Saat menjalani ibadah puasa cenderung menyebabkan daya tahan tubuh menjadi lemah. Daya tahan tubuh yang lemah membuat seseorang lebih rentan terkena serangan virus dan bakteri. Seperti halnya terkena infeksi bakteri yang mengakibatkan radang tenggorokan. Lantas masih bolehkah puasa saat radang tenggorokan? 

Baca Juga: Tips Tentang Cara Menjaga Kesehatan Selama Puasa Di Bulan Ramadhan

Kebolehan Puasa Saat Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan penyakit yang tidak terlalu mengkhawatirkan. Biasanya penyakit ini bisa sembuh dalam waktu kira-kira seminggu. Namun ada beberapa kasus radang tenggorokan yang cukup mengkhawatirkan hingga menimbulkan berbagai komplikasi. Untuk kondisi yang cukup parah sebaiknya langsung konsultasi dan periksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Pada dasarnya bolehkah puasa saat radang tenggorokan? Hal ini biasanya tergantung pada kondisi dan daya tahan tubuh kamu. Jika radang tenggorokan yang kamu alami masih termasuk kategori ringan maka disarankan untuk melakukan puasa. Namun jika radang tenggorokan sudah cukup parah hingga membuatmu demam tinggi maka lebih baik untuk tidak melakukan puasa dan kamu bisa menggantinya di kemudian hari.

Mencegah Radang Tenggorokan Saat Puasa

Saat puasa kondisi tubuh sangat rentan terkena penyakit radang tenggorokan. Hal ini bisa disebabkan karena kekurangan asupan cairan pada tubuh. Pada bulan puasa biasanya cuaca juga cenderung panas. Maka tak jarang banyak orang yang mengalami radang tenggorokan. 

Oleh karena itu lebih baik untuk mencegah radang tenggorokan dengan cara membatasi diri dari lingkungan luar. Selain dari faktor makanan, radang tenggorokan bisa disebabkan karena paparan debu dan kotoran selama beraktivitas di luar ruangan. Untuk itu dengan membatasi diri dari lingkungan luar dapat mencegah terkena radang tenggorokan.

Tak hanya itu kamu juga bisa menjaga kebersihan ruangan dan lingkungan sekitar. Lingkungan yang bersih semakin meminimalisir adanya debu dan kotoran yang menyebabkan radang tenggorokan. Pastinya ruangan yang bersih akan menimbulkan udara yang segar dan nyaman untuk ditinggali.

Namun jika pencegahan sudah dilakukan dan kamu masih terkena penyakit radang tenggorokan, kamu bisa menggunakan rangkaian tips untuk menjalani puasa dengan lancar meskipun terkena radang tenggorokan. Kamu masih bisa melaksanakan puasa dengan panduan tips khusus sehingga dapat menjalani ibadah di bulan ramadhan ini. Dengan begitu kamu tetap mendapatkan banyak pahala.

Tips Menjalani Puasa Saat Radang Tenggorokan

Saat menjalani puasa meski terkena radang tenggorokan, kamu harus memperhatikan beberapa hal agar tetap lancar berpuasa. Ini untuk membuat radang tenggorokan cepat sembuh dan juga mengantisipasi agar tidak menjadi lebih parah lagi. Dengan adanya tips ini kamu bisa menjalani puasa di bulan ramadhan.

Berikut inilah beberapa tips menjalani puasa saat terkena radang tenggorokan:

1. Perbanyak minum air putih

Minum Air Putih - Saat Radang Tenggorokan

Bolehkah puasa saat radang tenggorokan? Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak menjadi salah satu cara untuk mengobati radang tenggorokan. Asupan air putih yang cukup bisa membuat tenggorokan tidak terlalu kering. Namun saat sedang berpuasa kamu bisa mencukupi kebutuhan air putih dengan mengonsumsi saat sahur, berbuka puasa dan setelah buka puasa. 

Pastikan untuk mendapatkan asupan cairan tubuh yang terpenuhi. Karena hal ini bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi saat radang tenggorokan. Selain itu kamu juga dianjurkan untuk tidak mengonsumsi minuman yang mengandung soda, kafein dan alkohol. Minuman tersebut justru semakin memperparah radang tenggorokan.

2. Menggunakan masker 

Memakai Masker - Saat Radang Tenggorokan

Pada umumnya saat radang tenggorokan disebabkan karena infeksi bakteri yang berasal luar maupun makanan dan minuman yang tidak higienis. Untuk meringankan gejala radang tenggorokan kamu bisa menggunakan masker untuk mengurangi bakteri, debu, dan kotoran yang terhirup. 

Dengan menggunakan masker kamu bisa mencegah radang tenggorokan menjadi lebih parah. Sehingga daya tahan tubuh tidak terlalu lemah saat menjalani puasa. Selain itu kamu juga bisa mengurangi bicara yang terlalu banyak. Ini bisa membuat tenggorokan tidak semakin iritasi.

Namun untuk kondisi radang tenggorokan yang cukup parah, menggunakan masker dapat mencegah atau mengurangi resiko penularan terhadap orang lain. Hal ini karena penularan penyakit radang tenggorokan bisa melalui udara.

3. Hindari ruangan yang memiliki udara kering

Ruangan Ac - Saat Radang Tenggorokan

Ruangan yang kering biasanya akan membuat produksi air liur dan lendir di tenggorokan menjadi kering. Tentunya ini sangat tidak baik bagi penderita radang tenggorokan karena bisa membuat peradangan semakin parah. Apalagi jika kamu sedang berpuasa justru semakin membuatmu dehidrasi.

Oleh karena itu sangat disarankan untuk menghindari ruangan atau udara yang kering agar radang tenggorokan bisa cepat sembuh. 

4. Istirahat cukup

Istirahat Yang Cukup - Saat Radang Tenggorokan

Bolehkah puasa saat radang tenggorokan? Pada umumnya daya tahan tubuh yang lemah membuat kamu terkena penyakit radang tenggorokan. Untuk itu kamu bisa melakukan istirahat yang cukup untuk kembali mendapatkan energi yang optimal. 

Pada umumnya kebutuhan tidur orang dewasa sekitar 6 hingga 8 jam sehari atau bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Selain itu pastikan kamu tidak melakukan aktivitas yang berat selama puasa. 

5. Menghirup uap panas

Menghirup Uap Panas - Saat Radang Tenggorokan

Saat radang tenggorokan, biasanya tenggorokan akan terasa cukup kering dan menimbulkan rasa sakit yang tidak nyaman. Hal ini bisa diatasi dengan menghirup uap panas yang berasal dari air mendidih yang dituangkan ke dalam wadah atau mangkuk. Agar uap tidak cepat hilang kamu bisa menutupinya dengan handuk atau kain.

Biarkan uap air masuk ke dalam tenggorokan melalui hidung selama beberapa menit. Cara ini dapat membuat tenggorokan menjadi sedikit rileks dan mengurangi gejala. 

6. Mengonsumsi makanan yang mudah ditelan saat buka dan sahur

Bubur Ayam - Saat Radang Tenggorokan

Untuk mencegah saat radang tenggorokan semakin parah, kamu bisa mengonsumsi makanan yang memiliki tekstur halus sehingga mudah untuk ditelan. Kamu bisa mengkonsumsi makanan seperti sup ayam, bubur, dan lainnya. Makanan tersebut juga mengurangi rasa sakit tenggorokan saat menelannya.

Selain itu kamu sangat disarankan untuk menghindari makanan seperti gorengan, kerupuk dan makanan bersantan yang akan memperburuk kondisi saat radang tenggorokan. Pastikan juga untuk minum air putih yang banyak agar tenggorokan tidak kering.

7. Kumur air garam

Kumur Air Garam - Saat Radang Tenggorokan

Bolehkah puasa saat radang tenggorokan? Untuk mengurangi iritasi akibat radang tenggorokan kamu bisa menggunakan air garam. Caranya dengan berkumur menggunakan garam yang sudah dilarutkan dengan air. Kamu bisa melakukannya saat berbuka puasa, sebelum tidur dan saat sahur.

Pastikan untuk tidak meminum larutan air garam ini ya. Kamu bisa berkumur sambil menengadah selama beberapa detik hingga menyentuh tenggorokan setelah itu buang airnya. Jika rasanya terlalu kuat kamu bisa mencampurnya dengan madu.

8. Jangan bernapas lewat mulut

Bernapas Lewat Hidung - Saat Radang Tenggorokan

Saat menjalani puasa sebaiknya kamu bernapas lewat hidung dan jangan bernapas lewat mulut. Hal ini karena saat bernapas lewat mulut cenderung membuat tenggorokan semakin kering dan sakit. 

Namun saat kamu sedang pilek mungkin secara tidak sadar akan bernapas lewat mulut. Tentunya karena hidung akan merasa tersumbat dan sulit bernapas lewat hidung. Maka usahakan untuk selalu bernapas lewat hidung.

9. Hindari merokok

No Smoking - Saat Radang Tenggorokan

Kebiasaan merokok akan semakin memperparah kondisi saat radang tenggorokan. Maka dari itu sebaiknya untuk menghindari kebiasaan merokok agar radang tenggorokan cepat sembuh. Selain itu saat merokok justru membuat tenggorokan sedikit tidak nyaman dan menimbulkan rasa sakit. 

Memang kebiasaan merokok sangat sulit untuk dihindari bahkan membutuhkan waktu lama untuk lepas dari rokok. Hal ini karena rokok memiliki efek ketagihan yang membuat penggunanya selalu merokok. Namun jika dilakukan secara perlahan-lahan pasti akan terbiasa untuk tidak merokok.

10. Kurangi bicara

Mengurangi Bicara - Saat Radang Tenggorokan

Terkena saat radang tenggorokan saat puasa memang sangat mengganggu. Kamu bisa mencegah kondisi yang lebih parah dengan mengurangi berbicara. Ini karena banyak bicara justru membuat tenggorokan semakin kering dan sakit. 

Selain itu saat berbicara juga akan mempermudah debu dan kotoran untuk masuk ke dalam mulut sehingga menyebabkan radang tenggorokan tak kunjung sembuh. Oleh karena itu kurangi bicara dan gunakan untuk istirahat agar kondisi tubuh semakin membaik.

Baca Juga: Beberapa Tips untuk Para Penderita Maag dan Cara Berpuasa

Itulah berbagai tips bagi kamu yang terkena radang tenggorokan saat puasa. Jadi jika kamu masih bingung bolehkah puasa saat radang tenggorokan maka kamu bisa memanfaatkan tips di atas agar puasa kamu lebih lancar. Selain itu kamu juga bisa mengatasi radang tenggorokan untuk cepat sembuh dan mulai kembali beraktivitas seperti biasa.