6 Aplikasi Chat Dokter yang Bisa Diakses dengan Mudah – Dengan berkembangnya teknologi, layanan berbasis daring kian banyak ditemukan. Tidak hanya akses yang lebih mudah dalam bidang komunikasi, namun juga berbagai akses terkait dengan layanan kesehatan.

Apalagi dengan adanya pandemic dan kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan semakin besar. Tentunya banyak yang mengambil momentum tersebut untuk mengembangkan aplikasi chat dokter yang bisa diakses public dengan lebih mudah.

Pengunaan aplikasi layanan berbasis kesehatan daring ini tentu menjadi solusi masyarakat yang membutuhkan diagnosa kesehatan yang lebih cepat. Kini mereka bisa melakukan diagnosis secara mandiri dengan bantuan dokter melalui aplikasi chatting khusus tersebut.

Apabila Anda tertarik untuk menggunakan layanan mereka, Anda harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi tersebut lewat platform yang tersedia. Beberapa platform tersebut adalah Play Store maupun App Store. Kedua media tersebut merupakan tempat unduh yang legal dan disarankan karena aman untuk perangkat yang Anda gunakan.

Berikut ini merupakan aplikasi chatting untuk melakukan komunikasi dengan dokter yang bisa kamu akses. Kamu bisa melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu untuk menggunakannya, namun beberapa memperbolehkan kamu menggunakan akun anonym atau tanpa akun untuk mengoperasikan aplikasi chat dokter tersebut.

Baca Juga: Berbagai Macam Cara Membuat Handsanitizer, Praktis & Cepat

Rekomendasi 6 Aplikasi Chat Dokter yang Bisa Diakses dengan Mudah:

1. Halodoc

6 Aplikasi Chat Dokter yang Bisa Diakses dengan Mudah

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi chatting khusus dokter yang satu ini, ia dikenal sebagai aplikasi yang terpercaya dan menjadi pioneer dari aplikasi lain sejenisnya. Kamu bisa melakukan konsultasi langsung dengan dokter, khususnya jika penasaran dengan kesehatan yang sedang kamu alami.

Terkait dengan dokter yang bekerja di Halodoc, ataupun yang menjawab pesan kamu di aplikasikanya, tidak perlu khawatir terkait kelegalan mereka. Sebab dokter yang terdaftar dalam Halodoc merupakan dokter yang sudah mengantongi surat izin, serta memiliki tanda registrasi tenaga kesehatan.

Tidak hanya memudahkan kamu untuk melakukan chatting saja, aplikasi ini juga memberikan kemudahan lain kepada penggunanya, yakni fitur video call. Akses aplikasi chatting dokter ini tidak hanya bisa digunakan di smartphone, namun juga computer lewat website yang mereka kelola.

2. Alodokter

6 Aplikasi Chat Dokter yang Bisa Diakses dengan Mudah

Memiliki nama yang serupa dengan aplikasi sebelumnya, Alodokter juga mempunyai layanan yang sama, yakni memberikan layanan berbasisi daring untuk konsultasi. Layanan tersebut bisa kamu akses di perangkat Android atau iPhone yang kamu miliki, sehingga memudahkan teknis menghubungi dokter.

Semua pertanyaan yang kamu ajukan akan dijawab oleh dokter yang sudah berpengalaman mengenai masalah tersebut. Selain dokter umum, kamu juga bisa memilih dokter spesialiasis di aplikasi ini agar kamu mendapatkan informasi yang lebih rinci dan akurat.

Jika kamu suka menambah pengetahuan dengan membaca artikel kesehatan, Alodokter juga memiliki fitur tersebut. Sehingga kamu bisa menambah pengetahuan terkait dengan kesehatan, sehingga membuat kamu bisa melakukan pola hidup yang lebih sehat setelah menggunakan aplikasi chat dokter tersebut.

3. KlikDokter

6 Aplikasi Chat Dokter yang Bisa Diakses dengan Mudah

Berikutnya adalah aplikasi KlikDokter, yang memiliki fitur unggulan dibandingkan dengan aplikasi yang telah disebutkan sebelumnya. Fitur tersebut adalah live chat, sehingga pertanyaan kamu bisa dibalas dengan lebih cepat oleh dokter yang sedang online atau bertugas.

Apalagi dengan adanya perbedaan jenis dan spesifikasi dokter, dengan begitu kamu bisa langsung mendapatkan dokter yang sesuai dengan pertanyaan yang ingin kamu ajukan. Bila memerlukan dokter spesialis, tersedia pula dokter dengan kemampuan tersebut dalam list aplikasinya.

Sama seperti yang terdapat dalam Alodok, aplikasi chat dokter KlikDokter juga menyediakan informasi terkini terkait dengan artikel kesehatan. Desain aplikasinya juga menarik dan mudah untuk dipahami, sehingga bisa membuat kamu yang ahli dalam menggunakannya tanpa memerlukan waktu yang lama,

4. GoDok

6 Aplikasi Chat Dokter yang Bisa Diakses dengan Mudah

Selanjutnya adalah aplikasi GoDok, atau memiliki kepanjangan Go Dokter. Aplikasi ini akan membantu kamu untuk menganalisis kesehatan yang sedang kamu alami, melakukan tanya jawab dengan pasien, serta menambah pengetahuan kamu terkait dengan kesehatan.

Sesi tanya jawab yang tersedia di aplikasi ini dapat kamu akses secara gratis, sehingga kamu tidak perlu dana tambahan untuk menggunakan aplikasinya. Selain melakukan tanya jawab, tambah pengetahuan kamu dengan membaca artikel kesehatan dari berbagai tema.

Tema yang tersedia dalam aplikasi tersebut cukup beragam, diantaranya adalah tema anak, obat-obatan, kehamilan, hingga pola hidup sehat dan diet dengan benar. Kamu bisa mengunuduh aplikasi chat dokter ini di platform yang tersedia, baik App Store atau Play Store.

5. SehatQ

6 Aplikasi Chat Dokter yang Bisa Diakses dengan Mudah

Aplikasi SehatQ merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh start up kesehatan yang belakangan cukup terkemuka di Indonesia. Selain memberikan pelayanan terkait chatting antara dokter dengan pasien, ia juga memudahkan kamu untuk melakukan booking untuk datang ke rumah sakit atau instansi kesehatan.

Jika kamu menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh SehatQ, maka kamu dapat berkomunikasi secara langsung dan real time dengan dokter ynag ada. Dokter yang akan menjawab pertanyaan kamu juga bukan dokter sembarangan, namun dokter ynag sudah berpengalaman dan memiliki surat izin sebagai instansi kesehatan.

Aplikasi chat dokter ini akan menerima berbagai keluhan kesehatan kamu, kemudian meminta dokter untuk menjawab pertanyaan tersebut untuk kamu. Jika dibutuhkan, kamu juga bisa melakukan pembelian obat di platform ini, tentunya dengan berbagai teknis pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan.

6. YesDok

6 Aplikasi Chat Dokter yang Bisa Diakses dengan Mudah

Selanjutnya adalah YesDok, yang merupakan aplikasi terbaru untuk melakukan chatting dengan dokter. Aplikasi ini bisa kamu gunakan 24 jam penuh, sehingga kamu bisa mengaksesnya kapan saja sesuai dengan waktu luang yang dimiliki.

Konsultasi digital yang ditawarkan oleh YesDok juga cukup lengkap, dinataranya melalui video call, voice call, hingga live chat untuk melakukan percakapan dengan dokter. Semuanya bisa kamu akses hanya dengan satu aplikasi saja, tanpa memerlukan aplikasi tambahan.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu tidak perlu susah payah ke rumah sakit hanya untuk bertemu dengan dokter. Kamu bisa melakukan hal tersebut di rumah, di kantor, maupun di hotel dan penginapan hanya dengan perangkat ponsel yang Anda miliki.

Masih banyak aplikasi chat dokter lain yang berkembang di Indonesia, dan belakangan menjadi hal yang umum digunakan oleh masyarakat. Akan tetapi untuk menggunakan aplikasi tersebut kamu harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu, dengan begitu kamu bisa menggunakannya dengan lebih maksimal.

Ketika kamu melakukan konsultasi dengan dokter, pastikan kamu menerangkan dengan jelas gejala yang kamu alami. Karena dokter tidak bisa bertemu langsung dengan kamu, maka pertanyaan yang mereka ajukan harus kamu jawab dengan jujur. Ini akan membantu proses diagnosis yang nantinya akan kamu dapatkan setelah sesi chatting selesai.

Kunjungi juga link kami di: jjstereo.com

Itulah beberapa aplikasi chat dokter yang bisa Anda coba, apalagi jika kamu menggunakan aplikasi tersebut dengan maksimal, maka ia bisa memudahkan kamu dalam mengatasi masalah kesehatan. Semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan kamu terkait dengan aplikasi kesehatan yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan serta aktifitas kamu.