Anda memiliki wajah berjerawat? Coba lakukan evaluasi terhadap pola makan yang Anda jalani. Bisa jadi, pola makan yang Anda jalani itulah menjadi penyebabnya.

Jerawat adalah suatu kondisi gangguan kesehatan yang terjadi pada organ kulit. Jerawat paling umum dijumpai pada lokasi wajah berjerawat dan sekitarnya. Namun demikian, jerawat juga seringkali ditemui di lokasi lainnya seperti punggung, leher, dan dada.

Jerawat yang timbul pada kulit juga memiliki jenis yang beraneka ragam. Mulai dari tingkatan yang paling ringan seperti komedo baik yang berbentuk whiteheads (komedo putih di bawah permukaan kulit) maupun blackheads (komedo putih di permukaan kulit yang teroksidasi sehingga berubah warna menjadi kehitaman), hingga yang tingkatannya parah seperti jerawat besar meradang yang berisi nanah. Jika jerawat Anda tergolong pada tingkatan parah, jerawat akan menimbulkan rasa sakit hingga menurunkan kualitas hidup Anda.

Baca Juga: Batasan Masalah Kesehatan Konsumsi Gula, Garam, dan Lemak untuk Kesehatan

Jerawat biasanya timbul akibat ketidakseimbangan hormon yang terjadi di dalam proses metabolisme tubuh Anda. Hal ini menjadi alasan mengapa permasalahan kulit berjerawat cenderung lebih banyak dialami oleh remaja hingga usia dewasa muda daripada anak-anak dan orang dewasa karena pada usia. Sebab, pada saat masa pubertas, terjadi perubahan banyak hormon di tubuh Anda.

Selain faktor perubahan hormon, munculnya jerawat juga bisa dipengaruhi oleh faktor lainnya. Faktor lain yang sangat mempengaruhi dari timbulnya jerawat pada tubuh Anda adalah pola makan. Pola makan yang Anda jalani berpengaruh karena beberapa bahan makan dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat, terlebih jika tubuh Anda memiliki reaksi intoleransi terhadap bahan makan tertentu.

Bahan makanan tertentu yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat biasanya merupakan bahan makanan yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah Anda yang kemudian memicu produksi insulin. Dengan terpicunya produksi insulin, apalagi jika berlebihan, maka hormon ini akan memicu banyak produksi sebum (minyak) yang berlebih sebagai pemicu jerawat.

Seperti yang Anda ketahui, sebum atau yang lebih banyak dikenal sebagai minyak adalah zat yang diproduksi oleh kulit secara alami. Sebum ini diproduksi oleh kelenjar sebasea yang fungsinya untuk melembabkan dan melindungi kulit. Namun, apabila produksinya berlebihan, maka akan menyebabkan timbulnya jerawat.

Lalu, apa sajakah bahan makanan yang dapat memicu timbulnya sebum berlebih hingga menyebabkan Wajah Berjerawat? Cek Kembali Pola Makan Anda!

1. Susu sapi

Susu sapi - wajah berjerawat

Produk susu, terutama susu sapi mungkin Anda kenal sebagai minuman yang menyehatkan. Namun, susu juga dapat menjadi faktor atas timbulnya wajah berjerawat pada kulit Anda, lho! Sebab ini ditimbulkan karena  konsumsi produk susu dan turunan olahannya dapat memicu peningkatan hormon insulin.

Hal ini diperparah apabila konsumsi produk susu dan olahannya tersebut mengandung banyak gula tambahan. Bahkan, terdapat penelitian yang mengungkap bahwa anak usia remaja yang secara rutin mengkonsumsi susu dan es krim memiliki resiko mengalami permasalahan wajah berjerawat hingga empat kali lebih besar daripada yang tidak rutin mengkonsumsinya. Meski demikian, hal tersebut dapat diminimalisir apabila memilih mengkonsumsi produk susu secara murni dibandingkan dengan produk yang mengalami banyak proses pengolahan.

2. Cokelat

Coklat - wajah berjerawat

Siapa yang tidak menyukai coklat? Anda mungkin menjadi penikmat rutin coklat karena makanan ini dipercaya bisa membuat mood Anda menjadi lebih baik. Saat mood Anda menjadi baik, Anda akan merasa lebih bahagia dari sebelumnya. Namun demikian, faktanya coklat bisa menjadi pemicu atas timbulnya wajah berjerawat pada kulit Anda. 

Hal ini disebabkan karena coklat yang biasanya Anda konsumsi tersebut mengandung gula tambahan yang cukup tinggi. Seperti yang Anda ketahui sebelumnya, gula dapat memicu tingginya produksi hormon insulin yang menyebabkan produksi sebum menjadi tinggi pula sehingga memicu timbulnya jerawat. Oleh sebab itu, apabila Anda ingin mengkonsumsi coklat, pastikan bahwa coklat yang Anda konsumsi mengandung lebih sedikit gula, atau Anda bisa memilih opsi dark chocolate yang lebih menyehatkan.

3. Makanan dan minuman yang manis

Makanan dan minuman yang manis - wajah berjerawat

Apakah Anda menyukai makanan dan minuman manis? Jika iya, Anda mungkin perlu mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis yang biasanya Anda konsumsi tersebut. Selain tidak baik untuk kondisi kesehatan Anda, makanan dan minuman manis tersebut juga memicu permasalahan wajah berjerawat yang timbul di kulit Anda.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan bahwa makanan dan minuman manis tersebut mengandung gula dan karbohidrat yang tinggi. Makanan yang memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi ini memiliki kecenderungan untuk memiliki indeks glikemik yang tinggi. 

Indeks glikemik adalah angka yang menunjukan kecepatan sebuah karbohidrat yang dikonsumsi diproses menjadi glukosa di dalam tubuh Anda. Semakin tinggi nilai yang didapat, maka akan semakin cepat. Indeks glikemik yang tinggi dalam makanan manis yang Anda konsumsi akan lebih cepat diubah menjadi glukosa sehingga dapat menyebabkan tubuh Anda memproduksi banyak hormon insulin dalam waktu singkat.

Anda sudah tahu ‘kan, bahwa tingginya hormon insulin dapat memicu timbulnya wajah berjerawat? Oleh sebab itu, mulai kurangi konsumsi makanan dan minuman yang manis seperti kue, biskuit, sereal, minuman bersoda, dan jenis lainnya.

4. Fast food

Fast food - wajah berjerawat

Apakah Anda rutin mengkonsumsi fast food seperti burger, ayam goreng, pizza, maupun jenis lainnya? Anda sebagai orang yang hidup di era modern seperti saat ini pasti pernah memasukkan fast food sebagai pilihan menu makanan Anda baik untuk sarapan, makan siang, makan malam, atau hanya sekedar sebagai camilan. Bahkan, jika Anda sangat menyukai jenis makanan ini, Anda pasti tidak akan ragu untuk mengkonsumsinya secara rutin. Selain enak, fast food juga mudah dijumpai dimana saja.

Namun demikian, tahukah Anda jika konsumsi terhadap fast food juga bisa memicu timbulnya wajah berjerawat? Hal ini disebabkan karena kandungan combo atau perpaduan antara tingginya gula, susu, dan lemak yang ada di dalam sajian fast food yang Anda konsumsi. Anda telah mengetahui bahwa gula dan susu dapat menyebabkan timbulnya jerawat karena  memicu produksi minyak berlebih.

Tetapi, kandungan lemak yang tinggi juga dapat memicu timbulnya wajah berjerawat, lho! Lemak tersebut apabila dikonsumsi terlalu banyak akan menimbulkan inflamasi yang akan menyebabkan dan bahkan memperparah peradangan jerawat Anda. Studi pernah mengungkapkan bahwa subjek penelitian yang rutin mengkonsumsi fast food lebih beresiko 24 % lebih tinggi terhadap timbulnya jerawat.

Baca Juga: Rekomendasi Olahraga yang Bisa Anda Lakukan saat Kondisi Pandemi

Adakah dari bahan makanan diatas yang menjadi makanan kesukaan Anda? Jika iya dan Anda memiliki keluhan terhadap kondisi kulit wajah berjerawat, bisa jadi hal tersebut yang menjadi faktornya. Segera kurangi makanan-makanan yang mencetus timbulnya jerawat untuk meminimalisir keparahan kondisi wajah berjerawat Anda. 

Segera ganti pola makan Anda dengan mengkonsumsi banyak sayur-mayur dan buah-buahan yang kaya akan kandungan nutrisi dan antioksidan yang akan membantu mengendalikan inflamasi dari jerawat Anda. Selain itu, Anda juga harus mengelola dan meminimalisir stress. Stress juga bisa memicu timbulnya jerawat, lho!