Budaya hidup sehat merupakan salah satu hal yang penting dalam menjalani sebuah kehidupan, budaya hidup sehat dijalani dengan memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia seperti pikiran, makanan, minuman, dan sebagainya. Kebanyakan orang akan menyadari bahwa hidup sehat itu sangat penting ketika mereka terpapar penyakit. Budaya hidup sehat memang sudah seharusnya kita jalani setiap hari untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti datangnya penyakit berbahaya dan tindakan-tindakan negatif yang dapat merugikan orang lain. 

Baca Juga: Kenali Bagian Telinga dan Fungsinya Agar Terhindar Dari Penyakit Telinga

Jika tubuh kita sehat maka dapat dipastikan segala kegiatan dan aktifitas yang kita laksanakan akan berjalan dengan baik begitupun juga dengan orang lain. Itu semua dapat Anda capai dengan memasukan budaya hidup sehat menjadi hal pokok dalam diri Anda sendiri. Jika Anda dan keluarga memahami bagaimana cara memulai budaya sehat, maka secara langsung dapat menerapkan bagaimana pola hidup sehat sebenarnya.

Khususnya pada situasi pandemik covid-19 ini banyak orang yang justru mengabaikan budaya hidup sehat dengan bermalas malasan dirumah dan tidak mengontrol perilaku hidup sehat. Padahal pada situasi seperti ini menjaga dan meningkatkan imun tubuh melalui budaya hidup sehat merupakan hal yang sangat penting dijalani setiap kalangan masyarakat. Olehnya, berikut kami sajikan beberapa cara membiasakan budaya hidup sehat khususnya di tengah pendemik covid-19 ini.

Budaya Hidup Sehat Dengan Rajin Mengkonsumsi Buah-buahan dan Sayuran

Budaya Hidup Sehat Dengan Rajin Mengkonsumsi Buah-buahan dan Sayuran - Budaya Hidup Sehat

Konsumsi Buah dan Sayuran adalah hal pertama untuk Anda memulai budaya hidup sehat. Dengan konsumsi buah-buahan dan sayuran rutin mempunyai dampak besar bagi tubuh Anda. Buah-buahan memberikan serat yang baik untuk tubuh seperti nutrisi dan vitamin. Olehnya buah-buahan memang berperan besar dalam menjaga ketahanan tubuh saat ini. dilansir Kementerian kesehatan republik Indonesia beberapa manfaat mengkonsumsi buah dan sayur yang bisa Anda peroleh diantaranya:

buah dan sayur mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ini dikarenakan terdapat vitamin C dalam buah dan sayur, buah dan sayur juga mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi karena banyak sumber kalsium baik dari buah dan sayur seperti alpukat, jeruk, bayam, dan lobak, buah dan sayur mampu menurunkan kolesterol dan melancarkan pencernaan, membuat cepat kenyang karena kandungan serat dalam buah menghambat penyerapan lemak dan gula yang buruk pada saluran cerna sehingga cocok untuk mencegah obesitas. 

Cara mengkonsumsi buah dan sayuran adalah dengan makan berbagai jenis dengan warna yang berbeda-beda, agar memenuhi porsi asupan buah dan sayuran Anda dalam sehari WHO merekomendasikan mengkonsumsi buah dan sayuran sebesar 400 gram dalam sehari untuk mencegah masalah kesehatan serius. Tips yang bisa Anda pakai jika ingin makan buah dan sayuran 5 porsi sehari diantaranya :

1. Bawa bekal buah

Ketika bekerja, belajar, dan berwisata bawa sebuah wadah minimalis yang bersih untuk menyimpan buah yang sudah di cuci. Jadi ketika Anda lapar Anda bisa memakannya.

2. Buat jadwal dan sering belanja

Untuk membiasakan buah menjadi kebutuhan pokok Anda perlu membiasakan aktifitas Anda diisi dengan makanan sehat ini, sebagai contoh adalah dengan membuat jadwal harian kapan harus makan buah dan tipe buah apa saja yang dikonsumsi. Dan jangan lupa ketika berbelanja ke Mal sempatkan untuk membeli buah di gerai buah terdekat yang segar

3. Buat Olahan yang menarik

Sebagian orang akan cepat bosan mengkonsumsi buah dengan cara itu itu saja, disini Anda dapat mengkreasikan buah buahan dengan olahan sehat Anda, contoh membuat salad buah yang dikombinasikan dengan susu kental manis, keju, dan sebagainya. Membuat olahan jus buah segar yang ditambahkan dengan susu coklat dan wafer mungkin. Semakin bagus kelihatan tampak luar dari sajian maka minat konsumsi buah Anda semakin baik.

Budaya Hidup Sehat Dengan Berolahraga Teratur

Budaya Hidup Sehat Dengan Berolahraga Teratur - Budaya Hidup Sehat

Budaya hidup sehat dengan makanan makanan sehat saja tidak cukup, imbangi itu semua dengan berolahraga secara teratur. Aktivitas fisik seperti berolahraga cukup baik untuk menunjang kebugaran tubuh Anda. Olahraga secara teratur merupakan langkah kedua untuk memulai budaya hidup sehat, beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari berolahraga secara teratur diantaranya :

1. Dapat Mencegah datangnya penyakit

Dengan berolahraga secara teratur resiko munculnya penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes, depresi, kanker, nyeri sendi, dan lainnya akan dapat dicegah sehingga penyakit berbahaya dapat dihindari sejak dini.

2. Memperkuat tulang dan otot

Bagi Anda yang sudah lanjut usia mungkin masalah tulang dan otot merupakan masalah yang serius, kebanyakan orang akan mengabaikan berolahraga di usia muda padahal sebenarnya usia muda adalah saat yang tepat untuk memulainya agar mencegah kelemahan tulang dan otot di usia tua. Berolahraga bisa mencegah kepadatan tulang dan kekuatan otot sehingga gangguan seperti nyeri tulang dan otot bisa dihindari.

3. Menjaga Berat badan

Badan ideal merupakan mimpi semua orang, lain halnya dengan berat badan berlebih atau obesitas yang dapat mengundang berbagai macam penyakit. Olahraga mampu menjaga berat badan Anda agar ideal, karena saat Anda bergerak banyak kalori yang terbakar. Sehingga ketika Anda olahraga rutin Anda tidak perlu khawatir dengan masalah obesitas.

Lalu bagaimana cara berolahraga secara teratur? Yang pastinya yang pertama Anda harus konsisten dengan tujuan budaya hidup sehat Anda. Lakukan aktivitas  ringan setiap 150 menit dalam seminggu contoh seperti jogging, berenang, stretching, dan olahraga kesukaan Anda. Untuk Anda yang sibuk dengan pekerjaan, maka 20 menit berolahraga di pagi hari sudah cukup untuk Anda.

Budaya Hidup Sehat Dengan Berpikir Positif

Budaya Hidup Sehat Dengan Berpikir Positif - Budaya Hidup Sehat

Semua kegiatan fisik budaya hidup sehat tidak akan berjalan dengan baik jika pikiran Anda tidak sehat. Positive thinking merupakan point penting dalam budaya hidup sehat. Berpikir positif dapat memberi beberapa manfaat diantaranya :

1. Menghindari Depresi

Pemikiran adalah pola hidup Anda, salah satu pola hidup yang dihindari adalah depresi, dengan berpikir positif Anda dapat mencintai diri Anda sendiri dan dapat mengobati depresi.

2. Memperkuat sistem imun tubuh

Dilansir dari New York times, dari studi pada tahun 2003 menyatakan bahwa berpikir negatif dapat melemahkan respon kekebalan tubuh manusia terhadap flu, karena ada aktivitas listrik yang besar di bagian otak ketika memikirkan sesuatu yang negatif dan dapat melemahkan antibodi manusia.

3. Mampu mengatasi stress

Ketika dihadapi dengan berbagai macam persoalan, orang yang berpikir positif dapat mengatasi segala situasi dengan lebih efektif, sehingga ketika terjadi kegagalan tidak akan pesimis melainkan selalu optimis. 

4. Memberi Umur panjang

Peneliti dari University of Pittsburgh School of Medicine mengemukakan bahwa wanita diatas usia menopause yang selalu berpikir positif dan optimis memiliki resiko 30% lebih rendah terserang diabetes dan penyakit jantung dibandingkan dengan yang pesimis berkemungkinan untuk meninggal akibat kanker.

Baca Juga: Cari Tahu Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Berhubungan saat Hamil Muda