8 Cara atasi hidung tersumbat dengan cara alami dan obat – Jika hidung sedang tersumbat memang sangatlah tidak enak, karena ini sangat mengganggu pernapasan dan membuat kita tidak percaya diri juga. Pada dasarnya, ini akan menyebabkan kesulitan untuk bernapas dan juga bisa menimbulkan sakit kepala. Biasanya juga akan mengeluarkan suara bindeng atau sengau yang sangat mengganggu.

Baca Juga: Aplikasi Chat Dokter yang Bisa Diakses dengan Mudah

Banyak orang yang berpikir bahwa hidung tersumbat ini diakibatkan banyak ingus atau lendir yang di hidung. Tetapi, tersumbatnya hidung juga disebabkan oleh pembuluh darah yang sudah meradang di sinus. Ketika orang ingusan, biasanya akan berharap bisa kembali bernapas dengan normal, tapi kenyataannya tidak karena alasan meradangnya di pembuluh darah.

Berikut 8 Cara atasi hidung tersumbat dengan cara alami dan obat:

1. Memakai humidifier

8 Cara atasi hidung tersumbat dengan cara alami dan obat

Humidifier adalah alat yang melembabkan udara dengan cara menyemprotkan uap air ke udara. Alat ini juga tidak hanya membuat kelembaban udara menjadi terjaga, tetapi juga dapat membantu atasi iritasi yang dipicu oleh udara kering.

Hal ini bisa mengatasi seperti kulit kering, pilek, bibir pecah-pecah, sampai sakit tenggorokan. Tapi harus diingat juga, bahwa alat ini tidak sepenuhnya dapat mengatasi masalah diatas. Bahkan jika memakai berlebih dapat memperburuk gangguan pernapasan.

2. Mandi air hangat

Mandi air hangat juga dapat mempermudah kamu dari hidung tersumbat, dan akan jauh lebih baik jika kamu sudah mandi air hangat. Uap dari pancuran yang dapat membantu mengencerkan lendir-lendir yang ada di hidung dan dapat juga mengurangi peradangan.

Dengan begitu, mandi air hangat sangat membantu untuk meredakan hidung yang tersumbat oleh lendir-lendir atau ingus yang mengganggu. Tetapi hal ini sifatnya hanya sementara. Kamu juga bisa mendapatkan efek yang persis dengan menghirup uap air panas di wastafel yang sudah tersedia air panas.

3. Tetap terhidrasi

Dengan menjaga agar cairan tetap mengalir saat hidung kamu tersumbat. Sudah banyak cairan yang dapat membantu kamu tetap terhidrasi saat kamu sakit, seperti air putih, minuman isotonik, sampai juz pun termasuk.

Pemasukan cairan juga dapat membantu mengencerkan lendir terhadap saluran hidung, dan dapat mendorong cairan keluar dari hidung dan dapat mengurangi tekanan di sinus.

4. Pakai semprotan cairan saline

8 Cara atasi hidung tersumbat dengan cara alami dan obat

Semprotan cairan saline adalah obat semprot hidung yang mengandung oxymetazoline, ini dapat meringankan ketidaknyamanan pada hidung. Dengan reaksi obat semprot ini, yang dapat mempersempit pembuluh darah di saluran hidung sehingga dapat meredakan sementara.

Obat yang bekerja cepat dan juga dapat tahan lama, sampai-sampai hanya perlu digunakan 2 kali sehari saja. Selain itu, efeknya juga bisa dirasakan lebih cepat daripada obat-obat yang diminum. Kelebihan obat ini adalah tidak menyebabkan rasa ngantuk, tidak seperti obat kapsul yang dapat menyebabkan ngantuk.

5. Keringkan sinus

Kamu dapat membersihkan lubang hidung yang tersumbat dengan neti pot. Apa itu neti pot? neti pot yaitu wadah yang dirancang untuk mengeluarkan cairan dan juga lendir dari saluran pernapasan hidung kita.

Penggunaan neti pot ini disarankan agar memakai air suling atau air yang steril sebagai penggantinya air keran. Karena jika memakai neti pot ini, harus dengan air yang bersih dan juga steril agar terjauhi dari kuman-kuman atau bakteri jahat yang ada.

6. Memakai kompres yang hangat

Dengan cara mengompres, ini juga cara yang ampuh untuk mengatasi saluran hidung yang tersumbat. Ini juga menjadi salah satu cara tradisional yang sudah turun temurun dari nenek moyang kita.

Untuk cara pemakaian dengan cara di kompres hangat yaitu:

  • Yang pertama itu kamu harus merendam handuk tersebut ke air yang hangat
  • Lalu angkat dan peras handuk tersebut
  • Kemudian lipat handuk tersebut dan letakkanlah di atas hidung dan juga di dahi
  • Setelah itu, kamu nikmati dengan rasa yang hangat dan dapat memberikan rasa yang nyaman dari rasa sakit dan juga akan membantu meredakan peradangan pada saluran pernapasan
  • Dan ulangilah setiap kamu membutuhkan agar meredakan dan nyaman.

7. Dekongestan

Ini adalah obat yang bisa digunakan untuk meredakan hidung yang tersumbat atau bisa disebut juga kongesti nasal. Produk dekongestan ini ada dua yaitu ada yang dihirup dan juga ada yang diminum. Tetapi dekongestan yang paling umum dipakai atau dibeli orang-orang adalah yang dekongestan hirup.

Dekongestan ini dapat meredakan pembengkakan pembuluh darah yang ada di dalam saluran pernapasan. Hal ini disebabkan oleh kondisi-kondisi yang sudah dijelaskan di atas sehingga saluran pernapasan kita menjadi terbuka dan nafas pun menjadi terasa lebih lega.

8. Minumlah antihistamin atau obat alergi

8 Cara atasi hidung tersumbat dengan cara alami dan obat

Ini adalah obat-obatan yang digunakan untuk meredakan atau mengobati reaksi alergi-alergi. Alergi tersebut seperti reaksi alergi akibat sengatan serangga, rinitis alergi, reaksi alergi makanan, urtikaria atau juga biduran. Tetapi tidak hanya alergi, obat ini juga sering digunakan untuk mengatasi gejala mual yang biasanya diakibatkan oleh mabuk kendaraan.

Obat ini bekerja dengan cara memblokir zat histamin yang telah diproduksi tubuh kita. Zat histamin ini sebenarnya berfungsi untuk melawan virus atau juga bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, pada saat histamin ini melakukan perlawanan, tubuh kita akan mengalami peradangan. Tetapi kepada orang yang alergi, histamin ini bisa menjadi kacau karena zat ini tidak bisa membedakan objek yang berbahaya dan tidak berbahaya.

Jika ingin mengetahui info berita yang lain, kamu bisa mengunjungi langsung ke link ini jjstereo.com