2. Dapat Menjaga Kesehatan dari Organ Tubuh

Saat berpuasa tubuh dapat menyimpan glukosa untuk berjaga-jaga. Glukosa yang disimpan tersebut disebut glikogen yang dapat digunakan selama 12 jam. Dalam waktu yang panjang tersebut tubuh juga dapat membantu untuk membakar lemak. Organ-organ tubuh lainnya juga akan bekerja dengan baik.

3. Menjaga Kedisiplinan Pola Makan yang Baik

Berpuasa dapat menjaga kedisiplinan makan sehingga pola makan jadi teratur. Apabila selama sebula makan penderita diabetes makan di waktu yang tepat maka kadar gula darah juga akan stabil. Begitu juga dengan kedisiplinan dalam memakan obat dan konsistensi yang dilakukan akan membuat penyembuhan diabetes bekerja dengan lancar.

Rekomendasi Menu Makanan untuk Penderita Diabetes saat Puasa

Menu makanan saat sahur maupun berbuka Tentu saja sangat berpengaruh pada cara berpuasa bagi penderita diabetes. Akan tetapi hal tersebut tidak mengurangi keinginan untuk makan makanan yang lezat selama bulan puasa.

⦁ Ikan Laut

Ikan Laut - Cara Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

Ikan laut kaya akan kandungan Omega 3, DHA dan EPA yang tentunya sangat baik untuk kesehatan jantung. DHA dan EPA ini akan mengurangi peradangan dan juga mengoptimalkan fungsi dari arteri. Ikan laut ini dapat dimasak dengan cara dibakar maupun direbus. Akan tetapi hindari untuk memasaknya dengan cara digoreng karena akan membuat kolesterol menjadi lebih tinggi.

1. Sup Kacang

Kacang-kacangan juga sangat baik dengan cara berpuasa bagi penderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi pada kacang dapat membantu tubuh untuk memperlambat proses penyerapan dari karbohidrat. Hal tersebut dapat juga mengendalikan kadar gula darah agar tetap stabil dalam tubuh.

2. Nasi Merah

Nasi merah merupakan makanan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan akan karbohidrat pada penderita diabetes. Pada nasi merah kandungannya memiliki 3 gram protein, 3,5 kalori, 34,5 gram karbohidrat, pada 100 gram nasi merah.

3. Kurma

Buah kurma dapat mengendalikan gula darah selama di bulan puasa. Kandungan serat yang terdapat di dalamnya mampu untuk memperlambat proses pencernaan sehingga gula darah tidak akan mengalami loncatan terlalu tinggi. Akan tetapi perlu juga untuk membatasi konsumsinya. Maksimal 3 buah kurma untuk cara berpuasa bagi penderita diabetes sudah terbilang cukup.

4. Greek Yoghurt

Produk olahan dari susu seperti yogurt memiliki kandungan gula yang sedikit dan memiliki protein yang lebih tinggi.

Baca Juga: Hindari Kolesterol dengan Menghindari Makanan Penyebab Kolesterol

Cara berpuasa bagi penderita diabetes dapat dilakukan seperti pada umumnya. Akan tetapi, perlu memperhatikan kondisi kesehatan supaya puasa yang dilakukan tidak akan menyiksa tubuh. Sebab ada beberapa pantangan seperti makanan yang tidak sehat dan juga kondisi tubuh yang mengalami stres akan membuat pada penderita diabetes akan kesulitan dan membawa dampak buruk bagi dirinya ketika melakukan puasa.