Pengertian THT, apakah Anda sudah memahami apa maksudnya? Istilah THT, mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat. Tetapi untuk memahami apa pengertian dari THT ini sesungguhnya, mungkin tidak semua orang mengetahuinya. Karena THT memang merupakan istilah dalam dunia medis, dan tentu saja hanya orang-orang tertentu saja yang mengerti pengertiannya secara lengkap dan benar.

Baca Juga: Manfaat Madu yang baik untuk Kesehatan Badan

Pengertian THT sendiri merupakan akronim dari kata Telinga dan Hidung, Tenggorokan. Istilah THT merupakan salah satu bidang dalam dunia medis yang mempelajari tentang ketiga organ tersebut, yaitu telinga, hidung, dan tenggorokan. Ketiga organ tubuh  ini memang merupakan bagian tubuh yang saling berhubungan dan dan erat kaitannya. Itu sebabnya ketiga bagian tersebut, yaitu telinga, hidung, dan tenggorokan menjadi satu pengertian. 

Pengertian THT

Pengertian THT, seperti sudah dijelaskan sedikit di atas, adalah merupakan singkatan dari Telinga, Hidung, dan Tenggorokan. Dalam ilmu kedokteran, pengertian THT merupakan jenis bidang ilmu yang mempelajari seluk beluk tentang telinga, hidung dan tenggorokan. Segala yang berkaitan dengan ketiga organ tersebut, mulai dari struktur, fungsi, hingga gangguan atau penyakit yang mungkin dialami oleh ketiga organ tersebut.

Pengertian THT

Dalam dunia kedokteran juga dikenal dengan adanya dokter spesialis THT. Dokter yang menangani telinga, hidung, dan tenggorokan ini disebut dokter spesialis, karena untuk menjadi dokter di bidang ini, harus menempuh pendidikan dokter umum dulu, untuk kemudian melanjutkan ke pendidikan dokter spesialis. Dengan demikian, tidak semua dokter bisa menjadi dokter di bidang ini.

Apa yang berhubungan dengan THT

Lalu apa saja yang dipelajari dengan pengertian THT tersebut? THT, seperti kepanjangannya yaitu telinga, hidung dan tenggorokan, adalah sebuah bidang dalam ilmu kedokteran yang mempelajari bagian tubuh yang terdiri dari telinga, hidung, dan tenggorokan. Ketiga bagian tubuh ini memang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Bila dilihat dari posisinya, ada sebuah sekat yang menghubungkan ketiganya.

Dalam ilmu kedokteran, pengertian THT mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan ketiga organ tersebut. Misalnya bagaimana struktur atau bentuk ketiga organ tersebut, bagaimana ketiga organ tersebut bekerja,dan apa saja  fungsinya di dalam tubuh. Demikian juga dengan berbagai gangguan yang terjadi pada telinga, hidung, dan tenggorokan, diagnosa penyakit yang menyerang, bagaimana cara mencegah dan mengobati, dipelajari di sini.

Seperti layaknya organ tubuh lainnya, telinga, hidung dan tenggorokan memang memiliki fungsi yang penting bagi tubuh. Telinga, sebagai indera pendengar merupakan organ vital bagi manusia. Karena tanpa organ ini, manusia tidak akan mampu membedakan suara air hujan dan air pancuran. Tidak bisa mendengar suara merdu burung berkicau atau suara halilintar yang menakutkan.

Selain sebagai indera dengar, telinga juga memiliki fungsi yang tidak kalah pentingnya bagi manusia, yaitu sebagai alat keseimbangan. Di sini telinga berfungsi menerima input visual dan informasi yang diterima oleh reseptor dalam tubuh. Untuk selanjutnya informasi tersebut diteruskan ke bagian otak kecil, yang akhirnya kortek otak memberikan reaksi berupa perubahan kecepatan pergerakan kepala.

Apa yang berhubungan dengan THT - Pengertian THT

Sedangkan hidung dikenal sebagai indera penciuman. Fungsi hidung adalah untuk menyaring udara yang akan masuk ke paru-paru. Hidung memiliki kepekaan alami untuk mengubah udara dari luar yang terlalu dingin agar menjadi hangat sebelum masuk ke dalam paru-paru. Demikian juga dengan udara yang terlalu kering, bisa menjadi sedikit lembab. Hidung juga menyaring udara kotor dengan menggunakan rambut yang ada pada rongga hidung. 

Sedangkan tenggorokan adalah bagian dari leher yang memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai jalan makanan dan jalan udara atau pernapasan. Kedua jalan itu dipisahkan oleh sebuah selaput yang dikenal dengan nama epiglotis. Bagian ini berfungsi memisahkan esofagus dari trakea. Dengan adanya epiglotis ini, bisa dihindari adanya makanan yang masuk ke jalan pernafasan ketika ditelan yang bisa menyebabkan tersedak dan menyumbat pernafasan. 

Ketiga bagian tersebut sama-sama dihubungkan oleh sebuah alat. Antara telinga  hidung dan tenggorokan dihubungkan oleh sebuah alat yang bernama eustachius. Eustachius  menghubungkan bagian ruang di belakang telinga dengan telinga tengah, dengan bagian tenggorokan dan bagian belakang rongga hidung. Dengan adanya eustachius ini  maka masing-masing organ saling berhubungan dan saling berkaitan.

Pentingnya mengetahui Pengertian THT dan seluk beluknya

Dengan memahami pengertian THT, maka secara otomatis, kita akan mengetahui pentingnya mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan THT ini. Memiliki pengetahuan tentang THT memang sangat penting. Meskipun sudah ada dokter spesialis yang menangani bila ada gangguan pada organ ini, memiliki pengetahuan tentang THT, setidaknya mengetahui apa yang harus dilakukan bila ada gangguan pada organ ini.

1. Melakukan perawatan yang benar

Perawatan Membersihkan Kuping - Pengertian THT

Mengetahui tentang pengertian THT, akan membuat kita bisa melakukan perawatan yang benar terhadap ketiga organ penting tersebut. Mengingat ketiga organ tersebut memiliki fungsi penting dan sangat vital bagi tubuh kita, maka kita juga akan mengetahui bagaimana caranya untuk melakukan perawatan yang benar terhadap telinga, hidung dan tenggorokan. Perawatan yang benar, akan membuat semua organ bisa berfungsi sebagaimana mestinya. 

2. Mencegah penyakit

Mencegah penyakit - Pengertian THT

Dengan melakukan perawatan yang benar terhadap telinga, hidung, dan tenggorokan, maka otomatis kita juga sudah melakukan pencegahan terhadap penyakit yang mungkin akan menyerang ketiganya. Ada banyak jenis penyakit yang bisa menyerang ketiga organ tersebut, seperti gangguan pendengaran, gangguan pada hidung, tenggorokan. Mengetahui gangguan yang terjadi tersebut, akan sangat berguna untuk melakukan tindakan untuk mencegahnya.  

3. Mengenali gejala atau gangguan

Mengenali gejala atau gangguan - Pengertian THT

Mempelajari tentang pengertian THT juga bisa dijadikan bekal untuk mengenali gejala dan gangguan yang mungkin terjadi, dan bisa menjadi penyebab penyakit serius yang menyerang ketiga orang tersebut. Apabila kita bisa mengenali gejala atau gangguan yang terjadi sejak awal, maka akan bisa segera mencari solusinya, sehingga nantinya gangguan tersebut tidak akan berubah menjadi penyakit yang lebih parah yang akhirnya sulit untuk disembuhkan.

Gejala yang biasa terjadi pada telinga misalnya hilangnya pendengaran, gangguan keseimbangan, infeksi, telinga berdengung, tumor, hingga kanker telinga. Sedangkan gangguan pada hidung contohnya adalah alergi, sinusitis , kesulitan mencium aroma hingga tumor dan kanker. Gangguan pada kerongkongan yang terjadi adalah kesulitan menelan, suara terganggu, gangguan kelenjar adenoid, laringitis, dan tonsilitis.

4. Mengobati atau melakukan tindakan

Mengobati atau melakukan tindakan - Pengertian THT

Dengan memiliki pengetahuan tentang pengertian THT juga bermanfaat untuk segera mengambil tindakan apabila diketahui ketiga organ tersebut sudah mengalami gangguan. Cepat mengambil tindakan, berarti mencegah terjadinya gangguan pada organ tersebut bertambah parah. Karena dengan segera dilakukan pengobatan, gangguan yang terjadi akan bisa segera dicarikan cara pengobatannya dan bisa segera disembuhkan.

Baca Juga: Kandungan Susu Organik yang Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Pengertian THT menjadi sesuatu yang penting untuk diketahui di masa sekarang ini. Dengan semakin banyaknya jenis penyakit yang bisa timbul pada ketiga organ tersebut, maka sudah seharusnya setiap orang memiliki pengetahuan mengenai ketiga organ tersebut. Bukan hanya pengetahuan tentang fungsi telinga, hidung, dan tenggorokan saja. Akan tetapi juga pengetahuan tentang berbagai gejala atau gangguan yang ada dan bagaimana mengatasinya.